Tindakan Ekonomi : Pengertian, Jenis, Tujuan Dan Contohnya

Pengertian Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi adalah tindakan yang dilakukan oleh semua manusia. Yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia agar dapat mencapai suatu kesejahteraan. Begitulah caranya manusia untuk bertahan hidup agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tindakan ekonomi tersebut sudah umum dilakukan oleh semua manusia.

Pasti Anda akan lebih memilih warung sebelahkan? Karena bukan hanya murah namun kualitasnya juga bagus. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan dan membandingkan harga dan kualitas jika ingin membeli suatu barang atau benda.

Baca juga : Mengetahui Lebih Jauh Tentang Biaya Tenaga Kerja Langsung

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

Rasional

Tindakan ekonomi rasional  merupakan tindakan yang didasari dari yang lebih menguntungkan. Oleh karena itu tindakan ekonomi rasional biasanya untuk memperoleh suatu yang kepuasan yang maksimal.

Tindakan yang rasional juga sangat penting bagi usaha Anda. misalnya seperti ketika Anda menjalankan bisnis Anda harus mengetahui produk atau harga apa saja yang akan menguntungkan bisnis Anda mau sekarang ataupun nanti. Oleh karena itu, tindakan rasional ini sangat penting diterapkan di bisnis Anda.

Selain itu, tindakan ini bukan hanya untuk usaha saja. Namun sangat berguna juga untuk perseorangan juga. Anda bisa menerapkannya ketika Anda ingin membeli sesuatu seperti baju. Anda harus memastikannya terlebih dahulu sebelum membeli.

Bagaimana tidak? dengan teknologi saat ini, Anda bisa berbelanja hanya dengan di rumah saja, dengan berbelanja online Anda bisa lebih mudah membedakan harga mana saja yang lebih murah dan kualitas yang bagus.

Baca juga : Pengertian Inkaso, Mekanisme, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Irasional

Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan yang dilakukan setiap manusia yang menurut mereka akan menguntungkan namun hasil akhirnya merugikan. Seseorang yang bertindak irasional biasanya tidak mempertimbangkan faktor, biaya, waktu dan tenaga yang dirugikan.

Untuk sebagian manusia, ada yang langsung melakukan tindakan irasional tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Hal seperti itu biasanya akan merugikan mereka. Oleh karena itu Anda harus memastikan sesuatu yang ingin Anda beli terlebih dahulu.

Karena dengan kelalaian setiap orang bisa merugikan dirinya sendiri. Maka dari itu sangat penting untuk mempertimbangkannya sesuatu yang kita inginkan dengan yang kita butuhkan.

Baca juga : Pengertian Pph Pasal 23, Jenis, Tarif, dan Cara Penghitungannya

Tujuan Dari Tindakan Ekonomi

Tujuan dari tindakan ekonomi sebagai berikut :

  • Agar dapat membedakan mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan
  • Untuk dapat membedakan kualitas dan harga barang dan jasa
  • Agar dapat membedakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan
  • Agar bisa lebih memprioritaskan kebutuhan hidup

Tujuan dari tindakan ekonomi di atas adalah untuk membuat manusia agar lebih berhati-hati dan harus mempertimbangkan sesuatu sebelum melakukannya. Karena jika bertindak tanpa dipikirkan terlebih dahulu akan merugikan diri sendiri bahkan keluarga.

Baca juga : Melakukan Penghitungan Pendapatan Nasional dengan Rumus yang Tepat

Contoh Tindakan Ekonomi

Berikut contoh-contoh dari tindakan ekonomi :

  • jika Anda membeli bahan pokok seperti beras di warung, lalu Anda pasti akan membandingkan harganya dengan warung yang lain dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih bagus. Dan setelah Anda mengetahui bawah warung sebelah lebih murah dan kualitasnya bagus pasti Anda lebih memilih untuk membeli di warung sebelah.

Contoh Tindakan Ekonomi Rasional

  • Saat ini banyak sekali yang menjual baju dengan persaingan yang ketat dan harga yang relatif lebih murah. Dengan itu Anda bisa memilih dari yang lebih bagus dan lebih murah dari yang lain. Bahkan saat ini Anda sudah bisa berbelanja online yang lebih praktis dan lebih mudah membandingkannya.

Contoh Tindakan Ekonomi Irasional

  • Ada seorang ibu yang ingin membelikan mainan anaknya di toko mainan dan setelah melihat harga mainan tersebut ibu ini mengira mainan ini sudah murah dan langsung membelinya, padahal si ibu ini belum mencoba untuk cek di toko sebelahnya yang ternyata lebih murah.

Baca juga : Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif dalam Strategi Pemasaran

Kesimpulan

Itulah tadi pengertian beserta jenis, tujuan dan contohnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Ilmu ini bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari, Karena sangat bermanfaat. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk bisnis  juga.

Jika Anda membangun bisnis, Anda bisa menerapkan ilmu ini untuk bisnis dan karyawan Anda. Agar Anda bisa lebih memilih mana yang berkualitas dan menguntungkan untuk bisnis Anda. Untuk membuat tindakan yang tepat Anda memerlukan software akuntansi untuk membantu bisnis Anda.

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi yang bisa membantu Anda dalam mengelola pembukuan dan laporan keuangan Anda. Bukan hanya itu, accurate online juga sudah berbasis cloud dan sudah digunakan lebih dari 300 ribu pengguna.

Untuk kualitas fiturnya tidak perlu diragukan lagi, Karena accurate online adalah salah satu software akuntansi dengan fitur terlengkap di indonesia.

Sudah penasaran? langsung saja mencoba free trial selama 30 hari secara gratis

accurate fokus pengembangan