Peran SDM dalam Perusahaan dan Fungsi Penting Mereka

Pada dasarnya, peran SDM dalam perusahaan adalah agar bisa mengatur keanggotaan, mengevaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan masih banyak lagi. Intinya, SDM adalah aspek yang sangat penting untuk perusahaan dan tidak boleh dianggap remeh dalam menjalankan suatu bisnis.

Walaupun perusahaan sudah menerapkan berbagai peralatan yang serba canggih dan sangat memadai, namun bila dikelola oleh SDM yang tidak berkualitas, maka seluruh hal tersebut hanya akan sia-sia saja.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan peran penting SDM dalam perusahaan khusus untuk Anda.

Pengertian dan Peran SDM Dalam Perusahaan

Fungsi dan peran SDM dalam perusahaan sangatlah banyak sekali, seperti ikut andil dalam memberikan kontribusi dalam kegiatan pengarahan, perencanaan, dan pengorganisasian bagi jalannya suatu perusahaan.

Selain itu peran SDM dalam perusahaan yang lainnya adalah untuk menentukan faktor produksi, membangun dan juga mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih sukses.

Bila perusahaan tidak memiliki SDM atau sumber daya manusia yang memadai dan mumpuni, maka secara otomatis perusahaan akan dianggap gagal dalam meraih tujuan yang ingin dicapainya.

Selain itu, kehadiran SDM juga menjadi faktor penting dalam menentukan kesuksesan dan keberhasilan dalam suatu organisasi ataupun perusahaan.

Baca juga: Surat Teguran: Pengertian, Contoh dan Ketentuannya

Fungsi dan Peran SDM dalam Perusahaan

1. Tenaga Kerja

Peran SDM dalam perusahaan yang pertama adalah sebagai tenaga kerja. Peran sumber daya dalam hal ini adalah agar bisa menghasilkan produk barang atau jasa di dalam suatu perusahaan ataupun organisasi. Mereka yang termasuk ke dalam tenaga kerja adalah mereka yang sudah memasuki usia kerja, yaitu usia 18 hingga 60 tahun.

Sedangkan usia yang paling produktif dari seorang tenaga kerja biasanya terdapat di rentang usia 20 hingga 40 tahun.

2 Tenaga Ahli

Fungsi lain dari sumber daya manusia di dalam perusahaan adalah sebagai tenaga ahli. Sumber daya manusia akan dianggap sebagai tenaga ahli dan menjadi keunggulan dalam membangun dan mengembangkan perusahaan ataupun organisasi.

Kehadiran Sumber Daya Manusia yang dibantu dengan kemajuan teknologi saat ini juga akan berperan sangat penting dalam menjaga keunggulan perusahaan dan menghasilkan produk yang memiliki kualitas terbaik diantara para kompetitornya.

3. Pemimpin

Fungsi Sumber Daya Manusia di dalam perusahaan adalah sebagai pemimpin, yang berguna untuk mengatur jalannya perusahaan dari atas agar nantinya perusahaan bisa bergerak dengan baik.

Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan dalam memimpin dan juga membimbing tim ataupun individu yang berada di dalam kuasanya. Setiap perusahaan akan membutuhkan kerjasama antar setiap indvidu dalam menjalankan kegiatannya.

Nah, seorang pemimpin sangat dibutuhkan agar bisa memandu kerja antar setiap karyawan agar bisa tetap padu dan tidak terjadi gesekan yang bisa merugikan pihak perusahaan. seorang pemimpin yang baik harus mempunyai pengalaman intuisi dan juga kecakapan yang lebih praktis.

4. Pengusaha

Sumber daya manusia sebagai pebisnis atau pengusaha harus bisa bekerja dengan baik secara mandiri agar bisa mengembangkan bisnis ataupun usahanya saat ini.

Biasanya, seorang pengusaha akan melibatkan dirinya sendiri dalam proses produksi agar bisa menghasilkan produk barang atau layanan jasa.

Seorang pengusaha pun harus mempunyai kemampuan dalam mengenali produk, menentukan cara produksi, membuat manajemen operasional yang baik untuk pengadaan produk baru, memasarkan produk dan juga mengatur sistem permodalan dalam operasi bisnisnya.

5. Produsen

Fungsi sumber daya manusia sebagai produsen adalah individu yang mampu menghasilkan barang atau jasa agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Produsen bisa memperoleh nilai tambah atau manfaat atas suatu produk barang atau layanan jasa dan juga membuat produk baru agar bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan setiap manusia yang tidak akan pernah ada habisnya.

6. Konsumen

Berdasarkan laman resmi KBBI, konsumen adalah pengguna barang atas hasil produksi, penerima pesan iklan, dan pengguna layanan jasa. Jadi, fungsi SDM sebagai konsumen adalah mereka yang menggunakan produk barang atau menikmati jasa yang sudah tersedia di pasar.

Rata-rata, sebagian besar konsumen adalah para pengguna akhir dari suatu produk barang ataupun jasa yang diproduksi. Konsumen akan menggunakan produk barang atau menikmati jasa agar bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca juga: JKK Adalah Salah Satu Program Penting Untuk Karyawan, Ini Manfaatnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang peran SDM dalam perusahaan, baik itu perusahaan dagang atau perusahaan jasa. Jadi, peran sumber daya manusia di dalam perusahaan apapun sangat penting dan harus dijaga dengan baik.

Namun, sumber daya manusia yang terdapat di dalam suatu perusahaan tentu harus tetap dibantu agar mereka bisa melakukan pekerjaannya secara maksimal dan memberikan kontribusi yang besar untuk perusahaan.

Nah, salah satu cara untuk membantu SDM adalah dengan cara menyediakan tools ataupun software yang canggih, seperti software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, sumber daya manusia di dalam perusahaan Anda bisa menikmati berbagai fitur yang sangat luar biasa, contohnya adalah seperti fitur persediaan, perpajakan, penjualan, pembelian, manufaktur, multi cabang, multi mata uang, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang dikembangkan dengan basis cloud ini juga akan mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Accurate Online pun sangat cocok digunakan oleh berbagai skala perusahaan, mulai dari skala UMKM hingga perusahaan berskala besar sekalipun.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur menarik di dalam Accurate Online ini ditawarkan dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan saja perbulannya.

Anda pun bisa langsung mencobanya terlebih dulu selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.