Whatsapp Bisnis: Fitur, Manfaat, dan Cara Membuatnya dengan Mudah Untuk Bisnis Anda

Setiap pengguna whatsapp pasti sudah pernah dihubungi oleh akun perusahaan yang memiliki Whatsapp Bisnis atau WA bisnis. Versi bisnis dari whatsapp ini pertama kali dirilis pada tahun 2018 yang ditujukan khusus untuk para pemilik bisnis dan juga perusahaan agar mampu menyampaikan informasi pada tiap konsumennya.

Saat ini, Whatsapp Bisnis sudah menjadi salah satu fitur yang harus dimiliki oleh para brand dan juga para pelaku bisnis lainnya. Bila Anda adalah seseorang yang sedang merintis usaha, maka ada baiknya agar Anda segera membuat akun Whatsapp Bisnis agar bisa menjalankan komunikasi dengan lancar.

Di bulan februari tahun 2020 lalu saja Whatsapp Bisnis mempunyai pengguna aktif bulanan mencapai 2 miliar. Itu artinya, hampir bisa kita pastikan bahwa pelanggan Anda yang mempunyai wahas bisa dengan mudah menghubungi Anda apapun tujuannya.

Lantas, bagaimana cara memiliki Whatsapp Bisnis? Apa saja manfaat dan fitur yang ada di dalamnya? Mari temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

Mengenal Whatsapp Bisnis

Whatsapp Bisnis adalah suatu aplikasi pengirim pesan yang dibuat secara khusus agar bisa memberikan kemudahan pada para pebisnis dalam berinteraksi dengan pelanggannya.

Sebagaimana yang sudah dikemukakan WhatsApp di dalam laman resminya bahwa Whatsapp Bisnis dibuat khusus sesuai dengan keperluan para pemilik bisnis kecil agar bisa terhubung secara pribadi dengan para konsumennya.

Lalu, versi lain dari whatsapp inipun memperoleh sambutan yang baik, khususnya di kalangan para pebisnis online. Sejak pertama kali diperkenalkan dalam versi beta di bulan september tahun 2017 lalu, aplikasi ini sudah mulai diminati para pebisnis.

Hal ini dikarenakan whatsapp ini sebenarnya sudah menjadi salah satu platform komunikasi yang banyak digunakan.

Kehadiran Whatsapp Bisnis ini bisa dijadikan salah satu pilihan cara berkomunikasi yang tepat untuk para pebisnis, khususnya pebisnis online.

Aplikasi ini akan membantu banyak calon pembeli untuk melakukan komunikasi pada penjual, membantu para pebisnis dalam mempromosikan produk dan juga layanannya, dan juga menjawab berbagai pertanyaan konsumen dengan cepat.

Baca juga: Kemitraan Adalah: Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya

Fitur Whatsapp Bisnis

1. Profil Bisnis

Pada bagian profil Whatsapp Bisnis, Anda bisa menampilkan informasi terkait toko, deskripsi, jam operasional toko, alamat yang terintegrasi dengan maps, produk atau jasa yang ditawarkan, sampai pada informasi email, website, dan juga media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan foto profil seperti logo bisnis, agar bisa terlihat lebih profesional.

2. Quick Replies

Katakanlah terdapat beberapa orang pelanggan yang menanyakan info sama. Sudah pasti Anda harus bisa membalas pesan tersebut berkali-kali, dan menghabiskan banyak waktu. untuk itu, fitur quick replies ini akan memberikan kemudahan pada Anda agar bisa membuat pesan berulang kali.

Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengetik terlalu banyak dalam membalas chat dari para pelanggan yang menanyakan informasi yang sama.

Dengan adanya quick replies, maka Anda bisa membuat beberapa template agar bisa menghemat waktu pengetikan saat membalas pertanyaan ataupun chat dari para konsumen anda. Anda hanya perlu mengetik shortcut nya saja.

3. Labels

Anda bisa memberikan kelompok pelanggan dengan berdasarkan suatu kategori dengan adanya fitur labels di Whatsapp Bisnis Anda. Berilah label kepada pelanggan dengan berdasarkan kelompok tertentu. Seperti “pelanggan baru atau bisa juga dengan “pre order”, “belum bayar”, dan label lainnya.

Berbagai nama label ini bisa Anda ubah lagi sesuai kebutuhan. Pemberian label ini juga akan semakin memudahkan Anda secara operasional ataupun menjalin hubungan yang lebih baik dengan para konsumen Anda.

4. Katalog

Anda bisa membuat suatu katalog di dalam akun profil Whatsapp Bisnis Anda. Adanya fitur katalog ini akan mampu menampilkan foto produk sampai 500 foto banyaknya. Sehingga, Anda bisa menunjukkan dan membagikan produk dalam katalog agar bisa lebih memudahkan pelanggan dalam melihat apa saja yang ingin Anda jual.

5. Short Link

Dengan menggunakan Whatsapp Bisnis, maka Anda bisa membagikan short link dengan para pelanggan Anda, tujuannya adalah agar mereka bisa langsung memulai memberikan chat pada akun Whatsapp Bisnis Anda.

Link pendik ini bisa Anda buat secara otomatis saat Anda membuat akun di aplikasi bisnis Anda.

6. Pesan Otomatis

Fitur ini ini sebenarnya hampir sama dengan fitur quick replies. Bedanya, dalam pesan otomatis ini Anda sudah tidak perlu mengetik apapun lagi, dan whatsapp akan secara otomatis membalas pesan tersebut.

Fitur ini akan sangat membantu saat konsumen Anda menghubungi di luar jam operasional bisnis. Saat mereka mengirim chat, maka mereka akan secara langsung mendapatkan balasan chat dengan pesan otomatis yang sudah Anda buat.

7. Broadcast

Fitur ini akan memudahkan Anda dalam mengirim pesan pada sejumlah besar kontak yang sudah Anda miliki. Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa mengirimkan pengumuman ataupun info promo kepada pelanggan secara cepat dan juga mudah.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

1. Download Aplikasi Whatsapp Bisnis

Hal pertama yang tentunya harus Anda lakukan adalah men download aplikasi Whatsapp Bisnis ini terlebih dahulu.

2. Registrasi Nomor Telepon

Selanjutnya, daftarkan nomor handphone yang ingin Anda gunakan untuk akun Whatsapp Bisnis. Lalu, gunakanlah nomor khusus yang berbeda dari akun whatsapp personal, sehingga akan lebih mempermudah proses verifikasi tersebut.

Setelah Anda sudah selesai memasukkan nomor telepon, lalu silahkan klik done atau next, dan pilih ok agar bisa mendapatkan 6 digit kode verifikasi lewat SMS. Agar bisa menyelesaikan registrasi ini, maka Anda harus bisa memasukkan kode ke dalam aplikasi.

3. Izinkan Akses ke Kontak dan Foto

Tambahkanlah kontak yang ada pada aplikasi dengan memberikan izin pada whatsapp untuk mengakses daftar kontak yang berada di smartphone Anda. Anda juga bisa memberikan izin akses pada whatsapp untuk mengakses foto serta video agar bisa mempermudah aplikasi dalam menerima dan mengirim foto, video, atau dokumen tertentu.

4. Buat Profil Akun Bisnis

Selanjutnya, buatlah profil akun bisnis dengan  memberikan keterangan berupa nama toko atau bisnis Anda, kategori bisnis, dan terakhir pilihlah foto profil yang menggambarkan bisnis Anda. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan logo resmi.

5. Lengkapi Profil Bisnis

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah melengkapi profil bisnis dengan memilih explore, lalu pilih business profile. Di sana Anda bisa melengkapi informasi penting terkait alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda sudah dinyatakan berhasil dalam membuat akun Whatsapp Bisnis dan bisa Anda gunakan sesuai dengan keperluan.

Manfaat Whatsapp Bisnis

Dengan berbagai fitur dan fasilitas yang ditawarkannya ini, maka Whatsapp Bisnis mampu memberikan berbagai manfaat untuk suatu perusahaan. nah, berikut ini adalah fungsi dari Whatsapp Bisnis untuk perusahan.

1. Mempermudah Komunikasi Dengan Pelanggan

Manfaat paling utama yang didapat dari menggunakan Whatsapp Bisnis adalah mampu mendapatkan kemudahan dalam jalannya komunikasi dengan para pelanggan. Dengan adanya aplikasi ini, maka calon konsumen bisa langsung menghubungi pebisnis secara langsung.

Selain itu, berbagai fitur di dalamnya juga akan mampu membalas pesan secara otomatis seperti pesan salam dan pesan singkat yang akan membantu Anda dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan.

2. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Adanya fitur katalog yang ada dalam Whatsapp Bisnis akan semakin memudahkan para pebisnis dalam mempromosikan produk yang hendak dijual. Hal ini terhitung sangat praktis, karena pelanggan yang mengirimkan chat bisa langsung melihat berbagai produk yang sudah tersedia di katalog pada platform yang sama. Hal ini tentunya mampu menunjang keperluan promosi bisnis.

3. Meningkatkan Efisiensi

Bila seluruh fitur yang ada pada Whatsapp Bisnis mampu dimaksimalkan, maka performa bisnis pun akan semakin lebih lancar. Contohnya dengan Anda memaksimalkan fitur label, maka Anda sebagai pebisnis bisa lebih mudah lagi dalam memberikan kategori pada pelanggan yang ada dalam suatu kelompok tertentu, sesuai dengan keinginan.

Contohnya saja anda lebih mudah dalam melakukan follow up dengan pelanggan yang sebelumnya sudah diberikan label “belum membayar”. Atau Anda juga bisa memantau kembali orderan dengan cara melihat pelanggan dengan label “pre order”, dll. Sehingga, pekerjaan pun akan menjadi lebih teratur dan juga lebih efisien

Baca juga: Peluang Usaha Tahu Crispy Balado dan Cara membuatnya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari kami tentang Whatsapp Bisnis, versi lain dari whatsapp yang memiliki banyak manfaat. Untuk para pebisnis, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi wajib yang mampu menunjang kelancaran bisnis.

Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa memaksimalkan pelayanan Anda pada para pelanggan secara lebih cepat dan juga lebih efisien.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah melakukan pembukuan dan pengaturan keuangan secara tepat, rapi, dan akurat. Walaupun hal ini memang memusingkan, namun dampaknya sangat serius untuk perusahaan.

Agar lebih mudah dalam melakukan hal tersebut, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini akan membantu Anda dengan berbagai fiturnya yang lengkap dan tampilan dashboardnya yang sederhana dan mudah dimengerti.

Anda bisa langsung menggunakan layanan dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah