Rekening Bersama (Rekber): Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Rekening bersama atau rekber saat ini dijadikan solusi untuk menghindari dan juga meminimalisir tindak kejahatan penipuan dalam transaksi jual beli online. Seperti yang kita ketahui saat ini, perkembangan teknologi tidak hanya memberikan dampak positif, tapi juga negatif.

Harus kita akui bersama juga bahwa saat ini kegiatan transaksi keuangan sudah semakin mudah dengan menggunakan teknologi internet dan digital, yang mana memungkinkan transaksi bisa dilakukan dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Walaupun begitu, kemajuan teknologi pun merugikan salah satu pihak yang saling bertransaksi, seperti penipuan. Diakui ataupun tidak, saat ini masih banyak yang menjadi korban penipuan dari transaksi online, di mana pihak pembeli sudah mentransfer uang namun tidak dikirim barangnya oleh penjual.

Pun begitu juga sebaliknya, ada penjual yang sudah mengirim barang namun pihak pembeli tidak kunjung mentransfer sejumlah uang yang sudah disepakati antar kedua belah pihak.

Lantas, apa itu rekening bersama? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja keuntungannya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang rekening bersama ini hingga selesai.

Apa Itu Rekening Bersama?

Dalam istilah bahasa asing, rekening bersama seringkali disebut dengan escrow service, yang merupakan konsep hukum yang menggambarkan beberapa instrumen keuangan di mana uang atau aset dipegang oleh pihak ketiga atas nama setiap pihak yang sedang dalam proses menyelesaikan kegiatan transaksi.

Nantinya, uang yang disimpan di dalam rekening ini akan dikelola oleh pihak ketiga sampai menerima instruksi untuk melepaskan uang tersebut pada pihak yang sudah ditentukan saat kewajiban kontrak memang sudah terpenuhi.

Saat ada dua pihak yang sedang terikat kontrak maupun proses dalam menyelesaikan kegiatan transaksi, yang aman ada bentuk ketidakpastian bahwa salah satu pihak mampu memenuhi kewajibannya, maka solusinya adalah menggunakan rekber.

Umumnya, penggunaan rekber ini digunakan dalam e-commerce, namun bisa juga digunakan untuk transaksi perbankan, merger, akuisisi, dan juga properti.

Contohnya, katakanlah ada perusahaan yang ingin menjual produk barangnya secara internasional ke negara lain. Nah, perusahaan tersebut tentunya memerlukan jaminan yang memastikan bahwa dirinya akan menerima sejumlah pembayaran uang saat barang sudah tiba di tujuan.

Di sisi lain, pembeli juga memerlukan jaminan bahwa barang yang dipesan ataupun dibelinya bisa dikirim hingga tujuan dan diterima dengan kondisi yang baik.

Solusinya, pembeli bisa mengalokasikan dananya di rekber dan memberikan perintah pada agen pengelola rekening untuk mencairkan uangnya ke pihak penjual setelah berhasil memastikan barang yang diterimanya telah sesuai dengan pesanan dan diterima secara baik.

Sehingga, kedua belah pihak akan merasa aman dari tindakan penipuan dan kegiatan transaksi bisa dilanjutkan dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Arisan Adalah: Ini Pengertian dan Keuntungan Finansial Di Dalamnya

Cara Kerja Rekening Bersama

Rekening bersama diklaim lebih aman dan aman dibandingkan melakukan transfer secara langsung ke rekening penjual ataupun toko online. Rekber ini dioperasikan dan dikelola oleh pihak agen yang bertindak sebagai perantara antar pihak pembeli dan pihak penjual. Pihak pengelola rekber bisa berbentuk perorangan ataupun organisasi atau bisa juga perusahan.

Cara kerja dari rekening bersama ini pada prinsipnya sangatlah sederhana. Pihak penyedia dari jasa rekening bersama yang menjadi pihak perantara penjual dan pembeli dalam kegiatan transaksi online hanya harus membuka rekening bank, bisa beberapa bank secara sekaligus atau salah satunya saja.

Rekening bank ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan dana atau uang selama proses transaksi penyelesaian antar kedua belah pihak.

Walaupun cara kerjanya memang terhitung sederhana, tapi dalam mengelola rekening bersama ini memerlukan tanggung jawab yang sangat besar, karena harus menjalankan kepercayaan dan juga amanah dari kedua pihak yang saling bertransaksi.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah cara kerja rekening bersama.

  • Pihak penyedia jasa rekber akan menyediakan satu ataupun beberapa akun rekening bank yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan uang transaksi online.
  • Pihak pembeli yang merasa tertarik untuk memesan ataupun membeli produk dari salah satu toko online nantinya akan mengirimkan sejumlah dana yang di dalamnya mencakup harga beli dan biaya jasa ke salah satu rekening yang sudah disediakan oleh pihak penyedia jasa rekber.
  • Kemudian, pihak penyedia jasa rekber akan menginformasikan pada pihak penjual ataupun toko online bahwa pihak pembeli sudah melakukan pembayaran atas barang ataupun produk yang sudah dipesannya.
  • Selanjutnya, pihak penjual harus mengirimkan barang yang sebelumnya sudah dipesan oleh pihak pembeli dan melakukan konfirmasi pada pihak penyedia jasa rekber bila barang sudah dikirim, sehingga pengiriman barang pun nantinya bisa diketahui dan di lacak oleh pihak penyedia jasa rekening bersama.
  • Saat barang yang sudah dipesan sampai di tujuan pembeli, maka pembeli harus melakukan konfirmasi pada pihak penyedia rekber bahwasanya barangnya sudah diterima dan sesuai dengan apa yang sebelumnya dipesan.
  • Bila nantinya tidak ada keluhan terkait barang yang dipesan, maka pihak penyedia jasa rekber ini akan melakukan transfer uang sesuai dengan harga barang pada pihak penjual. Tapi bila ada keluhan, seperti barang tidak sesuai, barang tidak berfungsi, dll. maka pihak penyedia jasa rekening bersama akan meninjau dan menahan dana tersebut sampai ada kesepakatan lanjutan dari kedua belah pihak.

Keuntungan dan Kerugian Rekening Bersama

Rekening bersama pada prinsipnya mampu membantu melindungi setiap pihak yang melakukan transaksi jual beli online. Untuk itu, rekber sering kali dipilih sebagai salah satu solusi yang tepat untuk bertransaksi secara online.

Terdapat banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari pihak penjual ataupun pihak pembeli saat menggunakan rekening bersama, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa meningkatkan rasa percaya diri antar pihak pembeli dan pihak penjual saat hendak melakukan kegiatan transaksi jual beli online.
  • Bisa meminimalisir dan bahkan bisa menghindari adanya potensi niat jahat dari salah satu pihak untuk melakukan kecurangan.
  • Bisa meningkatkan kredibilitas pihak penjual di mata para pembelinya.
  • Proses transaksi bisa dilakukan dan juga diselesaikan secara aman, terjamin, dan nyaman untuk penjual ataupun pihak pembeli.
  • Mampu memberikan perlindungan pada kedua belah pihak selama proses kegiatan transaksi berlangsung.

Walaupun ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, tapi tetap ada kelemahan di dalam rekening bersama, yaitu:

  • Untuk pihak penjual, menggunakan rekening bersama bisa menghambat aliran kas karena uang dari hasil penjualan barang tidak bisa masuk ke rekening penjual secara langsung, tapi akan tertahan sementara di rekening bersama sampai pihak pembeli menyatakan bahwa barang pesanannya sudah diterima dengan baik atau selama kurun waktu yang sudah ditentukan telah habis.
  • Uang yang didapat dari hasil penjualan akan mengendap lama di rekening bersama jika terjadi keluhan ataupun sengketa antar pihak pembeli dan pihak penjual dan tidak ditemukan kesepakatan antar keduanya.

Contoh Rekber yang Umum Digunakan di Indonesia

1. Rekber Tokopedia

Rekber tokopedia adalah rekening bersama yang disediakan oleh aplikasi Tokopedia untuk para penjual dan pembeli yang melakukan kegiatan transaksi di Tokopedia.

Cara kerjanya hampir sama dengan marketplace lain. Saat ada pembeli yang ingin membeli suatu barang pada penjual di dalam aplikasi marketplace Tokopedia, maka pembeli akan mengirimkan uang lebih dulu melalui rekening bersama yang sudah disediakan oleh tokopedia.

Setelah itu, penjual akan mengirimkan barang yang dipesan pada pihak pembeli. Bila pembeli sudah mengkonfirmasi penerimaan barang, maka pihak Tokopedia pun akan melepaskan pembayaran ke pihak penjual.

2. Rekber Shopee

Hampir sama dengan rekening bersama Tokopedia, rekening bersama Shopee akan menjembatani pihak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi di Shopee.

Pihak pembeli nantinya akan mengirimkan uang ke Shopee dan disimpan. Jika pesanan sudah diterima oleh pihak pembeli, maka Shopee akan mengirimkan uang ke pihak penjual.

3. Rekber Bukalapak

Rekber Bukalapak adalah rekening bersama yang disediakan oleh Bukalapak agar bisa menampung pembayaran dari pihak pembeli pada pihak penjual yang membeli produk dengan menggunakan aplikasi Bukalapak. Cara kerjanya pun sama dengan kedua rekber di atas.

Baca juga: Kebutuhan Tersier: Pengertian, Faktor, dan Contoh Kebutuhan Tersier

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang rekening bersama. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat oleh pihak pembeli dan penjual dalam menggunakan rekening bersama.

Jika Anda ingin lebih sukses dalam berbisnis di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, maka Anda harus mulai menyediakan metode pembayaran rekening bersama agar bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dan lebih banyak keuntungan.

Namun, jangan lupa untuk tetap mencatat setiap transaksi penjualan tersebut dalam laporan keuangan Anda agar bisa mengetahui kondisi keuangan saat ini. Tapi, mencatat transaksi penjualan secara manual tentunya akan menghabiskan banyak waktu dan memerlukan banyak sumber daya.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Aplikasi ini akan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membuat bisnis Anda bisa bergerak lebih efisien dan optimal.

Tertarik? Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari tanpa dikenakan biaya apapun.

accurate1