Non Fungible Tokens: Pengertian, Manfaat, dan Karakternya

NFT atau Non Fungible Tokens adalah suatu aset digital yang bisa mewakili suatu item digital yang nyata ataupun digital dengan bentuknya yang sangat luas. Mulai dari bentuk kartu koleksi tertentu sampai dengan real estate virtual, dan bahkan sepatu sneakers yang dikoleksi dalam bentuk digital.

Lantas, apa pengertian lengkap dari Non Fungible Tokens? Apa saja keuntungan memiliki Non Fungible Tokens? Apa saja tujuan dibuatnya Non Fungible Tokens? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang Non Fungible Tokens di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Fungible dan Non Fungible?

Pada dasarnya, arti dari fungible adalah sepadan. Nah, Non Fungible Tokens adalah suatu token yang nilainya sepadan. Contoh dari aset yang sifat fungible adalah emas, dolar, chips kasino, Bitcoin, dan juga Ethereum.

Berbagai aset tersebut mempunyai nilai yang relatif sama. Bila kita tukarkan dengan aset lainnya, maka keenam aset tersebut memiliki nilai yang tetap.

Contohnya, katakanlah Hilda meminjam uang sebanyak Rp 1.000.000 ke Chika. Lalu, Hilda pun melunasi utangnya dengan cara menggunakan emas yang memiliki nilai atau harga setara utangnya tersebut. Nah, emas tersebut bisa diterima oleh Chika karena mempunyai nilai yang sama.

Lantas, bagaimana dengan aset Non Fungible atau aset yang tidak sepadan? Aset yang tidak sepadan ini cenderung lebih sulit untuk ditukar, karena nilainya yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Sangat sulit untuk menyatukan dua aset dengan bentuk yang berbeda-beda.

Beberapa contoh aset Non Fungible adalah lukisan, trademark, rumah, level game online, dan lain-lain. Anda akan kesulitan untuk menukarkan aset yang satu dengan aset yang lainnya bila bentuknya berbeda karena nilainya pun tidak sepadan. Setiap aset mempunyai nilainya masing-masing, untuk itu kita menyebutnya dengan Non Fungible atau tidak sepadan.

Baca juga: Hedging Adalah Istilah yang Penting Dalam Dunia Investasi

Jadi Apa Itu Non Fungible Tokens?

Sama seperti namanya, Non Fungible Tokens atau NFT memiliki bentuk berupa token. Dalam hal ini, token yang dimaksud adalah suatu sertifikat digital yang bisa disimpan di dalam database yang disebarkan secara aman dengan nama blockchain.

Nah, Non Fungible Tokens adalah suatu aset digital yang sudah terverifikasi dan memiliki nilai di dalam blockchain itu sendiri. NFT bisa kita gunakan sebagai karya seni digital, bermain games online, tanah visual atau real estat, keuangan, koleksi digital, dan masih banyak lagi.

Diperkirakan NFT akan terus mengalami perkembangan dan akan selalu digunakan di masa depan. Untuk itu, kita harus mengetahui maknanya secara lebih baik, khususnya bagi Anda yang tertarik terjun ke dalam dunia digital. Karena, perkembangan teknologi saat ini akan terus berkembang pesat dan juga akan selalu ada perubahan.

NFT menjadi sangat terkenal di antara para pengguna cryptocurrency dan beberapa perusahaan yang sejenis. Hal tersebut dikarenakan NFT mampu memberikan perubahan yang besar dalam dunia game dan juga aset digital.

Tercatat setidaknya terdapat ratusan juta dolar yang diperlukan untuk pengembangan NFT dari tahun 2017. Hal tersebut dilakukan karena teknologi blockchain yang sudah semakin pesat.

Selain bisa digunakan untuk membeli dan juga mengoleksi NFT, setiap pengguna crypto juga bisa membuat serta mengatur struktur yang terdapat di dalam game yang bisa mereka uang kan.

Keuntungan Memiliki Non Fungible Tokens

Keuntungan yang paling jelas dalam memiliki Non Fungible Tokens adalah dari sisi keunikannya. Contohnya, Anda mengoleksi kartu digital seperti Pokemon. Nanti, pasti akan ada bayak orang yang bertanya-tanya, apa untungnya mengoleksi kartu digital, bukankah akan lebih bagus bila memiliki kartu fisik?

Beberapa hal yang tidak banyak orang tahu tentang koleksi kartu digital adalah terdapat informasi yang berbeda di setiap kartunya. Jadi, tidak mungkin akan sama dengan yang lainya. Untuk itu, tidak akan mungkin memiliki koleksi digital yang palsu. Kenapa? karena, koleksi yang asli akan mampu dilacak siapa pemilik sebenarnya.

Pun sama halnya dengan mata uang crypto, Non Fungible Tokens tetap terlihat unik. Berbeda dengan mata uang crypto pada umumnya, NFT tidak akan bisa ditukar dengan mata uang crypto lain. Jadi, walaupun platform yang digunakan mungkin sama, namun NFT akan selalu istimewa karena adanya perbedaan tersebut.

Karakter Non Fungible Tokens

Selain karena keunikannya, beberapa karakteristik yang terdapat di dalam Non Fungible Tokens adalah sebagai berikut:

  • Walau antar mata uang crypto berada pada platform yang sama, namun tidak akan bisa ditukar dengan mata uang crypto lain.
  • Tidak akan bisa dihancurkan, karena seluruh data NFT akan tersimpan di dalam database blockchain. Setiap token tidak akan bisa dihapus, dihancurkan ataupun dibuat replikanya.
  • Tidak akan bisa diubah kepemilikannya. Sehingga, kolektor ataupun game yang mempunyai NFT adalah pemilik asli aset tersebut. Bukan lagi milik perusahaan yang membuatnya.
  • Bisa diverifikasi dengan aman. Bila Anda ingin membeli suatu karya seni digital, ataupun koleksi tertentu, maka Anda bisa mencari tahu pembuatnya secara tepat dan siapa desainernya. Pun begitu juga sebaliknya, setiap aset bisa diverifikasi siapa pemiliknya dan keaslian dari aset tersebut.
  • Tidak akan bisa dimanipulasi lewat berbagai cara. Hal tersebut dikarenakan NFT bisa diverifikasi bahkan bisa ditelusuri siapa pembuat dan juga pemiliknya. Sehingga, memalsukan NFT pada jenis apapun tidak akan berguna.
  • Bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi. Untuk royalti pada jenis aset NFT tertentu, maka pihak pemilik bisa memperoleh harga yang tinggi. Penjualan NFT pun tidak hanya terbatas pada platform tertentu saja.

Pembuat ataupun pemilik NFT tidak memerlukan perantara saat ingin menjual NFT-nya. Sehingga, tidak akan memerlukan sistem bagi hasil. NFT mampu memberikan keuntungan yang pasti pada seniman dan juga produsen Non Fungible Tokens.

Mereka akan bisa berkreasi dan memasarkan hasil karyanya secara global tanpa adanya batasan, tanpa perantara, dan berbagai hal yang merepotkan lainnya. Hal tersebut akan membuat setiap kreator semakin semangat dalam bereaksi.

Alasan untuk Membeli Non Fungible Tokens

1. Tidak Memiliki Nilai Tukar

Karena sifatnya yang tidak mempunyai nilai tukar, maka membuat investasi pada Non Fungible Tokens terkesan lebih menarik. Sehingga, hal tersebut membuat aset digital ini bisa dimiliki secara khusus oleh para pembelinya.

2. Sedang Populer

Aset Non-Fungible Token yang diperjual-belikan melalui pelanggan adalah cara yang tepat dalam memperoleh uang di zaman sekarang. Kenapa? Karena Non Fungible Tokens saat ini memang sedang populer.

Contohnya, katakanlah adalah seorang seniman yang menjual hasil karya seninya di suatu pemeran dengan harga yang sangat tinggi.

Beragam karya seni yang bisa dijadikan sebagai Non Fungible Tokens adalah video atau gambar yang bisa disimpan dan juga dilihat oleh banyak orang. Namun, hanya ada satu orang saja yang mempunyai versi aslinya yang sudah dilengkapi dengan sertifikat kepemilikan digital dan juga sudah tersimpan di dalam sistem blockchain.

Contoh lainnya katakanlah ada suatu lukisan yang sangat menarik, sehingga ada banyak orang yang menduplikasi lukisan tersebut untuk dijual. Namun, sang pelukis aslinya ternyata sudah mengantongi sertifikat kepemilikan karya atau ada orang yang memang mempunyai versi asli dari lukisan itu sendiri.

Baca juga: Price Earning Ratio: Pengertian, Tujuan, dan Cara Menghitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Non Fungible Tokens. Jadi, Non Fungible Tokens adalah suatu aset digital yang sudah terverifikasi dan memiliki nilai di dalam blockchain itu sendiri.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari memiliki aset Non Fungible Tokens. Namun, sebesar atau sekecil apapun nantinya keuntungan yang Anda dapat, Anda harus tetap mencatatnya di dalam laporan keuangan perusahaan.

Dengan melihat laporan keuangan perusahaan, nantinya Anda akan mengetahui kondisi finansial terkini perusahaan Anda dan bisa membuat keputusan bisnis yang lebih bijak.

Nah, untuk lebih mudah dalam membuat laporan keuangan, cobalah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Software ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan strategi bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur dan modul dari Accurate Online, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan fitur lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar yang ada di bawah ini. accurate1