Cara Menambah Viewer YouTube Paling Mudah dan Ampuh untuk Pemula

Memiliki channel youtube dengan isi konten yang keren tentu sangat membanggakan. Tapi akan sangat menyebalkan bila penonton atau viewernya sedikit. Padahal, sudah banyak yang Anda korbankan untuk membuat konten tersebut. Lantas, bagaimana cara menambah viewer youtube yang efektif?

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara menambah viewer youtube. Sehingga, tujuan Anda dalam membangun channel tersebut bisa tercapai, baik itu untuk mendapatkan banyak uang ataupun menciptakan brand awareness.

Penasaran bagaimana caranya? Baca artikel ini hingga tuntas yah.

9 Cara Menambah Viewer YouTube

Terdapat banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan viewer youtube. Apa saja? Berikut ini adalah 9 cara menambah viewer youtube.

1. Buat Konten yang Menarik

Konten adalah daya tarik utama bagi penonton youtube. Untuk itu, membuat konten yang menarik adalah cara menambah viewer YouTube yang paling utama.

Konten yang baik tidak hanya akan bisa dilihat oleh banyak penonton, tapi juga bisa memperoleh respon yang baik dari para penonton, seperti like, comment, share, hingga subscribe. Semakin banyak engagement video YouTube Anda, maka akan semakin besar juga peluang Anda untuk muncul di timeline dan berada pada urutan pertama halaman pencarian YouTube.

Buatlah konten yang mempunyai nilai tersendiri dan juga sesuai dengan tujuan Anda dalam membuat channel YouTube. Seperti konten yang bersifat edukasi, tutorial, atau hiburan.

Jika Anda sudah berhasil membuat konten yang menarik, maka para penonton video YouTube Anda pun akan perlahan-lahan meningkat. Bahkan, beberapa diantara mereka juga ada yang rela membagikan konten video Anda ke akun media sosial pribadinya. Alhasil, viewer YouTube Anda akan semakin meningkat.

Salah satu contoh channel YouTube yang mempunyai konten berkualitas tinggi adalah CR Cook. Oleh karena itu, jangan heran bila subscribe nya bisa mencapai 1,6 juta.

Lalu, apa rahasianya? Sebagai salah satu channel yang menyediakan konten memasak, koleksi videonya pun sangatlah lengkap. Mulai dari masakan lokal, roti, kue, hingga masakan lain yang saat itu sedang viral. Selain itu, hasil videonya juga sangat jelas, sehingga bisa diikuti oleh para penonton dengan sangat gampang.

Salah satu video yang mempunyai viewers paling tinggi adalah video tentang cara membuat roti jabrik. Video tersebut bisa mendapatkan 1,8 juta lebih penonton dalam kurun waktu dua bulan saja. Selain di balut dengan visual yang menarik, makanan tersebut juga kebetulan memang sedang viral.

Jadi, membuat makanan yang sedang viral tau sedang trending akan membantu Anda untuk memperoleh viewers yang lebih banyak. Bila perlu, Anda bisa mengajak sesama YouTuber lainnya untuk berkolaborasi.

Melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain bisa jadi cara yang ampuh untuk meningkatkan viewer YouTube Anda. kenapa? karena cara ini bisa menjadi cara untuk mempromosikan channel YouTube Anda secara lebih baik.

Baca juga: Youtube Ads: Pengertian, Jenis, dan Cara Optimasinya

2. Lakukan Riset Kata Kunci

Umumnya, para pengunjung akan mencari kata kunci tertentu di kolom pencarian YouTube. Bila video Anda sesuai dengan apa yang mereka cari, maka video Anda bisa tampil pada urutan teratas. Jadi, peluang video Anda untuk diklik pun akan semakin besar.

Agar bisa mencapai hal tersebut, maka Anda harus meriset kata kunci. Strategi ini juga mampu menjadi salah satu cara menambah viewer YouTube Anda.

Dengan meriset keyword, maka Anda bisa menentukan keyword apa yang pas untuk konten video YouTube Anda. sehingga, ranking video Anda di hasil pencarian juga akan meningkat sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh penonton.

Untuk membantu Anda dalam meriset keyword, Anda bisa menggunakan tools seperti Google Keyword Planner. Dengan tools ini, Anda bisa mengetahui keyword apa yang paling banyak dicari oleh penonton. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dalam membuat video selanjutnya berdasarkan jumlah pencarian ataupun tingkat kesulitan pada kata kunci tertentu.

Sehingga, konten video Anda akan ramai dikunjungi oleh penonton, karena konten video Anda sesuai dengan pencarian para penonton tersebut.

Bila Anda sudah berhasil menemukan keyword yang tepat, maka Anda juga bisa lebih mudah dalam membuat deskripsi video dan juga tag.

3. Optimasi Judul Konten Video Anda

Judul konten video juga memiliki peran yang sangat penting untuk menambah viewer YouTube Anda. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari pihak YouTube yang mengatakan bahwa judul mampu mempengaruhi para pengguna untuk memilih video Anda.

Untuk itu, buatlah judul yang sesuai dengan konten video yang Anda buat. Namun, hindari kata-kata clickbait, selain mampu mengecewakan penonton,  judul yang tidak sama dengan isinya juga akan membuat tingkat reputasi channel YouTube Anda memburuk.

4. Tulis Deskripsi Video dengan Tepat

Menulis deskripsi video yang tepat menjadi cara menambah viewer YouTube selanjutnya. Kenapa? karena penjelasan terkait video Anda akan membantu para penonton untuk memastikan video tersebut memang sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu, deskripsi video juga akan mempermudah algoritma YouTube.

5. Gunakan Formula MVC pada Tag Video

Mengisi tag video yang baik adalah salah satu bagian dari mengoptimasi SEO YouTube. Tag mampu membantu algoritma YouTube untuk mengetahui topik atau tema video Anda. Penggunaan tag yang tepat juga akan membuat video Anda memperoleh ranking pencarian yang lebih baik.

Metode ini adalah salah satu cara menambah viewer YouTube. Tapi, bagaimana cara menggunakan tag yang tepat? Caranya adalah dengan menggunakan rumus MVC, yakni “main keyboard”, “variation”, dan “category”.

6. Gunakan Custom Thumbnail

Selain judul, thumbnail juga turut berpengaruh dalam meningkatkan jumlah viewer YouTube Anda. Kenapa? karena thumbnail adalah hal pertama yang dilihat oleh penonton saat mereka mencari video. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengoptimasinya dengan baik.

Optimasi thumbnail bisa ANda lakukan dengan menggunakan fitur custom thumbnail.  Faktanya, 9 dari 10 video yang banyak di lihat oleh para penonton adalah yang menggunakan custom thumbnail. Jadi, custom thumbnail menjadi cara menambah viewer YouTube yang efektif.

7. Buat Playlist Video

Membuat playlist video adalah salah satu cara menambah viewer YouTube. Kenapa? karena mampu meminimalisir para penonton untuk beranjak ke channel YouTube lainnya saat sudah selesai menonton video Anda.

Cara efektif untuk membuat playlist adalah dengan menggunakan layout horizontal. Kenapa? karena tampilan playlist secara horizontal bisa membuat thumbnail Anda terlihat lebih jelas dan mampu menarik perhatian penonton.

8. Giring Trafik Menggunakan Cards dan Endscreens

Selain membuat playlist, cards dan endscreen, masih ada fitur lain  dari YouTube yang mampu membantu para penonton untuk klik atau menonton video Anda yang lainnya. Ini adalah cara menambah viewer YouTube lainnya yang tidak kalah efektif.

Cards adalah fitur YouTube yang mampu menampilkan list video lain. Fitur ini memiliki bentuk tombol di sisi pojok kanan atas dan dibuat clickable agar tidak mampu mempengaruhi jalannya video saat sedang ditonton.

Sedangkan end screen adalah fitur yang mampu menampilkan thumbnail video lain, channel, dan juga link website di akhir sesi video.

Dengan kedua cara ini, maka penonton bisa digiring untuk menonton video lainnya. Sehingga, jumlah penonton pun akan meningkat secara otomatis.

9. Promosikan Video YouTube Anda di Media Sosial

Selain membuat konten yang menarik, Anda juga harus membagikan konten video Anda di media sosial lainnya. Kenapa? karena semakin banyak orang yang mengetahuinya, maka kemungkinan video Anda untuk ditonton pun tentu akan semakin tinggi. Terlebih lagi, wearesocial menjelaskan bahwa pengguna media sosial di Indonesia saat ini sudah mencapai 3,6 milyar pengguna.

Namun, terdapat cara khusus untuk membagikan video di media sosial, kenapa? karena durasi waktunya sangat terbatas. Untuk itu, Anda bisa membagikan teaser ataupun cuplikan video YouTube Anda. Lalu, sisipkanlah link dan juga sedikit deskripsi di dalam caption postingan tersebut.

Sebarkanlah video YouTube Anda di seluruh platform media yang Anda punya. Sehingga, akan sesuai dengan strategi promosi Anda.

Baca juga:  Algoritma Youtube: Pengertian dan Cara Memaksimalkannya untuk Bisnis

Penutup

Demikianlah sembilan cara menambah viewer YouTube yang bisa Anda lakukan. Walaupun memang sangat banyak, namun jika diterapkan dengan baik, maka jumlah viewer YouTube  Anda perlahan-lahan pasti akan meningkat.

Jika sudah memiliki jumlah viewers yang banyak, maka pastinya tujuan channel YouTube Anda akan terpenuhi, baik itu untuk kebutuhan branding, atau tujuan pribadi. Sehingga omzet Anda pun akan meningkat secara tidak langsung.

Namun, jangan lupa untuk selalu mencatatnya di dalam laporan keuangan agar Anda bisa mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda saat ini dan sebagai referensi yang baik untuk menentukan kebijakan perusahaan di masa depan.

Bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat laporan keuangan, cobalah menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat, tepat, akurat dan bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja Anda butuhkan. Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.

Untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate berhenti membuang waktu