Apa itu RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerja RSS Feed?

Komunikasi massa hadir dalam berbagai bentuk. Bila Anda lebih suka menerima informasi Anda secara digital, Anda memiliki kesempatan untuk mencari topik tertentu di berita dan bidang minat lainnya. RSS Feed membantu mengatur berita yang Anda inginkan dan mengirimkannya ke pembaca feed terkurasi yang dipersonalisasi oleh Anda.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari semua tentang RSS feed, cara kerjanya, dan cara membuatnya yang akan memberikan hasil yang Anda inginkan.

Apa itu RSS Feed?

RSS dalam RSS feed atau umpan RSS adalah singkatan dari “really simple syndication” dan mengacu pada file teks sederhana dari informasi yang digunakan dalam format yang disebut XML (Extensible Markup Language).

Format file RSS mencakup dua tingkat organisasi. Tingkat pertama mencakup nama dan organisasi situs atau blog Anda. Tingkat berikutnya mencakup deskripsi item. Berlangganan umpan RSS adalah cara yang efisien untuk tetap mengetahui berita online terbaru atau konten yang dibuat oleh situs yang Anda minati. Berikut adalah beberapa contoh topik yang memiliki RSS feed populer:

Contoh RSS feed populer:

  • Berita
  • Olahraga
  • Teknologi
  • Bisnis
  • Politik
  • Keagamaan
  • Permainan
  • Memasak
  • Forum
  • Podcast

Bergantung pada minat Anda, Anda dapat memilih untuk fokus pada topik tertentu di pembaca feed Anda. Siswa dapat meningkatkan pengalaman belajar mereka dalam topik tertentu dengan berlangganan beberapa umpan berita RSS dalam mata pelajaran seperti bisnis, politik, atau teknologi. Sementara itu, bisnis yang ingin meningkatkan pengetahuan mereka tentang pemasaran online dapat memanfaatkan umpan RSS  yang menampilkan konten dari pesaing mereka dan berita industri terbaru.

Baca juga: Apa itu Meta Description? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cara Kerja RSS Feed ?

Setelah Anda berlangganan umpan RSS , konten baru seperti artikel berita, posting blog, dan pembaruan perusahaan secara otomatis dikirim ke pembaca feed yang menyertakan ringkasan informasi baru.

Ini berarti Anda tidak perlu mencari informasi terbaru sendiri atau mengikuti akun media sosial perusahaan. Konten dikirimkan ke umpan Anda secara real-time sehingga Anda selalu memiliki konten terbaru di bagian atas.

Cara Membuat RSS Feed

Sekarang setelah Anda memahami cara kerja umpan RSS, Anda dapat membuat feed sendiri untuk mulai menerima pembaruan konten. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membuat umpan RSS:

  • Instal pembaca feed berbasis web.
  • Buat daftar situs favorit Anda.
  • Berlangganan feed.
  • Atur feed Anda ke dalam folder.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu online, umpan RSS  bisa menjadi penghemat waktu yang sangat besar. Berikut adalah informasi selengkapnya tentang cara menyiapkan feed yang akan menyediakan dan mengatur pembaruan dari perusahaan favorit Anda:

1. Instal pembaca feed berbasis web

Cari pembaca feed online populer yang akan memberikan fitur atau solusi yang Anda inginkan. Beberapa dirancang untuk kesederhanaan, yang lain lebih spesifik untuk orang yang ingin menggunakan RSS feed untuk tujuan profesional.

Anda bahkan akan menemukan bahwa beberapa pembaca feed dibuat dengan daya tarik visual sebagai prioritas utama. Cobalah beberapa untuk melihat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Buat daftar situs favorit Anda

Untuk memanfaatkan sepenuhnya pembaca umpan RSS, Anda sebaiknya membuat daftar situs yang sering Anda kunjungi. Ini dapat mencakup situs berita populer, blog perusahaan, blog pribadi, dan bentuk konten lainnya. Setelah Anda menulis daftar Anda, Anda akan siap untuk pindah ke langkah berlangganan.

Baca juga: Pentingnya Page Speed Untuk SEO dan Tips yang Bisa Anda Gunakan

3. Berlangganan feed

Setelah Anda menyiapkan akun pembaca feed melalui platform tertentu, Anda dapat mulai menambahkan situs ke pembaca feed Anda.

Proses menambahkan feed baru ke pembaca feed Anda dapat dilakukan melalui platform itu sendiri, yang mungkin lebih mudah daripada mencoba menemukan simbol RSS feed ikonik yang terlihat seperti kotak oranye berisi simbol mirip WiFi yang dimiringkan. Mungkin juga memiliki huruf RSS dan XML.

Ini mungkin semudah mengklik tombol +, lalu menyalin dan menempelkan URL situs yang ingin Anda ikuti. Anda mungkin mendapatkan pesan yang memberi tahu Anda bahwa situs tidak memiliki pengaturan RSS feed . Jika demikian, teruslah membaca untuk mempelajari bagaimana Anda dapat menghasilkan feed di sebagian besar situs mana pun.

4. Atur feed Anda ke dalam folder

Setelah Anda membuat daftar feed yang bagus untuk diikuti, Anda dapat tetap teratur dengan memisahkannya ke dalam folder. Anda dapat memberi label berdasarkan topik, tingkat kepentingan, atau waktu. Jumlah folder yang Anda buat akan membantu Anda tetap teratur, tidak menghilangkan keseluruhan rencana organisasi Anda.

Cara Menemukan dan Membuat RSS Feed dari Awal

Karena saat ini umpan RSS tidak begitu banyak digunakan seperti dulu, banyak situs tidak menampilkan ikon RSS feed secara mencolok. Ini mungkin karena kelalaian atau bahkan mungkin disengaja.

Terlepas dari itu, Anda masih dapat menemukan umpan RSS situs dengan cara lain. Saat situs dibuat menggunakan Sistem Manajemen Konten atau CMS, situs tersebut biasanya menyertakan umpan RSS secara default. Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan umpan RSS tersembunyi untuk halaman web:

  • Coba tambahkan /feed/ ke akhir URL.
  • Jika itu tidak membuahkan hasil apa pun, lihat sumber HTML halaman situs web.
  • Klik kanan halaman situs dan pilih “sumber halaman.” Jendela baru akan muncul.
  • Gunakan tombol “find” (Ctrl + F untuk PC atau Command + F untuk Mac), lalu ketik RSS.
  • Cari URL feed yang terdapat di antara tanda kutip setelah href=.

Setelah Anda dapat menemukan nama umpan RSS, Anda dapat menambahkannya ke pembaca umpan Anda. Ada kasus di mana umpan RSS tidak ada untuk halaman dan Anda tidak dapat menambahkannya.

Baca juga: 10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang  RSS Feed

Seperti banyak konsep teknologi, umpan RSS dapat memakan waktu dan eksperimen untuk dipelajari. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan orang tentang mereka:

Apakah orang masih menggunakan RSS feed?

Meskipun tidak sesering zaman dulu, orang masih menggunakan umpan RSS untuk membantu mengelola dan membaca konten online. Penggunaan RSS feed telah menurun drastis sebagian karena munculnya situs media sosial yang memberikan konten dengan cara yang menarik.

Alasan lain mengapa bisnis tidak memprioritaskan pembaruan RSS feed kemungkinan karena mereka tidak melihat nilai dalam jumlah upaya yang diperlukan. Mereka memilih untuk fokus pada penerbitan konten media sosial atau email promosi.

Apa manfaat terbesar yang diberikan RSS feed?

Ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk mengatur umpan RSS. Tetapi alasan terbesarnya adalah bahwa RSS feed benar-benar fokus untuk menyediakan konten terbaru dari perusahaan yang Anda pilih untuk diikuti.

Pembaca umpan mengatur konten baru secara real-time sehingga Anda tahu bahwa Anda selalu membaca yang terbaru. Ini menghemat waktu yang Anda perlukan untuk mengunjungi situs web yang tak terhitung jumlahnya dan menggulir informasi baru. Plus, Anda tidak perlu mengambil langkah tambahan yang diperlukan untuk membuat dan masuk ke situs media sosial.

Seberapa sulitkah menyiapkan pembaca RSS feed ?

Proses menyiapkan pembac umpan RSS tidak memakan waktu lama berkat beberapa pembaca feed online gratis. Lakukan riset untuk mengetahui mana yang terbaik. Kemudian Anda dapat memulai proses pembuatan akun pembaca feed yang akan menyimpan RSS feed Anda. Ini akan memakan waktu kurang dari 10 menit.

Seberapa populer RSS feed  di masa mendatang?

Sulit untuk mengatakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sesuatu seperti RSS feed  menjadi tidak relevan. Orang-orang yang saat ini menggunakan pembaca feed cenderung memiliki alasan khusus untuk menggunakannya dan akan terus melakukannya kecuali ada metode pengorganisasian lain yang lebih baik. Namun untuk saat ini, RSS feed memberikan layanan yang luar biasa dalam mengatur informasi digital terbaru.

Baca juga: Strategi Marketing Positioning: Pengertian dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai RSS feed yang mungkin bisa Anda terapkan dalam strategi digital marketing bisnis Anda. Walaupun ini cara kuno, menggunakan umpan RSS bukan suatu hal yang salah. Anda bisa menggunakan strategi untuk meningkatkan awareness dan keterlibatan audiens atau pengunjung websita Anda.

Pastikan Anda menggunakan software akuntansi terbaik untuk proses pembukuan dan pengelolaan data keuangan bisnis yang lebih baik. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah