Apa yang Dimaksud dengan Multiplier Effect? Bagaimana Cara Menghitungnya?

Dalam dunia ekonomi, terdapat istilah yang dikenal dengan multiplier effect, atau efek pengganda. Istilah ini merujuk pada angka penggandaan dalam perhitungan ekonomi, sehingga perubahan pendapatan sosial bisa dihitung dengan baik.

Agar bisa menghitungnya, terdapat suatu rumus yang dikenal dengan rumus pengganda. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas multiplier effect secara singkat khusus untuk Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Multiplier Effect?

Berdasarkan laman Invostopedia, apa yang dimaksud dengan multiplier effect bisa diartikan sebagai bilangan yang mampu menjelaskan pendapatan nasional yang terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut terjadi karena perubahan variabel tertentu.

Beberapa variabel tersebut adalah kondisi ekonomi, investasi, dan pengeluaran yang telah dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, multiplier effect adalah suatu perubahan atas pendapatan nasional karena terjadi pengurangan atau pertambahan agregat.

Baca juga: Ekonomi Rasional dan Irasional, Ini Perbedaannya!

Apa Tujuan Melakukan Multiplier Effect

Terdapat beberapa tujuan dilakukannya multiplier effect, yaitu:

1. Identifikasi Perubahan Pendapatan

Tujuan pertama dilakukannya multiplier effect adalah melakukan identifikasi terkait perubahan pendapatan. Perubahan tersebut terjadi karena variabel pengaturan dalam suatu kasus, seperti konsumsi sampai dengan investasi.

2. Mengetahui Kesenjangan Perekonomian

Dengan mengetahui angka dan rumus efek pengganda, maka kita bisa mengetahui apakah terjadi kesenjangan dalam suatu negara di sistem perekonomiannya. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kesenjangan, dari mulai inflasi hingga deflasi.

3. Pedoman Pengambilan Keputusan

Manfaat lainnya dari multiplier effect adalah sebagai acuan atau pedoman saat mengambil keputusan ekonomi. Sehingga, kebijakan yang diterapkan mampu memberikan manfaat positif untuk masyarakat.

Baca juga: Indikator Pertumbuhan Ekonomi dan Contoh Perhitungannya

Ada Berapa Jenis Multiplier Effect?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan efek pengganda, Anda harus mengetahui beberapa jenis dari multiplier effect. Angka pendapatan atau efek pengganda terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis dan analisis perhitungannya, yaitu:

1. Multiplier Output

Multiplier output adalah angka pengganda di dalam teknik analisis agar bisa mengukur hasil pendapatan dalam suatu negara. Pendapatan ini bisa dihitung sebagai peningkatan dari pengeluaran.

2. Income Multiplier

Jenis selanjutnya adalah income multiplier, jenis ini merupakan teknik perhitungan yang digunakan agar bisa menilai tambahan pendapatan, seperti biaya sewa, gaji, upah, bunga hingga omset.

3. Employment Multiplier

Teknik lainnya untuk menghitung efek pengganda adalah employment multiplier. Teknik ini merupakan teknik perhitungan yang bisa digunakan untuk menilai salah satu dari total pendapatan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menghitung pekerjaan dalam suatu sektor bisnis tertentu.

4. Government Revenue Multiplier

Selanjutnya, ada juga government revenue multiplier, yang merupakan suatu bentuk perhitungan guna menilai dampak pendapatan dari pemerintah. Cara ini bisa digunakan sebagai suatu sumber dalam menghubungkan peningkatan dan juga pengeluaran dari sektor tertentu.

5. Gross Value

Jenis terakhir pada multiplier effect yang harus Anda ketahui adalah gross value multiplier effect, jenis ini adalah suatu metode perhitungan dengan berdasarkan besaran balas jasa di dalam faktor produksi. Sehingga, aktivitas produksi bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Permasalahan Ekonomi Negara Dunia Ketiga yang Jarang Maju

Rumus Untuk Menentukan Multiplier Effect

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan efek pengganda dan berbagai jenisnya, Anda harus mengetahui rumus untuk menghitungnya. Agar bisa menghitung multiplier effect, terdapat rumus yang bisa Anda gunakan. Rumus tersebut bisa Anda sesuaikan dengan jenis perhitungan yang akan Anda lakukan. Efek pengganda adalah suatu jenis perhitungan yang dilakukan dengan rumus yang sederhana.

Untuk itu, Anda sudah tidak perlu lagi merasa bingung dengan rumus yang nantinya ingin Anda gunakan. Nah, berikut ini adalah rumus efek pengganda yang bisa Anda gunakan.

Di dalam efek pengganda, terdapat MPC dan juga MPS. MPC adalah marginal propensity to consume, sedangkan MPS adalah Marginal Propensity to Save. Keduanya mempunyai teknis perhitungan dan fungsinya masing-masing.

MPC adalah perbandingan yang terjadi antara pertambahan konsumsi dengan pertambahan pendapatan disposibel. Untuk bisa menghitung nilai MPC, maka Anda bisa menggunakan rumus pertambahan konsumsi yang dibagi dengan pendapatan disposabel. Multiplier effect adalah suatu nilai yang akan diperoleh dari MPC tersebut.

Hal tersebut berbeda dengan MPS. MPS adalah perbandingan antara tambahan tabungan karena terdapat penambahan pendapatan. Agar bisa menghitung nilai MPS, Anda bisa membagi tambahan tabungan dengan tambahan pendapatan.

Baca juga: Apa Itu Aggregate Supply? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang apa yang dimaksud dengan multiplier effect, lengkap dengan jenis dan cara menghitungnya.

Namun, bila Anda ingin melakukan perhitungan akuntansi dan ingin lebih mudah dalam mengelola keuangan serta mengelola bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing dan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi. Tampilan dashboard di dalamnya juga didesain dengan sangat sederhana, sehingga siapa saja bisa menggunakan Accurate Online secara mudah, termasuk orang awam.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini akan mencatat berbagai transaksi bisnis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara akurat, seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca dan masih banyak lagi.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam mengelola persediaan, melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, bahkan Anda bisa mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia