Apa Itu Chat Commerce? Simak Keuntungan dan Rekomendasi Terbaik

by | Nov 29, 2024

Apakah kamu sering mengalami telat dalam membalas chat pelanggan? 

Itu tandanya kamu butuh platform chat commerce untuk memudahkan serta lebih cepat dalam menjawab pelanggan. Cara tersebut, ternyata bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online kamu. 

Terlebih lagi, jika kamu memiliki toko yang tersebar di seluruh marketplace, social commerce, atau website dikarenakan harus memantaunya secara manual.  

Tapi kamu tahu nggak, apa yang dimaksud chat commerce atau seberapa efisien nya penggunaan software balas chat customer ini? 

Kalau belum, ada baiknya kamu simak artikel ini yuk!

Apa itu Chat Commerce?

Mungkin sebagian dari kamu asing nih dengan “chat commerce”, padahal penggunaan platform ini banyak memberikan kemudahan untuk para pebisnis lho! Khususnya buat kamu yang punya toko online, kayak di marketplace. 

Jadi, chat commerce adalah sebuah platform yang mengintegrasikan atau menghubungkan e-commerce dengan media komunikasi sebagai medium. Dengan begitu, mempermudah seller untuk membalas pesan pelanggan sekaligus transaksi mereka. 

Selain itu, penggunaan chat commerce juga dapat memberikan pengalaman interaksi yang menarik, sebab mereka tidak perlu menunggu lama untuk kamu menjawab pesan mereka.

Disini fungsi penting aplikasi chat marketplace adalah mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan mempercepat proses pengambilan keputusan.

Ditambah tersedia fitur yang juga menjadi sarana yang efektif dalam mengelola pertanyaan, memberikan update pengiriman, hingga mempromosikan produk langsung kepada pelanggan.

Baca juga: Hindari Stok Kosong Cuma Pakai 7 Fitur Aplikasi Stok Barang Ini!

Keuntungan aplikasi Chat Commerce untuk bisnis online

Penggunaan chat commerce memudahkan bisnis online dalam mengelola komunikasi dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Dengan aplikasi ini, bisnis dapat terhubung ke berbagai marketplace sekaligus, menggunakan fitur balasan otomatis, dan mengakses aplikasi langsung dari smartphone.

Integrasi tersebut memungkinkan penjual merespons pelanggan dengan cepat, bahkan saat admin offline, berkat fitur auto-reply. 

Selain itu, masih ada berbagai keuntungan chat commerce, diantaranya:

1. Integrasi ke seluruh marketplace

Ini dia keuntungan dari pemakaian chat commerce, yaitu sudah terhubung ke seluruh channel penjualan sehingga kamu tidak perlu secara manual membuka satu persatu toko di marketplace.

Jadi, kamu udah bisa membalas chat customer secara cepat, karena semua pesan bisa langsung kamu akses di satu dashboard sehingga mereka tidak perlu menunggu lama balasan darimu

Karena, sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan online kamu, mulai dari marketplace, social commerce, dan website toko online.

2. Fitur auto reply

Pernah mengalami customer yang ingin pesannya dibalas secara cepat? 

Tenang, aplikasi chat marketplace menyediakan fitur auto reply atau fitur bot. Fungsi bot sendiri sangat memudahkan pelanggan ketika mereka mencari informasi seputar produk ataupun memberikan informasi saat toko online kamu sedang offline. 

Jadi, ketika tidak ada agen (admin) yang sedang bertugas, pertanyaan pelanggan bisa dijawab dulu oleh bot, bila pertanyaan pelanggan lebih spesifik, kamu bisa menjawabnya secara manual saat admin sedang online.

3. Tersedia dalam bentuk aplikasi

Paling penting ketika kamu menggunakan software chat marketplace, pastikan platform tersebut bisa diakses melalui smartphone supaya kamu bisa lebih mudah untuk mengaksesnya. 

Karena cukup melalui gadget kamu dapat berkomunikasi langsung dengan customer sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menjawab pesan mereka. 

Tapi bukan hanya sekadar tersedia di gadget saja melainkan kamu pun harus memastikan tersedia fitur-fitur penting, seperti balasan cepat, balasan otomatis, tampilan chat yang memudahkanmu untuk filter chat pelanggan, bisa melakukan penugasan agen (admin), dan lainnya.  

4. Meningkatkan potensi penjualan

Selain membalas chat pelanggan, adanya aplikasi chat commerce juga  bisa sebagai media untuk mempromosikan produk juga. Jadi, kamu bisa promosikan produk ke pelanggan dan nantinya mereka dapat melakukan pembelian produk sehingga proses transaksi bisa dilakukan secara cepat dan praktis.

Pelanggan tinggal menanyakan produk yang diinginkan, kemudian memilih produk, sampai proses orderan pun bisa dilakukan dengan cepat. Dengan begitu, dapat menghemat waktu konsumen ketika membeli produk sekaligus bisa meningkatkan jualan bisnismu.

Baca juga: Mengenal Omnichannel Retail, Strategi Kelola Bisnis di Era Digital

Fitur wajib di sofware Chat Commerce

Berikut ini beberapa fitur andalan yang wajib ada di aplikasi chat commerce yang dapat membantu meningkatkan penjualan online. 

1. Adanya fitur balas cepat

Umumnya, software chat marketplace menyediakan fitur balas cepat yang dapat digunakan untuk membalas pesan pelanggan secara lebih cepat dan konsisten. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat serta menggunakan template yang sudah kamu buat sebelumnya.  

2. Tersedia balasan otomatis

Pastinya kita tidak dapat membatasi kapan customer bisa menghubungi toko kita, bukan?  

Bahkan saat toko sedang offline, ada pelanggan yang menghubungi untuk sekadar menanyakan produk maupun pengiriman. Maka dari itu, bisa dikatakan merespon cepat chat konsumen menjadi suatu hal yang penting dalam bisnis. 

 Oleh karena itu, chat commerce menawarkan fitur Balasan Otomatis, yang berfungsi ketika ada chat baru dari pelanggan, maka akan ada balasan otomatis yang dikirimkan.  

3. Tampilan chat yang friendly

Selain itu, fitur lainnya yang ada di aplikasi chat marketplace ialah fitur Tampilan Chat, yang memungkinkan kamu untuk memfilter dan melihat semua chat dengan cepat. 

Mulai dari, chat yang masuk, chat yang belum dibalas maupun yang telah dibalas.  Dengan begitu, kamu tidak akan pernah ketinggalan chat apa pun. 

4. Adanya fitur pembelian melalui chat 

Fitur satu ini dapat mempermudah customer dalam membeli produk, karena hanya dilakukan melalui obrolan chat saja.  

Apalagi terkadang masih ada pula pelanggan yang memang merasa kesulitan jika diharuskan untuk membeli produk secara online, bisa disebabkan alur belanja yang terlalu banyak tahapannya sampai proses checkout yang lambat. 

Dengan cara ini, tentunya akan memanjakan pelanggan dalam melakukan transaksi, karena langsung  terhubung ke dashboard. 

Rekomendasi aplikasi Chat Marketplace terbaik

Apa Itu Chat Commerce? Simak Keuntungan dan Rekomendasi Terbaik 2

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan aplikasi chat marketplace untuk bisnis, kamu bisa pakai rekomendasi satu ini, yaitu Jubelio Chat.

Dengan Jubelio Chat, kamu udah bisa membalas semua pesan customer hanya melalui satu dashboard aja! Jadi, nggak perlu lagi membuka setiap toko di marketplace untuk menjawab pesan pelanggan. 

Sebab, software Jubelio Chat sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan kamu, mulai dari marketplace, social commerce, dan website.

Ditambah udah tersedia fitur yang lengkap, seperti balasan otomatis, balasan cepat, tampilan chat, dan lainnya. Paling penting udah bisa kamu akses melalui smartphone, tinggal download aplikasinya deh. Buat tahu fitur dan penggunaannya, kamu bisa Cek Jubelio Selengkapnya>>>

*Artikel ini hasil kerja sama antara Accurate dengan Jubelio 

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi
artikel-sidebar

Download E-Book Peluang Bisnis Potensial 2025

Inilah 3 Peluang Bisnis yang Diprediksi Bersinar di 2025.

Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait