Verified Instagram: Ini Syarat dan Keuntungannya

Sebagian besar orang masih banyak yang bertanya-tanya tentang cara membuat akun verified Instagram. Berdasarkan laman Instagram, tanda verified Instagram artinya pihak Instagram sudah mengonfirmasi keaslian suatu akun yang mewakili selebritas, tokoh publik atau suatu brand global atau lokal.

Sebuah akun yang sudah dinyatakan verified akan diberi simbol centang biru yang akan tampil di sisi naman akun Instagram. Banyak orang yang berjuang keras agar bisa memperoleh tanda verified. Mereka mengklaim bahwa siapa saja yang memperoleh tanda tersebut artinya sudah lebih terpercaya dan lebih unggul dibandingkan akun lainnya.

Padahal, tidak semua orang bisa membuat akunnya berubah menjadi verified. Terdapat sejumlah persyaratan tertentu dari pihak Instagram yang harus dipenuhi. Tapi, Anda tetap bisa mengusahakan syarat tersebut.

Bagaimana caranya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Syarat Mendapatkan Verified Instagram

Sebagian besar orang menganggap bahwa cara paling penting untuk membuat akun verified Instagram adalah dengan mempunyai jumlah followers yang banyak dan harus menjadi influencer. Padahal, cara tersebut bukanlah syarat yang mutlak.

Beberapa akun ada yang sudah mempunyai jutaan followers tapi belum juga memperoleh tanda verified. Sebaliknya, ada orang yang baru mempunyai jumlah followers belasan ribu tapi sudah bisa mempunyai tanda tersebut.

Nah, berikut ini adalah syarat yang harus Anda penuhi bila ingin mendapatkan tanda verified Instagram:

1. Autentik

Dalam hal ini, akun Anda harus bisa mewakili bisnis, orang, ataupun entitas yang sudah terdaftar dan asli.

2. Unik

Akun Anda harus bisa mewakili eksistensi bisnis atau orang yang unik. Setiap individu atau bisnis hanya bisa mendapatkan satu akun verified Instagram saja.

3. Lengkap

Syarat selanjutnya yang harus Anda penuhi untuk membuat akun verified Instagram adalah akun Anda harus bersifat publik. Selain itu, Anda juga harus melengkapi akun dengan bio, foto profil, dan membagikan postingan minimal satu post.

Selain itu, akun Anda juga tidak boleh mencantumkan link “tambahkan saya” di akun media sosial lainnya.

4. Terkenal

Syarat terakhir untuk mendapatkan verified Instagram adalah Anda harus bisa mewakili brand, orang, atau entitas terkenal dan dicari banyak orang. Instagram akan melakukan review pada akun Anda dari berbagai sumber berita yang ada.

Bila akun Anda sudah bisa memenuhi keempat syarat di atas, Anda bisa lanjut mengajukan permohonan tanda verified ke pihak Instagram.

Caranya, Anda cukup buka halam profil, lalu klik tanda garis tiga yang berada pada bagian kanan atas. Lalu, masuklah ke menu Setting – Account – request verification.

Bila sudah, maka Instagram akan meminta beberapa data pribadi Anda, seperti username, nama lengkap, kategori, dan beberapa lampiran kartu identitas.

Baca juga: Insight Instagram: Ini Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Cara Membuat Akun Instagram Verified

1. Tingkatkan Followers dan Engagement

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan bahwa akun Anda layak untuk memperoleh tanda verified Instagram adalah jumlah pengikut dan engagement yang tinggi.

Cara ini memang bukanlah cara yang pasti untuk menilai kelayakan Anda sebagai seorang influencer atau brand terpercaya. Tapi, meningkatkan followers Instagram masih menjadi salah satu cara yang ampuh untuk membuat akun verified Instagram.

Anda bisa melakukan berbagai strategi, seperti mempromosikan akun Anda di media sosial lain, mengupload foto pada waktu yang tepat, atau membuat postingan yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hashtag tertentu agar bisa meningkatkan followers dan engagement.

2. Buat Post yang Unik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu syarat dari pihak Instagram agar bisa mendapatkan akun verified adalah unik. Untuk itu, buatlah suatu postingan yang unik dan bersifat personal. Sebisa mungkin, hindarilah mengikuti post dari orang lain. Jadilah diri sendiri dan buatlah followers Anda tertarik karena konten foto dan video unik yang sudah Anda buat.

Baca juga: Apa Itu Template Instagram Story? Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

3. Ikuti Instagram Community Guidelines

Tentunya Instagram sendiri tidak akan mau memberikan tanda verified pada akun yang melanggar ketentuan mereka. Untuk itu, salah satu cara yang paling penting dalam membuat akun verified Instagram adalah dengan mematuhi setiap syarat yang ada di dalam Instagram Community Guidelines.

4. Jaga Tanda Verified

Bila Anda sudah memperoleh tanda verified, maka Anda harus menjaga tanda itu sebaik mungkin.

Kenapa? Karena berdasarkan laman Influencer Marketing Hub, pihak Instagram bisa mencabut tanda verified Instagram Anda bila Anda menjual tanda verified tersebut pada pihak lain, lalu menggunakan akun Anda untuk mempromosikan bisnis atau layanan lain, dan Anda mendapatkan tanda verified tersebut dari pihak ketiga.

Baca juga: Instagram Ads Adalah: Pengertian dan Cara Lengkap Membuat Instagram Ads

Keuntungan Verifikasi Instagram

Selain bisa terlihat lebih keren dan lebih unggul dari pada akun lain, beberapa dari Anda pasti penasaran tentang keuntungan yang bisa diperoleh dari verified Instagram.

Nah, beberapa keuntungan dari mendapatkan verified Instagram adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Eksistensi

Tanda centang biru ini sangat penting untuk memverifikasi akun Instagram yang sebenarnya atau asli. Sehingga, akan mampu meningkatkan kepercayaan pengguna pada akun tersebut.

Tapi di sisi lain, tanda verified Instagram ini juga akan menjadi suatu simbol status dan mampu meningkatkan eksistensi dari akun ataupun bisnis Anda.

Itulah kenapa tanda verified ini sangat sering dijadikan sebagai pencapaian utama untuk beberapa akun yang sedang mengalami peningkatan di media sosial. Anda akan lebih terlihat daripada orang lainnya, baik itu saat Anda sedang mengunggah foto, di pencarian, atau saat mengomentari suatu akun, maka centang biru ini akan tetap muncul.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Selain individu, akun bisnis perusahaan pun bisa memperoleh verifikasi yang satu ini, terlebih lagi dengan semakin berkembangnya bisnis jual-beli online yang saat ini berada di tengah masyarakat.

Media sosial seperti Instagram akan sangat membantu mempermudah pelanggan dalam mencari dan menemukan brand Anda dan mereka bisa menghubungi Anda secara langsung. Sehingga, media ini bisa Anda jadikan sebagai tempat promosi brand dan menampilkan citra yang baik pada audiens.

Baca juga: 10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

3. Sebagai Bukti Akun Asli

Setiap tokoh masyarakat, baik itu pejabat, artis, selebgram, atau mereka yang sudah terkenal dan mempunyai banyak pengikut, bisa sangat mudah sekali dipalsukan oleh akun lainnya di Instagram. Terlebih lagi bila tokoh asli tersebut belum mempunyai akun Instagram.

Nah, inilah pentingnya verified Instagram untuk mereka yang sudah terkenal dan mempunyai pengaruh pada banyak orang, karena simbol verified tersebut bisa memudahkan masyarakat agar bisa membedakan akun asli dan akun palsu.

Banyaknya akun palsu ini bisa meningkatkan risiko kejahatan. Untuk itu, dengan adanya verified, maka akan bisa mengurangi bahkan mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui para followers yang tidak waspada.

4. Memiliki Berbagai Fitur Eksklusif

Terdapat beberapa fitur di Instagram yang bisa Anda nikmati bila sudah mendapatkan verified Instagram. Contohnya, Anda bisa mempunyai akses fitur link di bagian stories. Hanya mereka yang sudah terverifikasi saja yang bisa menambahkan link ke Instagram stories mereka.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan Bio Instagram Untuk Akun Bisnis yang Lebih Menarik!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang verified Instagram, lengkap dengan pengertian, cara mendapatkan verified Instagram, dan manfaatnya.

Bila Anda sudah berhasil mendapatkan verified Instagram, ada baiknya untuk tidak digunakan sebagai gaya-gayaan saja. Gunakanlah dengan bijak dan jangan sampai Anda melanggar berbagai peraturan yang sudah ditetapkan oleh Instagram.

Untuk pebisnis, memperoleh verified Instagram pada akun bisnisnya akan mampu meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produknya tersebut. Sehingga, akan ada banyak calon pelanggan yang percaya dan mau membeli produk atau berlangganan layanan pada perusahaan tersebut. Pada akhirnya, pendapatan keuntungan yang bisa diperoleh pun akan meningkat.

Namun, jangan lupa untuk mencatat pendapatan tersebut di dalam laporan laba rugi untuk nantinya dipindahkan ke laporan keuangan perusahaan. Karena, laporan ini nantinya bisa Anda jadikan sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan bisnis di masa depan.

Nah, agar bisa lebih memudahkan Anda dalam membuat laporan tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan laporan bisnis pada Anda secara otomatis, cepat, akurat, serta bisa diakses kapanpun Anda perlukan.

Operasional bisnis Anda pun akan bergerak lebih efektif dan efisien, karena Accurate Online sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang luar biasa. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Ayo klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari, Gratis!accurate fokus pengembangan