Google News: Pengertian dan Cara Daftar Google News

Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, kebutuhan akan informasi sudah semakin meningkat. Pengguna internet pun memerlukan akses informasi yang lebih kredibel dan juga aktual. Oleh karena itu, Google memberikan fitur Google News.

Fitur yang satu ini sangat terkenal dan bermanfaat untuk para pembaca serta pemilih website itu sendiri. Nah, bila Anda tertarik untuk mendaftarkan blog Anda di laman berita Google News, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara melakukan pendaftarannya dengan tepat. Bagaimana caranya? Baca artikel tentang Google News ini hingga selesai.

Apa itu Google News?

Sesuai dengan namanya, Google News adalah suatu layanan dari Google yang fokus dalam memberikan konten berita dari berbagai website di seluruh penjuru dunia, termasuk di dalamnya Indonesia.

Dengan tampilan yang menarik dan intuitif, para pembaca bisa mengakses berbagai berita melalui laptop ataupun smartphonenya. Uniknya, layanan tersebut bisa digunakan secara cuma-cuma. Oleh karena itu, jangan jeran bila ada lebih dari satu pengguna di Google play yang sudah mengunduh layanan ini.

Para pengguna juga tidak wajib login untuk menikmatinya. Namun bila menggunakan akun Google ketika mengaksesnya, maka Anda akan disajikan dengan personalized content yang artinya Anda akan mendapatkan berita sesuai minat Anda.

Salah satu keunggulan Google News daripada platform lainnya adalah mampu memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam memperoleh berita berdasarkan Lokasi, Topik, ataupun Sumber Berita.

Untuk para pemilik blog, memperoleh tempat di Google News mampu memberikan suatu keuntungan tersendiri. Kenapa? karena daftar kunjungan di Google News dalam satu bulannya mampu mencapai 494 juga pengguna di seluruh penjuru dunia. Sehingga, bila Anda mampu menggunakan fitur ini dengan baik, maka Anda akan terkena imbas positifnya.

Google News tidak hanya bisa diisi oleh media online terkenal saja, Anda sebagai pemilik blog juga bisa mendaftar di sana. Itu artinya, konten berita Anda juga bisa menjadi salah satu berita utama bila memang menarik dan layak untuk disebarluaskan.

Baca juga: Pentingnya Page Speed Untuk SEO dan Tips yang Bisa Anda Gunakan

Manfaat Mendaftar Google News

Google News mampu memberikan banyak manfaat untuk para pemilik blog saat berhasil menjadi bagian dari layanan ini. Lantas, apa saja manfaatnya?:

1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari Google

Bila Anda sudah mempunyai konten berita yang berkualitas dan juga unik, Google News tidak akan segan untuk memposisikan berita Anda di daftar berita utamanya. Sehingga, Google akan menganggap bahwa website Anda layak untuk menempati posisi puncak mesin pencarian.

Seperti yang kita ketahui bersama, memperoleh posisi puncak mesin pencarian bukanlah perkara mudah. Anda harus mampu melakukan optimasi mesin pencari atau dengan SEO. Tapi, jika Anda bisa memanfaatkan Google News secara maksimal, maka mendapatkan posisi puncak Google bukanlah perkara yang sulit.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Semakin mudah konten Anda untuk ditemukan pengunjung, maka akan semakin besar juga peluang blog Anda untuk dikunjungi oleh mereka. Selain itu, bisa dipastikan juga bahwa pengunjung Anda datang dari traffic yang sangat berkualitas.

Kenapa? karena adanya peran penting bernama personalized content. Setiap pengguna yang mengunjungi blog Anda akan merasa senang bahwa topik yang Anda sajikan mempunyai relevansi yang tepat dengan apa yang mereka perlukan.

3. Media Branding yang Efektif

Bila blog Anda mampu menyuguhkan konten yang baik, maka efeknya juga akan positif. Selain akan mendapatkan pengunjung yang loyal dengan blog Anda, Anda juga akan dinilai sangat ahli pada bidang tersebut. Sehingga, hal tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan brand website.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Backlink adalah suatu link di website lain yang mengarah langsung ke website Anda. Sebagai seorang blogger, Anda pasti sudah paham bahwa backlink mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kredibilitas blog.

Saat konten Anda direkomendasikan oleh fitur Google News, maka konten Anda akan menjadi suatu referensi terbaru terkait suatu topik tertentu. Bila ada blogger lainnya yang sedang memerlukan referensi pendukung, tentu mereka akan memanfaatkan sumber yang terpercaya, dan sumber itu bisa jadi adalah blog Anda.

Nah, semakin banyak jumlah backlink yang Anda peroleh, maka akan semakin terpercaya juga blog Anda.

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan

Adalah suatu hal yang wajar bila Anda ingin menggunakan iklan untuk mempromosikan blog Anda. Tapi, bila Anda mampu memperoleh hasil yang sama tanpa harus mengeluarkan uang tentu akan lebih bagus.

Google News memiliki potensi untuk mendatangkan organic traffic ke blog Anda. Organic traffic adalah suatu kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Anda terbebas dari mengeluarkan uang sedikitpun.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News

1. Masuk dengan Akun Google

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke halaman ini dan login dengan menggunakan akun Google yang sudah Anda miliki

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Bila sebelumnya Anda belum pernah melakukan tindakan verifikasi terkait kepemilikan website, maka Anda akan diminta untuk melakukannya terlebih dahulu lewat GSC atau Google Search Console.

Harus Anda garis bawahi di sini bahwa Google News mempunyai mesin crawlernya tersendiri, untuk itu Anda harus menambahkan xml sitemap pada blog berita Anda. Hal ini dilakukan agar Google News bisa terus melakukan update pada setiap perubahan yang ada pada blog Anda.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Bila Anda baru melakukan pendaftaran blog ke Google News, maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini:

4. Menambahkan Blog Anda

Selanjutnya, silahkan Anda tambahkan blog Anda yang ada pada pilihan “Want to suggest a website for Google News? Click here.”

Nantinya, Anda akan melihat halaman permintaan pendaftaran Google News seperti contoh gambar di bawah ini:

Gambar

5. Mengisikan Informasi Blog Anda

Anda akan diminta untuk mengisi informasi demi proses kurasi oleh tim Google. Untuk itu, silahkan mengisi informasi yang mereka pinta dengan tepat.

Gambar

General Information

  • About your news site: Seluruh informasi terkait blog berita yang Anda daftarkan ke Google News secara detail

Site Information

  • Source URL: Alamat website blog berita Anda.
  • Source Name: Nama blog Anda secara jelas
  • Site Language: Bahasa yang Anda gunakan di blog berita Anda. Namun, Google News tidak memperbolehkan Anda untuk menggunakan lebih dari satu bahasa.
  • City, State/Province dan Region: Alamat lengkap pemilik blog berita.

Select All Categories that Apply to the Content of Your Site

Gambar

  • Opinion content: ceklis pilihan ini bila publikasi berita Anda tentang konten Opini
  • User generated content: ceklis pilihan ini bila konten buatan pengguna sudah melalui proses editing terlebih dahulu
  • Blog: silahkan Anda centang opsi ini
  • Press release: Silahkan centang pilihan ini bila Anda menerbitkan siaran pers
  • Satire: Silahkan ceklis opsi ini bila blog berita Anda mengandung unsur satire

News Section Information

  • URL: Merupakan nama domain atau beberapa subdomain yang mau Anda tambahkan ke Google News
  • Labels: Suatu jenis berita yang ingin Anda tampilkan

6. Selesai

Bila Anda sudah mengisi seluruh data yang diperlukan, silahkan klik submit

7. Menunggu Review Google

Tahap selanjutnya adalah tahap review yang akan dilakukan oleh tim Google selama kurang lebih satu sampai tiga minggu.

Baca juga: Google Display Network (GDN): Cara Melipat Gandakan Keuntungan Bisnis

Kesimpulan

Demikianlah yang bisa kami sampaikan tentang Google News dan cara mendaftarnya untuk blog Anda. Jika blog Anda sudah memenuhi seluruh syarat, maka Anda tinggal mendaftar dan mengisi seluruh informasi yang Google News butuhkan.

Bila blog berita Anda sudah berhasil ditampilkan oleh Google News, maka peluang untuk memperoleh posisi puncak di mesin pencarian Google akan semakin terbuka lebar.

Lebih dari itu, Anda juga akan memperoleh peningkatan jumlah pengunjung. Tidak kalah pentingnya lagi, Anda juga bisa menciptakan brand image yang baik untuk blog Anda untuk tujuan jangka panjang, entah itu untuk bisnis ataupun pribadi Anda.

Untuk bisnis, Anda harus terus mencatat laporan keuangan Anda secara tepat agar bisa Anda jadikan referensi dalam menentukan keputusan bisnis dan untuk mengetahui posisi keuangan bisnis Anda saat ini.

Nah, agar mempermudah Anda dalam mencatat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dll. secara cepat, otomatis, dan akurat. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis kecil, menengah, hingga pebisnis berskala besar.

Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1