SEO dan SEM: Pengertian, Perbedaan, dan Mana yang Harus Anda Pilih?

Jika Anda seorang pengusaha atau profesional pemasaran, penting untuk memahami berbagai alat pemasaran yang tersedia untuk Anda. SEO dan SEM menawarkan bisnis cara untuk mengoptimalkan situs web mereka untuk meningkatkan visibilitas. Dengan meninjau komponen masing-masing, Anda dapat memutuskan strategi mana yang tepat untuk bisnis Anda dan mulai melakukan penyesuaian untuk pertumbuhan.

Pada artikel ini, kami mendefinisikan SEO dan SEM, membahas apa yang dibutuhkan setiap strategi dan membandingkan pro dan kontra dari setiap strategi.

Apa itu SEO?

SEO, atau search engine optimization, adalah strategi yang digunakan bisnis untuk meningkatkan visibilitas situs web dan konten web mereka. Ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan metode pengoptimalan organik seperti kata kunci, penautan, dan jumlah kata untuk membantu bot mesin pencari memilih situs web tertentu untuk peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Dengan menerapkan praktik terbaik SEO, bisnis dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dan mendorong lebih banyak konsumen untuk melanjutkan proses pembelian.

Apa yang Termasuk dalam SEO?

Ada berbagai elemen yang dapat digabungkan untuk membuat strategi SEO yang efektif. Komponen berikut adalah beberapa cara umum yang digunakan bisnis untuk menerapkan SEO dalam taktik pemasaran mereka:

Konten yang berfokus pada industri

Konten yang berfokus pada industri dapat berbentuk artikel tertulis atau posting blog, konten video, kertas putih, infografis, atau bentuk konten lain yang menarik audiens tertentu. Misalnya, butik pakaian dapat membuat video “look book” musim gugur untuk berinteraksi dengan pemirsa ritel mereka dan mempromosikan tren musim gugur mendatang.

Kata kunci

Kata kunci adalah istilah atau frasa yang dimasukkan konsumen dalam kriteria pencarian mereka. Dengan memasukkan kata kunci di seluruh konten, dalam deskripsi meta, teks alternatif, URL, dan area lainnya, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki situs web yang dioptimalkan yang mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Backlink dan tautan internal

Menautkan adalah bagian penting dari setiap strategi SEO. Ini membantu bot mesin pencari membangun situs web Anda sebagai sumber informasi yang kredibel dan karenanya memberi Anda peringkat pencarian yang lebih tinggi.

Backlink adalah tautan yang dimasukkan situs web lain ke dalam konten mereka yang menautkan kembali ke situs web Anda. Anda dapat melakukannya dengan menjalin kemitraan dengan perusahaan yang menawarkan produk dan layanan serupa.

Selanjutnya, tautan internal juga dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda. Sisipkan tautan di seluruh konten situs web Anda ke halaman produk tertentu, halaman tentang perusahaan Anda, dan posting blog lainnya di situs web Anda.

Baca juga: Analisis SWOT: Pengertian, Cara Menggunakannya dan Contohnya

Gambar dan teks alternatif

Gambar bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda dengan mesin pencari. Bisnis menggunakan teks alternatif untuk membantu mendeskripsikan gambar yang disematkan ke bot mesin telusur.

Ini memungkinkan mereka untuk membedakan kata tertulis dari gambar di seluruh konten Anda. Selanjutnya, dengan memasukkan gambar ke seluruh konten Anda, Anda meningkatkan kemungkinan muncul lebih tinggi dalam hasil mesin pencari untuk suatu topik. Mesin pencari cenderung menampilkan posting blog, artikel, dan bentuk konten lainnya di bagian atas halaman hasil mesin pencari.

Deskripsi meta dan tag

Deskripsi meta dan tag meta membantu meringkas konten Anda dan menetapkan kata kunci untuk ditinjau bot. Dengan menggunakan dua alat SEO ini, bot dapat menilai relevansi konten Anda dengan lebih baik dan menempatkan Anda lebih tinggi di peringkat pencarian yang sesuai.

Kompatibilitas seluler

Kompatibilitas seluler adalah bagian penting dari strategi SEO apa pun. Untuk meningkatkan keterlibatan di situs web Anda, Anda harus memastikan bahwa situs web Anda dan kontennya kompatibel untuk seluler.

Ini memungkinkan konsumen untuk mengakses situs web Anda dan menavigasi isinya dengan mudah. Ini juga dapat membantu menentukan apakah mereka melanjutkan proses pembelian atau tidak.

Media sosial

Menggunakan platform media sosial Anda untuk berbagi informasi tentang produk baru, menyisipkan tautan situs web, dan tautan langsung ke halaman produk adalah elemen lain yang berguna dari SEO. Anda juga dapat mengoptimalkan platform media sosial Anda dengan memposting tentang topik yang sedang tren, menggunakan tagar, dan meningkatkan kesadaran merek Anda melalui konsistensi.

Baca juga: Facebook Marketing: Ini Pengertian dan Strategi Ampuhnya

Apa itu SEM?

SEM, atau search engine marketing, adalah jenis pemasaran yang memungkinkan bisnis membayar untuk peringkat dan iklan yang lebih baik yang meningkatkan lalu lintas ke situs web mereka.

SEM memungkinkan bisnis untuk memilih kata kunci yang terkait dengan industri, produk, atau layanan mereka. Kemudian, ketika konsumen mencari item yang menyertakan istilah pencarian tersebut, hal itu meningkatkan kemungkinan situs web bisnis muncul di hasil mesin pencari.

Apa yang Termasuk dalam SEM?

Untuk terlibat dalam SEM secara efektif, Anda mungkin perlu menerapkan beberapa elemen ke dalam strategi pemasaran situs web Anda. Daftar berikut mengidentifikasi beberapa metode SEM yang bermanfaat:

Landing page

Landing page adalah halaman web yang dioptimalkan yang digunakan bisnis untuk mengiklankan produk dan layanan mereka. Halaman arahan sering kali menyertakan formulir bagi pengunjung untuk memasukkan email atau nomor telepon mereka untuk menerima komunikasi di masa mendatang tentang penawaran Anda. Tujuan halaman arahan adalah untuk membantu bisnis menghasilkan prospek potensial untuk saluran pemasaran mereka.

Long tail keyword

Long tail keyword adalah frasa kata kunci yang membantu bisnis menargetkan hasil pencarian yang sangat spesifik yang dimasukkan konsumen ke mesin pencari. Contoh long tail keyword adalah “swwiter murah musim dingin berwarna merah” sedangkan short keyword atau kata kunci pendeknya adalah “switer merah”. Long tail keyword sangat membantu bisnis yang ingin menghasilkan prospek untuk produk atau layanan tertentu.

Kampanye iklan

Strategi SEM biasanya menggunakan iklan mesin pencari berbayar untuk mempromosikan bisnis di bagian atas halaman mesin pencari. Ini mungkin tertaut ke halaman produk atau artikel tertentu, bergantung pada kata kunci yang ingin ditargetkan bisnis melalui iklan.

Bergantung pada paket yang disediakan mesin telusur, bisnis mungkin dapat menjalankan kampanye iklan selama beberapa bulan sambil menguji berbagai kata kunci dan strategi.

Baca juga: Google Adwords Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Lengkap Menggunakannya

Grup iklan

Grup iklan adalah grup iklan dalam kampanye iklan Anda yang menggunakan kata kunci atau topik serupa. Elemen SEM ini memungkinkan Anda untuk membandingkan keefektifan berbagai iklan dalam grup iklan yang sama.

Selanjutnya, ini membantu Anda menentukan iklan mana yang paling banyak menerima keterlibatan dalam grup iklan.

Copy iklan

Copy iklan adalah komponen penting dari iklan SEM Anda dan kesuksesan kampanye secara keseluruhan. Salinan iklan harus menggunakan kata kunci dan frasa khusus untuk memastikan peringkat dan keterlibatan yang lebih baik dengan konsumen.

Skor kualitas SEM

Mesin pencari menetapkan skor kualitas SEM tergantung pada kualitas salinan iklan, penggunaan kata kunci, dan grup iklan. Semakin tinggi skor kualitas yang Anda terima, semakin sedikit Anda harus membayar tarif biaya per klik.

SEO dan SEM: Mana yang Harus Anda Gunakan?

SEO dan SEM keduanya memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada bisnis yang membutuhkan keterlibatan web. Berikut adalah beberapa perbedaan antara kedua strategi untuk membantu membandingkan opsi mana yang memberikan hasil yang lebih bermanfaat berdasarkan kebutuhan Anda:

Berbayar dan organik

Salah satu perbedaan yang paling dapat dibedakan antara SEO dan SEM adalah bagaimana mereka bertujuan untuk mencapai peringkat pencarian yang lebih baik. Dalam SEO, individu dan bisnis menerapkan metode organik untuk meningkatkan peringkat mesin pencari untuk situs web mereka.

Sebaliknya, SEM menggabungkan metode organik dan berbayar untuk membuat peringkat pencarian yang lebih baik untuk situs web.

Misalnya, bisnis yang menggunakan strategi SEO akan bekerja untuk memasukkan kata kunci dan konten bentuk panjang ke dalam praktik online mereka untuk meningkatkan peringkat mereka, sedangkan bisnis yang menggunakan strategi SEM akan menggunakan iklan berbayar selain kata kunci dan konten bentuk panjang untuk memaksimalkan jangkauan mereka. Selanjutnya, bisnis dengan anggaran kecil atau terbatas dapat menggunakan SEO melalui SEM untuk meminimalkan biaya pemasaran online.

Hasil instan dan lama

Karena SEO hanya berfokus pada metode organik, mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil yang signifikan. Sebaliknya, SEM memungkinkan Anda membayar untuk peringkat yang lebih tinggi dan iklan yang meningkatkan peluang keterlibatan instan dengan situs web Anda.

Oleh karena itu, kesegeraan kebutuhan Anda dapat menentukan strategi mana yang Anda pilih untuk diterapkan dalam inisiatif pemasaran Anda. SEO masih dapat memberikan bisnis dengan keterlibatan yang optimal jika mereka menggunakan taktik yang tepat dan kesabaran.

Jangka pendek dan jangka panjang

SEO dan SEM juga berbeda dalam jangka waktu penggunaannya. SEO biasanya merupakan taktik pemasaran jangka panjang karena membutuhkan waktu untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda dan Anda terus-menerus perlu menerapkan strategi baru untuk mempertahankan peringkat Anda. Sebaliknya, SEM dapat digunakan dalam format jangka pendek dan jangka panjang.

Misalnya, bisnis dapat menggunakan SEM untuk menerapkan kampanye iklan berbayar selama tiga bulan dengan tujuan mengiklankan produk baru dan memaksimalkan penjualan awal. Selanjutnya, SEM juga dapat digunakan sebagai strategi jangka panjang untuk meningkatkan peringkat keseluruhan situs web selain kesadaran produk.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Youtube SEO dan Cara Menerapkannya dalam Akun Anda

Kesimpulan

Apakah Anda memutuskan untuk menggunakan SEM atau SEO akan tergantung pada tujuan Anda. Anda dapat memperoleh manfaat dari kombinasi keduanya untuk mendapatkan hasil tes yang akurat dan interaksi yang lebih cepat. Pada intinya dua proses ini berhubungan dengan mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas merek Anda.

Apapun proses pemasaran yang Anda pilih, pastikan untuk mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan dalam proses pemasaran pada sistem pembukuan yang mudah Anda akses.

Hindari proses pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan dan beralihlah menggunakan software akuntansi berbasis online sehingga memudahkan Anda dalam mengakses data keuangan bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah

 

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.