Ingin Riset Keyword Secara Efektif? Ini Tools Gratis yang Bisa Anda Gunakan!

Sebelum menentukan kata kunci yang tepat dalam membuat suatu artikel, maka kita harus melakukan riset keyword. Untungnya, sekarang sudah banyak sekali keyword tools yang mampu membuat kita lebih mudah dan efektif dalam melakukan riset keyword.

Dengan adanya keyword tool ini, kita bisa menemukan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan para pembaca. Hasilnya, artikel yang akan kita buat nanti akan lebih mudah ditandai oleh mesin pencarian Google sebagai artikel yang SEO Friendly, dan akan ditempatkan pada posisi teratas hasil pencarian.

Agar tidak perlu kesulitan lagi dalam memilih keyword mana yang tepat dan gratis, kami sudah merangkumnya secara  jelas untuk Anda agar bisa dicoba langsung.

5 Keyword Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

Suatu keyword tools yang baik tentunya harus bisa membantu kita dalam melakukan SEO, khususnya dalam meningkatkan kualitas sebuah konten. Nah, berikut ini kami berikan rekomendasi  keyword tool yang mampu memenuhi syarat tersebut.

1. Google Search

Google search adalah salah satu keyword tool paling sederhana dan juga mudah untuk digunakan. Kenapa? Karena Google search bisa memberikan rekomendasi kata kunci yang berhubungan dengan pencarian Anda secara lebih instan.

Kenapa bisa dikatakan begitu? Karena Google search bisa memberikan rekomendasi kata kunci yang berhubungan dengan pencarian Anda secara lebih instan. Sebagai contoh, Anda sedang mencari kata kunci “software akuntansi” di Google search, maka nantinya akan ditampilkan beberapa kata kunci turunan seperti gambar di bawah ini.

Dengan memperhatikan rekomendasi kata kunci turunan atau long tail keyword yang ditampilkan oleh Google, maka kita bisa mengetahui informasi apa saja yang memang sedang diperlukan dan paling banyak dicari oleh para pengguna mesin pencarian Google yang berkaitan dengan topik tersebut.

Lalu, inilah yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai ide konten.

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Gunakanlah mesin pencarian Google dengan menggunakan mode incognito atau guest window. Tujuannya adalah agar hasil pencarian bisa tetap akurat tanpa dipengaruhi dengan riwayat pencarian yang Anda buat sebelumnya.

Baca juga: LinkedIn Ads, Trik Marketing Ampuh untuk B2B

2. Google Trends

Google trends adalah salah satu platform yang dibuat oleh Google dan bisa digunakan untuk melakukan riset keyword. Tool riset keyword ini akan memudahkan Anda dalam mengetahui trend pencarian dalam waktu tertentu.

Tool ini mempunyai akses data yang bisa diperoleh dari hasil pencarian secara real time. Platform ini adalah salah satu keyword tool gratis yang banyak digunakan oleh para blogger, marketer dan pebisnis, karena memiliki berbagai kelebihan.

Beberapa kelebihannya adalah mampu menyaring pencarian berdasarkan wilayah, menampilkan daftar trending topic, menampilkan perkembangan suatu topik dalam kurun waktu tertentu, mempunyai fitur dan juga navigasi yang mudah digunakan.

Selain itu, platform ini juga bisa  memberikan keyword yang sesuai dengan topik, membandingkan beberapa kata kunci secara bersamaan, serta menampilkan data keyword dari platform Google lainnya, seperti Google image, Google web, Google news, Google shopping sampai youtube.

Dengan adanya berbagai keunggulan tersebut, kita bisa menilai keyword mana yang memiliki tingkat pencarian tinggi atau sesuai dalam wilayah tertentu. Lalu, kita tinggal menentukan keyword mana yang nantinya akan digunakan.

3. Google Keyword Planner

Sama seperti risel keyword tool Google lainnya, Google keyword planner ini mampu membantu kita dalam memperoleh kata kunci yang tepat berkat data yang akurat dari Google. Bedanya, tool ini juga bisa memberikan kata kunci untuk iklan sebagai salah satu layanan yang diberikan dari Google Ads.

Apa artinya? Artinya, tool ini bisa dikatakan efektif untuk menargetkan kata kunci untuk tujuan SEO, seperti untuk membuat artikel blog.

Selain itu, tool ini juga mampu mendukung riset keyword untuk bisnis, seperti keyword iklan yang mampu mendukung adanya peningkatan conversion rate. Di dalamnya kita bisa menikmati dua fitur utama, yakni discover new keyword dan juga get search volume and forecast.

Fitur discover new keyword akan membantu kita dalam mencari sampai lebih dari 10 keyword yang berhubungan secara sekaligus, atau bisa juga dengan memberi kata kunci yang sesuai dengan website kita.

Selain itu, kita juga bisa mengetahui tingkat pencarian kata kunci dan juga tingkat pencarian agar bisa menduduki peringkat pertama di hasil pencarian Google.

Sedangkan fitur get search volume and forecast akan membuat kita memperoleh informasi yang spesifik terkait paid search dan juga performa keyword. Sehingga, kita bisa memetakan strategi keyword agar bisa mencapai target yang diinginkan.

Dengan banyaknya informasi yang disediakan oleh platform ini, maka Google Keyword Planner mampu membantu kita dalam memperkirakan keyword mana yang paling potensial untuk bisa digunakan.

Tapi, ada baiknya untuk tidak mengandalkan Google Keyword planner saja, namun juga menggunakan keyword tool lainnya agar hasil riset keyword bisa lebih maksimal.

4. Google Search Console

Google search console adalah salah satu tool gratis lainnya dari Google agar bisa memantau langsung performa website dan cukup efektif dalam melakukan riset keyword. Dengan adanya tool ini, maka kita bisa melihat laporan performa keyword di seluruh konten.

Seperti misalnya berapa banyak klik yang mampu dihasilkan suatu koten di setiap kata kuncinya, memantau posisi keyword konten dalam mesin pencarian, dll.

Tool ini juga sangat mudah untuk digunakan dan bisa diintegrasikan pada website berbasis wordpress agar bisa melakukan monitoring secara mudah. Seluruh laporan yang diberikan oleh Google Search Console ini nantinya bisa Anda lihat dalam tab performance. Sedangkan untuk riset keyword, Anda bisa mengaksesnya pada tab queries.

Di dalamnya, Anda bisa memperoleh daftar kata kunci yang bisa Anda gunakan secara, lengkap dengan informasi lainnya, seperti jumlah klik pada website atau blog Anda,  Impression, CTR, dan rata-rata website Anda di hasil pencarian Google.

Dangan data ini, Anda bisa menilai tingkat efektivitas dan juga performa keyword yang digunakan. Anda juga bisa menemukan kata kunci baru untuk suatu ide konten. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa filter, seperti filter berdasarkan posisi dari hasil pencarian.

Walaupun sederhana, namun fitur ini mampu memfilter keyword apa saja yang performanya kurang maksimal dan harus dioptimasi lebih lanjut.

5. Ubersuggest

Dalam dunia SEO, sebagian besar dari kita pasti sudah sering mendengar tentang ubersuggest. Tool ini mempunyai salah satu fitur unggulan untuk melakukan riset keyword, yakni keyword analyzer.

Fitur tersebut mempunyai empat fitur utama, yakni keyword overvier, keyword ideas, keyword list dan content ideas Untuk menggunakan ubersuggest, kita harus mengetik kata kunci yang diincar terlebih dahulu dan mengatur penyaringan lokasi.

Selanjutnya, ubersuggest akan mengarahkan Anda pada halaman keyword overview yang berisi informasi berupa volume pencarian kata kunci dalam kurun waktu satu bulan, tingkat kesulitan SEO pada kata kunci yang diincar, estimasi kompetisi pada paid search, rata-rata CPC, dll.

Saat di scroll ke bawah, nanti kita akan menemukan keyword ideas, yang di dalamnya akan menampilkan daftar kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang sedang Anda incar.

Bahkan, informasi tersebut dilengkapi dengan volume pencarian, cpc, paid, dan SEO difficulty. Sehingga, Anda bisa membuat strategi yang tepat, seperti keyword apa saja yang masih potensial dan melihat seberapa sulit persaingan di dalamnya.

Lalu, ada juga fitur content ideas, yang akan membantu kita untuk memperoleh list konten yang menggunakan kata kunci yang kita cari.

Informasi yang diberikan pun sangat lengkap, yakni judul artikel, URL website, estimasi kunjungan website, jumlah backlink yang dimiliki website tersebut, hingga jumlah share di media sosial.

Seluruh informasi tersebut bisa kita manfaatkan untuk membuat konten yang relevan untuk para pembaca dan bersaing dengan kompetitor.

Selain itu, Ubersuggest juga mempunyai fitur Keyword list. Dengan fitur ini, kita bisa menyimpan keyword incaran, sehingga hasil riset pun akan lebih terorganisir dengan adanya kumpulan data lengkap di dalam satu halaman.

Keyword analyzer dari ubersuggest bisa Anda gunakan secara gratis, tapi ada beberapa batasan. Sedangkan untuk menggunakan fitur keyword list, Anda harus berlangganan versi berbayar.

Anda bisa berlangganan ubersuggest dengan harga mulai dari $12 sampai $40 perbulan agar bisa menikmati akses penuh pada seluruh hasil riset keyword tool tersebut.

Baca juga: Tips Optimasi Google My Business Untuk Peringkat Lebih Tinggi di Penelusuran Lokal

Penutup

Itulah kelima keyword tool gratis dan terbaik untuk Anda gunakan dalam melakukan riset keyword. Anda bisa menyesuaikan dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun ada baiknya untuk tidak memanfaatkan satu tool saja. Gunakanlah setidaknya dua tool keyword tool agar hasilnya lebih maksimal dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi untuk bisnis Anda.

Jangan lupa juga untuk mencatat nilai keuntungan tersebut dalam laporan keuangan Anda. Walaupun sulit dan memakan banyak waktu untuk mencatatnya, namun laporan keuangan tersebut akan sangat berguna untuk menentukan kebijakan bisnis di masa depan.

Nah, untuk membantu Anda dalam mencatat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya dengan bebas dimana saja dan kapan saja karena Accurate Online dikembangkan dengan basis cloud computing yang aman.

Accurate Online juga memiliki berbagai fitur lengkap yang mampu memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai proses bisnis, mulai dari fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, bisnis, dll.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah