Mengetahui Apa Itu Youtube SEO dan Cara Menerapkannya dalam Akun Anda

SEO YouTube sama pentingnya dengan SEO untuk halaman web jika Anda ingin konten Anda dilihat. Meskipun konsepnya mungkin sama, SEO YouTube bekerja sedikit berbeda dari Google. Ada banyak alasan mengapa Anda harus menginvestasikan waktu Anda dalam mengerjakan SEO YouTube Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat strategi SEO YouTube yang hebat untuk akun Anda.

Apa itu SEO YouTube?

SEO YouTube adalah proses mengoptimalkan saluran YouTube, metadata, deskripsi video, daftar putar, dan video Anda. Setelah Anda mengoptimalkan video Anda, mereka akan dioptimalkan untuk mesin pencari YouTube serta mesin pencari luar seperti Google dan Bing.

YouTube harus menjadi bagian yang kuat dari strategi SEO Anda jika Anda ingin orang menemukan Anda secara online karena ini adalah salah satu situs online terkuat. Statistik membuktikannya. YouTube adalah situs web online yang paling banyak dikunjungi kedua setelah Google menurut peringkat lalu lintas Alexa.

Pikirkan YouTube sebagai mesin pencari untuk video, dan karena ini adalah mesin pencari, ia hadir dengan aturan SEO-nya sendiri.

Bagaimana Cara Kerja SEO YouTube?

Karena Google memiliki YouTube, keduanya berbagi data secara otomatis. Ada manfaat besar untuk mengunggah video Anda di YouTube dan ini adalah bahwa Google akan segera mengindeks video Anda. Ini berarti Anda tidak perlu menunggu bot untuk merayapi video Anda, Anda juga tidak perlu membuat peta situs video dan mengirimkannya.

Agar video Anda diindeks tinggi di halaman peringkat YouTube, Anda perlu menerapkan taktik SEO terbaik, seperti yang Anda lakukan agar halaman web diindeks tinggi di Google. Google harus memahami tentang video Anda, dan untuk melakukannya, Anda perlu menambahkan teks untuk menjelaskan konten dengan baik.

Teks untuk video Anda mencakup judul video, deskripsi, dan tag. Selain itu, teks tertutup juga merupakan kunci SEO YouTube yang hebat. Yang terakhir mendorong lebih banyak keterlibatan dan penayangan serta SEO.

Baca juga: Cara Menambah Viewer YouTube Paling Mudah dan Ampuh untuk Pemula

Cara Mengoptimalkan Video untuk Youtube

Dengan jutaan video yang ditemukan di YouTube, mengoptimalkan video Anda menjadi lebih penting. Ada banyak langkah untuk mengoptimalkan video Anda dengan sempurna dan di bawah ini Anda dapat menemukan panduan langkah demi langkah:

1. Mulailah dengan kata kunci

Mencari tahu kata kunci yang digunakan audiens target Anda untuk menemukan konten yang mirip dengan konten Anda adalah kunci untuk SEO YouTube. Prosesnya mirip dengan SEO untuk Google. Anda perlu membuat daftar kata di niche Anda dan kemudian menggunakan Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci dengan volume bulanan yang tinggi.

Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian di YouTube untuk melihat saran yang muncul saat Anda mulai mengetik kata kunci.

Selain proses ini, ketika berhadapan dengan SEO YouTube, Anda perlu mengambil langkah ekstra. Setelah Anda menemukan satu set kata kunci yang ideal, masukkan kata kunci ini di Google dan lihat mana yang memunculkan video di bagian atas halaman SERP daripada situs web sebagai opsi. Kata kunci yang Anda pilih idealnya memiliki ratusan pencarian bulanan.

2. Optimalkan judul video Anda

Mirip dengan judul posting blog yang dioptimalkan, judul video Anda juga harus dioptimalkan. Untuk melakukannya dengan baik, gunakan salah satu kata kunci Anda sebagai bagian dari judul video Anda.

Pakar SEO juga menyarankan Anda menyebutkan solusi yang akan diberikan video dalam judul. Misalnya, “Cara membuat souffle: Metode sederhana dan cepat.”

3. Tulis deskripsi video Anda

Sama seperti judul video Anda, tambahkan kata kunci dalam deskripsi Anda. Bot di YouTube akan menemukan kata kunci ini dan merayapinya, memberi video Anda peluang lebih baik untuk mendapat peringkat lebih tinggi di halaman.

Baca juga: Youtube Ads: Pengertian, Jenis, dan Cara Optimasinya

4. Optimalkan tag

Memberi tag berarti memasukkan kata kunci yang relevan saat mengunggah video Anda sehingga Anda dapat menghasilkan lebih banyak penayangan. Semakin relevan tag, semakin besar kemungkinan video Anda dilihat. Misalnya, jika video Anda tentang makeup, masukkan kata kunci seperti “produk kecantikan, tutorial makeup” dan lainnya. Hindari menggunakan terlalu banyak tag. Targetkan 10 hingga 12.

Untuk memasukkan tag, Anda harus:

  • Kunjungi saluran YouTube Anda
  • Klik pada pengaturan saluran
  • Klik “Info dan Pengaturan”
  • Masukkan tag Anda di bidang tag, pisahkan kata-kata dengan koma.

5. Buat ajakan bertindak (CTA) agar orang dapat berkomentar

YouTube akan memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk video populer, dan salah satu cara YouTube menentukan apakah suatu video populer adalah melalui komentar. Untuk YouTube, bagian komentar adalah metrik penting, jadi membuat orang mengomentari video Anda harus menjadi prioritas Anda.

Salah satu cara Anda dapat mendorong orang untuk berkomentar adalah dengan menambahkan ajakan bertindak di akhir video agar orang-orang dapat berbagi pemikiran, kiat, atau cerita mereka terkait konten video. Menggunakan pertanyaan di akhir video adalah cara yang bagus untuk membuat orang memulai diskusi.

6. Buat orang-orang untuk subscribe

Metrik lain yang digunakan YouTube untuk menentukan peringkat popularitas adalah jumlah langganan di saluran YouTube. Memiliki banyak subscriber berarti orang-orang ingin melihat lebih banyak tentang Anda dan ke YouTube, itu adalah metrik positif yang akan terbayar dalam hal peringkat.

Jadi, saat Anda mengupload video, dorong orang untuk berlangganan saluran mereka. Beri mereka alasan untuk melakukannya. Beri tahu mereka bahwa Anda akan mengunggah lebih banyak video yang akan mereka nikmati. Memberikan konten berkualitas kepada pemirsa juga akan memberi mereka alasan untuk berlangganan saluran Anda.

Konten berkualitas di SEO YouTube lebih dari sekadar memecahkan masalah audines Anda. Ini juga termasuk mengunggah video berkualitas. Ini dapat dengan mudah dilakukan. Saat ini, smartphone merekam video berkualitas tinggi, sehingga memungkinkan untuk membuat video yang bagus tanpa harus berinvestasi dalam banyak peralatan.

Fokus pada pencahayaan alami saat merekam video Anda. Tangan yang stabil atau tripod akan membantu juga, dan Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam mikrofon untuk audio yang lebih jernih.

Baca juga: Algoritma Youtube: Pengertian dan Cara Memaksimalkannya untuk Bisnis

7. Sertakan closed captions

Closed captionssangat bagus untuk orang yang tuli atau sulit mendengar untuk menikmati video Anda, tetapi teks ini juga bagus untuk SEO YouTube. Ini karena closed captions dapat dirayapi oleh mesin telusur.

Ini berarti bot mendeteksi teks saat teks pada halaman web terdeteksi, memberi Anda peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat tinggi di niche Anda. Jika Anda memutuskan untuk menambahkan closed captions ke video Anda, pastikan itu akurat.

8. Bagikan video Anda

Saat Anda membuat video YouTube, Anda ingin memiliki kehadiran media sosial yang kuat di semua media sosial, tidak hanya di YouTube. Semakin banyak video Anda dibagikan di media sosial, semakin tinggi peringkatnya. S

alah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pembagian adalah dengan mendorong pemirsa Anda untuk membagikan video. Anda juga dapat menyertakan tautan ke profil media sosial Anda saat mengunggah video agar orang-orang mengikuti Anda dan membagikan konten Anda.

9. Tingkatkan waktu tonton Anda

Metrik peringkat lain yang digunakan YouTube untuk mengukur popularitas video Anda adalah waktu tonton. Semakin banyak waktu yang dihabiskan orang untuk menonton video Anda, semakin baik Anda menilai metrik peringkat YouTube. Cara terbaik untuk meningkatkan waktu tonton adalah dengan:

  • Posting pada waktu yang tepat untuk audiens Anda
  • Janji sesuatu di akhir video
  • Tambahkan ketegangan
  • Beri tahu pemirsa apa yang dapat mereka harapkan
  • Tambahkan tautan di video Anda agar pemirsa dapat menonton lebih banyak konten Anda
  • Ajukan pertanyaan dan jawab di akhir video
  • Gunakan daftar putar

Anda juga harus mempelajari laporan waktu tonton yang disediakan YouTube untuk melihat video mana yang berjalan dengan baik dan mana yang dapat ditingkatkan. Untuk melihat laporan Anda, buka saluran Anda dan klik Creator Studio. Temukan menu di sebelah kiri, klik Analytics, lalu klik Waktu tonton.

10. Tambahkan daftar putar

Daftar putar video akan meningkatkan waktu tonton Anda dan memperkuat SEO Anda. Ada banyak jenis playlist yang bisa Anda buat. Misalnya, seorang pembuat roti dapat membuat daftar putar dengan serangkaian video yang merinci setiap langkah membuat kue pernikahan.

Jadi akan ada video tentang memanggang kue, lalu satu lagi tentang membuat frosting, satu lagi tentang mendekorasi kue dan banyak lagi.

11. Tingkatkan popularitas Anda

Menjadi populer di YouTube mengarah ke audiens yang lebih besar, jumlah penayangan yang lebih tinggi, dan sebagai hasilnya, SEO yang lebih baik. Ini adalah beberapa cara terbaik untuk menjadi lebih populer di niche Anda di YouTube:

  • Buat gambar pratinjau yang bagus: Gambar mini memberi tahu pemirsa tentang video tersebut sehingga Anda meningkatkan peluang mereka mengeklik video Anda
  • Beri nama file mentah Anda: Sebelum mengunggah video Anda di YouTube, gunakan kata kunci untuk memberi nama file video Anda. Ini mungkin tidak berkontribusi langsung ke peringkat SEO Anda, tetapi ini adalah cara lain untuk memberi tahu YouTube tentang video tersebut
  • Beri tahu pelanggan email Anda: Manfaatkan daftar email Anda. Dengan mengirimkan buletin yang menginformasikan audiens Anda tentang konten baru Anda, Anda memberi video Anda lebih banyak peluang untuk dilihat
  • Sematkan video Anda: Jika Anda memiliki blog, gunakan untuk menyematkan video Anda di salah satu postingan blog Anda.

Baca juga: Apa itu Search Engine Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Strateginya

Kesimpulan

Itulah beberapa tips SEO Youtube yang bisa Anda adaptasikan dalam akun youtube milik pribadi atau bisnis Anda. Dengen menggunakan tips diatas, kemungkinan visibilitas video yang Anda unggah akan lebih besar ditonton oleh audiens target Anda, dan proses pemasaran melalui youtube akan berhasil.

Setiap proses pemasaran dalam bisnis tentu memerlukan biaya, dan Anda harus mencatat biaya tersebut untuk memastikan bahwa apa yang Anda keluarkan dalam bisnis sesuai yang Anda harapkan nantinya.

Jangan lupa untuk mencatat setiap biaya yang Anda lakukan pada proses pemasaran dalam bisnis Anda untuk mengidentifikasikan ROI secara jelas. Untuk memudahkan hal tersebut Anda membutuhkan sistem yang akan membuat pencatatan dan penghitungannya secara lebih praktis, salah satunya adalah menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online adalah softwware akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pengeluaran dan pembelian, membuat invoice, manajemen aset dan persediaan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: