UTM Parameter: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

Jika Anda memiliki situs web dan menjalankan kampanye pemasaran online untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, Anda ingin melacak kampanye online mana yang efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.UTM parameter adalah alat pelacakan kampanye pemasaran online yang dapat membantu Anda menentukan sumber rujukan untuk lalu lintas ke situs web Anda. Wawasan ini dapat membantu Anda membuat kampanye pemasaran online yang lebih kuat untuk memaksimalkan kinerjanya.

Pada artikel ini, kami membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan UTM parameter untuk mengukur efektivitas kampanye digital marketing Anda.

Apa itu UTM Parameter?

Urchin Tracking Module parameters, juga biasa disebut sebagai parameter UTM, adalah tag yang dapat ditambahkan ke akhir URL kampanye pemasaran online Anda untuk membantu melacak dan mengukur efektivitas kampanye Anda.

Parameter ini  adalah alat pelacakan lanjutan yang mengukur kampanye online mana yang memaksimalkan lalu lintas rujukan ke situs web Anda. Setelah Anda menambahkan tag UTM ke URL Anda, parameter UTM melacak bagaimana orang berinteraksi dengan tautan dan situs web Anda.

Namun, penting untuk diketahui bahwa parameter ini tetap sesuai dengan tag asli bahkan ketika tautan dibagikan ke sumber lain. Ini mungkin menjadi tantangan ketika Anda mencoba untuk menentukan platform media sosial mana yang paling efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda karena ketika tautan dibagikan dari satu platform ke platform lain, ia masih mempertahankan parameter UTM untuk platform asli.

Misalnya, parameter UTM yang mengukur lalu lintas dari Instagram akan terus mengukur lalu lintas yang berasal dari Instagram, meskipun tautan dibagikan di Facebook dan lalu lintas berasal dari sana.

Baca juga: Apa itu Tittle Tag dan Bagaimana Tips Terbaik dalam Membuatnya?

Manfaat Menggunakan UTM Parameter

Menggunakan UTM parameter sebagai bagian dari kampanye pemasaran online Anda bermanfaat bagi pemilik situs web karena beberapa alasan. Untuk memulainya, parameter UTM memungkinkan Anda mendapatkan wawasan tambahan tentang dari mana lalu lintas ke situs web Anda berasal.

Ini dapat memberi tahu Anda tidak hanya kampanye mana yang paling efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, tetapi juga bagian mana dari setiap kampanye tertentu yang paling efektif dalam mengarahkan lalu lintas.

Anda kemudian dapat menggunakan wawasan ini untuk membuat kampanye pemasaran online yang lebih baik yang akan memaksimalkan jumlah lalu lintas ke situs web Anda.

Jenis UTM Parameter

Ada lima jenis parameter UTM yang dapat Anda gunakan di URL untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran online Anda:

utm_source

Parameter utm_source diperlukan saat menggunakan parameter ini untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran online Anda. Parameter ini melacak situs web mana yang mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda. Misalnya, parameter utm_source dapat berupa buletin, platform media sosial, atau mesin telusur. Jenis parameter ini terlihat seperti ini: utm_source=facebook

utm_medium

Parameter utm_medium digunakan untuk melacak jenis tautan yang diklik yang mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda. Misalnya, parameter utm_medium dapat berupa biaya per klik (bpk), email, atau sosial. Parameter UTM ini terlihat seperti ini: utm_medium=social

utm_campaign

Parameter utm_campaign digunakan untuk melacak kampanye dan promosi produk tertentu. Parameter UTM ini berguna saat Anda menjalankan beberapa kampanye berbeda secara bersamaan dan ingin menentukan mana yang paling efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Misalnya, jika Anda seorang terapis pijat dan menjalankan beberapa kampanye untuk layanan yang berbeda, Anda dapat menggunakan parameter utm_campaign untuk mengukur kampanye mana yang mendorong lalu lintas terbanyak ke situs web Anda. Parameter jenis ini mungkin terlihat seperti ini: utm_campaign=chairmassage; utm_campaign=deeptissuemassage

Baca juga: SEO Marketing: Pengertia, Cara Kerja, dan Strategi yang Bisa Anda Gunakan

utm_term

Parameter utm_term digunakan untuk melacak kata kunci tertentu yang Anda targetkan dalam kampanye pemasaran online Anda. Parameter jenis ini berguna saat Anda memiliki kampanye penelusuran berbayar dan ingin mengidentifikasi kata kunci mana yang paling efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Parameter UTM ini terlihat seperti ini: utm_term=massage+therapist

utm_content

Parameter utm_content digunakan untuk melacak konten mana yang secara khusus diklik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Misalnya, parameter utm_content dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah lebih banyak pengunjung yang mengeklik spanduk iklan Anda atau teks tertentu dalam iklan Anda.

Parameter jenis ini sering digunakan untuk pengujian A/B dan untuk iklan bertarget konten. Parameter UTM ini mungkin terlihat seperti ini: utm_content=ctatopbanner; utm_content=ctabottombanner; utm_content=ctatextlink

Baca juga: Apa itu RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerja RSS Feed?

Cara Menggunakan UTM Parameter

Ikuti langkah-langkah ini untuk menggunakan UTM parameter  untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran online Anda:

1. Pilih URL Anda

Langkah pertama untuk memasukkan parameter UTM dalam kampanye pemasaran online Anda adalah memutuskan ke URL mana Anda akan menambahkan parameter ini. Setelah Anda memutuskan ke URL mana Anda ingin menambahkan parameter UTM, mulailah dengan menulis URL Anda.

2. Tambahkan tanda tanya setelah URL Anda

Selanjutnya, tambahkan tanda tanya setelah teks URL Anda. Tanda tanya digunakan untuk memulai string teks UTM dan memisahkan teks UTM dari teks URL Anda

3. Tambahkan tag sumber UTM

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan tag utm_source. Tag utm_source diperlukan saat menggunakan parameter UTM. Caranya dengan menuliskan tag “utm_source” setelah tanda tanya.

Kemudian, tambahkan tanda sama dengan setelah tag utm_source dan tulis sumber setelah tanda sama dengan.

4. Pilih dan tambahkan tag UTM tambahan

Selanjutnya, Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin menggunakan tag UTM tambahan. Meskipun tag utm_source diperlukan, Anda juga dapat menggunakan beberapa tag UTM secara bersamaan pada satu URL. Setiap tag UTM dipisahkan oleh tanda ampersand (&). Ini memungkinkan Anda untuk mengukur berbagai hal tentang lalu lintas rujukan online Anda.

5. Tinjau dan analisis data pelacakan

Langkah terakhir untuk menggunakan parameter UTM dalam kampanye pemasaran online Anda adalah meninjau dan menganalisis data yang telah dilacak oleh parameter UTM Anda.

Data ini akan memberi Anda informasi berharga tentang kampanye pemasaran online mana yang mengarahkan lalu lintas paling banyak ke situs web Anda dan bagaimana pengunjung situs web Anda berinteraksi dengan situs Anda begitu mereka tiba di sana.

Contoh UTM Parameter

Berikut adalah contoh untuk menunjukkan bagaimana skenario terapis pijat yang dijelaskan di atas dapat menggunakan parameter UTM untuk mengukur efektivitas kampanye media sosial mereka:

Terapis pijat dapat memutuskan untuk menggunakan parameter UTM untuk mengukur posting atau iklan media sosial tertentu yang paling efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka. Misalnya, mereka mungkin ingin membandingkan efektivitas postingan profil, postingan grup, dan postingan promosi. Dalam contoh ini, URL parameter UTM mereka akan seperti ini:

  • URL postingan profil: https://www.abc-website.com/services?utm_source=facebook&utm_medium=profilepost&utm_campaign=website
  • URL postingan grup: https://www.abc-website.com/services?utm_source=facebook&utm_medium=grouppost&utm_campaign=website
  • URL postingan yang dipromosikan: https://www.abc-website.com/services?utm_source=facebook&utm_medium=promotedpost&utm_campaign=website

Dalam contoh ini, Anda dapat melihat parameter theutm_source adalah semua facebook dan parameter utm_campaign adalah semua situs web, tetapi parameter utm_medium berbeda untuk setiap posting. Ini akan memberikan wawasan tentang jenis posting facebook mana yang paling efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan ABC.

Baca juga: Apa itu Search Engine Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Strateginya

Kesimpulan

itulah penjelasan lengkap mengenai UTM parameter yang bisa Anda adaptasikan dalam strategi pemasaran digital pada bisnis Anda. Dengan menggunakan parameter ini, Anda bisa menilai dari mana saja trafik Anda berasal sehingga Anda bisa mengembangkan strategi yang lebih baik lagi kedepannya.

Setiap proses pemasaran, sedikit banyak pasti membutuhkan biaya. Untuk memastikan seluruh biaya sesuai dengan perencanaan strategi pemasaran, Anda harus mencatat biaya dan pendapatan tersebut pada sistem keuangan yang mudah digunakan untuk meningkatkan transparasi dalam proses pengelolaan keuangan bisnis.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan akuntansi bisnis yang lebih baik. Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau.

Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan fitur terbaik seperti pencatatan penjualan dan pembelian, rekonsiliasi transkasi otomatis, penghitungan multi mata uang, manajemen stok dan aset, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: