Pengertian Digital Marketing dan Cara Memaksimalkannya dalam Bisnis

Mengetahui pengertian digital marketing, pemasaran digital, pemasaran online, periklanan internet? Apa pun sebutannya, memasarkan perusahaan Anda secara online adalah hal yang penting saat ini. Bagaimanapun, penggunainternet telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama dekade terakhir dan pergeseran ini telah sangat memengaruhi cara orang membeli produk dan berinteraksi dengan bisnis.

Pemasaran selalu tentang menghubungkan dengan target pasar Anda di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Ini berarti berinteraksi dengan klien Anda di mana mereka telah menghabiskan sebagian besar hari mereka – di internet.

Konsumen selalu online, terhubung ke web melalui smartphone, laptop, komputer, dan perangkat lain yang tak terhitung jumlahnya. Faktanya, penggunaan internet “konstan” di kalangan orang dewasa di seluruh dunia meningkat sebesar 5% selama 3 tahun terakhir. Jika Anda belum berinvestasi dalam strategi pemasaran digital, Anda kehilangan peluang serius untuk penjualan.

Jadi, apa itu pengertian digital marketing atau pemasaran digital? Pemasaran digital seperti jenis pemasaran lainnya — ini adalah cara untuk terhubung dengan dan memengaruhi calon pelanggan Anda. Perbedaan sebenarnya adalah, Anda terhubung dengan dan memengaruhi pelanggan tersebut secara online.

Pengertian Digital Marketing

Pada dasarnya, pengertian digital marketing adalah sarana promosi untuk suatu produk, merek, atau layanan. Ini menggunakan berbagai bentuk media elektronik, termasuk perpesanan instan seluler, SEO, podcast, pemasaran video, media sosial, dan email marketing.

Hal terbaik tentang pemasaran digital adalah bahwa hal itu secara inheren dapat diukur. Karena kampanye dan program Anda dilakukan secara online, kampanye tersebut mudah dilacak dan dianalisis, sehingga Anda dapat belajar dari hasil Anda dan meningkatkan strategi pemasaran digital Anda dari waktu ke waktu.

Pemasaran digital hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Ada kampanye pemasaran B2C, yang dimaksudkan untuk membantu merek Anda terhubung dengan konsumen standar dan strategi pemasaran B2B untuk bisnis yang ingin menjual ke bisnis lain.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

6 Pilar dalam Digital Marketing

Dunia pemasaran online telah berkembang, dan saat ini jelas ada lebih dari satu cara untuk memasarkan produk atau layanan Anda di internet.

Kabar baiknya adalah meskipun area ini merupakan kategori pemasaran yang terpisah, semuanya dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan dan mengembangkan bisnis Anda.

Digital marketing dapat dikategorikan dalam 6 disiplin ilmu utama:

Content Marketing – Pembuatan dan publikasi konten bermanfaat yang dirancang untuk menarik, mendidik, dan mempertahankan audiens target Anda.

Native advertising – Juga disebut advertorial, periklanan asli adalah jenis iklan online yang menyerupai konten editorial situs web atau publikasi yang mereka promosikan.

Iklan bayar per klik (PPC) – PPC adalah strategi pemasaran yang melibatkan iklan online. Pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan mereka.

Search engine optimization (SEO) – Ini adalah praktik meningkatkan situs web sehingga menjadi ramah mesin telusur dan membawa lalu lintas organik ke situs web.

Media sosial marketing – Praktik mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial.

Email marketing – Pendekatan pemasaran yang menggunakan email sebagai cara pemasaran dan memelihara klien potensial dan yang sudah ada.

Baca juga: Mengetahui Pentingnya Bargaining Power pada Sebuah Bisnis

pengertian digital marketing 2

Strategi Memaksimalkan Digital Marketing pada Bisnis

Kini setelah Anda mengetahui sedikit tentang pengertian dan berbagai jenis taktik digital marketing, sekarang saatnya mempelajari dasar-dasar pembuatan strategi.

Dari persona hingga alat yang tepat, ada banyak hal besar dan kecil yang dapat membantu atau menghalangi kesuksesan strategi digital marketing dalam bisnis Anda.

Inilah hal dasar yang Anda butuhkan untuk memastikan strategi Anda bekerja dengan baik:

1. Gunakan Buyer Persona

Jika sebelumnya, digital marketer mengumpulkan informasi kualitatif dan kuantitatif tentang target audiens yang mencakup usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, dan lokasi. Definisi pelanggan potensial telah berubah saat ini, dan berubah menjadi buyer persona. Saat ini, strategi pemasaran yang paling efektif tidak lengkap tanpanya.

Buyer persona adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelanggan ideal yang dapat ditentukan dengan mensurvei dan menghubungi kelompok sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang buyer persona Anda membacanya secara lengkap melalui artikel ini.

2. Identifikasi Tujuan dan Alat Anda

Setiap pemasar profesional tahu betapa pentingnya tahap ini. Tanpa tujuan, strategi tidak akan berhasil, jadi mendefinisikannya adalah tugas utama Anda. Pastikan bahwa tujuan yang Anda kembangkan sesuai, dan buatlah itu terukur.

Contoh tujuan pemasaran yang lemah: Tingkatkan konversi di situs web tahun depan dan buat dua penawaran promosi.

Apa yang salah dengan tujuan ini? Benar, itu tidak bisa diukur! Bagaimana seseorang dapat mengukur kemajuan menggunakan tujuan ini?

Berikut adalah cara merumuskannya:

Tingkatkan konversi di situs web sebesar 20 persen pada kuartal pertama tahun 2020, dan buat dua penawaran promosi: laporan pemasaran gratis dan buku pemasaran. Pastikan program ini berjalan pada Februari dan Maret.

Dari sana, Anda dapat mengukur keberhasilan pemasaran bisnis Anda sekarang

Baca juga: Apa itu Balanced Scorecard? Berikut Pengertian, Fungsi, Perspekftif dan Contohnya

3. Fokus pada Blogging

Membuat konten berkualitas tinggi penting untuk strategi pemasaran digital apa pun. Blogging adalah salah satu cara untuk membuat konten berkualitas untuk situs dan memperluas strategi pemasaran konten Anda.

Aspek kunci dari strategi ini memiliki fungsi yang penting, termasuk mendatangkan lebih banyak trafik ke situs web Anda, memperkuat visibilitas media sosial, memposisikan diri terhadap perusahaan lain, dan memberi peringkat semua kueri penelusuran dan kata kunci jangka panjang tersebut.

Jika Anda memiliki blog yang diperbarui secara rutin dan bermanfaat bagi pengunjung, artinya situs web Anda akan mudah ditemukan melalui mesin pencari dan dapat digunakan sebagai platform untuk kampanye pemasaran Anda.

4. Evaluasi Saluran Pemasaran Digital yang Ada

Analisis aset dan channel digital yang sudah Anda gunakan, termasuk website, konten blog, akun media sosial, word-of-mouth, native advertising, Google Adwords, paid advertising, dan sebagainya. Tanyakan pada diri Anda: seberapa efektif mereka dan bagaimana mereka dapat digunakan tahun depan?

Tidak apa-apa jika proses strategi pemasaran digital masa depan Anda tidak memasukkan semua elemen ini, tetapi pastinya harus menggunakan elemen yang paling efektif di tahun sebelumnya.

Misalnya, jika landing page  yang Anda buat baru-baru ini efektif dalam menghasilkan prospek, gunakan lagi tetapi tingkatkan sebanyak mungkin. Hal yang sama berlaku untuk aset dan saluran lain.

Baca juga: Apa itu Lead Time? Berikut adalah Pengertian, Fungsi dan Cara Menguranginya

5. Otomatiskan Pemasaran

Otomatisasi pemasaran sangat besar, dan hanya menjadi lebih baik dengan teknologi dan software baru. Platform otomasi pemasaran terkemuka saat ini dapat melakukan keajaiban untuk strategi pemasaran digital Anda, sehingga memudahkan Anda untuk mengotomatiskan aktivitas seperti pemasaran konten, pemasaran email, perolehan prospek, dan banyak lagi.

Selain itu, mudah untuk menemukan platform otomatisasi pemasaran yang terintegrasi dengan CRM penjualan perusahaan Anda, yang meningkatkan keseluruhan proses penjualan.

Jika perusahaan Anda masih belum menggunakan otomatisasi pemasaran, pastikan Anda menambahkannya ke dalam strategi bisnis Anda tahun ini.

6. Optimalkan Pemasaran Sellular

Ini adalah era yang mengutamakan seluler, dan tidak ada alasan untuk tidak menyempurnakan situs Anda demi pengalaman seluler yang luar biasa. Pengoptimalan seluler mencakup kecepatan halaman, desain situs, dan berbagai praktik pengoptimalan mesin telusur lainnya untuk memastikan bahwa orang yang mengunjungi situs Anda menggunakan perangkat seluler mendapatkan pengalaman yang baik.

Tinjau desain responsif seluler dan template email Anda untuk memastikan bahwa Anda menggunakan metode terbaru dan hanya memberikan data yang relevan dan berguna.

Baca  juga: Pengertian Marketing, Jenis, Proses, Tujuan dan Contohnya

7. Memudahkan Pelanggan Menjangkau Anda

Bisnis online adalah tentang terhubung dengan calon pelanggan, jadi trafik di situs web Anda harus tinggi untuk memastikan hasil yang positif.

Oleh karena itu, strategi pemasaran digital Anda harus memastikan bahwa prospek dan pengunjung Anda tidak mengerahkan upaya yang buruk untuk terhubung dengan Anda. Terlibat dengan pelanggan Anda sangat berharga untuk bisnis Anda.

“Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari audiens Anda secara online. Anda akan mendapatkan masukan yang jujur ​​tentang kampanye dan perpesanan, salah satunya. Memasukkan interpretasi dan opini penggemar tentang merek Anda dapat menghasilkan konten segar dan penggemar setia. “–Adam Fridman

Untuk menghilangkan upaya yang tidak perlu, Anda harus memastikan bahwa halaman arahan tidak meminta data yang tidak relevan. Buat ajakan bertindak atau CTA terlihat jelas di landing page dan halaman lain di situs Anda.

8. Gunakan Teknologi yang Tepat

Upaya pemasaran akan sia-sia jika teknologi yang digunakan tidak efektif atau tidak tepat.

Untuk strategi pemasaran digital yang tepat, Anda memerlukan alat seperti software otomatisasi pemasaran serta alat industri yang benar. Ada alat yang dapat membantu Anda selama setiap tahap proses pemasaran digital, termasuk alat yang membantu Anda mengidentifikasi sasaran hingga alat yang membantu Anda melacak dari mana pengunjung Anda berasal, contohnya adalah Google analytic.

Baca juga: Supply Chain Management: Pengertian, Proses Tahapan, dan Tujuannya dalam Bisnis

9. Pastikan Unique Selling Point (USP) Anda

Jika perusahaan Anda tidak berbeda dengan pesaing Anda, Anda tidak boleh mengharapkan keuntungan yang tinggi.

Pastikan Anda mengubah (atau memperkuat) perbedaan Anda dari yang kompetitor Anda dengan berbicara kepada pelanggan Anda dan menanyakan mengapa mereka memilih perusahaan Anda.

Setiap perusahaan memiliki proposisi penjualan yang unik, atribut yang membedakan Anda dari pesaing. Lakukan penelitian dan bekerja untuk mencari tahu apa itu. Kemudian, perbaiki pembeda yang ada jika diperlukan. Gabungkan pesan ini ke dalam kampanye pemasaran konten Anda.

10. Lacak Selalu Proses Marketing Anda

Pemantauan konstan harus dilakukan untuk memastikan bahwa strategi bekerja secara efektif. Ini dilakukan dengan menugaskan tim yang akan melaksanakan tugas ini. Ingatlah untuk belajar dari kesalahan dan selalu temukan peluang peningkatan!

Ada banyak pekerjaan yang terlibat dalam merancang proses strategi pemasaran digital, tetapi rencana yang efektif dan dipikirkan dengan matang akan membuatnya lebih mudah.

Baca juga: Teknik Pemasaran: Pengertian dan 10 Teknik yang Wajib Anda Coba

Kesimpulan

Itulah pengertian, teknik dan strategi mendalam untuk membuat digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda. Pastikan Anda menggunakan strategi yang kami ulas diatas agar bisnis Anda memiliki pemasaran terarah terutama di dunia digital.

Pastikan juga Anda memiliki anggaran yang cukup agar proses digital marketing Anda berjalan dengan optimal. Catat setiap biaya yang Anda keluarkan dalam proses digital marketing supaya Anda bisa mengetahui keuntungan yang Anda dapatkan dari proses ini.

Untuk memudahkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti fitur pembukuan, perpajakan, penghitungan aset, pengelolaan payroll, rekonsiliasi transaksi otomatis, manajemen inventori, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda dapat mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gamabar di bawah ini:

accurate 3