10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

Dalam mengelola Instagram untuk bisnis tidak cukup hanya menggunakan fitur yang terdapat di dalam Instagram saja. Untuk itu, diperlukan Instagram Tools tambahan agar Anda bisa mengelola Instagram secara maksimal.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi Instagram Tools terbaik yang harus Anda gunakan untuk berbisnis.

Penasaran apa saja? Baca terus artikel tentang rekomendasi Instagram Tools ini hingga selesai, yah!.

Instagram Tools untuk Desain

Salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan dalam memaksimalkan bisnisnya lewat Instagram adalah dengan menghiasi feed yang menarik dan mampu menarik visual. Bentuk visual dari Instagram feed ini akan mencerminkan identitas dan juga nilai brand perusahaan.

Tapi meskipun Anda bukanlah seorang fotografer profesional, saat ini Anda tetap mampu membuat gambar-gambar yang indah hanya dengan menggunakan smartphone Anda saja. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan Instagram Tools.

Baca juga: Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Rekomendasi 10+ Instagram Tools Terbaik

  • Instagram Tools Untuk Edit Gambar

1. VSCO (Android, iOS)

VSCO adalah Instagram Tools yang sudah sangat terkenal. Kenapa? karena berbagai fitur di dalamnya mampu mengubah foto kamera smartphone Anda menjadi sangat indah. VSCO sudah menjadi bagian dari Instagram Tools yang sulit dipisahkan bila Anda sedang menjalankan bisnis lewat Instagram.

Terdapat banyak fitur yang lengkap di dalamnya. Seperti berbagai pilihan filter yang mampu membuat foto Anda seperti tidak diambil menggunakan kamera smartphone.

Aplikasi ini sebenarnya gratis, namun Anda hanya bisa menggunakan fitur dan filter yang terbatas. Tapi jika Anda berlangganan dengan harga $19,99 pertahun, maka Anda bisa menikmati seluruh fitur editing yang sangat lengkap dan tidak terbatas.

Aplikasi ini memiliki fitur unggulan berupa filter dalam kualitas yang tinggi, fitur editing yang sangat lengkap, dan sangat mudah untuk digunakan.

2. Snapseed (Android, iOS, Windows, macOS)

Snapseed adalah salah satu Instagram Tools yang bagus karena didalamnya terdapat fitur editing yang lengkap dan juga gratis untuk digunakan. Anda bisa menikmati fitur Tune Image, Transform, HDR Space, dan fitur lainnya.

Selain itu, Snapseed juga mempunyai fitur yang disebut dengan Stacks. Fitur ini akan membantu Anda dalam menyimpan pengaturan editing yang sudah Anda kerjakan, sehingga bisa Anda terapkan pada foto lainnya tanpa harus memulainya lagi dari nol.

Snapseed sangat cocok untuk Anda yang ingin mengedit foto dari berbagai aspek secara mudah dan cepat.

3. Afterlight (iOS)

Afterlight adalah salah satu aplikasi edit gambar yang mampu menawarkan berbagai jenis template filter, tekstur, sampai frame. Sehingga, akan membuat Anda mampu mengedit foto secara cepat. Namun, Anda juga nantinya akan tetap diberi kebebasan dalam membuat dan menyimpan template yang sudah Anda buat.

Afterlight adalah adalah sebuah aplikasi yang dikemas dengan tampilan indah dan simple, sehingga sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi Instagram Tools ini harus Anda pertimbangkan bila ingin mempercantik feed akun bisnis Anda.

Aplikasi ini dibandrol dengan harga $2,99 perbulan atau $17,99 per tahun, tapi Anda bisa mencobanya terlebih dahulu selama  satu minggu.

4. Canva (Web, Android, iOS)

Canva adalah aplikasi editing gambar lainnya yang patut Anda coba. Instagram Tools yang satu ini mampu menawarkan lebih dari 8 ribu template gratis untuk berbagai jenis konten visual yang Anda perlukan untuk kebutuhan feed Instagram bisnis. Jumlah tersebut tentunya lebih banyak daripada Instagram Tools lainnya.

Dengan menggunakan Canva, maka Anda bisa memilih berbagai macam icon dan ilustrasi, kustomisasi teks, dan pilihan background yang beraneka ragam.

Anda bisa menggunakan Cava dengan versi gratis, tapi akan ada beberapa template yang tidak bisa Anda gunakan. Namun bila Anda rela membayar $12,95 per tahun, maka Anda bisa mengakses berbagai template premium tersebut.

5. Photoshop Express (Android, iOS, Windows)

Selain kelima Instagram Tools editing gambar di atas, Anda juga bisa menggunakan Photoshop di smartphone Anda.

Meskipun aplikasi Photoshop express ini tidak selengkap dengan versi desktop nya, tapi aplikasi ini tetap memberikan fitur editing yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari banyak pilihan preset, filter, hingga menambahkan watermark khusus. Terlebih lagi, Anda bisa menggunakan Photoshop secara gratis.

  • Instagram Tools untuk Edit Video

Untuk membuat video yang menarik, Anda sebenarnya tidak perlu mahal-mahal menyewa jasa pembuatan video. Kenapa? karena tools Instagram yang akan kami rekomendasikan dibawah ini akan membuat Anda mampu mengedit video secara cepat dari layar smartphone dan mengubahnya menjadi video berkualitas terbaik.

6. Boomerang from Instagram (Android, iOS)

Sebenarnya, Boomerang adalah aplikasi yang dibuat oleh Instagram sendiri, yang mana akan membantu Anda dalam membuat video dengan durasi pendek dan berulang-ulang. Jika sudah selesai mengedit, maka Anda bisa mempostingnya di Instagram atau disimpan agar bisa diposting di lain waktu.

7. Life Lapse (Android, iOS)

Kebalikan dari Boomerang for Instagram, aplikasi Life Lapse ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat video dengan durasi waktu yang lebih lama. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa membuat video stop-motion agar bisa memamerkan produk unggulan Anda.

Ada banyak sekali fitur yang bisa Anda nikmati di dalamnya. Anda juga bisa menambah foto yang banyak, menentukan ukuran video, mengatur tingkat kecepatan video, dan juga memasukkan berbagai jenis musik di dalamnya.

Life Lapse juga bisa Anda nikmati secara gratis, namun akan ada in-app purchase dengan harga yang berbeda-beda.

8. HypeType (iOS)

HypeType adalah Instagram Tools dengan berbagai koleksi font dan animasi yang bervariatif. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah dalam membuat caption yang mampu menggambarkan adegan di dalam video Anda.

Selain itu, Anda juga bisa langsung mempostingnya di Instagram tanpa harus keluar dari aplikasi HypeType terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tapi akan ada watermark pada video Anda. Untuk menghilangkannya, Anda harus berlangganan.

  • Instagram Tools untuk Marketing

Bila Anda sudah siap memposting konten yang sebelumnya sudah Anda edit dengan tools Instagram di atas, maka ini waktunya Anda melakukan posting. Tapi sebelumnya, pastikanlah konten Anda mampu menjangkau banyak orang.

Agar bisa memaksimalkannya, maka Anda bisa menggunakan Instagram Tools di bawah ini.

9. Repost for Instagram (Android)

Daripada memposting foto yang sudah Anda ambil sendiri, Anda bisa menggunakan posting dari follower Anda untuk Anda upload ulang. Caranya dengan menggunakan aplikasi Repost for Instagram. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda dalam memilih foto dan juga follower serta memberikan sumber disaat yang bersamaan secara mudah.

Untuk melakukan posting ulang dari akun Instagram  follower Anda, maka Anda hanya harus menyalin url dari posting follower dan membuka aplikasi ini. Di dalamnya, Anda bisa menambahkan sumber, membuat caption dari gambar asalnya, dan melakukan posting hanya dalam hitungan detik.

10. AutoHash (Android)

Dengan menggunakan AutoHash, Anda bisa menemukan hashtag yang cocok untuk gambar Anda secara mudah dan cepat. Instagram Tools ini sudah dilengkapi dengan AI agar bisa mengenali objek foto yang berada di dalam gambar, lalu aplikasi ini akan merekomendasikan 30 hashtag berdasarkan objek foto Anda.

Setelah berhasil memilih hashtag yang tepat, maka Anda bisa menyalin dan menempatkannya pada postingan Instagram Anda. AutoHash bisa Anda gunakan secara gratis.

11. Display Purposes (Web)

Display Purposes bisa digunakan dengan cukup mudah. Anda hanya harus memasukkan suatu keyword ataupun hashtag yang sebelumnya sudah ada, lalu Instagram Tools yang gratis ini nantinya akan menambahkan rekomendasi hashtag yang tepat.

Anda juga bisa mengatur jumlah hashtag yang Anda inginkan, bahkan bisa pada jumlah yang tidak terhingga. Selain itu, Display Purposes juga akan memunculkan tingkat popularitas dan relevansi dari setiap hashtag yang direkomendasikannya.

Baca juga: Social Media Management: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

Penutup

Demikianlah sebelas Instagram Tools yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan akun Instagram bisnis Anda. kesebelas Instagram Tools di atas terdiri dari kategori tools untuk edit gambar, edit video dan untuk memaksimalkan strategi pemasaran digital Anda.

Jika Anda bisa memaksimalkannya dengan baik, maka brand awareness Anda pasti akan meningkat, dan akhirnya keuntungan yang bisa Anda raih pun akan lebih banyak.

Namun, jangan lupa untuk rajin mencatat keuntungan bisnis Anda pada laporan keuangan. Kenapa? karena laporan ini sangat berguna untuk menilai kondisi keuangan Anda saat ini dan sebagai bahan rujukan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Bila Anda kesulitan dan tidak memiliki waktu untuk membuat laporan keuangan tersebut, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini bisa digunakan oleh berbagai jenis skala industri bisnis, mulai dari bisnis kecil, menengah, hingga bisnis besar. Melakukan kegiatan akuntansi pun kini bisa jadi lebih mudah dan menyenangkan, karena Accurate Online mampu menyediakan 200 jenis laporan akuntansi secara otomatis, cepat dan pastinya akurat.

Accurate Online juga memiliki fitur lengkap yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Menariknya, seluruh keunggulan dan fitur Accurate Online bisa Anda nikmati dengan harga 200 ribuan perbulan.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tombol tautan di bawah ini.

accurate-200 ribu per bulan