10 Jenis Sosial Media Untuk Mempromosikan Produk dan Layanan Anda

oleh | Sep 14, 2021

source envato.

10 Jenis Media Sosial Untuk Mempromosikan Produk dan Layanan Anda

Media sosial terdiri dari banyak jenis dan jaringan untuk orang-orang dengan berbagai kepentingan. Pemasaran dan periklanan di media sosial ekonomis dan efektif, membantu Anda terhubung dengan audiens yang lebih luas.

Mempelajari berbagai jenis media sosial dapat membantu Anda membuat kampanye pemasaran yang lebih bertarget. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa media sosial itu penting dan membahas berbagai jenisnya.

Mengapa Media Sosial Penting dalam Proses Pemasaran?

Platform media sosial membantu Anda membangun kesadaran merek, berkomunikasi dengan pelanggan, membangun audiens khusus, dan meningkatkan penjualan tanpa menghabiskan jumlah yang berlebihan.

Konten yang bermanfaat dapat menarik lebih banyak calon pelanggan, membantu mereka mengingat merek Anda. Membangun merek yang konsisten di beberapa situs web media sosial memungkinkan Anda menciptakan kehadiran yang sukses saat terlibat dengan pelanggan.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk menjawab pertanyaan pelanggan, memecahkan masalah yang mereka miliki, dan memberi tahu mereka tentang acara atau penjualan khusus yang akan datang.

Baca juga strategi dalam memasarakn bisnis Anda di media sosial di artikel ini.

Jenis-jenis Media Sosial

Mengetahui perbedaan antara jenis media sosial dapat membantu Anda terlibat lebih efektif dengan prospek.

Berikut adalah beberapa jenis media sosial yang paling umum:

1. Jejaring sosial

Situs jejaring sosial membantu orang terhubung dengan berbagai merek dan individu. Pengguna dapat berbagi pemikiran mereka, membentuk grup berdasarkan minat mereka, membuat konten, mengunggah foto dan video, dan berpartisipasi dalam diskusi.

Anda dapat menjangkau audiens dengan iklan dan memengaruhi orang yang tepat dengan metrik penargetan. Anda juga dapat membangun koneksi dengan individu, meneliti preferensi pelanggan, dan memantau percakapan online tentang bisnis Anda. Mempelajari lebih lanjut tentang apa yang orang posting tentang merek Anda di jejaring sosial dapat membantu Anda menciptakan kehadiran yang positif.

Baca juga: Apa itu Viralitas? Berikut Pengertian dan Tips dalam Mendapatkannya

2. Forum Diskusi

Forum diskusi mendorong orang untuk saling menjawab pertanyaan dan berbagi ide dan berita. Banyak dari jenis situs media sosial ini berfokus pada pertanyaan, dan menjawabnya dapat meningkatkan kredibilitas Anda dan mengirimkan lebih banyak lalu lintas ke situs web bisnis Anda.

Anda juga dapat menggunakan forum diskusi untuk melakukan riset pasar dengan menanyakan pendapat orang tentang produk dan merek Anda. Ini dapat membantu Anda membuat kampanye pemasaran yang lebih terfokus.

3. Situs berbagi gambar

Situs media sosial ini memungkinkan orang berbagi foto dan konten lainnya. Mereka dapat memulai percakapan, menginspirasi kreativitas, membuat produk tampak lebih menarik, dan mendorong pelanggan untuk membicarakan merek Anda.

Misalnya, perusahaan pakaian dapat memberikan kesempatan kepada setiap orang yang memposting gambar dengan perlengkapan mereka di jaringan berbagi gambar untuk memenangkan sertifikat hadiah.

Baca juga: UTM Parameter: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

4. Situs bookmarking

Situs bookmark adalah platform tempat pengguna menyimpan berbagai ide dan konten untuk digunakan nanti. Banyak orang juga membagikan tautan ke daftar sumber daya online.

Tujuan dari situs web ini adalah untuk menemukan konten baru berdasarkan minat dan mendiskusikan tren. Anda dapat menggunakan jaringan ini untuk mengarahkan orang ke situs web Anda dan meningkatkan penjualan dengan membagikan konten Anda sendiri untuk bookmark.

5. Blog

Jaringan media sosial ini memberi Anda tempat untuk mempublikasikan pemikiran Anda tentang pekerjaan Anda, peristiwa terkini, hobi, dan banyak lagi. Anda dapat menikmati banyak manfaat dari memiliki blog sendiri tanpa harus meng-host situs web Anda sendiri.

Anda juga bisa mendapatkan pembaca baru dari orang-orang yang mengunjungi jaringan mencari konten yang menarik. Jika Anda sudah memiliki blog, Anda dapat memposting ulang artikel di platform ini untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Pertimbangkan untuk membuat posting blog tentang cara menggunakan produk Anda, atau membuat posting tentang industri Anda untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas.

6. Situs ulasan konsumen

Situs-situs ini menampilkan ulasan pelanggan tentang bisnis, memberikan perspektif penuh kepada pengguna tentang jenis layanan yang ditawarkan dan tingkat kepuasan secara keseluruhan.

Ulasan pelanggan dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah umum yang tampaknya dialami banyak orang dan membuat pengalaman menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Mempromosikan ulasan positif dan menangani ulasan negatif dapat membuat bisnis Anda lebih populer.

7.Situs berbasis minat

Gunakan jaringan khusus ini untuk berbagi hobi dan minat Anda dengan orang lain. Situs yang terkait dengan industri Anda juga dapat membantu jaringan Anda.

Misalnya, situs berbasis minat dapat memungkinkan orang mendiskusikan buku favorit mereka dan mendapatkan rekomendasi tentang apa yang harus dibaca selanjutnya. Penulis dapat membuat halaman profil untuk mempromosikan karya mereka dan menjawab pertanyaan dari pembaca.

Baca juga: Apa itu Tittle Tag dan Bagaimana Tips Terbaik dalam Membuatnya?

8. Interest-based networks

Situs-situs ini memberi orang akses ke sumber daya dengan mendorong mereka untuk berbagi. Mereka dapat membantu pengguna menghasilkan uang dan menghemat lebih banyak.

Misalnya, interest-based networks yang berfokus pada hewan peliharaan dapat membantu Anda menemukan seseorang yang bersedia merawat kucing Anda saat Anda pergi berlibur. Ini akan lebih murah daripada kandang dan lebih aman untuk hewan peliharaan Anda. Jika perusahaan Anda menjual mainan atau makanan hewan peliharaan, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dengan beriklan di sana.

9. Social shopping networks

Situs ini membantu orang melihat tren, berbagi penemuan hebat, melakukan pembelian, dan mengikuti merek favorit mereka. Mereka fokus pada e-commerce, tetapi elemen sosial membuatnya lebih menarik dan menghibur. Jenis media sosial ini ideal untuk membangun kesadaran dan menjual ke khalayak yang lebih luas.

Banyak dari mereka membiarkan penghobi dan pemilik usaha kecil menjual karya seni, perhiasan, kerajinan tangan, dan barang-barang lainnya. Mereka memungkinkan penjual menjangkau pelanggan yang mencari produk buatan tangan yang unik. Jaringan belanja sosial lainnya menawarkan banyak produk yang berhubungan dengan rumah bersama dengan konten tentang perbaikan rumah, menjadikannya jaringan berbasis minat juga.

Banyak jejaring sosial juga memiliki elemen belanja. Orang dapat menjual barang kepada teman, pengikut, dan pembeli lain di dekat mereka, sehingga lebih mudah untuk menyingkirkan peralatan dan furnitur lama.

1o. Situs hosting video

Jaringan hosting video memberi para pembuat film independen, jurnalis, dan pembuat konten lainnya cara bagi pemirsa mereka untuk melakukan streaming video dengan cepat dan mudah.

Banyak orang bersantai dan mengikuti berita lokal dengan menonton konten online daripada menyalakan TV mereka. Merek dapat menggunakan iklan berbayar untuk menjangkau pelanggan baru, atau mereka dapat meminta influencer untuk membicarakan produk mereka.

Baca juga: Brand Personality: Jenis, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Tips Membangunnya

Kesimpulan

Itulah berbagai jenis media sosial yang bisa Anda pilih untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Memilih kanal sosial media yang tepat sangat penting, terutama jika Anda menjual layanan atau produk yang sangat tersegmentasi.

Pastikan Anda memilih kanal yang tepat agar strategi pemasaran Anda berhasil dan menjangkau audiens yang tepat. Jangan lupa juga untuk mencatat setiap biaya yang harus Anda keluarkan dalam proses pemasaran tersebut untuk mengetahui efektivitas dan keuntungan yang Anda dapatkan.

Kesulitan dengan pencatatan manual? Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 3o hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

digitalmarketingbanner
Cinthya

Artikel Terkait