Apa itu Meta Description? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Menulis deskripsi meta atau meta description adalah bagian dari pembuatan halaman web yang menjadi vital untuk upaya pemasaran online. Sepotong kode pendek ini bisa menjadi perbedaan antara seseorang yang mengunjungi situs web Anda atau perusahaan Anda kehilangan pelanggan. Untuk memaksimalkan upaya pemasaran online Anda, penting untuk mempelajari cara membuat meta description yang baik.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu meta description, mengapa itu penting, dan bagaimana menulis deskripsi yang efektif untuk setiap halaman web Anda.

Apa itu Meta Description?

Meta description atau deskripsi meta adalah bagian dari kode yang memberikan informasi tambahan tentang halaman web, tetapi informasi itu biasanya tidak terlihat di halaman web itu sendiri. Dalam tag ini, pembuat halaman web dapat menulis deskripsi singkat tentang halaman web.

Mengapa Meta Description itu Penting?

Tag meta description penting karena mesin pencari menggunakannya saat menampilkan hasil pencarian. Ketika seseorang mencari situs, mereka diberi halaman hasil yang relevan yang disebut halaman hasil mesin pencari, atau SERP.

Setiap hasil memiliki judul halaman diikuti dengan deskripsi halaman tersebut. Jika pembuat situs web itu memberikan tag meta description, teks di dalam tag itu akan digunakan untuk deskripsi di hasil pencarian. Jika tidak, mesin pencari biasanya hanya akan menarik beberapa kalimat pertama halaman dan menggunakannya sebagai deskripsi.

Dalam strategi pemasaran digital apa pun yang melibatkan mesin pencari, Anda harus bekerja untuk meningkatkan peringkat halaman dan rasio klik-tayang Anda.

Dengan mengambil kendali atas informasi apa yang ditampilkan mesin telusur, kemungkinan besar seseorang akan cukup tertarik pada laman Anda untuk mengeklik hasil penelusuran. Ini akan meningkatkan rasio klik-tayang Anda dan pada gilirannya menguntungkan peringkat hasil pencarian Anda.

Baca juga: Pentingnya Page Speed Untuk SEO dan Tips yang Bisa Anda Gunakan

Cara Membuat Meta Sescription yang Efektif

Untuk membuat deskripsi meta yang efektif, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan:

1. Pastikan panjang meta description optimal

Meskipun Anda dapat membuat deskripsi meta Anda sepanjang atau sesingkat yang Anda inginkan, ada panjang optimal yang harus Anda tuju. Anda juga ingin meta description  Anda cukup deskriptif tentang halaman Anda, jadi Anda tidak ingin membuatnya terlalu pendek.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menargetkan tag meta description Anda antara 50 dan 160 karakter bila memungkinkan. Meskipun selalu ada pengecualian untuk aturan ini dalam beberapa skenario, ini adalah pedoman umum untuk Anda mulai.

2. Tulis salinan yang menarik

Tujuan penulisan tag meta description adalah untuk meyakinkan pengguna mesin pencari untuk mengklik tautan Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu menulis salinan iklan yang menarik. Anggap ini sebagai kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan pada calon pelanggan. Pastikan salinan Anda ditulis dengan baik dan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Bertujuan untuk membuat teks Anda menarik dan menarik tanpa memberikan semua informasi di halaman.

Misalnya, Anda telah menulis artikel berjudul “Cara Mengganti Ban Kempes”. Berikut adalah contoh meta description yang memberikan terlalu banyak informasi:

  • Stabilkan roda, kendurkan mur roda, dongkrak mobil, lepas ban, pasang ban serep, kencangkan mur roda dan turunkan mobil.
    Contoh pertama ini tidak menarik dan memberikan informasi yang dicari pembaca langsung dari mesin telusur, sehingga Anda tidak dapat mengklik-tayang.

Deskripsi meta yang lebih baik untuk artikel ini akan terlihat seperti ini:

  • Terjebak di pinggir jalan? Panduan ini akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang mengganti ban kempes.

Contoh kedua ini memungkinkan Anda mengetahui apa yang ada di halaman tanpa memberikan informasi yang paling penting. Ini memberi pembaca alasan untuk mengklik situs web Anda, yang merupakan tujuan akhir.

Baca juga: 10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

3. Sertakan kata kunci

Kata kunci atau keyword adalah bagian penting untuk mendapatkan peringkat halaman Anda di mesin pencari. Mesin pencari mencari kata kunci ini di halaman Anda untuk melihat seberapa baik mereka sejalan dengan permintaan pencarian.

Apa pun kata kunci yang Anda targetkan untuk halaman spesifik itu, Anda harus yakin untuk memasukkannya ke dalam deskripsi meta Anda. Jika deskripsi meta Anda berisi kata kunci dalam permintaan pencarian, mesin pencari biasanya akan menebalkan teks ini. Ini membuat halaman web Anda lebih menonjol dalam hasil pencarian dan menunjukkan bahwa halaman Anda menawarkan apa yang dicari oleh pencari.

4. Buatlah unik

Satu hal yang harus dihindari adalah menggunakan meta description yang sama untuk beberapa halaman. Sama seperti tag judul untuk halaman Anda harus unik, demikian juga deskripsi meta.

Cara terbaik untuk menghindari redundansi adalah dengan membuat tag meta sendiri alih-alih membuatnya secara otomatis, yang dilakukan beberapa platform situs web untuk Anda. Dengan cara ini Anda setidaknya dapat memasukkan kata kunci unik Anda dalam deskripsi meta dan membuatnya sedikit berbeda dari halaman lain.

5. Tetap pada topik

Deskripsi meta Anda harus merupakan representasi akurat dari apa yang akan ditemukan pengguna ketika mereka mengunjungi halaman web Anda. Beberapa orang mencoba menulis hanya apa yang mereka pikir ingin didengar oleh pengguna mesin pencari, dengan sedikit kaitannya dengan apa yang sebenarnya ada di halaman web mereka.

Jika Anda melakukan ini, mesin pencari akan sering berhenti menggunakan tag meta description Anda dan membuatnya sendiri.

6. Hindari tanda kutip

Satu hal yang harus dihindari saat membuat meta description adalah penggunaan tanda kutip. Beberapa mesin mengalami kesulitan membaca ini dan akan memotong meta description Anda di tanda kutip.

Sebaiknya hindari semua karakter non-alfanumerik bila memungkinkan. Simpan meta description Anda ke huruf, angka, dan tanda baca dasar untuk hasil terbaik. Jika kutipan sangat penting untuk deskripsi meta Anda dan Anda ingin memasukkannya, pertimbangkan untuk menggunakan tanda kutip tunggal daripada ganda.

Baca juga: Apa itu Marketing Myopia? Berikut Pengertian dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah pembasan lengkap mengenai pengertian meta description dan tips dalam menerapkannya dalam strategi SEO dan SEM pada bisnis Anda. Dengan membuat deskripsi yang menarik, ini akan meningkatkan peluang pengunjung meng-klik artikel atau page Anda di mesin pencari sehingga meningkatkan kemungkinan konversi penjualan.

Catat juga setiap penjualan pada proses pembukuan, untuk memastikan bahwa bisnis Anda tidak melakukan pemborosan pada proses pemasaran dan bisnis Anda.

Jika Anda kesulitan menggunakan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Gunakanlah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja, dimana saja dan memiliki keamanan data yang terjamin, contohnya Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan bisa digunakan oleh semua jenis bisnis di Indonesia. Terbukti dengan telah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis mulai dari UMKM sampai perusahaan manufaktur besar.

Tertarik mengggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama sebulan melalui tautan di bawah ini :

accurate fokus pengembangan