Google Adwords Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Lengkap Menggunakannya

Pada dasarnya, Google Adwords adalah salah satu fitur dari Google yang mampu menampilkan iklan berbayar dalam hasil pencarian Google.

Jadi, jika Anda mencari suatu keyword atau kata kunci tertentu dan pada sisi halamannya tertera kata iklan atau ads, maka itulah yang kita sebut dengan Google Adwords.

Umumnya, fitur ini banyak ditanyakan oleh para pebisnis online saat ini, mungkin Anda salah satunya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Google Adwords, mari kita bahas bersama-sama secara mendalam pada artikel tentang Google Adwords di bawah ini.

Pengertian Google Adwords Adalah

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, setiap pebisnis online tentu akan memerlukan sebuah fitur yang mampu membantu proses pemasaran bisnisnya agar mampu dijangkau oleh target pasar yang sudah diincar. Google pun memberikan jawaban atas permasalahan tersebut dengan memberikan fitur yang disebut dengan Google Adwords.

Google Adwords adalah sebuah fitur yang berguna untuk mengiklankan bisnis Anda di dalam halaman mesin pencarian Google dengan menggunakan suatu kata kunci tertentu yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Tentunya fitur ini diklaim mampu menjawab berbagai keresahan yang dirasakan para pebisnis online.

Pada tahun 2018 lalu, tepatnya di tanggal 24 Juli, Google pun secara resmi mengubah nama Google Adwords menjadi Google Ads. meskipun ada perubahan nama, namun cara penggunaannya tidak ada yang berbeda sama sekali.

Baca juga: Google Keyword Planner : Pengertian dan Cara Efektif dalam Menggunakannya

Keuntungan dalam Menggunakan Google Adwords

Saat Anda memutuskan untuk memanfaatkan fitur Google Ads demi mengiklankan brand atau produk Anda, maka peluang untuk mengembangkan bisnis bisa Anda dapatkan dengan mudah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa pada saat ini sebagian besar pebisnis sudah mulai beralih ke dalam dunia bisnis online.

Dengan mulai menggunakan fitur Google Ads ini, maka artinya Anda sudah berani mengambil langkah maju untuk berbisnis di zaman yang sudah serba digital. Nah, beberapa keuntungan yang akan Anda rasakan dalam menggunakan Google Adwords adalah sebagai berikut:

1. Google Menguasai Pasar Online

Google adalah suatu platform yang mampu menjawab setiap pertanyaan penggunanya, mulai dari membeli barang sampai mencari informasi yang tidak penting sekalipun, Google bisa menjawabnya.

Berdasarkan laman resmi statcounter, perusahaan Google sudah berhasil menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia dengan tingkat persentase yang menyentuh angka 92,07%. Lebih lanjut, statcounter juga menjelaskan bahwa Google juga sudah berhasil menguasai pangsa mesin pencari di Indonesia dengan tingkat persentase sebanyak 97,44%.

Selain Google, sebenarnya ada juga mesin pencari lain seperti Yahoo, namun mereka hanya memperoleh pangsa pasar sebanyak 0,93%, dan Bing hanya menyentuh angka 0,36%.

Dengan melihat besarnya peluang yang diberikan oleh Google, tentu Anda akan memperoleh keuntungan yang besar saat menggunakan fitur Google Ads dengan tujuan mengiklankan bisnis.

2. Target Pasar Lebih Spesifik

Saat menggunakan Google Ads, Anda bisa menentukan sendiri target pasar yang memang sedang Anda perlukan.  Target pasar ini bisa Anda perluas lagi, mulai dari sabang hingga Merauke, atau bahkan bisa Anda persempit lagi dalam tingkat kota ataupun daerah.

Selain bisa mengatur target pasar, Anda juga bisa melakukan pengaturan iklan agar bisa tampil di perangkat tertentu saja. Selama ini, kebanyakan orang akan membuka Google lewat perangkat PC, Laptop, Tablet, dan smartphone masing-masing.

Nah, Anda bisa mengatur iklan Anda agar nantinya bisa tampil pada perangkat tersebut atau memilih salah satu diantaranya saja.

Tidak hanya bisa melakukan pengaturan berdasarkan lokasi ataupun perangkat saja, di Google Ads juga Anda bisa mengatur sendiri jadwal tayang iklan Anda. contohnya, Anda bisa mengatur tayangan iklan Anda ingin ditampilkan dari jam berapa hingga jam berapa saja.

Tentunya hal ini sangat berguna saat Anda mempunyai jam operasional yang terbatas. Contohnya, bisnis Anda buka dari jam 8 sampai jam 5 sore, nah dari sini Anda bisa membuat pengaturan sendiri jadwal tayang iklan Anda.

Dengan adanya ketiga hal ini, Google Adwords adalah fitur yang sangat tepat untuk digunakan oleh Anda yang tertarik dan ingin menjalankan bisnis online.

3. Hemat Biaya

Sebagian dari Anda pasti mengira bahwa memasang iklan di Google Ads memerlukan biaya yang sangat mahal. Namun faktanya, memasang iklan di Google Adwords sangatlah terjangkau, Anda bisa memulainya dengan harga 50 ribu rupiah saja.

Bahkan, kemungkinan biayanya bisa lebih sedikit lagi jika Anda menggunakan strategi PPC atau Pay Per Click. Dengan adanya sistem ini, maka Anda hanya akan dikenakan biaya bila target Anda melakukan klik saja.

Cara Menggunakan Google Adwords

Setelah kita mengetahui bersama tentang apa itu Google Adwords dan keuntungan dalam menggunakannya, maka sekarang kita harus mengetahui cara menggunakan Google Adwords. Nah, cara menggunakan Google Adwords adalah sebagai berikut:

1. Buat Akun Google

Untuk bisa menggunakan Google Ads, sebenarnya Anda bisa menggunakan akun pribadi Google Anda. Tapi jika Anda enggan untuk menerima email masuk yang banyak dari Google Ads, maka Anda bisa membuat akun Google yang baru demi keperluan Google Ads Anda.

2. Pilih Goal

Jika sudah berhasil masuk, hal pertama yang akan Anda lihat adalah kalimat “pick a goal for your ad”. Di dalam goal itu nantinya akan ada tiga pilihan goal atau tujuan, yakni call your business, visit your storefront dan take an action on your website.

Anda bisa mempelajari ketiga goal tersebut lebih dulu, jika sudah Anda tinggal klik tulisan “pock goal” yang terletak di bagian kanan bawah halaman.

3. Pilih Target Lokasi

Dalam halaman ini, Anda harus memilih target lokasi secara bebas sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa memperluas atau mempersempit target lokasi Anda di sini. Ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan Google Ads.

4. Pilih Kategori Bisnis

Selanjutnya, Anda harus bisa menentukan kategori bisnis yang sesuai dengan produk atau layanan jasa Anda. jika Anda menjalankan bisnis F&B atau bisnis kuliner, maka Anda harus memilih kategori bisnis tersebut.

Hal ini dilakukan agar nantinya Anda bisa menentukan pasar secara tepat dan juga sesuai dengan target. Jangan sampai Anda salah dalam memilih kategori bisnis, karena hal ini akan berdampak besar di masa depan.

5. Membuat Copy Iklan

Pada halaman ini, Anda harus pandai dalam menggunakan kemampuan copywriting, kenapa? Karena copy iklan adalah bagian yang sangat penting saat Anda ingin beriklan menggunakan Google Adwords. Google pun membatasi karakter untuk copy iklan yang ingin Anda buat.

Untuk bagian headline iklan, Google memberikan batasan sebanyak 30 kata saja. Sedangkan untuk isi iklannya sendiri, Google memberikan batasan hingga 80 karakter kata. Dengan demikian, Anda tidak boleh asal dalam membuat copy iklan.

Berusahalah untuk membuat iklan yang mampu menjalankan bisnis Anda secara jelas, jangan sampai Anda menggunakan kata yang clickbait. Karena, audiens memerlukan penjelasan produk yang lebih jelas, bukan yang membuat mereka penasaran.

6. Memasukkan Foto

Pilihlah Foto Logo bisnis Anda, namun memasukkan foto logi ini sifatnya opsional dan tidak wajib.

7. Menentukan Biaya

Salah satu keuntungan yang akan Anda rasakan dari Google Adwords adalah Anda bisa menentukan biaya iklan Anda sendiri secara bebas. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya iklan yang mahal, karena Google bisa menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click.

Dengan adanya sistem ini, Anda hanya perlu membayar bila bila iklan buatan Anda di klik oleh para audiens. Cara ini diklaim mampu menghemat lebih banyak biaya. Sehingga, Anda bisa bebas dalam menetapkan estimasi biaya iklan Anda.

Tapi jika Anda baru pertama kali menggunakan layanan Google Ads, maka kami sarankan untuk menentukan biaya yang paling rendah terlebih dahulu.

8. Memilih Metode Pembayaran

Terakhir, Anda harus memilih metode pembayaran. Metode pembayaran dari Google Ads sangat banyak, mulai dari transfer bank hingga menggunakan kartu kredit. Untuk Anda yang tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa menggunakan metode pembayaran transfer bank untuk membayar iklan Google Ads Anda.

Baca juga: Google Analytics: Pengertian, Fitur dan Fungsinya

Kesimpulan

Jadi, Google Adwords adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Google dan bisa Anda gunakan untuk membuat iklan agar bisa tampil pada halaman pencarian Google.

Sehingga, secara otomatis bisnis Anda akan dikenal oleh banyak orang dan mempunyai perkembangan yang signifikan. Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari strategi digital marketing Anda saat ini.

Tapi jangan lupa mencatat setiap dana yang Anda habiskan untuk keperluan Google Ads ini dalam laporan arus kas. Karena laporan ini nantinya bisa Anda gunakan untuk menentukan keputusan bisnis Anda di masa depan. Namun, membuat laporan arus kas secara manual tentu memerlukan waktu yang banyak dan sangat rentan terjadi kesalahan.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Software ini sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena mampu menyajikan 200 lebih jenis laporan keuangan secara cepat, tepat dan akurat.

Terlebih lagi, di dalamnya terdapat berbagai fitur yang mampu memudahkan pebisnis dalam mengelola usahanya, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakkan, manufaktur, dll.

Penasaran? Accurate Online bisa Anda coba terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate 2 banner bawah