IGTV : Manfaat, Dan Cara Membuatnya Untuk Bisnis Anda

Instagram adalah salah satu media sosial andalan bagi para brand bisnis dan marketer. Selain memanfaatkan post di feed Instagram, Anda juga bisa memanfaatkan fitur IGTV untuk bisnis. dilansir dari laman resmi Hootsuite, IGTV atau Instagram TV pertama kali dirilis ke publik pada bulan Juni 2018.

Durasi maksimal dari video IGTV ini adalah 60 menit. Durasi waktu tersebut tentu lebih lama dari IG story yang 15 detik dan IG video feed yang 60 detik. Sehingga, para pengguna Instagram lainnya bisa melihat video tersebut sebagai teaser dan juga undangan untuk versi lengkapnya di IGTV.

Kelebihan utama dari IGTV lainnya adalah bisa memutar video secara potrait di layar smartphone. Seperti yang kita tahu, di platform video lain seperti youtube, biasanya video yang disediakan adalah berformat landscape, sehingga setiap penonton harus memutar smartphonenya.

Dewasa ini, sudah banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan IGTV sebagai strategi pemasaran mereka. Nah, bila Anda tertarik untuk melakukan hal tersebut, maka kali ini kami akan membahas IGTV secara lengkap untuk Anda, dan memberikan tips untuk memaksimalkan IGTV Anda.

Apa itu IGTV?

Pada dasarnya, IGTV adalah salah satu fitur Instagram yang memungkinkan setiap penggunanya untuk mengupload video dengan durasi waktu yang lebih panjang. Dalam fitur postingan biasa, video yang bisa diupload oleh pengguna hanya sebatas satu menit saja, terlebih lagi di fitur instastory yang hanya 15 detik saja.

Tapi dengan IGTV, Anda bisa mengupload video dengan durasi 1 sampai 15 menit. Sedangkan untuk akun yang sudah terverifikasi, Anda bisa mengunggah video dengan durasi waktu satu jam.

Baca juga: 6 Instagram Analytic Terbaik Tahun 2021 yang Harus Anda Coba

Mengapa Harus Menggunakan IGTV untuk Bisnis?

IGTV adalah media yang sangat tepat untuk mengembangkan bisnis. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa manfaat pada IGTV untuk bisnis Anda, yaitu:

1. Membangun Komunitas Pelanggan

Dengan memanfaatkan IGTV, Anda mempunyai peluang yang luas untuk menjaring audiens loyal dengan harapan agar bisa berkembang menjadi suatu komunitas. Hal ini sesuai dengan konsep community marketing, yang mana brand Anda akan aktif untuk berkomunikasi dengan para konsumen.

Tujuan utamanya bukan hanya demi menciptakan hubungan baik dengan konsumen saja, tapi juga untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan dari konsumen, meningkatkan brand awareness, sampai memperoleh feedback dari konsumen untuk kemajuan bisnis Anda.

2. Mendongkrak Penjualan

Tujuan utama dari bisnis tentu untuk bisa mencapai target penjualan. Nah, yang harus Anda lakukan dengan IGTV adalah meyakinkan konsumen agar bisa masuk ke dalam tahap pembelian. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membuat suatu konten promosi yang spesifik, seperti tutorial, review produk, demo produk, dll.

Seluruh konten promosi Anda harus bersifat persuasif, sehingga setiap konsumen akan berada dalam titik yakin untuk membeli produk atau berlangganan layanan Anda.

3. Meningkatkan Engagement dengan Konsumen

Engagement sangat penting untuk menciptakan hubungan baik dengan para audiens. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara. Seperti dengan membuat video edukasi, video dibalik pembuatan produk, diskusi antar para pakar, atau membuat video marketing lain.

Sederhananya, dengan berbagai konten promosi halus seperti ini, maka Anda bisa lebih bersahabat dengan para audiens. Lalu, mereka akan perlahan-lahan menjadi konsumen hingga menjadi konsumen setia Anda.

Selain itu, gabungan engagement dan konten IGTV yang bermanfaat juga akan berpotensi di bagikan oleh para konsumen yang loyal. Untuk itu, engagement sangat berperan penting dalam menjangkau konsumen secara luas.

4. Mengembangkan Branding Lebih Mudah

IGTV memungkinkan Anda untuk berkreasi membuat video promosi secara lebih bebas, baik itu dari topik video ataupun berbagai aspek pendukung lain. Hal ini bisa Anda gunakan untuk menyampaikan berbagai pesan iklan, seperti menyampaikan kelebihan produk, memperkenalkan karakter bisnis, corporate branding, product branding, dll.

Kegiatan branding bisa Anda kemas dalam suatu channel atau IGTV bisnis Anda. Sama halnya seperti channel tv, Anda juga bisa mengatur program siaran Anda sendiri. Seluruh hal tersebut tinggal Anda sesuaikan lagi dengan ciri khas bisnis Anda, warna dominan, gaya bahasa, logo, dll. Sehingga, Anda bisa menancapkan branding yang kuat ke pikiran konsumen.

5. Dapat Digunakan untuk Cross Promotion

Selain bisa digunakan untuk kegiatan promosi produk atau layanan, Anda juga bisa melakukan cross promotion pada media sosial lainnya dengan menggunakan IGTV.

Bagaimana caranya? Anda tinggal arahkan saja audiens IGTV  Anda ke platform bisnis Anda lainnya, seperti website, Youtube, sampai mengikuti event yang Anda selenggarakan. Tujuannya adalah agar promosi Anda bisa lebih maksimal dan memperkenalkan produk secara lebih luas ke konsumen Anda.

Tips Ampuh untuk  Memaksimalkan IGTV

Setiap individu bisa mengunggah videonya di IGTV. Tapi karena IGTV merepresentasikan citra bisnis Anda, maka kami akan memberikan tips ampuh agar konten Anda lebih baik lagi dimata audiens.

1. Tarik Perhatian dengan Menggunakan Cover atau Thumbnail

Thumbnail ataupun cover IGTV memiliki peran yang sangat penting dalam memikat audiens Anda. Untuk itu, berusahalah semaksimal mungkin untuk menggunakan thumbnail custom dengan rasio yang tepat. Berikut ini adalah beberapa rasio thumbnail yang akan Anda perlukan di IGTV:

  • Rasio 9:16 untuk video vertikal yang umumnya digunakan untuk cover IGTV feed dan cover IGTV
  • Rasio 16:9 sangat tidak disarankan untuk video horizontal
  • Rasio 1:1 sangat disarankan untuk membuat satu cover tertentu agar tingkat presisi dengan postingan lainnya di Instagram gris sesuai.
  • Untuk Instagram TV horizontal, disarankan untuk membuat thumbnail dengan rasio 5:4 dan untuk vertikal 4:5. Namun, umumnya hal ini tidak perlu Anda khawatirkan, karena IGTV mendukung feed dengan layar penuh.

Pembuatan cover atau thumbnail juga tidak sulit, Anda hanya harus mengatur satu foto ke beberapa rasio di atas yang sesuai dengan video Anda.

2. Perhatikan Judul

Untuk IGTV, buatlah judul yang singkat, padat dan jelas. Tujuannya adalah agar tidak tersembunyi dan terpotong. Judul IGTV yang baik adalah dengan menggunakan 20 sampai 25 karakter saja.

3. Pakai Hashtag

Penggunaan hashtag pada IGTV bukanlah tanpa alasan. Hashtag pada IGTV berfungsi sebagai pengkategorian konten yang sama. Selain itu, dilansir dari laman adespresso, penggunaan hashtag pada IGTV juga mampu meningkatkan engagement sampai 12,6%.

Hal ini dikarenakan pada setiap hasil pencarian hashtag, terdapat kategori recent dan top. Semakin banyak engagement, maka akan semakin tinggi juga kesempatan Anda untuk muncul di kolom pencarian.

4. Sediakan Subtitle

Penggunaan subtitle pada IGTV memang akan terlihat membutuhkan usaha yang lebih keras. Tapi ada beberapa alasan lain kenapa IGTV harus mempunyai subtitiel, yaitu:

  • Agar bisa membantu audiens yang sedang berada di tengah kebisingan dan tidak bisa mendengar suara dari IGTV secara jelas.
  • Menggaet audiens yang memiliki keterbatasan tuna rungu.
  • Menjadi cara paling tepat untuk memberikan kesan yang mendalam dan ekslusif di dalam setiap kontennya.

5. Tanggapi Setiap Komentar Audiens

Fitur komentar yang terdapat pada Instagram memang terlihat sangat sederhana, namun mampu menarik perhatian. Terlebih lagi bila komentar audiens ini dibalas dengan akun official, maka pengguna pun akan merasa spesial.

Beberapa alasan lainnya adalah agar bisa meningkatkan peluang Anda untuk menjadi top post, menciptakan social proof, dan menjadi sarana pendekatan secara personal dengan audiens.

6. Maksimalkan Fitur Insight

Dalam IGTV, Anda bisa menggunakan fitur insight agar bisa memantau kinerja Instagram marketing Anda. Dengan kehadiran fitur ini, maka Anda bisa memperoleh data penambahan follower, konten yang dibagikan oleh follower, interaksi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tiktok Ads: Jenis, Pengertian Dan Tips Efektif Memaksimalkannya

Penutup

Menggunakan IGTV untuk perkembangan Bisnis memang mampu memberikan keuntungan. Karena dengan IGTV, Anda bisa lebih terbebas dari iklan TV yang sangat mahal. Selain mampu menjaring pasar secara luas, Anda juga bisa melakukan kreasi di konten IGTV Anda agar mampu meningkatkan engagement penjualan.

Proses pembuatannya pun sangatlah sederhana. Terlebih lagi, tips ampih yang kami berikan diatas pun akan membantu IGTV Anda lebih baik di mata para audiens. Jika sudah begini, mencapai target penjualan dan memperoleh laba yang maksimal bukanlah impian saja.

Namun, jangan lupa untuk mencatat laba Anda pada laporan laba rugi. Kenapa? karena salah satu jenis laporan keuangan ini bisa Anda jadikan referensi kredibel untuk menentukan kebijakan bisnis di masa depan.

Bila Anda kesulitan untuk membuat laporan laba rugi atau laporan keuangan lainnya, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi yang bisa digunakan oleh berbagai skala bisnis ini mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, tepat dan akurat.

Terlebih lagi, berbagai fitur bisnis seperti fitur persediaan, perpajakan, pembelian, penjualan, dan fitur lain di dalam Accurate Online pun akan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.