Tips Optimasi Google My Business Untuk Peringkat Lebih Tinggi di Penelusuran Lokal

Bisnis apa pun saat ini membutuhkan visibilitas yang ditargetkan di Google. Sebagian besar bisnis tahu bahwa ini memerlukan pengoptimalan situs web dan Iklan Google mereka, tetapi yang paling tidak diketahui adalah bahwa ada entitas ketiga yang juga perlu dioptimalkan: Google my business atau Google bisnisku. Secara resmi dikenal sebagai Profil Bisnis Anda, listing canggih ini adalah cuplikan dinamis dari bisnis Anda yang menyoroti fitur terbaik Anda dan memungkinkan calon pelanggan menemukan, mempelajari, dan terlibat dengan Anda dengan cepat—semuanya dari SERP. Dan bagian terbaiknya, ini sepenuhnya gratis!

Namun, terlepas dari 167 miliar pencarian yang dilakukan di Google setiap bulannya, sebuah studi BrightLocal menunjukkan bahwa Profil Bisnis biasa hanya rata-rata hanya menampilkan 1.260 tampilan selama periode yang sama atau hanya 0,00000075%!. Lebih buruk lagi, hanya 59 tindakan yang diambil dari 1.260 tampilan tersebut atau kurang dari 5%.

Masalahnya bukan pada platform Google My Business; hanya saja banyak bisnis yang tidak memanfaatkan sepenuhnya fitur-fiturnya yang mengesankan pada platform ini. Dan itulah mengapa kami menulis panduan ini dan membagikan 13 strategi pengoptimalan Google my business Anda.

Mengapa Anda Membutuhkan Google My Business?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara optimasi akun Google my business, Anda perlu mengetahui pentingnya memiliki platform ini untuk proses pemasaran digital Anda.

Inilah mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan Google bisnisku:

1. Membuat bisnis Anda Dapat ditemukan

Pencarian bersifat digital. Bahkan jika Anda menjalankan toko konvensional kuno, pelanggan dan prospek Anda sudah masuk ke dunia online. Dan di situlah mereka biasanya akan memulai pencarian mereka untuk perusahaan, produk, atau layanan Anda.

Baik Anda mencari lalu lintas pejalan kaki atau lalu lintas web, Google adalah perujuk pencarian utama. Akun Google Bisnisku memastikan bahwa ketika seseorang mencari perusahaan Anda di Google Penelusuran dan Google Maps, mereka menemukannya. Setelah mereka melakukannya, listingan Anda menunjukkan pencarian di mana dan bagaimana mengunjungi toko Anda, apakah Anda memiliki web atau alamat fisik.

Akun Google Bisnisku juga meningkatkan SEO lokal Anda. Jadi ketika seseorang mencari Anda, Anda muncul di halaman satu—bukan halaman dua atau lebih buruk.

Bahkan jika Anda sudah memiliki website bisnis profesional, akun bisnis Google memastikan Anda mendapatkan hasil teratas. Akun juga menyediakan akses ke analitik, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi periklanan berbayar dan organik Anda.

2. Cara terbaik untuk memberi tahu pelanggan

Jangan biarkan pelanggan menebak-nebak detail penting bisnis Anda. Atau serahkan TripAdvisor, atau situs ulasan lainnya yang tidak dapat Anda kendalikan. Pastikan bahwa ketika seseorang menelusuri bisnis Anda, mereka menemukan informasi yang sah, langsung dari sumbernya.

Akun Google Bisnisku milik Anda mencakup informasi kontak, jam buka, dan detail penting lainnya. Anda dapat memposting pembaruan untuk membagikan bahwa Anda telah memperluas layanan, ditutup sementara, atau dibuka kembali sepenuhnya (fitur yang sangat berguna selama situasi darurat seperti COVID-19). Akun bisnis Google memiliki SEO lokal yang kuat, sehingga informasi yang Anda bagikan akan mendapat peringkat di atas situs lain.

Informasi yang salah dapat menyebabkan pengalaman pelanggan yang buruk dan peluang yang terlewatkan. Bayangkan kekecewaan yang dirasakan pelanggan ketika mereka melakukan perjalanan ke toko Anda hanya untuk mengetahui bahwa toko itu tutup. Atau mungkin toko Anda buka, tetapi calon pelanggan memilih pesaing karena mereka tidak yakin.

Akun Google Bisnisku memungkinkan Anda terus memberi informasi kepada pelanggan.

3. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Profil Google Bisnisku memberikan kredibilitas kepada perusahaan Anda. Butuh bukti? Pelanggan 70% lebih cenderung mengunjungi bisnis dengan cantuman Google Bisnisku.

Studi lain menemukan bahwa bisnis dengan cantuman lengkap di Google dua kali lebih mungkin untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Kepercayaan adalah faktor kunci dalam membuat keputusan pembelian. Semakin percaya diri konsumen, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli. Kredibilitas yang diperoleh dari Google cukup untuk membuat orang menjadi 38% lebih mungkin mengunjungi toko Anda, dan 29% lebih mungkin untuk membeli sesuatu.

Ulasan Google Bisnisku juga membantu membangun kepercayaan. Penelitian oleh Think With Google menemukan bahwa 88% konsumen memercayai ulasan online seperti halnya rekomendasi pribadi.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Promosi Bisnis Secara Online

Mengapa Anda perlu Mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda?

Perbandingan di atas memperjelas bahwa Profil Bisnis yang dioptimalkan di Google membantu konsumen untuk memilih bisnis Anda daripada pesaing, tetapi ada manfaat lain untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Anda untuk pemasaran lokal yang efektif.

Meningkatkan keterlibatan

Semakin banyak konsumen masuk  Google tanpa pergi ke situs web lain. Mengapa? Karena informasi di halaman hasil pencarian itu sendiri sepenuhnya menjawab pertanyaan mereka, menghasilkan “pencarian tanpa klik”. Dengan potensi lebih banyak konsumen yang berinteraksi dengan bisnis Anda melalui Profil Bisnis Google daripada situs web Anda, Anda ingin profil tersebut dioptimalkan untuk interaksi dan konversi yang berkualitas.

Tingkatkan peringkat lokal Anda

Algoritme Google untuk memberi peringkat Profil Bisnis tidak hanya mempertimbangkan kedekatan dan relevansi, tetapi juga aktivitas dan kualitas informasi. Mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda mengirimkan sinyal ini ke Google untuk memberi Anda peringkat lebih tinggi dalam hasil lokal. Dan peringkat yang lebih tinggi, seperti yang Anda tahu, berarti lebih banyak visibilitas dan keterlibatan dengan bisnis Anda.

Membuat konversi lebih banyak

Profil Bisnis Google yang tidak dioptimasi tidak menawarkan banyak cara untuk mendapatkan pelanggan. Mereka dapat mengetahui di mana Anda berada dan membaca ulasan Anda—jika mereka tahu untuk mencari nama bisnis Anda sejak awal. Tetapi dengan Profil Bisnis yang dioptimalkan melalui akun Google Bisnisku, konsumen dapat menemukan Anda dalam pencarian kata kunci, menelepon Anda, mengunjungi situs web Anda, meneliti produk dan layanan Anda, terlibat/berkontribusi FAQ, meminta penawaran, membuat janji temu, membuat reservasi , dan banyak lagi.

Tips Melakukan Optimasi Google My Business

Memiliki Google Bisnisku saja tidak cukup untuk berhasil dalam pencarian lokal, terutama karena mereka sangat umum saat ini. Tapi itu hal yang baik: semakin banyak pengungkit yang dapat Anda tarik di Google Bisnisku untuk menjadi yang terdepan dari pesaing Anda, yang mungkin tidak menggunakan GMB sepenuhnya, semakin baik!

Agar Google my business memiliki dampak nyata pada peringkat dan konversi Anda, Anda harus memanfaatkan berbagai fiturnya sebaik mungkin dan memastikan GMB Anda dioptimalkan sepenuhnya untuk memberikan informasi, kesan, dan pengalaman terbaik kepada Anda pelanggan potensial.

Dalam bab ini, kita akan berbicara dengan Anda tentang fitur Google Bisnisku yang paling penting, dan menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakan fitur ini untuk berhasil dalam pencarian.

1. Pastikan NAP Anda akurat

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Agar Google my business berfungsi dengan baik dengan mesin telusur dan penelusur, Anda memerlukan NAP (nama, alamat, dan nomor telepon ata phone) agar akurat. Akun GMB Anda harus mencerminkan apa nama bisnis Anda sebenarnya. Nama apa yang tercetak di papan nama, kartu nama, atau situs web Anda? Itulah yang harus Anda gunakan!

Jika NAP Anda tidak akurat di seluruh GMB, di dalam toko, dan di tempat, Anda dapat membingungkan konsumen. Menurut the Local Citations Trust Report, lebih dari 9 dari 10 konsumen mengatakan mereka frustrasi dengan informasi yang salah secara online.

2. Tulis deskripsi bisnis yang sempurna

Di cantuman Google Bisnisku, Anda akan memiliki opsi untuk menambahkan deskripsi 750 karakter. Ini adalah kesempatan Anda untuk memberi tahu pencari tentang bisnis Anda.

Saat menulis ini, penting untuk memastikan Anda tetap berpegang pada pedoman Google:

Masukkan deskripsi singkat tentang bisnis Anda: Apa yang Anda tawarkan, apa yang membedakan Anda, riwayat Anda, atau apa pun yang berguna untuk diketahui pelanggan. Fokus terutama pada detail tentang bisnis Anda, bukan detail tentang promosi, harga, atau penjualan. Jangan sertakan URL atau kode HTML, atau melebihi 750 karakter di bidang deskripsi.

Google

Deskripsi adalah salah satu hal pertama yang dipengaruhi oleh Anda yang akan dilihat calon pelanggan saat mereka mengunjungi cantuman Google Bisnisku milik Anda, jadi penting untuk melakukannya dengan benar.

3. Pilih kategori dan subkategori bisnis yang tepat

Salah satu aspek terpenting dari Google Bisnisku adalah memilih kategori utama yang tepat.

Tahukah kamu? Menurut pakar SEO lokal, kategori GMB utama adalah faktor peringkat paket lokal nomor satu.

Hanya kategori utama Anda yang akan terlihat di cantuman bisnis Anda, tetapi subkategori akan memberi tahu apakah cantuman Anda muncul untuk kueri lokal atau tidak, jadi mereka juga sangat penting

Untuk menemukan kategori pesaing Anda secara manual, tanpa menggunakan alat:

  • Lakukan pencarian lokal menggunakan kata kunci Anda di Google Maps
  • Munculkan salah satu daftar pesaing Anda
  • Klik kanan (atau ketuk dua kali) di samping cantuman utama pesaing Anda dan klik ‘Lihat Sumber’
  • Ctrl + F (atau Command + F di Mac), dan cari kategori utama
  • Setelah ditemukan, subkategori akan berada di sebelahnya
  • Catat kategori apa yang digunakan pesaing Anda, dan uji sendiri, untuk melihat apakah mereka memiliki pengaruh.

Kategori dapat diubah, jadi silakan bereksperimen dengan apa yang paling cocok untuk Anda.

Tips: Kami senang mencoba hal baru, dan selalu menyarankan Anda mengujinya sendiri, tetapi berhati-hatilah: terlalu sering mengubah kategori GMB terkadang dapat memicu penangguhan secara salah. Jadi, tentu saja, uji kategori apa yang paling cocok untuk Anda, hanya saja tidak beberapa kali sehari!

4. Unggah foto yang menarik

Untuk membantu pencari mengenal bisnis Anda lebih baik, Google mendorong Anda untuk mengunggah foto ke listing Anda.

Mengunggah foto ke Google Bisnisku tidak hanya akan membantu cantuman Anda terlihat lebih aktif dan hidup, tetapi juga kemungkinan akan mengonversi pencari.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur Google Bisnisku ini, dan meningkatkan peluang Anda untuk mengonversi pencari, Google merekomendasikan bisnis untuk mengunggah yang berikut:

  • Setidaknya tiga foto eksterior yang kuat, diambil pada waktu yang berbeda dalam sehari dan menunjukkan pendekatan bisnis dari sudut pandang yang sama
  • Minimal tiga foto interior
  • Foto produk untuk produk dan layanan paling populer yang Anda tawarkan
  • Satu gambar dari area umum yang mungkin dimiliki bisnis Anda, seperti resepsi
  • Minimal tiga foto manajemen dan tim
  • Untuk bar, restoran, dan kafe, gambar makanan dan minuman paling populer
  • Untuk hotel, gambar kamar tamu harus diunggah

Selain mengelompokkan cantuman Anda dengan foto Anda sendiri, Anda dapat (dan harus) mendorong pelanggan untuk mengambil dan membagikan foto bisnis Anda.

Cara terbaik untuk membuat pelanggan mengambil dan berbagi foto bisnis Anda adalah dengan mendorong mereka untuk melakukannya selama kunjungan mereka.

Misalnya, sertakan petunjuk tentang bahan cetak di sekitar toko (toko pakaian mungkin memiliki stiker di cermin di kamar pas). Anda juga dapat memberi insentif kepada anggota staf untuk mengambil foto untuk pelanggan yang puas, yang mungkin akan dibagikan oleh pengunjung setelah kunjungan mereka.

Jika Anda adalah bisnis area layanan tanpa premis, Anda masih bisa ikut beraksi! Jangkau pelanggan yang puas dan tanyakan apakah mereka bersedia membagikan foto hasil karya Anda yang telah selesai di Google

Baca juga: Tips Menggunakan Google Ads untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

5. Buat, pantau, dan tanggapi ulasan Google

Faktor peringkat lokal teratas lainnya, ulasan online adalah salah satu fitur terpenting yang harus diperhatikan oleh bisnis dalam Google my business

Jika Anda memiliki listing Google my business, pelanggan akan dapat mengulas Anda di sana, dan ulasan tersebut akan terlihat secara publik untuk dilihat semua orang, jadi penting untuk mengendalikan narasi dan secara aktif membuat, memantau, dan menanggapi ulasan.

Menurut Survei BrightLocal, 87% konsumen membaca ulasan online untuk bisnis lokal. Selain itu, hanya 48% konsumen yang akan menggunakan bisnis dengan peringkat kurang dari 4 bintang. Jadi aspek GMB ini sangat perlu diperhatikan.

Tetapi peringkat bintang Anda bukanlah yang terpenting: keterkinian, keabsahan, kuantitas, panjang, detail, dan sentimen ulasan adalah semua faktor yang penting bagi konsumen.

Memikirkan bagaimana Anda dapat melakukannya dengan baik di masing-masing area itu mungkin sedikit sulit, tetapi ada beberapa tindakan sederhana yang dapat Anda ambil untuk memastikan kualitas dan kuantitas ulasan Anda sesuai dengan standar, yaitu:

Sentimen dan peringkat

Tentu saja, para pencari mencari bisnis yang memiliki peringkat bintang yang baik dan sentimen positif dalam konten ulasan.

Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan peringkat bintang yang bagus? Berikan layanan pelanggan yang hebat!

Sebelum Anda mulai meminta ulasan, pastikan Anda puas dengan produk atau layanan Anda, layanan pelanggan tim Anda, dan aspek penting lainnya dari bisnis Anda yang mungkin memengaruhi pengalaman pelanggan.

Bahkan bisnis terbaik di dunia akan menerima setidaknya beberapa ulasan buruk — Anda tidak bisa menyenangkan semua orang — tetapi penting untuk bersiap agar bisnis Anda ditinjau secara jujur, dan karenanya Anda ingin memberikan layanan 10/10 di setiap titik sentuh.

Up to date dan kuantitas

Untuk memastikan Anda mendapatkan aliran ulasan yang teratur, Anda harus memintanya secara konsisten — Anda tidak bisa hanya berharap mereka datang dengan sendirinya (bahkan merek paling sukses pun dapat membuktikannya, percayalah. kita!)

Meminta ulasan Google dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada apa yang sesuai dengan audiens Anda:

  • Di dalam toko, di tempat penjualan atau layanan
  • Melalui email, setelah kunjungan toko atau janji temu
  • Melalui SMS, setelah kunjungan toko atau janji temu
  • Dalam cetakan, dengan tautan pendek pada kartu nama dan materi lainnya

Meminta ulasan secara teratur berarti Anda akan dapat menunjukkan ulasan positif terbaru di profil Anda, membuktikan kepada konsumen bahwa bisnis Anda hidup dan berkembang.

Untuk terus mengikuti proses ini, beberapa bisnis akan meminta bantuan alat manajemen reputasi.

Legitimasi, panjang, dan detail

Sayangnya, ulasan palsu cukup umum, sehingga kepercayaan konsumen pada ulasan online telah sedikit berkurang selama bertahun-tahun. Tentu, kita semua sedikit skeptis ketika kita mempertimbangkan apakah akan berpisah dengan uang hasil jerih payah kita atau tidak.

Tentu saja, langkah pertama untuk memastikan ulasan Anda terlihat sah adalah memastikannya. Ulasan harus diberikan secara bebas oleh pelanggan asli – bukan teman atau keluarga!

Salah satu cara untuk memastikan ulasan terlihat sah adalah dengan memberikan pertanyaan cepat kepada pengulas Anda saat memintanya. Ini sangat membantu jika Anda menghubungi beberapa saat setelah kunjungan toko pelanggan dan mereka mungkin lupa detailnya.

Berikut adalah beberapa ide tentang apa yang dapat Anda tanyakan:

  • Apa bagian favorit Anda dari kunjungan toko/janji/produk/layanan hari ini?
  • Apakah ada anggota staf yang memberikan layanan pelanggan yang luar biasa kepada Anda?
  • Manakah dari toko kami yang Anda kunjungi hari ini? (jika bisnis Anda memiliki beberapa lokasi)

Semakin banyak informasi relevan yang disertakan dalam ulasan Anda, semakin besar kemungkinan ulasan tersebut terlihat sah dan menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda dapat dipercaya.

Permintaan ini tidak hanya akan membantu Anda menerima lebih banyak ulasan yang tampak otentik, tetapi juga akan mendorong pelanggan untuk menulis ulasan yang lebih panjang dan terperinci — yang semuanya berkontribusi untuk membangun kepercayaan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Googles Trends untuk Riset Pemasaran yang Efektif?

6. Gunakan Google Posts untuk meningkatkan konversi dan menunjukkan kepribadian merek

Anggap Google Posts sebagai pembaruan media sosial dalam profil Google my business milik Anda. Ada beberapa jenis jenis Google Posts, yang akan kita bahas di bagian ini.

Namun secara umum, Google Post hanyalah pembaruan yang dibagikan bisnis Anda. Tidak ada batasan waktu kapan Postingan kedaluwarsa, dan Postingan terbaru akan muncul di Panel Pengetahuan Google Anda.

Google Posts adalah fitur Google My Business lainnya yang direkomendasikan oleh pakar SEO lokal untuk membuat cantuman Anda lebih ‘dapat diklik’ dan membantu mengonversi pencari.

Seperti semua fitur GMB, penting untuk memastikan Anda mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh Google. Ada beberapa aturan mengejutkan yang penting untuk dipatuhi. Misalnya, pastikan untuk tidak menyertakan nomor telepon di Google Postingan, atau Anda berisiko terkena penangguhan.

Jenis Google Posts yang tersedia untuk bisnis lokal adalah:

Apa yang baru

Opsi Google Post ‘yang baru’ memungkinkan bisnis berbagi informasi umum tentang toko, produk, atau layanan mereka.

Acara

Jika Anda adalah jenis bisnis yang menawarkan acara di dalam toko, maka Anda harus memperhatikan jenis Postingan ini.

Postingan Acara memungkinkan bisnis untuk berbagi pembaruan tentang acara yang mereka ikuti. Saat menambahkan jenis Posting ini di GMB, Anda akan memiliki opsi untuk menyertakan foto, judul acara, waktu/tanggal mulai, dan waktu/tanggal berakhir.

Penawaran

Cara hebat lainnya untuk meningkatkan konversi melalui Google Bisnisku, Postingan Penawaran memungkinkan bisnis menampilkan promosi apa pun yang mereka jalankan, seperti diskon pelanggan baru.

Sama halnya dengan Postingan Acara, Anda dapat menetapkan tanggal mulai dan akhir promosi, sehingga calon pelanggan dapat melihat apakah penawaran masih tersedia. Seperti kebanyakan jenis Postingan, Anda juga dapat menambahkan foto atau gambar untuk menarik perhatian pencari.

Ini adalah opsi yang bagus untuk sebagian besar jenis bisnis, terutama jika Anda berencana menjalankan penawaran perkenalan.

Produk

Untuk bisnis yang menjual produk (bukan layanan), jenis postingan ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan penawaran dan mendorong langkah kaki di dalam toko.

Jenis Posting Produk memungkinkan Anda untuk membagikan nama produk, foto, kategori, harga, dan deskripsi (walaupun harga dan deskripsi adalah bidang opsional).

Pembaruan jam

Menariknya, dan tidak seperti jenis Postingan lainnya, ini bukan Postingan yang dapat Anda tambahkan secara manual melalui dasbor Google Bisnisku. Jika Anda memperbarui jam buka di GMB, Google akan secara otomatis membagikan ini sebagai Postingan, yang kemudian muncul di bawah bagian ‘Pembaruan’ profil Anda, bersama dengan Postingan lainnya.

Update covid-19

Opsi Posting pembaruan Covid-19 dirancang untuk memungkinkan bisnis memberi tahu pelanggan mereka tentang pembatasan pembukaan baru, tindakan kesehatan dan keselamatan, dan kebijakan di dalam toko.

Google juga menyarankan agar bisnis dapat menggunakan jenis Postingan ini untuk memberikan informasi tentang bagaimana pelanggan dapat mendukung bisnis saat toko mungkin tutup, seperti melalui kartu hadiah.

7. Gunakan Q&A untuk menjawab pertanyaan dan FAQ pelanggan

Q&A Google memungkinkan pencari untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan satu sama lain tentang bisnis, langsung di profil Google Bisnisku yang terbuka untuk umum.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk keuntungan Anda. Bahkan, kami sangat menyarankan untuk mengisinya dengan pertanyaan dan jawaban Anda sendiri, untuk menghindari pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki pencari. Ini juga membantu agar cantuman Anda terlihat aktif.

Ketika digunakan dengan cara ini, fitur Tanya Jawab Google sangat mirip dengan FAQ dalam SERP, mirip dengan apa yang mungkin Anda miliki di situs web Anda.

Misalnya, apakah Anda hotel yang sering ditanya apakah ramah hewan peliharaan? Letakkan itu di bagian Q&A Anda! Ini adalah cara yang bagus untuk memberikan informasi kepada pencari yang mungkin mereka cari di awal, dan berpotensi mencetak lebih banyak pelanggan dalam prosesnya.

Selain menyediakan konten jenis FAQ kepada pencari, penting untuk memantau Q&A Anda, seperti halnya ulasan yang masuk. Memantau Q&A Anda akan memungkinkan Anda merespons pelanggan potensial dengan cepat, dan memberikan kontrol kerusakan jika pelanggan yang tidak puas menggunakan fitur tersebut untuk menyampaikan umpan balik mereka.

Baca juga: 10 Contoh Strategi Bisnis Efektif yang Bisa Anda Lakukan

8. Siapkan sistem pemesanan

Fungsi janji temu-booking Google adalah salah satu faktor yang berkontribusi dalam peningkatan pencarian tanpa klik.

Sekarang, pencari tidak perlu membuka situs web Anda (atau situs pemesanan pihak ketiga) untuk mendapatkan informasi dan mengambil tindakan.

Apakah bisnis Anda menawarkan janji temu dan pemesanan? Misalnya, apakah Anda seorang penata rambut? Sebuah salon kecantikan? Atau bisnis bidang jasa? Besar. Anda mungkin ingin menyiapkan tombol ‘Pesan Janji Temu’ untuk muncul di profil Google Bisnisku milik Anda.

Jika Anda adalah bisnis yang menerima janji temu dan pemesanan, maka memiliki fitur ini dapat membuat segalanya lebih mudah bagi pelanggan Anda, dan Anda. Pastikan Anda terus memantau setiap pemesanan yang datang melalui sistem pihak ketiga.

Tahukah kamu? Membiarkan pencari berkonversi langsung dari cantuman GMB Anda berarti semakin profil Anda komprehensif dan memberi pengguna semua informasi yang mereka butuhkan. Lagi pula, ada lebih banyak yang dipertaruhkan sekarang. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, pastikan Anda telah mengisi bagian Foto, Postingan, Produk/Layanan, Tanya Jawab, dan Ulasan di profil Anda, dengan mengikuti tips dalam panduan ini.

Untuk menyiapkan tombol ‘pesan janji temu’, kunjungi profil Google Bisnisku, buka ‘Info’, dan klik ‘Tambahkan tautan janji temu’.

Google bermitra dengan banyak platform reservasi untuk memberikan peluang kepada bisnis untuk menggunakan fitur ini. Sebaiknya perhatikan daftar ini untuk memeriksa apakah mitra pemesanan pilihan Anda tersedia, atau akan segera hadir.

Itu belum semuanya. Google juga memungkinkan restoran untuk mengizinkan pelanggan memesan makanan melalui Paket Lokal atau Panel Pengetahuan dengan tombol ajakan bertindak ‘Pesan Online’. Anda bahkan tidak perlu memiliki kemitraan atau integrasi dengan pihak ketiga atau Memesan Makanan. Anda cukup menentukan URL yang ingin Anda tuju di bagian belakang GMB, yang sempurna jika Anda memiliki halaman web yang merinci banyak opsi pemesanan.

9. Klaim nama pendek Google My Business Anda

Nama pendek Google My Business adalah nama antara 5 dan 32 karakter yang ditambahkan ke URL g.page untuk memudahkan pencari dan pemilik bisnis menautkan langsung ke profil Google Bisnisku. Misalnya, milik kami hanya ‘Accurate’, membuat URL yang kami kirimkan kepada pelanggan saat meminta ulasan, g.page/Accurate.

Nama pendek sangat berguna, karena memudahkan Anda membagikan profil bisnis Anda dengan pelanggan. Daripada menautkan ke URL yang panjang, berisi angka, dan sebagian besar tidak berarti, Anda akan dapat membagikan sesuatu yang singkat dan mudah diingat.

Lihat saja sendiri. Berikut URL GMB asli kami:

https://www.google.com/maps?cid=2738946980662544088

Sekarang, bandingkan dengan nama pendek:

g.page/Accurate

Untungnya, mengklaim nama pendek Anda mudah. Cukup masuk ke akun Google Bisnisku, klik ‘Info’, dan tambahkan nama pendek Anda di mana tanda @ berada.

10. Gunakan Google My Business sebagai saluran layanan pelanggan

Jika tindakan pelanggan terjadi di Google My Business milik Anda, masuk akal untuk memastikan layanan dan dukungan pelanggan juga tersedia di sana.

Mungkin sulit untuk mengikuti aspek konten buatan pengguna dari GMB yang dapat dilihat publik, seperti ulasan dan Tanya Jawab. Pesan dapat memberikan cara bagi Anda untuk mengelola percakapan di balik pintu tertutup, serta mengantisipasi dan memberikan kontrol kerusakan pada setiap kemungkinan ulasan negatif.

Perpesanan juga dapat memberikan perpanjangan fungsi Tanya Jawab, karena beberapa pencari mungkin merasa lebih nyaman mengajukan pertanyaan secara pribadi. Jika Anda bekerja di industri yang mungkin memerlukan informasi sensitif, seperti pengacara atau perawatan kesehatan, fitur Pesan dapat menyediakan sarana bagi pencari untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan secara lebih rahasia.

Jika Anda memilih untuk mengaktifkan fitur perpesanan, pelanggan akan dapat menghubungi Anda secara langsung melalui daftar Anda, dan sebuah tombol akan muncul di sebelah fungsi lain seperti ‘panggilan’ dan ‘situs web’.

Untuk mengaktifkan fitur pesan GMB, Anda harus masuk ke profil Google Bisnisku dan mengklik ‘Pesan’. Anda kemudian dapat mengelola pesan masuk baik melalui aplikasi atau di situs desktop, seperti yang terlihat di bawah ini.

Setelah Anda mulai menggunakan Perpesanan, Anda akan mulai menerima pemberitahuan jika seorang pencari menghubungi Anda. Jika ada beberapa pemilik/pengelola di profil GMB, masing-masing akan memiliki kemampuan untuk membalas pesan.

Jika seorang pencari menghubungi Anda, mereka akan menerima pesan selamat datang otomatis, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Saat menggunakan fitur Pesan untuk berbicara dengan pelanggan, Anda harus memperlakukannya sama seperti saluran layanan pelanggan lainnya:

  • Pastikan seseorang tersedia untuk menjawab pertanyaan pelanggan
  • Jaga agar nada dan konten tetap profesional

Jika Anda tidak akan tersedia untuk menjawab pesan karena alasan apa pun — katakanlah Anda adalah bisnis kecil dan semua staf akan mengambil cuti tahunan selama musim liburan — ada baiknya menonaktifkan fitur ini sepenuhnya.

11. Pastikan Produk dan Layanan Anda detail

Produk dan Layanan menawarkan kesempatan kepada pedagang untuk memamerkan penawaran bisnis mereka langsung di SERP lokal, apakah itu sesuatu yang fisik seperti furnitur, perawatan seperti pijat wajah, atau bahkan opsi untuk mengadopsi hewan.

Meskipun menyertakan informasi di bagian Produk dan Layanan tidak memengaruhi peringkat, informasi tersebut dapat menjadi kunci untuk mengubah calon pelanggan melihat profil Anda dan mencari hal-hal yang Anda tawarkan.

Selain itu, untuk kueri penelusuran tertentu, informasi dari Produk dan Layanan Anda dapat disorot, membuat bisnis Anda lebih menonjol di mata para penelusur.

Misalnya, jika saya mencari toko yang menjual bingkai foto, Google Maps mengembalikan hasil yang relevan berdasarkan penawaran produk.

Di masa di mana belanja online disukai oleh banyak konsumen, mampu memamerkan produk sebelum pelanggan harus berkomitmen untuk mengunjungi toko Anda bisa menjadi game changer yang nyata.

Fitur ini akan lebih berguna untuk beberapa bisnis daripada yang lain. Misalnya, spa mungkin merasa berguna untuk mencantumkan perawatannya sebagai layanan, sedangkan restoran kemungkinan tidak akan mencantumkan setiap item menu sebagai produk.

Jika bisnis Anda memiliki produk yang Anda tahu akan sangat dicari atau diminati, maka sangat penting untuk mencantumkannya untuk meningkatkan peluang Anda muncul di pencarian yang relevan.

Produk dan Layanan dapat ditambahkan di dasbor Google My Business dengan mengklik judul masing-masing di menu sebelah kiri.

Di sini, Anda juga akan melakukannya. dapat menetapkan harga setiap penawaran Produk dan Layanan. Ini adalah kesempatan untuk mengomunikasikan lebih banyak informasi kepada pencari dan, berpotensi, memamerkan harga kompetitif Anda.

12. Gunakan tautan UTM dan pelacakan panggilan untuk memantau kinerja dengan lebih baik

Setelah Anda yakin telah memanfaatkan semua fitur Google My Business dan profil Anda dioptimalkan dengan benar, Anda memerlukan cara untuk melacak kinerjanya.

Menggunakan tautan UTM (yang merupakan singkatan dari tautan Modul Pelacakan Urchin) di tautan yang Anda tetapkan di profil GMB Anda, seperti ‘Situs Web’, adalah cara yang bagus untuk memantau dan mengaitkan tempat pengunjung menemukan bisnis Anda dan tindakan apa yang mereka ambil.

Jika Anda ingin melacak kinerja halaman di Google Analytics, Anda harus memastikannya diberi tag UTM.

Berikut ini contoh tampilan tag UTM:

Informasi setelah tanda tanya menunjukkan sumber, media, dan kampanye, sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui dari mana asal pengguna saat Anda membaca laporan Google Analytics.

Jika kita melihat contoh link kami di atas, Anda dapat melihat bahwa “campaign=gmblisting”, artinya pengguna menemukan BrightLocal dengan mengklik tombol ‘Situs Web’ di profil Google Bisnisku.

Sekarang, di Google Analytics kita dapat melihat dengan tepat berapa banyak orang yang menemukan kami melalui tautan tersebut, dan karena itu dapat mengukur keberhasilan saluran tersebut.

Ada beberapa area berbeda dari GMB yang dapat diberi tag dengan parameter ini: tautan utama seperti tombol situs web Anda, Postingan Google, Tautan janji temu, dan Produk.

Memberi tag pada area ini akan memudahkan untuk memahami perjalanan pelanggan Anda menggunakan Google Analytics. Misalnya, apakah seorang pencari mengunjungi salah satu Postingan Google Anda dengan penawaran terlampir dan kemudian pergi ke situs Anda untuk membeli? Besar! Anda mungkin ingin melanjutkan promosi tersebut.

Pelacakan panggilan adalah cara lain yang fantastis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan Anda dan menindaklanjuti dengan prospek juga

13. Pelajari fitur khusus Google My Businee Bisnisku untuk industri Anda dan gunakan!

Meskipun saya yakin kami telah membahas fitur Google Bisnisku yang paling penting, apa yang tersedia untuk Anda dapat bervariasi dari satu industri ke industri lainnya. Misalnya, fitur yang tersedia untuk Hotel sangat berbeda dengan fitur untuk restoran, dengan versi paket lokal mereka bahkan dijuluki ‘Paket Hotel’.

Fitur di Google Bisnisku yang tersedia untuk hotel meliputi:

  • Waktu check-in/check-out
  • Wawasan harga
  • Sorotan hotel

Cara lain untuk mengetahui fitur GMB apa yang tersedia untuk industri Anda adalah dengan melakukan riset pesaing, baik secara manual melalui Google Penelusuran atau dengan alat Audit Google My Business.

Baca juga: Apa itu Search Engine Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Strateginya

14. Selalu ikuti fitur baru dan lakukan pengetesan

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah dan saran yang ditetapkan sejauh ini, Anda akan baik-baik saja dalam perjalanan Anda untuk memiliki profil yang menarik dan dioptimalkan, tetapi pekerjaan tidak berhenti di situ.

Google My Business  terus berkembang, dengan fitur dan tata letak baru dan yang diperbarui yang diluncurkan secara berkala. Plus, Google selalu menguji berbagai hal, terkadang memilih untuk menjadikannya fitur permanen dan terkadang tidak mengejarnya sama sekali.

Untuk mengikuti perubahan terbaru dan memanfaatkannya sebelum pesaing Anda melakukannya, kami sarankan Anda berlangganan, atau menandai, sumber daya berikut:

  • Podcast atau channel youtube pemasaran lokal
  • Twitter Pakar SEO Lokal
  • Twitter Jaringan SEO Lokal
  • Forum Pencarian Lokal
  • Forum Bantuan Komunitas Google My Business

Namun, yang terpenting, cara terbaik untuk belajar adalah dengan menguji dan menjelajahi berbagai hal sendiri. Tetapkan pengingat untuk diri sendiri setiap minggu (atau bulan, jika Anda kekurangan sumber daya dan waktu) untuk melihat daftar GMB di industri Anda. Fitur apa yang mereka gunakan? Apakah ada yang terlihat berbeda? Jika demikian, uji fitur itu sendiri dan lihat apakah itu membuat perbedaan pada peringkat atau konversi.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang optimasi akun Google My Business dalam menunjang pengenalan bisnis melalui digital marketing yang lebih baik. Saat ini GMB sudah banyak digunakan banyak bisnis, mulai dari bisnis besar sampai bisnis skala UMKM. Jika Anda pemilik bisnis, Anda pun bisa mengambil langkah serupa untuk meningkatkan visibilitas bisins Anda di mesin pencari terutama Google.

Jika bisnis Anda sudah dikenal dan Anda memiliki banyak pelanggan, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa proses pencatatan seluruh transaksi tersebut berjalan mulus dan tanpa hambatan. Hindari proses pembukuan manual yang memakan waktu dengan menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurater Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan mengggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, memantau banyak gudang dan cabang, manajemen aset dan stok, pengelolaan dan pembayaran pajak langsung dari aplikasi, otomasi 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi fitur Accurate Online yang akan membantu bisnis Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: