Dewasa ini, sudah banyak sekali lapisan masyarakat yang memahami tentang pengertian ekonomi kreatif, baik itu pada mereka yang tinggal di daerah perkotaan maupun pedesaan.
Ekonomi kreatif adalah aktivitas ekonomi yang berfokus pada ide, inovasi, dan kreativitas sebagai sumber utama nilai tambah. Sektor ini mencakup seni, desain, teknologi, hingga media.
Sudah banyak sekali orang yang menggagas jenis ekonomi ini demi membantu meningkatkan kesejahterannya.
Lantas, apa itu pengertian ekonomi kreatif? Apa saja contohnya? Tenang, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap, simak hingga selesai!
Daftar Isi
Video Ekonomi Kreatif
Ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengertian ekonomi kreatif dan contoh usahanya dengan cara yang lebih mudah? Silahkan tonton video kami di bawah ini melalui audiovisual yang menarik:
Pengertian Ekonomi Kreatif
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi.
Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.
Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.
Buktinya, berdasarkan laman Kominfo, pertumbuhan sektor ekonomi kreatif sudah meningkat hingga 5,76% dibandingkan sektor lainnya.
Jika terus begini sektor perekonomian di Indonesia bisa semakin berkembang pesat dan akhirnya mendunia.
Baca juga: 30 Ide Bisnis Kreatif di 2025: Modal Minim, Untung Besar!
Apa Itu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Indonesia?
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah non-kementerian di Indonesia yang dulu bertugas untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif.
Bekraf dibentuk pada tahun 2015 dan berfungsi sebagai koordinator, fasilitator, dan penggerak berbagai program untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.
Namun, sejak tahun 2020, tugas dan fungsi Bekraf telah dilebur ke dalam Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
Ciri ciri Ekonomi Kreatif
Berikut adalah beberapa karakteristik ekonomi kreatif yang dapat ditemukan secara umum pada usaha kreatif:
1. Berbasis pada Ide dan Inovasi
Ekonomi kreatif mengandalkan kreativitas, ide baru, dan inovasi sebagai sumber utama nilai ekonomi, bukan hanya mengandalkan sumber daya alam atau tenaga kerja.
2. Mengutamakan Kreativitas Individu
Peran individu sebagai pencipta ide sangat penting. Produk atau jasa yang dihasilkan berasal dari kemampuan berpikir kreatif, imajinatif, dan problem solving.
3. Nilai Tambah Tinggi
Produk atau jasa yang dihasilkan memiliki nilai tambah yang tinggi karena keunikan ide dan inovasi, bukan semata-mata dari bahan baku fisik.
4. Mudah Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi
Industri kreatif sangat fleksibel dan cepat beradaptasi terhadap perubahan teknologi, seperti penggunaan platform digital, media sosial, atau aplikasi untuk memasarkan produk.
5. Fokus pada Diferensiasi Produk
Produk dalam ekonomi kreatif umumnya memiliki karakteristik unik, otentik, dan berbeda dari produk massal biasa untuk menarik pasar yang lebih spesifik.
6. Mendorong Kolaborasi
Ekonomi kreatif sering melibatkan kerja sama lintas bidang, seperti seni, teknologi, bisnis, dan media, untuk menciptakan produk atau layanan baru yang inovatif.
Baca juga: Pengertian Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif di Indonesia
Contoh Ekonomi Kreatif
Setelah mengetahui pengertian ekonomi kreatif, mari kita mengenal contoh bidang usaha ekonomi kreatif di sekitar kita.
Banyak sekali usaha-usaha yang bisa dijalankan dengan menggunakan konsep dan pengertian ekonomi kreatif.
Apa saja usaha-usaha di bidang ekonomi kreatif tersebut? Berikut adalah beberapa contoh ekonomi kreatif:
1. Advertising (Periklanan)
Sebenarnya dari dulu untuk membuat suatu iklan memang dibutuhkan orang yang memiliki ide-ide kreatif. Agar iklan yang dibuat bisa menarik perhatian konsumen.
Periklanan ini bisa dijadikan sebagai ajang para pelaku ekonomi kreatif untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan.
Pembuatan iklan ini tidak hanya memuat ide kreatif saja, tetapi juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
Periklanan ini bisa dilakukan melalui media elektronik seperti smartphone, radio, dan televisi maupun dari media cetak seperti surat kabar dan majalah.
Dengan memasukkan konsep dan pengertian ekonomi kreatif ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat berbeda dan lebih menarik pastinya.
2. Arsitektur
Konsep dan pengertian ekonomi kreatif juga bisa dilakukan dalam bidang pembangunan atau arsitektur.
Hal ini tentu saja bisa, karena di jaman yang semakin maju ini banyak generasi-generasi milenial yang ingin mempunyai konsep rumah atau hunian yang unik.
Tidak hanya untuk membangun rumah saja, ekonomi kreatif ini bisa dimasukkan dalam semua bidang terkait arsitektur.
Seperti perencanaan kota, kegiatan teknik sipil, pembangunan taman kota, dan masih banyak lagi. Ekonomi kreatif ini sangat cocok dan pas untuk semua bidang terkait arsitektur.
3. Pasar Barang Seni
Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep dan pengertian ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.
Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik.
Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.
4. Craft (Kerajinan)
Para pengrajin bisa memasukkan konsep dan pengertian ekonomi kreatif dalam usaha kerajinan.
Walaupun kerajinan biasa diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit, tetapi hal tersebut bukan menjadi penghalang bagi para pengrajin untuk memakai konsep ekonomi kreatif.
Karena walaupun kerajinan yang dihasilkan tidak banyak, tapi kualitas dari kerajinan tersebut yang bisa mengangkat nama para pengrajin. Kerajinan pada umumnya memang masih dibuat dengan cara tradisional.
Disinilah dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif untuk menciptakan kerajinan yang berkualitas.
Jika para pengrajin di Indonesia menerapkan hal ini maka bisa dipastikan jika kerajinan dari Indonesia bisa mendunia nantinya.
Para pengrajin bisa memasukkan konsep dan pengertian ekonomi kreatif dalam usaha kerajinan.
Walaupun kerajinan biasa diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit, tetapi hal tersebut bukan menjadi penghalang bagi para pengrajin untuk memakai konsep ekonomi kreatif.
Karena walaupun kerajinan yang dihasilkan tidak banyak, tapi kualitas dari kerajinan tersebut yang bisa mengangkat nama para pengrajin. Kerajinan pada umumnya memang masih dibuat dengan cara tradisional.
Di sinilah dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif untuk menciptakan kerajinan yang berkualitas.
Jika para pengrajin di Indonesia menerapkan hal ini maka bisa dipastikan jika kerajinan dari Indonesia bisa mendunia nantinya.
5. Desain
Kegiatan desain memang sangat membutuhkan sumber daya manusia yang kreatif di bidang ini.
Mulai dari mendesain sebuah produk, desain grafis, desain interior, dan lainnya sangat membutuhkan kreativitas di dalam pembuatannya.
Baca juga: Apa Itu Sektor Industri? Berikut Empat Kategori Ekonomi dan Contoh Utamanya
6. Fashion
Konsep dan pengertian ekonomi kreatif juga dapat merambah ke dunia fesyen.
Para perancang busana biasanya sangat membutuhkan orang-orang yang dapat memberinya ide dan masukkan kreatif mengenai busana yang akan dirancangnya.
Mulai dari merancang busana hingga aksesoris-aksesoris yang akan digunakannya.
Di sini para perancang harus bisa berpikir inovatif agar rancangannya bisa terlihat berbeda dari para perancang lain.
7. Musik
Para musisi haruslah memiliki ide yang kreatif dan inovatif saat ingin menciptakan sebuah lagu.
Tidak hanya saat menciptakan lagunya saja tetapi saat lagu tersebut akan didistribusikan.
Para musisi ini membutuhkan pemikiran kreatif dari orang lain mengenai cara mendistribusikan lagunya.
Dengan begitu pesan dari musik yang diciptakan dapat dimengerti oleh para penikmat musik tersebut.
8. Game (Permainan Interaktif)
Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini menjadikan game sebagai salah satu asupan pokok bagi beberapa orang.
Biasanya game ini menyasar para anak-anak dan remaja. Untuk itu dibutuhkan pemikiran kreatif agar game tidak hanya sebagai sarana hiburan saja.
Tetapi juga bisa menjadi sarana edukasi bagi para penggunanya. Dengan begitu game yang tadinya memiliki konotasi buruk, bisa merubah pandangan seseorang terhadap game tersebut.
Sehingga game yang dimainkan oleh anak-anak dan remaja tersebut tidak membawa pengaruh yang buruk terhadap mereka.
9. Televisi (Broadcasting)
Di balik layar kaca memang terdapat orang-orang yang sangat kreatif dan inovatif dalam membuat acara untuk menghibur para penonton.
Seperti menciptakan acara reality show, kuis, games, infotainment, dan masih banyak lagi bukanlah hal yang mudah.
Tetapi di zaman sekarang ini semakin banyak acara yang kurang mendidik khususnya bagi anak-anak.
Dilihat dari hal tersebut sangatlah penting untuk mencari sumber daya manusia yang memiliki ide kreatif untuk meluruskan hal itu.
Diharapkan nantinya akan semakin banyak acara televisi yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan edukasi kepada para penontonnya.
10. Video, Film, dan Fotografi
Tentu saja sangat dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan dan kreativitas di dalam bidang ini.
Mulai dari pembuatan film atau video, pemotretan di bidang fotografi, hingga mengedit hasil dari ketiganya untuk kemudian disebarluaskan.
Jika tidak memiliki ide yang kreatif maka film yang dihasilkan akan sangat monoton dan gambar yang dihasilkan akan terlihat biasa saja.
Maka dari itu konsep dan pengertian ekonomi kreatif sangat dibutuhkan di dalam bidang ini.
Konsep tersebut bisa dijadikan sebagai penunjang saat ingin memproduksi sebuah film atau video. Sehingga film yang dihasilkan akan terlihat lebih menarik.
Sebenarnya masih banyak contoh usaha ekonomi kreatif lainnya. Namun yang sudah disebutkan diatas tadi merupakan usaha yang paling sering menggunakan konsep ekonomi kreatif ini.
Baca juga : 7 Rekomendasi Aplikasi Kreatif yang Siap Boost Bisnis Anda
Apa Manfaat Ekonomi Kreatif untuk Bisnis?
Berikut adalah manfaat ekonomi kreatif beserta penjelasannya:
1. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi
Ekonomi kreatif membuka peluang usaha baru dan menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor berbasis ide dan inovasi, sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
2. Menciptakan Lapangan Kerja Baru
Industri kreatif mendorong munculnya profesi baru di bidang seni, teknologi, media, dan budaya, yang tidak hanya bergantung pada sektor formal tradisional.
3. Meningkatkan Daya Saing Global
Produk kreatif yang unik dan inovatif memiliki potensi untuk bersaing di pasar internasional, memperkenalkan budaya lokal ke dunia, dan memperkuat identitas nasional.
4. Mendorong Inovasi Berkelanjutan
Ekonomi kreatif menuntut pelaku usahanya untuk terus berinovasi, sehingga mendorong terciptanya produk dan layanan baru yang relevan dengan perkembangan zaman.
5. Mengoptimalkan Potensi Lokal
Dengan memanfaatkan budaya, tradisi, dan sumber daya lokal, ekonomi kreatif mampu mengubah potensi daerah menjadi produk ekonomi bernilai tinggi.
Baca juga: Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif dengan Modal Minim
Jelaskan Bagaimana Hubungan antara Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif
Ekonomi kreatif dan industri kreatif memiliki hubungan yang sangat erat, tetapi keduanya memiliki ruang lingkup yang sedikit berbeda.
Ekonomi kreatif adalah konsep besar yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi yang berbasis pada ide, kreativitas, dan inovasi.
Hal ini mencakup cara menghasilkan nilai tambah ekonomi dari kreativitas manusia di berbagai sektor.
Industri kreatif adalah bagian dari ekonomi kreatif, yaitu sektor-sektor spesifik yang menjalankan aktivitas kreatif tersebut.
Industri ini mencakup bidang seperti musik, film, desain, seni rupa, arsitektur, kuliner, periklanan, dan lainnya.
Baca juga: 10 Ide Bisnis Makanan Kreatif dan Cara Menjalankannya
Penutup
Itulah tadi pembahasan mengenai ekonomi kreatif. Mulai dari pengertian ekonomi kreatif hingga manfaatnya.
Diharapkan semakin banyak masyarakat yang paham mengenai pengertian ekonomi kreatif sehingga bisa mempraktekkannya dalam menjalankan bisnisnya.
Selain untuk bisnisnya mengetahui tentang ekonomi kreatif juga bisa sebagai tambahan wawasan di bidang perekonomian.
Bisnis yang lancar adalah impian bagi setiap orang, namun kebanyakan orang tidak mengetahui kunci membuat bisnis itu lebih sukses dan lancar.
Kunci dari keberhasilan bisnis tersebut salah satunya ialah percaya diri, jangan mudah menyerah dan mengorganisir seluruh proses bisnis dengan teatur, termasuk melakukan pencatatan transaksi dan pembukuan.
Pembukuan salah satu hal penting untuk kemajuan bisnis Anda. Karena jika Anda memiliki pembukuan yang berantakan dan tidak sesuai dengan data keuangan yang sebenarnya dan akan berdampak pada bisnis Anda.
Pergunakanlah software akuntansi untuk mempermudah proses pembukuan bisnis Anda, agar pembukuan Anda lebih rapih dan memanimalisir kesalahan yang Anda buat.
Salah satu software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap adalah Accurate Online
Accurate Online adalah salah satu software akuntansi terbaik buatan indonesia dengan harga yang relatif murah bagi semua bisnis.
Hanya dengan 200 ribuan perbulan Anda bisa mendapatkan fitur terlengkap untuk bisnis dan dapat di akses dimana saja dan kapan saja.
Tertarik? Cobalah trialnya dengan gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :