10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Anggaran Perusahaan

Didalam menjalankan sebuah perusahaan tentu saja ada banyak bidang, hal dan detail kecil yang wajib diperhatikan di dalam jalannya perusahaan itu sendiri. Termasuk didalamnya ketika menyusun sebuah anggaran perusahaan yang berimbas pada operasional kerja perusahaan. Dalam membuat sebuah anggaran tentu saja tidak bisa dilakukan dengan sistem yang asal karena bisa mengacaukan jalannya bisnis itu sendiri.

Menilik pentingnya dari pembuatan anggaran itu sendiri maka dalam artikel ini akan diuraikan berbagai ulasan mengenai anggaran dalam perusahaan. Uraian ini sendiri bertujuan mampu dijadikan khasanah pengetahuan bagi pengelola perusahaan atau yang bergerak dalam bidang keuangan. Dimana nantinya akan diuraikan mengenai pengertian dari sebuah anggaran dalam perusahaan kemudian pentingnya dari pembuatan sebuah anggaran.

Sehingga bagi pekerja perusahaan bisa menjadi lebih mawas diri dalam bekerja dan dalam pembuatan sebuah anggaran. Harus memperhatikan banyak hal dan faktor sebelum membuatnya agar tidak terjadi kekeliruan. Nah berikut adalah uraian mengenai anggaran perusahaan, pengertian, kegunaan hingga hal yang perlu diperhatikan sebelum membuatnya.

Baca juga : Melakukan Penghitungan Pendapatan Nasional dengan Rumus yang Tepat

Apa itu Anggaran dalam Perusahaan ?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat anggaran dalam perusahaan lebih baik memahami pengertiannya dahulu. Pengertian dari anggaran dalam sebuah perusahaan adalah sebagai suatu rencana biaya dan pendapatan yang disusun dalam sebuah periode yang ditentukan. Maksudnya adalah anggaran ini dibuat dalam jangka waktu tertentu untuk bisa diaplikasikan dalam operasional sebuah perusahaan.

Atau lebih mudahnya adalah sebuah perencanaan, penggambaran dasar untuk jalannya perusahaan kedepannya dalam bidang keuangan. Pembuatan dari anggaran ini sendiri menjadi wajib untuk dilakukan per-periode yang bisa ditentukan oleh perusahaan. Tentu saja hal ini bertujuan untuk membuat alokasi yang jelas mengenai persebaran pendanaan dalam perusahaan itu sendiri.

Dimana untuk jenis anggaran sendiri ada banyak sekali jenisnya seperti anggaran pengeluaran, anggaran penjualan, belanja, produksi, operasional dan ekspeditur. Mengingat jenisnya yang ternyata beragam tentu saja dalam penyusunnya perlu kehati-hatian dan treatmentnya sendiri. Setelah mengetahui pengertian dari anggaran dalam perusahaan mari bergerak maju ke pembahasan selanjutnya.

Baca juga : Pengertian Ekonomi Kreatif dan Contoh Usaha di bidang Kreatif

Apa Pentingnya Kegunaan Pembuatan Anggaran dalam Perusahaan?

Setelah memahami pengertian dari sebuah anggaran dalam perusahaan maka kini selanjutnya memahami pentingnya kegunaannya. Kegunaannya yang pertama adalah mampu menjadi perencanaan keuangan yang relevan di dalam menjalankan perusahaan. Kemudian bisa sebagai kontrol pengelolaan setiap kegiatan di dalam jalannya perusahaan.

Selain itu juga bisa dijadikan sebagai pegangan perkiraan untuk membangun langkah berkelanjutan di dalam menjalankan perkara finansial perusahaan. Berisi juga strategi, rencana tertentu dan perkiraan akan jalannya kegiatan operasional. Ibaratnya pembuatan anggaran ini sendiri menjadi salah satu strategi dalam perusahaan untuk terus bergerak ke depan.

Baca juga : Pengertian Kebijakan Fiskal, Tujuan, Jenis dan Komponennya

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Anggaran Perusahaan

Setelah memahami pengertian dari sebuah anggaran dalam perusahaan dan mengulas ringkas mengenai kegunaannya. Maka berikut adalah ulasan mengenai 10 hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat anggaran perusahaan, apa saja ? mari simak bersama.

1. Memahami Kebutuhan dan Kemampuan Perusahaan

Untuk tahap pertama dari hal yang perlu diperhatikan ketika membuat anggaran perusahaan adalah memahami kebutuhan dan kemampuan perusahaan itu sendiri. Hal ini berkaitan dengan adanya perbedaan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga sebuah perencanaan tidak bisa dibuat sama rata pada masing-masing perusahaan.

Dari bagian keuangan dan perencanaan bisa kemudian melakukan observasi pendataan kemampuan dan kebutuhan perusahaan. Hal ini menjadi hal penting yang seringkali terlewat dan akhirnya membuat perencanaan anggaran menjadi kurang tepat. Meski terkesan simple namun wajib untuk dijadikan perhatian.

2. Meninjau Besaran Anggaran Setahun Terakhir

Tahapan selanjutnya yang bisa diperhatikan sebelum membuat anggaran perusahaan adalah meninjau besaran anggaran setahun terakhir. Ini bisa menjadi sebuah data yang valid mengenai perkembangan keuangan didalam perusahaan itu sendiri setahun terakhir. Apakah mungkin mengalami kemunduran atau penambahan karena keduanya memiliki tips dan trik penyusunan anggaran yang berbeda.

Baca juga : Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif dalam Strategi Pemasaran

3. Menyusun Panitia Penanganan Anggaran

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat anggaran perusahaan lainnya adalah menyusun panitia untuk membuat anggaran itu sendiri. Jadi perusahaan tidak perlu menyusun sebuah anggaran tanpa perhitungan matang dari pelaksana yang mumpuni di bidangnya. Untuk panitianya sendiri bisa berasal dari staf bidang keuangan yang dibawahi langsung oleh pihak management perusahaan untuk mengawal perencanaan.

4. Menentukan Pedoman Anggaran

Langkah selanjutnya sebelum membuat sebuah anggaran adalah membuat pedoman dasar dari anggaran itu sendiri. Dimana didalamnya berisi rencana besar yang meliputi tujuan,asumsi dan keuntungan dengan perencanaan yang dibuat tersebut. Pemetaan dan pembuatan pedoman ini menjadi penting untuk dijadikan pegangan agar pembuahan tidak melebar kemana-mana.

5. Membuat Persiapan Anggaran

Pada tahapan ini sendiri pihak terkait bisa mendapatkan informasi kebutuhan lewat pelaporan masing-masing divisi dalam perusahaan. Jadi tidak hanya menjadi tugas dari perencana keuangan tetapi juga sinergi dari berbagai elemen di dalam sebuah perusahaan. Persiapan ini didalamnya meliputi koordinasi antar bidang, pembuatan laporan keuangan hingga mengarah pada tahapan lanjutan.

Baca juga : Uang Kartal : Pengertian Lengkap dan Perbedaanya dengan Uang Giral

6. Membuat Perencanaan Anggaran Sesuai Jenis Kebutuhan

Seperti yang sudah disinggung pada bagian diatas sebelumnya bahwa anggaran itu memiliki banyak jenis kebutuhan. Seperti penjualan, beban pendapatan, produksi, operasional dll itu wajib untuk dibuat peta alokasinya sebaik dan sedetail mungkin. Pengalokasian keuangan yang terarah sesuai jenis kebutuhan dalam setiap bidang akan memudahkan keuangan perusahaan untuk berkembang.

7. Penentuan Besaran Anggaran

Jangan lupa untuk membuat besaran rencana keuangan masing-masing divisi dan bidang yang bisa disesuaikan kebutuhan. Tentu saja dengan melakukan observasi atau konsultasi bidang terkait. Jangan melewatkan bagian yang ini agar tidak salah dalam menentukan besaran keuangan yang harus digelontorkan dan tidak terjadi pembengkakan keuangan.

Baca juga : Pengertian Hukum Pajak, Sejarah, Fungsi, dan Jenisnya

8. Membuat Rencana Pendistribusian pada Masing-Masing Bidang

Setelah membuat berbagai tahapan diatas maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan distribusi pada masing-masing bidang. Harus dibuat dengan jelas mengenai besaran dan sistematika pendistribusian keuangan tersebut agar meminimalisir kesalahan. Tahapan ini tidak boleh diabaikan agar keuangan yang masuk pada setiap bidang dan divisi bisa tepat tersalur tanpa ada praktik KKN.

9. Melakukan Rapat Verifikasi oleh Perencana Keuangan

Setelah melakukan berbagai tahapan sebelumnya yang harus melewati banyak persiapan dan hal maka selanjutnya bisa melakukan rapat verifikasi. Pada bagian ini baik dari tim penentu keuangan dan divisi antar bidang bisa melakukan pengajuan keuangan yang final. Sebelum nantinya disahkan oleh management berwenang dan melakukan pendistribusian dan pelaksanaan keuangan sebaik mungkin.

10. Membuat Pelaksanaan Sebaik Mungkin

Nah langkah terakhir dari tahapan pembuatan sebuah rencana keuangan perusahaan adalah membuat pelaksanaan sebaik mungkin. Bisa dengan melakukan trial and error melalui uji coba beberapa waktu. Atau bisa dengan memanfaatkan staf yang berkinerja baik untuk membantu pelaksanaan sesuai rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca juga : Pengertian Pph 23, Tarif, Ketentuan, dan Cara Penghitungannya

Kesimpulan

Diatas adalah uraian lengkap mengenai anggaran perusahaan dimana didalamnya mencakup pengertian, kegunaan hingga cara pembuatannya yang bisa disimak. Tentu saja ketika memiliki sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang tertentu tetap wajib untuk memperhatikan pembuatan anggarannya. Ini berkaitan dengan kemajuan dan keuntungan yang bisa didapat perusahaan, maka ikuti arahan diatas untuk menciptakan anggaran yang baik.

Jika Anda kesulitan dalam membuat anggaran dalam bisnis, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur penganggaran seperti Accurate Onlie.

Tidak hanya fitur penganggaran, dengan menggunakan Accurate Online, Anda mendapatkan fitur yang sesuai kebutuhan bisnis seperti pencatatan pembelian dan penjualan, penghitungan dan pelaporan pajak otomatis, smartlonk ecommmerce, multi mata uang, multi cabang dan gudang, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate fokus pengembangan