Instagram Shopping: Pengertian dan Cara Menggunakannya Untuk Tingkatkan Penjualan Anda

Berdasarkan blog resmi Instagram, fitur Instagram shopping ini dirilis pertama kali tanggal 19 Mei 2020 lalu. Fitur ini diklaim mampu mendongkrak penjualan bisnis dan meningkatkan traffic bisnis.

Benarkah klaim tersebut? Mari kita bahas secara lengkap tentang Instagram Shopping di bawah ini.

Apa itu Instagram Shopping?

Seperti yang sudah kita sebutkan di awal, Instagram shopping adalah salah satu fitur terbaru Instagram. Fitur ini diklaim mampu menghadirkan pengalaman belanja e-commerce di dalam media sosial Instagram.

Laman resmi  The Verge menjelaskan bahwa toko ini bisa kita akses lewat halaman explore yang ada di aplikasi Instagram. Jadi, setiap pelanggan sudah tidak perlu keluar aplikasi lagi untuk berbelanja.

Sebagai salah satu pemilik akun bisnis, maka Anda harus membuat katalog produk terlebih dahulu. Di dalamnya terdapat fitur pos dan story yang nantinya bisa Anda tag pada produk Anda. Bila Anda masih bingung, maka Anda bisa melihat dua gambar yang ada di bawah ini.

Instagram Shopping: Pengertian dan Cara Menggunakannya Untuk Tingkatkan Penjualan Anda1

Selain itu, Facebook juga memberikan fitur Facebook Pay, fungsinya adalah seperti dompet digital yang berguna untuk melakukan transaksi online. Sehingga, setiap pelanggan tidak perlu jauh-jauh lagi untuk berbelanja.

Saat kehadirannya pertama kali rilis, fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia. Namun, per tanggal 6 Oktober lalu, laman resmi Kompas mengatakan bahwa perlahan-lahan fitur tersebut mulai merambah di Indonesia.

Baca juga: 6 Instagram Analytic Terbaik Tahun 2021 yang Harus Anda Coba

Kenapa Harus Pakai Instagram Shopping?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini sudah banyak situs dan aplikasi e-commerce. Lalu, kenapa masih harus menggunakan Instagram Shopping?

BigCommerce menjelaskan bahwa fitur ini mampu meningkatkan traffic dan juga pendapatan Anda. Beberapa brand besar mengaku menerima peningkatan traffic hingga 1.1416%. Sedangkan beberapa merk lainnya mengaku memperoleh peningkatan laba hingga 20%.

NOW Marketing Group menambahkan bahwa Instagram adalah salah satu kontes untuk melihat gaya hidup. Jadi, bila ada seseorang yang follow akun Instagram Anda, maka dirinya memang tertarik dengan budaya dan juga brand bisnis Anda.

Nah, dengan menampilkan katalog produk di Instagram, maka akan ada banyak orang yang tertarik dengan budaya Anda dan tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Terlebih lagi, Anda juga bisa dengan mudah menggabungkannya dengan e-commerce. Sehingga, peluang pembeliannya pun akan semakin tinggi.

Berbagai skala bisnis industri sudah banyak yang terbantu dengan adanya fitur Instagram shopping ini.

Fitur Instagram Shopping

1. Instagram Shopping Tag

Instagram shopping tag berfungsi untuk memberikan label produk yang terdapat pada postingan Anda dan juga tersedia di dalam katalog produk.

Dengan adanya fitur tag ini, maka pelanggan bisa melihat berbagai harga dan juga produk secara detail. Anda bisa memilih produk mana saja yang ingin Anda tag di dalam suatu postingan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

2. Katalog Produk

Sama seperti namanya, produk Anda nantinya akan muncul pada katalog produk dan bisa dilihat oleh audiens. Selain itu, Anda juga bisa bebas menambahkan produk yang ingin Anda jual ke audiens.

Pada tampilan katalog ini, pelanggan hanya akan ditampilkan gambar foto, nama, dan juga harga produk. Agar bisa menambahkan gambar ke produk katalog ini, maka pilihlah produk gambar terbaik. Pada produk tertentu, pilihlah background gambar yang senada.

3. Halaman Detail Produk

Jika ada audiens yang melakukan klik pada salah satu produk katalog Anda, maka mereka akan bisa melihat halaman detail produk. Detail informasi yang ditampilkan pada audiens ini mencakup gambar, harga, nama, deskripsi produk secara lengkap, ukuran, dan link untuk menuju website toko online Anda. Oleh karena itu, buatlah deskripsi produk yang lengkap dan singkat.

4. Instagram Shopping Ads

Fitur ini berguna untuk mengiklankan postingan yang ada di Instagram shopping Anda. Dengan kehadiran Instagram shopping ads, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Sama halnya dengan fitur Instagram ads lainnya, Anda juga bisa menentukan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda.

5. Shopping Tag di Akun Tertentu

Bila Anda ingin melakukan kolaborasi dengan influencer, maka Instagram shopping tag bisa Anda gunakan agar produk Anda bisa lebih dikenal oleh banyak audiens.

Dengan adanya fitur ini, maka akan memudahkan produk Anda ditag oleh para influencer di dalam postingan mereka. Sehingga, akan semakin banyak follower influencer yang mengetahui produk dan juga usaha Anda.

6. Product Launches

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membantu Anda untuk membuat suatu pengumuman pada produk yang akan Anda launching. Anda bisa menggunakan fitur waktu mundur, sehingga para pelanggan bisa lebih bersiap untuk berbelanja online.

Mereka juga bisa mengatur pengingat agar bisa memberikan notifikasi penting saat produk Anda memang sudah dipublikasikan ke audiens.

7. Live Shopping

Fitur ini sangat berguna untuk menjual produk secara langsung dengan Instagram live. Sehingga, Anda bisa mengajak lebih banyak orang untuk melakukan pembelian produk secara langsung. Mereka juga bisa langsung membeli produk yang terdapat dalam sesi Instagram live tersebut.

Cara Menggunakan Instagram Shopping

Terdapat setidaknya tujuh langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa menggunakan fitur ini. dilansir dari situs resmi Instagram dan Oberlo, ketujuh langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pastikan usahamu layak

Instagram memiliki beberapa ketentuan untuk pengaktifan akun. Beberapa diantaranya adalah tempat dimana fitur tersebut sudah rilis, Anda memiliki produk yang sudah memenuhi syarat, sejalan dengan perjanjian dagang produk dan persyaratan perdagangan dari pihak Facebook, serta memiliki website penjualan.

2. Ubah akun jadi Instagram Business

Tentunya Anda harus menggunakan akun Instagram business. Jika belum, maka Anda wajib mengubah akun Anda terlebih dahulu.

3. Hubungkan dengan Facebook Page

Syarat lainnya untuk menggunakan Instagram Shopping adalah harus terkoneksi dengan Facebook Page.

4. Upload katalog produk

Jika sudah, maka Anda tinggal mengisi toko Anda dengan katalog. Anda bisa mengisinya dengan menggunakan Facebook Business Manager. Beberapa E-commerce saat ini juga sudah bisa melakukan sinkronisasi katalog Anda dengan katalog mereka.

5. Minta review akun Anda

Bila sudah selesai membuat katalog produk, maka Anda tinggal meminta persetujuan pada Instagram untuk membuka toko.

6. Nyalakan Instagram Shopping

Bila permintaan Anda sudah diterima oleh pihak Instagram, maka Anda tinggal menyalakan akun toko Anda saja.

7. Buat konten interaktif

Jika sudah berada pada tahap ini, itu artinya toko Instagram Anda sudah aktif. Untuk itu, Anda tinggal upload konten dan tag produk Anda saja.

Tips Sukseskan Instagram Shopping

1. Gunakan Hashtag yang tepat

Hashtag pada Instagram diciptakan agar bisa mengelompokkan posting kedalam kategori khusus. Hal ini bisa Anda gunakan sebagai salah satu strategi dalam membuat konten agar bisa dengan mudah ditemukan audiens.

Buatlah hashtag tertentu untuk produk yang ingin Anda promosikan. Nantinya, bila ada audiens yang melakukan pencarian dengan hashtag tertentu, maka Instagram akan menampilkan seluruh postingan Anda pada halaman pencarian dan juga jelajah.

Selain itu, dengan adanya hashtag, maka audiens akan lebih mudah lagi dalam mengikuti konten terupdate Anda. Sehingga, konten Anda sudah dipromosikan oleh Instagram secara gratis.

2. Bagikan di Instagram Stories

Perlu Anda ketahui bahwa Instagram stories juga menyediakan fitur shopping. Untuk itu, Anda harus bisa memaksimalkannya dengan baik. Caranya, pilihlah foto terbaik untuk dijadikan stories. Lalu, pilih stiker ikon dengan bentuk tas belanja. Setelah itu, ketik akun bisnis Instagram Anda.

Nah, saat ada pelanggan yang klik icon tersebut, maka nantinya mereka akan diarahkan pada akun bisnis Instagram Anda. Namun jika sudah Anda publish, Anda sudah tidak bisa lagi mengedit postingan Instagram stories tadi. Untuk itu, pastikanlah seluruh informasi penting sudah Anda masukkan.

3. Pakai Instagram Shopping Ads

Bila Anda memiliki anggaran khusus untuk melakukan promosi, maka Anda bisa menggunakan Instagram Shopping Ads untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda.

Dengan iklan yang ditampilkan, maka audiens akan klik iklan Anda dan akan diarahkan pada halaman deskripsi produk yang ada di Instagram. Lalu, mereka bisa melakukan transaksi di smartphone nya masing-masing.

Agar lebih maksimal, pastikan foto untuk iklan Anda memiliki kualitas yang tinggi, diberi hashtag, dan juga tag produk dengan tepat. Sehingga, pelanggan Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan mengunjungi toko online Anda.

Baca juga: IGTV : Manfaat, dan Cara Membuatnya Untuk Bisnis Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Instagram shopping. Jadi, Instagram Shopping adalah adalah salah satu fitur terbaru dari Instagram yang mampu menghadirkan pengalaman belanja e-commerce di dalam media sosial Instagram.

Untuk bisa memaksimalkan Instagram shopping, maka Anda harus menggunakan hashtag yang tepat dan membagikan di Instagram Stories. Lalu, bila memang Anda memiliki anggaran pemasaran, maksimalkanlah dengan memakai Instagram Shopping Ads.

Namun, anggaran pemasaran ini harus Anda kelola dengan baik dan Anda harus bisa mencatatnya di laporan keuangan bisnis. kenapa? karena laporan tersebut sangat berguna untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat keputusan di masa depan.

Tapi, bila Anda tidak memiliki waktu untuk membuat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan software ini, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, mudah, dan tepat.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur pembelian, persediaan, penjualan, perpajakan dan fitur bisnis lainnya yang akan mempermudah Anda dalam mengelola usaha Anda.

Accurate Online bisa digunakkan oleh berbagai jenis skala bisnis, mulai bisnis kecil hingga bisnis besar. Tampilan dashboard di dalamnya juga sangat sederhana, sehingga akan sangat mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.