BCA Virtual Account di Accurate Online: Cara Cepat dalam Menerima Pembayaran dari Pelanggan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dewasa ini banyak sekali perusahaan yang mengalami kerugian hanya karena adanya piutang yang tidak tertagih. Ada banyak sekali faktor penyebabnya, mulai dari tidak melakukan penagihan dan memeriksa transaksi pelanggan, atau tidak memberikan kemudahan pada pelanggan dalam melakukan pembayaran dan juga melakukan konfirmasi pembayaran.

Bahkan, beberapa perusahaan ada juga yang merasa kesulitan dalam menerima pembayaran dari pelanggan. Contohnya, saat pelanggan sudah melakukan pembayaran, tidak jarang kita lupa mencatat ataupun kesulitan saat melakukan konfirmasi pembayaran, khususnya jika jumlah transaksinya besar dan nominal antar transaksi sama. 

Tentunya hal ini menjadi penghambat bisnis. Nah untuk mengatasinya, Accurate Online mempunyai solusi yang tepat untuk membantu Anda, yakni dengan menggunakan fitur BCA Virtual Account yang terdapat di dalam add on SmartLink BCA.

Apa itu Add on Smartlink BCA

Sederhananya, add on SmartLink BCA di dalam Accurate Online adalah sekumpulan fitur finansial dari BCA yang mampu membantu proses payment Anda. Fitur finansial tersebut adalah BCA Multi Transfer, BCA Payroll, dan BCA Virtual Account. 

Namun, pada kesempatan kali ini kita akan lebih fokus dalam membahas fitur BCA Virtual Account yang terdapat di dalam add on smartlink BCA.

Sama seperti namanya, add on BCA Virtual Account (VA) ini dibuat agar bisa mempermudah proses pembayaran pelanggan Anda dengan memanfaatkan metode online melalui transfer bank dengan menggunakan BCA Virtual Account.

FItur ini cocok untuk digunakan pada seluruh jenis industri bisnis di Indonesia, selama bisnis tersebut menjalankan kegiatan jual beli yang aktif, seperti perusahaan retail, furniture, bisnis online shop, dan lain sebagainya.

Selain itu, fitur ini juga berperan penting dalam mempermudah dan mempercepat proses penerimaan pembayaran dari pelanggan Anda secara online.

Contoh Kasus

Terdapat banyak sekali perusahaan yang merasa kerepotan dalam melakukan pengecekan transaksi pembayaran dari para pelanggannya. Selain itu, ternyata banyak juga pelanggan yang merasa kesulitan ketika ingin memproses pembayaran dan mengkonfirmasi pembayaran.

Contohnya, PT ABC membeli produk mesin conveyor dari PT XYZ. Lalu, PT ABC melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayarannya pada PT XYZ. Tapi, terkadang bagian finance dari PT ABC lupa dalam mengirimkan bukti pembayarannya, sehingga PT XYZ pun harus melakukan konfirmasi lagi ke PT ABC.

Setelah mendapatkan bukti pembayaran, maka PT ABC pun tetap harus melakukan verifikasi dan menanyakan terkait masuk atau tidaknya pembayaran mereka ke PT XYZ.

Belum lagi, PT XYZ pun harus mencari data pembayaran yang sudah dilakukan oleh PT ABC, yang tentunya proses pencarian data ini tidak bisa dilakukan secara cepat lewat cara yang manual.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka PT XYZ yang juga selaku nasabah bank BCA bisa mengajukan permohonan BCA Virtual Account di cabang BCA terdekat. Bila permohonanya sudah disetujui, maka PT XYZ tinggal mendaftarkan pelanggan PT ABC yang akan di konversikan ke nomor BCA Virtual Account dan jumlah tagihannya melalui klik BCA bisnis.

Namun, dalam hal ini PT XYZ tetap harus mengkonfirmasi pembayaran yang sudah dilakukan oleh PT ABC secara manual. Artinya, cara tersebut hanya akan memberikan kemudahan pada proses pembayaran pelanggan saja, dan perusahaan masih harus kerepotan.

Nah, karena saat ini Accurate Online sudah menyediakan fitur BCA Virtual Account dari add on smartlink BCA. Maka PT XYZ yang sebelumnya sudah mendapatkan persetujuan BCA Virtual Account di cabang BCA terdekat bisa langsung mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan memanfaatkan fitur ini, maka transaksi yang terjadi antar PT ABC dan PT XYZ akan terjadi lebih mudah dan lebih cepat. PT XYZ juga nantinya sudah tidak perlu lagi mencatat ataupun memeriksa pembayaran yang sudah diselesaikan pelanggan, terlebih lagi bila jumlah transaksinya besar dan nominal antar transaksinya sama.

Keuntungan Mengaktifkan Fitur BCA Virtual Account

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam menggunakan fitur BCA Virtual Account pada add on Smartlink yang dihadirkan Accurate Online adalah sebagai berikut:

1. Pembayaran Menggunakan Metode Online

Dengan mengaktifkan add on BCA Virtual Account, maka Anda bisa menyediakan pilihan metode pembayaran yang cepat dan mudah pada pelanggan Anda. Sehingga, keuntungan yang Anda dapatkan pun bisa meningkat.

2. Terima Pembayaran Online dari Pelanggan

Jika pelanggan sudah selesai melakukan pembayaran, maka pelanggan sudah tidak perlu lagi memberikan informasi pada Anda terkait pembayaran yang sudah sukses dilakukan. Kenapa? Karena status pembayaran yang awalnya “belum lunas” akan secara otomatis beralih menjadi “lunas” tanpa harus melakukan proses verifikasi yang rumit dan memakan waktu.

3. Pencatatan dan Pengecekan Otomatis

Setelah pelanggan selesai melakukan pembayaran sesuai tagihannya, maka Accurate Online akan secara otomatis mencatat penerimaan pembayaran dari transaksi tersebut.

Jadi, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan pembayaran secara manual, karena semuanya sudah langsung tercatat dan terverifikasi lewat sistem pembukuan yang tepat.

4. Pengaturan Mudah & Cepat

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda hanya harus melakukan pengaturan awal, yang mana Anda harus memasukkan beberapa informasi penting, seperti nama perusahaan, nama bank, email, rekening bank, dan lain sebagainya.

Baca juga: Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Praktis, Ini Penjelasannya!

Penutup

Demikianlah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan fitur BCA Virtual Account dari add on SmartLink BCA yang sudah disediakan Accurate Online. 

Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal masuk pada menu Accurate Store, scroll ke bawah dan klik Smartlink BCA Lalu, silahkan klik install dan ikuti petunjuk serta pengaturan di sana.

Tunggu apa lagi? Ayo aktifkan sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan add on ini secara gratis atau tanpa biaya tambahan.