Mengenal 8 Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Mesin pencari atau biasa disebut search engine, sebenarnya bukan hanya Google saja. Setidaknya, terdapat delapan jenis search engine yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Di antara jenis search engine tersebut, masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Di mana penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri.

Artikel berikut ini akan menguraikan delapan jenis search engine tersebut, yang mana terdiri dari Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex, Duck Duck Go, CC Search, dan Ecosia.

Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

1. Google

Google menguasari lebih dari 74,44% pasar pencarian di internet. Traffic mobile yang diperolehnya bahkan lebih dari 85% sehingga menjadikannya pilihan terbaik untuk mendapatkan traffic yang tinggi.

Google juga bisa diakses menggunakan kurang lebih 149 bahasa. Algoritmanya pun tergolong sangat canggih sehingga dapat menyajikan hasil yang akurat bagi penggunanya. Karena alasan-alasan inilah, Google masih menduduki tempat pertama sebagai search engine yang paling banyak digunakan di antara pilihan search engine lainnya.

2. Bing

Bing adalah pesaing terbesar bagi Google dengan menguasai sebanyak 12,69% angka pencarian di internet. Search engine besutan Microsoft ini dibuat pada tahun 2009 dan awalnya merupakan gabungan dari tiga jenis search engine lain yaitu MS Search, Windows Live Search, dan Live Search.

Bing memiliki tampilan yang mirip dengan Google. Namun, ia menawarkan fitur yang menarik yaitu dengan memberikan reward berupa poin bagi pengguna yang melakukan pencarian atau berbelanja menggunakan search engine ini. Poin tersebut kemudian bisa ditukarkan dengan hadiah melalui Microsoft Store.

Baca juga: Web Crawling adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Bedanya dengan Web Scraping

3. Yahoo

Yahoo adalah mesin pencari yang memegang 2,15% pencarian di internet. Hasil pencarian Yahoo didukung oleh Bing, sehingga hasil pencarian keduanya memiliki kemiripan.

Sebelum mengenal Gmail, sebagian besar orang menggunakan Yahoo! Mail sebagai platform penyedia layanan email. Yahoo memang memiliki permulaan yang luar biasa dan sumber daya yang sangat besar. Namun kini, produk-produk Yahoo semakin tersisih, seperti Yahoo! Mail digantikan oleh Gmail, Yahoo! Answer digantikan oleh Quora, dan Yahoo! Flickr digantikan oleh Instagram.

Meski begitu, Yahoo masih mencatatkan jumlah pengunjung yang banyak, yakni mencapai 30 juta per bulannya.

4. Baidu

Baidu adalah search engine paling populer di China. Di mana per Februari 2019 lalu, Baidu menguasai hingga 74,73% pasar, sementara Google hanya berhasil menorehkan angka sebesar 2%.

Adapun Baidu hanya tersedia dalam bahasa Mandarin saja. Meski sebenarnya, ia bisa diakses di hampir seluruh dunia. Karena alasan itulah, pengaruh Baidu tergolong kecil ketika berada di luar China.

5. Yandex

Yandex merupakan search engine yang berasal dari Rusia. Yandex menguasai pasar Rusia hingga 65%. Sementara secara global, Yandex merebut sebanyak 0,45% pengguna pada perangkat komputer dan 1,41% pada perangkat mobile.

Beberapa negara seperti Kazakhstan, Ukraina, Turki, dan Belarusia juga menggunakan Yandex sebagai mesin pencari. Adapun Yandex menawarkan dua pilihan bahasa, yakni Inggris dan abjad silirik, serta layanan penyimpanan cloud.

Baca juga: Black Hat SEO dan Ragam Jenis Tekniknya yang Harus Dihindari

6. Duck Duck Go

Duck Duck Go merupakan search engine yang menguasai pasar di angka 0,42%. Search engine ini banyak digunakan karena memiliki tampilan yang bersih, tidak melakukan tracking pada pengguna, dan tidak dipenuhi iklan.

Adapun Duck Duck Go tidak melakukan indexing seperti jenis search engine lainnya, melainkan menyajikan hasil pencarian dari berbagai sumber. Hal ini menunjukkan bahwa Duck Duck Go tidak dilengkapi penyimpanan data sendiri, melainkan masih bergantung dengan mesin pencarian lain seperti Yahoo dan Bing.

7. CC Search

CC Search adalah singkatan dari Common Creative Search. Jenis search engine ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang berkecimpung di dunia industri kreatif. Sebab, konten yang ada di dalam CC Search bersifat bebas dari berbagai macam jenis copyright.

8. Ecosia

Ecosia bisa dikatakan sebagai jenis search engine yang paling menarik. Anda bisa melakukan pencarian seperti di search engine lainnya. Namun, yang membedakannya adalah setiap keuntungan yang diperolehnya, digunakan untuk membantu mendanai penanaman pohon dan proyek restorasi. Karena itulah, Ecosia dikenal sebagai “mesin pencari penanaman pohon”.

Hingga kini, search engine yang didirikan oleh Christian Kroll pada tahun 2009 ini telah berhasil menanam hampir 100 juta pohon. Anda tertarik untuk ikut berkontribusi? Maka, cukup lakukan pencarian melalui search engine ini.

Adapun ecosia merupakan search engine yang menjadi mitra dari search engine Bing. Sehingga, hasil pencariannya pun didukung oleh Bing.

Baca juga: 8 Kesalahan Google Ads dan Cara Memperbaikinya

Penutup

Itulah delapan jenis search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Masing-masing search engine tersebut memiliki karakteristik tersendiri yang bisa Anda sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan.

Adapun apabila Anda ingin melakukan praktik SEO dengan target traffic yang tinggi, maka Google-lah pilihan terbaiknya. Anda bisa mempelajari teknik dan cara agar situs Anda bisa muncul di halaman pertama Google, baik secara otodidak maupun dengan jasa profesional. Tentunya, penggunaan jasa profesional di bidang Search Engine Optimization membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena itu, Anda perlu mempersiapkan dana dari anggaran bisnis Anda.

Untuk mempermudah mengelola anggaran keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Di mana software ini menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula.

Berbagai fitur dan keunggulan lain di dalamnya juga dapat diakses secara fleksibel sehingga memudahkan Anda memantau pekerjaan dan arus keuangan. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.