Apa Itu Shadowban dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pernah mengalami perubahan secara tiba-tiba pada akun Instagram Anda? Seperti penurunan jumlah viewers dan jumlah followers, atau mungkin unggahan Anda yang tidak muncul di hashtag feeds? Jika pernah mengalaminya, besar kemungkinan akun media sosial Anda menjadi korban dari shadowban dan Anda tidak menyadarinya. Sebenarnya, apa itu shadowban?

Secara singkat, shadowban adalah pemblokiran suatu akun media sosial secara diam-diam. Pemblokiran ini dilakukan oleh platform media sosial ketika suatu akun dianggap melanggar persyaratan yang telah ditentukan.

Kebijakan pemblokiran ini sebenarnya tidak hanya ada di Instagram, melainkan juga di media sosial lain seperti Twitter dan TikTok.

Namun, yang akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel kali ini adalah shadowban yang terjadi di platform Instagram. Di mana akan diuraikan penyebab dari pemblokiran tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Namun sebelum itu, mari pahami lebih dulu mengenai apa itu shadowban di Instagram.

Apa Itu Shadowban?

Shadowban adalah pemblokiran sepihak yang dilakukan Instagram tanpa sepengetahuan pengguna. Pemblokiran ini tidak berarti akun pengguna akan langsung di-suspend atau dinonaktifkan, melainkan hanya tidak dapat terlihat oleh semua audiens. Posting-an Anda tidak akan muncul di explore dan hashtag yang dipakai pun tidak terbaca sama sekali.

Alhasil, konten yang Anda unggah hanya akan terlihat oleh mereka yang mem-follow akun Anda. Reach, views, likes, dan semua engagement konten Anda akan mengalami penurunan secara drastis dan tiba-tiba.

Istilah apa itu shadowban sebenarnya telah muncul sejak tahun 2006. Di mana Twitter pertama kali melakukannya untuk menyaring tweets yang dianggap kasar dengan menerapkan semacam “time-out” atau waktu jeda bagi pengguna yang melanggar ketentuannya.

Dalam kasus shadowban di Twitter, mereka menginformasikan langsung kepada penggunanya bahwa mereka telah melakukan shadowban. Berbeda dengan Instagram yang melakukannya secara diam-diam.

Baca juga: Insight Instagram: Ini Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Penyebab Shadowban

Setidaknya, terdapat empat hal yang bisa menyebabkan suatu akun di-shadowban oleh Instagram.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang Melanggar Persyaratan Layanan Instagram

Algoritma terbaru Instagram memberlakukan aturan yang lebih ketat terhadap penggunaan aplikasi pihak ketiga yang tersambung dengan platform-nya.

Contohnya, penggunaan bot untuk menambah jumlah likes, followers, dan comments dapat diketahui secara cepat oleh Instagram. Begitu pun ketika Anda menggunakan software yang secara otomatis mem­-posting konten.

Ketika hal ini terjadi, Instagram akan segera melakukan shadowban, bahkan pemblokiran akun sepenuhnya.

2. Penyalahgunaan Batasan Harian dan Jam Instagram

Instagram memiliki kebijakan yang membatasi aktivitas penggunanya, seperti batasan jumlah foto yang bisa disukai, jumlah komentar yang diberikan, serta jumlah akun yang diikuti dan berhenti diikuti.

Di mana dalam banyak kasus, batasan yang diterapkan oleh Instagram adalah tidak melakukan lebih dari 150 likes, 60 komentar, dan 60 follow atau unfollow setiap jam.

3. Penyalahgunaan Hashtag

Hashtag berfungsi mengkategorikan konten yang diunggah di Instagram. Fitur ini mempermudah pengguna dalam mencari suatu kategori unggahan yang diinginkannya, Namun, terkadang ada pula hashtag yang berisi konten tidak senonoh atau tidak sesuai. Misalnya, hashtag #beautyblogger yang seharusnya menunjukkan hasil make up, namun justru berisi konten vulgar.

Ketika hal ini terjadi, Instagram akan mematikan hashtag tersebut sehingga tidak dapat diakses oleh para pengguna. Begitu pun akun yang mengunggah konten dengan hashtag tersebut yang akan di-shadowban oleh Instagram.

4. Mengalami Pelaporan Terus Menerus

Pelaporan akun adalah cara tercepat untuk mendapatkan perhatian Instagram terkait akun yang dianggap melanggar persyaratan layanan atau pedoman komunitas, seperti melakukan spam, melanggar hak cipta, hingga mengunggah konten yang tidak pantas.

Jika akun Anda dilaporkan secara terus menerus karena melakukan hal-hal tersebut, akun Anda akan terkena shadowban atau bahkan dinonaktifkan sepenuhnya oleh Instagram.

Baca juga: Verified Instagram: Ini Syarat dan Keuntungannya

Cara Mengatasi Shadowban

Setelah memahami apa itu shadowban dan penyebabnya, kini mari ketahui cara untuk mengatasinya.

1. Berhenti Menggunakan Aplikasi Automasi

Aplikasi automasi yang memberikan likes, comments, hingga follow atau unfollow, adalah salah satu hal yang dihindari oleh Instagram. Pasalnya, aplikasi ini dapat menimbulkan spamming yang melanggar ketentuan Instagram. Karena itu, segera hentikan penggunaannya jika tidak ingin terkena shadowban oleh Instagram.

2. Hapus Hashtag yang Diblokir oleh Instagram

Jika merasa akun terkena shadowban Instagram, cobalah menelusuri semua tagar yang Anda gunakan di ­posting-an Anda.

Pada hashtag yang telah dibatasi oleh Instagram, Anda tidak akan melihat posting-an apa pun atau hanya ada satu halaman gambar dengan keterangan tag telah disembunyikan karena penyalahgunaan. Pada tahap ini, hapuslah tag tersebut dari unggahan Anda dan catat untuk tidak menggunakannya di masa mendatang.

3. Hentikan Sementara Penggunaan Instagram

Anda juga bisa menghentikan sementara penggunaan Instagram selama dua hari. Setelahnya, usahakan untuk menggunakan Instagram secara wajar dan hindari melanggar kebijakan agar akun Anda tidak terkena shadowban kembali.

4. Laporkan kepada Pihak Instagram

Terakhir, Anda bisa mencoba melapor ke pihak Instagram terkait akun Anda yang terkena shadowban. Anda bisa melaporkan melalui email pelayanan resmi Instagram di alamat support@instagram.com atau dengan menggunakan opsi “Laporkan Masalah/Report a Problem” langsung dari aplikasi Instagram. Biasanya, Instagram akan memproses laporan Anda selama 7-10 hari kerja.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram untuk Maksimalkan Kinerja Konten

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu shadowban, beserta apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Diketahui, istilah apa itu shadowban sebenarnya telah ada sejak tahun 2006. Hanya saja, istilah ini semakin sering terdengar di tengah populernya penggunaan media sosial.

Media sosial memang tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan juga untuk kepentingan bisnis, seperti membangun brand awareness hingga mempromosikan produk.

Dengan strategi yang tepat, bisnis dapat membuka lebih banyak peluang peningkatan penjualan, bahkan perekonomian perusahaan. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis Anda, termasuk pembukuan laporan keuangan.

Pasalnya, laporan keuangan berperan besar terhadap keberlangsungan suatu bisnis. Karena itu, Accurate Online hadir untuk mempermudah proses pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan perusahaan Anda secara lebih cepat, akurat, dan otomatis.

Aplikasi bisnis dan akuntansi ini menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Berbagai fitur juga tersedia secara lengkap dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, klik langsung banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.