Apa itu Tittle Tag dan Bagaimana Tips Terbaik dalam Membuatnya?

Siapa pun yang telah mencari sesuatu secara online kemungkinan besar telah menggunakan berbagai mesin pencari untuk menerima hasil yang relevan. Hasil ini muncul pada apa yang disebut halaman hasil mesin pencari, atau SERP, untuk membantu memandu pengguna ke konten yang mereka cari. Pada artikel ini, kami membahas elemen penting dari SERP yang disebut tag judul atau tittle tag, mengapa mereka penting untuk strategi optimasi mesin pencari (SEO) dan cara membuatnya.

Apa itu Tittle Tag?

Tittle tag atau tag judul adalah tajuk utama yang paling mudah dikenali yang Anda lihat di SERP saat Anda mencari sesuatu secara online. Mereka adalah indikator HTML yang memberi label pada laman web Anda untuk membantu mesin telusur dan orang-orang memahami tentang apa laman Anda.

Tag judul muncul di SERP sebagai teks biru dan tebal di atas URL situs dan deskripsi meta, yang merupakan ringkasan konten halaman web. Mereka juga muncul sebagai judul utama halaman web di bilah atas browser internet. Bersama-sama, tag judul dan deskripsi meta membantu orang mengetahui konten halaman web yang akan mereka kunjungi.

Mengapa Anda harus Menyertakan Tittle Tag?

Perusahaan yang ingin menerapkan strategi SEO yang solid perlu memperhatikan kualitas tag judul mereka karena mereka adalah elemen kunci dari algoritma mesin pencari.

Isi tittle tag tidak hanya menjelaskan tujuan halaman web tetapi juga harus menyertakan kata kunci relevan yang dirancang untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di SERP, halaman harus merupakan representasi akurat dari apa yang dapat ditemukan pengguna situs ketika mereka tiba di situs web.

Baca juga: Blogwalking Adalah Kegiatan Untuk Meningkatkan Traffic Blog, Benarkah?

tittle tag 2

Cara Menulis Tittle Tag

Menulis tag judul asli yang terdengar alami dan menarik membantu mendorong pengunjung untuk mengklik ke situs Anda. Saat Anda memberi mereka informasi yang mereka butuhkan, mereka cenderung memiliki pengalaman pengguna yang positif.

Sebelum Anda menulis tag judul untuk halaman web situs Anda, Anda harus melakukan riset kata kunci untuk memastikan Anda membuat tag judul yang ramah SEO.

Ingatlah bahwa Anda ingin tag judul Anda menyertakan 60 karakter (dengan spasi) atau kurang. Apa pun yang lebih lama dari itu tidak akan terlihat di SERP. Ada alat tag judul online yang memungkinkan Anda menempatkan tag yang baru dibuat di dalam kotak untuk melihat pratinjau bagaimana tag tersebut akan muncul di SERP.

Ketika Anda mengoptimalkan konten Anda dengan kata kunci ini, itu meningkatkan peluang Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Mesin pencari menunjukkan hasil terbaik yang sangat relevan, jadi Anda ingin tag judul Anda memiliki kualitas itu juga. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat tag judul peringkat tinggi:

1. Buat judul yang unik

Pertimbangkan jumlah halaman web yang ada di situs web Anda. Anda mungkin memiliki kurang dari 20 atau lebih dari 200. Mempertimbangkan hal ini akan membantu Anda memahami berapa banyak judul unik yang perlu dibuat.

Anda tidak ingin menggunakan judul yang sama, karena mesin pencari tidak menyukai konten duplikat dengan memberi peringkat lebih rendah di SERP. Anda juga ingin tag judul Anda jelas dan lugas sehingga pengguna tahu persis apa yang diharapkan ketika mereka tiba di situs Anda.

Baca juga: Apa itu RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerja RSS Feed?

2. Sertakan kata kunci yang relevan

Penelitian kata kunci adalah bagian penting dari strategi SEO karena membantu mesin pencari menemukan halaman Anda dan memberi peringkat lebih tinggi di SERP.

Orang-orang mencari produk dan layanan secara online dengan mengetikkan kata kunci di bilah pencarian. Saat Anda menggunakan kata kunci yang mereka cari, Anda meningkatkan peluang konversi.

Sebelum Anda mulai menulis tag judul Anda, siapkan daftar kata kunci untuk dimasukkan ke dalam tag. Anda dapat mengetahui kata kunci mana yang memiliki nilai tertinggi dengan menggunakan salah satu dari banyak alat kata kunci online yang memberikan wawasan berharga.

3. Buatlah menarik

Pikirkan tentang tag judul yang baru-baru ini Anda lihat di SERP. Anda mungkin telah mengklik salah satu daripada yang lain karena tag judulnya lebih menarik. Buat tag judul yang menarik dengan kata-kata deskriptif yang menarik orang dan Anda akan memiliki keunggulan dibandingkan halaman web pesaing. Kata-kata yang membangkitkan emosi atau membuat orang penasaran menarik perhatian.

4. Gunakan nama merek Anda

Iklankan perusahaan Anda secara nyata dengan menyertakan nama bisnis Anda di tag judul.

Berikut adalah beberapa contoh tampilan tag judul:

  • 10 Resep Apel Teratas Yang Akan Membuat Mulutmu Berair | Derry Farms
  • Suara Taman Bermain Lucu Dibuat oleh Laugh Studios Inc.
  • 7 Cara Membuat Ruang Impian Hanya untuk Anda | Pro Interior
  • Bagaimana Kate’s Market Dapat Membantu Anda Melayani Tamu yang Lapar

Membuat tittle tag bisa menjadi seni karena Anda ingin membuat daya tarik ekstra sambil menjaga tag Anda di bawah 60 karakter. Salah satu cara untuk menghasilkan beberapa ide untuk menulis tag judul adalah dengan melakukan pencarian online untuk melihat bagaimana merek lain menulisnya. Lihat cara situs web populer menyebutkan tag judul mereka dan coba buat modelnya.

Baca juga: Apa itu Meta Description? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cara Menerapkan Tittle Tag?

Sekarang setelah Anda menulis tag judul, Anda dapat menerapkan judul baru di halaman web Anda. Pertimbangkan apakah Anda bekerja dengan situs kustom yang tidak dihosting di CMS, situs yang menggunakan WordPress atau tidak keduanya. Anda akan siap untuk memasukkan tag judul Anda setelah Anda tahu apa yang Anda hadapi dari tiga skenario ini:

Situs khusus tidak dihosting di CMS

Untuk mengedit tittle tag halaman web di situs kustom yang tidak dihosting di sistem manajemen konten, Anda harus mengakses kode HTML-nya terlebih dahulu. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, hubungi penyedia host Anda. Setelah Anda menemukan tag, cukup masukkan nama judul Anda di antara tag dan simpan kode Anda.

WordPress atau situs CMS lainnya

Banyak situs web berjalan di WordPress atau situs CMS lainnya. Jika milik Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa memberi nama tag judul jauh lebih sederhana daripada mengedit kode HTML.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari bidang judul dalam formulir konten dan ketik nama judul Anda. Anda mungkin ingin mengunduh plug-in SEO yang didukung yang akan menunjukkan kepada Anda pratinjau tampilannya di SERP.

Pastikan Anda telah masuk ke platform untuk mengakses pengaturan area admin. Bergantung pada CMS, Anda mungkin mencari bidang yang disebut “Judul Situs”. Simpan perubahan Anda dan selesai.

Tidak ada situs kustom atau situs WordPress

Jika Anda bekerja dalam penyiapan berbeda yang tampaknya tidak mengikuti struktur tag judul dari skenario sebelumnya, mungkin paling mudah untuk menghubungi perusahaan hosting situs web atau perusahaan CMS Anda untuk meminta saran dalam menemukan HTML untuk membuat tag judul.

Dengan sedikit bimbingan, Anda harus dapat bergerak maju tanpa masalah.

Baca juga: Pentingnya Page Speed Untuk SEO dan Tips yang Bisa Anda Gunakan

Apa Perbedaan antara Tittle Tag dan Tag H1?

Meskipun tag judul dan tag H1 mungkin berisi konten yang serupa, mereka bukanlah elemen yang sama dalam HTML. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah bahwa tag judul ditampilkan dengan jelas di SERP, sedangkan tag H1 menonjol di halaman web itu sendiri.

Tag H1 adalah tajuk pertama yang dilihat pengguna situs saat mereka menavigasi ke halaman web. Biasanya judul artikel, tapi tidak selalu. Tag H1 juga memainkan peran yang sangat penting dalam strategi SEO, oleh karena itu pembuat situs atau pemilik bisnis harus mencoba memasukkan kata kunci ke dalam tag H1 serta header lainnya jika sesuai.

Tag H1 tidak terlihat di SERP kecuali pembuat situs tidak membuat deskripsi meta yang unik. Dalam hal ini, mesin pencari akan menarik 155 hingga 160 kata pertama dari konten halaman untuk digunakan sebagai deskripsi meta, yang dapat menyertakan tag H1.

Baca juga: Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan 10 Tips Membangunnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai tittle tag dan cara membuatnya yang bisa Anda terapkan dalam strategi SEO dalam bisnis Anda. Dengan membuat tittle tag yang baik, kemungkinan untuk bersaing di SERP akan lebih baik dan meningkatkan trafik website Anda secara keseluruhan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam bisnis selain proses pemasaran, adalah proses pengelolaan keuangan yang baik. Tanpa proses pengelolaan keuangan yang baik, bisnis Anda akan berujung pada kerugian. Untuk mengelola proses keuangan bisnis lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu