Metadata Adalah Hal Penting Untuk Proses dan Mengenali Jenis Informasi

Sebenarnya, metadata adalah suatu hal yang sering sekali kita lihat namun kita tidak menyadarinya. Metadata adalah salah satu bentuk data yang mampu memberikan informasi ataupun menjelaskan beberapa data lainnya. Hal tersebut sangatlah penting di dunia yang saat ini sudah sangat bergantung dengan teknologi dan juga data.

Lantas, apa itu metadata? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang metadata pada artikel di bawah ini.

Pengertian Metadata Adalah

Berdasarkan laman Power Digital Marketing, metadata adalah gabungan dari dua kata yang berbeda, meta dan data. Meta adalah suatu hal yang menjelaskan, mendeskripsikan ataupun mendefinisikan hal dasar. Sedangkan data adalah gabungan informasi.

Sederhananya, metadata adalah ringkasan detail yang mendasar terkait sebuah data. Metadata mampu membuat pengolahan dan pencarian data menjadi lebih cepat dan mudah. Metadata juga bisa ditemukan di dalam video, foto, spreadsheet, ataupun gambar.

Namun saat ini, metadata juga bisa ditemukan untuk laman web dan berperan penting di dalamnya, terutama untuk search engine optimization (SEO).

Umumnya, metadata juga dimunculkan dalam wujud meta tags yang didalamnya terkandung kata kunci yang berhubungan dengan kontennya. Metadata bisa dibuat secara manual ataupun dengan proses yang otomatis. Umumnya, proses manual dalam membuat metadata adalah cara yang sangat akurat dan tepat.

Kenapa? karena di dalam proses tersebut memanfaatkan manusia untuk memasukan dan juga melakukan pemeriksaan informasi yang dinilai, diperlukan, relevan, dan juga sesuai. Di samping itu, otomatisasi yang terdapat pada metadata umumnya lebih bersifat mendasar dan juga memunculkan data yang sudah terlebih dulu diperkirakan, sehingga hasilnya lebih terbatas.

Baca juga: Apa itu Meta Description? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Kenapa Metadata itu Penting?

Metadata adalah suatu hal yang sangat penting karena di dalamnya digunakan untuk terus memproses dan juga mengenali beberapa jenis informasi yang sangat penting. Hal tersebut nantinya bisa digunakan untuk berbagai hal, khususnya untuk keperluan sales dan juga marketing.

Selain itu, metadata pun sangat berguna untuk keamanan, peringkat mesin pencarian, organisasi dokumen, dan lain-lain.

Metadata mampu membantu proses sistem CRM dan ERP dalam melakukan pelacakan data bisnis dan penyortiran, mulai dari metodologi, prosedur, dan klien yang sangat penting untuk perusahaan.

Al-akhir, metadata mampu membantu manusia dalam memperoleh audit trail dalam bisnis dan industri yang sesuai dengan bisnis. Untuk itu, pemanfaatan metadata dalam zaman yang sudah serba teknologi saat ini sangat penting dan tidak bisa dianggap sebelah mata.

Fungsi Metadata

1. Identifikasi

Identifikasi dalam metadata adalah keterampilannya yang mampu mengidentifikasi konten dan juga memberikan suatu karakteristik tertentu yang membedakan konten tersebut dengan konten yang lainnya.

Terdapat banyak sekali elemen teknis untuk mengidentifikasi dengan menggunakan metadata, seperti URI (Unique Resource Identifier), nomor referensi file atau file reference number, judul, penulis (author), dan juga nama file.

2. Manajemen dan Organisasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa metadata adalah suatu hal sangat berperan penting dalam menangani beragam jenis konten. Dengan adanya teknologi yang sudah tersedia seperti saat ini, pemanfaatan metadata sudah bisa dilakukan secara otomatis.

Metadata pun dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi siapa saja yang diberikan izin untuk mengakses dokumen khusus, aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuka dokumen tersebut, dan operasi apa yang bisa digunakan untuk suatu konten tertentu.

Lebih dari itu, metadata juga sangat berguna untuk mengarsipkan tanggal, izin akses dan keamanan, sumber link, versi software, format file, dan berbagai pengaturan lainnya.

3. Pencarian Konten yang Tepat

Anda bisa menemukan suatu konten secara cepat dengan memanfaatkan metadata. Description metadata adalah suatu metode sistem yang mencatat berbagai hal penting, seperti deskripsi dokumen, topik, serta kata kunci yang ditambahkan oleh penggunanya.

4. Melacak dan Memantau Penggunaan Konten

Fungsi yang terakhir pada metadata ini sangat berguna untuk pemasaran atau strategi marketing. Dewasa ini, setiap tim marketing harus memahami bahwa salah satu cara pintar dalam menggunakan metadata adalah guna melacak pemanfaatan dokumen dan juga menghubungkan data tersebut ke dalam konten lainnya.

Salah satu contoh sederhana dari metadata ini bisa Anda lihat dari laman Amazon. Di dalam e-commerce tersebut, Anda bisa menemukan kalimat “pelanggan yang membeli barang ini juga membeli barang berikut”.

Dalam contoh tersebut, berbagai informasi pelanggan dihimpun oleh sistem secara online, dan lalu secara otomatis akan melacak dan menghubungkan dengan kegiatan online pelanggan dan para pengunjung lainnya.

Penerapan metadata dengan memanfaatkan algoritma tertentu secara nyata mampu meningkatkan penjualan bisnis. Pemanfaatan metadata ini adalah salah satu contoh dari sekian banyaknya manfaat metadata, seperti memberikan rangking yang tinggi untuk pengguna, saran kata pencarian, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Metadata

Berdasarkan laman resmi Appkey, terdapat banyak sekali jenis metadata. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Metadata Deskriptif

Metadata deskriptif adalah suatu metadata yang bisa mendeskripsikan dan juga mengidentifikasi berbagai sumber informasi penting. Umumnya, metadata ini dimanfaatkan untuk mencari dan juga menyeleksi sumber.

Metadata deskriptif pun banyak ditemukan dalam suatu laman website dan mencakup informasi penting, seperti judul, kata kunci, pengarang, tahun diterbitkannya, tag, dll. yang mampu mempermudah pengguna dalam mencari konten tertentu.

2. Metadata Struktural

Metadata struktural adalah suatu jenis metadata yang memiliki peran penting dalam menyatukan objek digital dan menjadi kesatuan khusus yang struktural serta terhubung antara yang satu dengan yang lainnya.

Contoh sederhananya, bila ada buku digital atau ebook yang terbagi menjadi beberapa halaman dan bab, maka metadata struktural ini mampu mengetahui sinkronisasi dan juga hubungan antar halaman bagian buku tersebut serta urutan bab dari bukunya.

Dengan menggunakan metadata struktural, maka sistem mampu memunculkan daftar isi dan mempermudah pengguna dalam menemukan bagian hanya dengan sekali klik di halaman atau bab yang memang diinginkan.

3. Metadata Administratif

Metadata administratif mampu menyuguhkan informasi yang penting untuk pengaturan sumber informasi dan pengelolaannya. Contoh sederhananya seperti informasi terkait konten atau kapan sumber informasi tersebut diperoleh, jenis file, hak cipta, dan berbagai informasi lainnya yang lebih bersifat teknis.

Selain itu, metadata ini juga mampu mengatur siapa saja yang bisa mengakses file tersebut.

Di dalam jenis metadata ini terdapat berbagai bagian, seperti metadata preservasi dan metadata right management.

Metadata preservasi sangat penting untuk melestarikan sumber informasi untuk keperluan pengarsipan. Sedangkan metadata right management berguna untuk memberikan informasi terkait hak cipta atau kekayaan intelektual, seperti lisensi.

Baca juga: Upstream Marketing: Pengertian dan Strategi Membangunnya

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, terdapat banyak sekali pengertian tentang metadata. Tapi, dari banyaknya pengertian yang menjelaskan tentang metadata, pengertian yang paling detail tentang metadata adalah pengertian yang dijelaskan oleh ALA (American Library Association) dan Wikipedia.

Berdasarkan laman Wikipedia, salah satu ciri khas dari metadata adalah mempunyai data yang sangat terstruktur.

Selain itu, metadata juga sebenarnya memiliki banyak sekali jenisnya. Bukan hanya tiga jenis seperti yang sudah kita jelaskan diatas, namun masih ada berbagai jenis metadata lain yang sudah diterapkan di dalam berbagai disiplin dan bidang ilmu.

Dewasa ini, metadata pun mempunyai fungsi yang sangat penting di dalam berbagai bidang, seperti teknik, bisnis, operasional, manajemen, dan lain-lain.

Metadata dijadikan sebagai representasi informasi yang berasal dari objek atau sumber yang bekerja dari balik panggung untuk memberikan informasi yang penting terkait sumber tersebut kepada pengguna yang mengakses dan juga memanfaatkan sumber.

Lebih dari itu, fungsi lain dari metadata adalah untuk mengelola sistem informasi dan menyimpannya secara digital.

Jadi, metadata adalah suatu istilah baru namun bukan berarti konsep baru. Konsep tersebut diadopsi dari sistem katalog perpustakaan dan juga arsip kuno.

Itu artinya, metadata sudah digunakan sejak dulu dan dimanfaatkan oleh para arsiparis serta pustakawan dalam mengelola sumber daya informasi. Saat itu, sistem pengarsipannya masih kuno dan sangat tradisional. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, metadata pun sudah berkembang sangat canggih.

Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, metadata tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mendeskripsikan sumber teks tertulis dalam bentuk buku yang disimpan di rak perpustakaan saja.

Namun, metadata juga sudah banyak digunakan untuk mendeskripsikan sumber atau objek dalam berbagai bentuk, seperti video, gambar, laman website, dan juga rekaman suara.

Metadata pun sudah bisa digunakan untuk proses marketing ataupun sales. Sehingga para pebisnis pun bisa menerapkan strategi marketing dengan menggunakan metadata untuk mendapatkan banyak pelanggan dan mencapai kesuksesan bisnisnya.

Namun, kesuksesan bisnis juga harus didukung dengan sistem pencatatan keuangan yang tepat dan akurat, serta dilakukan secara otomatis. Jadi, sistem pencatatan dan menyediakan laporan keuangan tidak bisa dilakukan secara manual lagi, karena akan menghabiskan banyak waktu dan rawan terjadi kesalahan.

Untuk itu, Accurate Online sebagai software akuntansi dan bisnis hadir untuk membantu para pebisnis dalam membuat berbagai laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan tampilan dashboard sederhana dan berbagai fitur yang mampu membantu pebisnis dalam mengelola bisnisnya.

Nah sebagai pebisnis, Anda bisa langsung mencoba kelebihan dan keunggulan Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.accurate1