Bagaimana Cara Bekerja Lebih Cepat? Berikut Tips dan Contohnya

Manajemen waktu adalah keterampilan yang berharga di tempat kerja dan di rumah. Untuk mengatur waktu mereka dengan lebih baik, beberapa karyawan menerapkan teknik untuk meningkatkan kecepatan mereka dan mencapai tugas mereka dalam waktu yang lebih singkat. Karyawan yang bekerja lebih cepat seringkali lebih produktif dan dihargai oleh pemberi kerja. Dalam artikel ini, kami menjelaskan mengapa penting untuk bekerja lebih cepat dan meninjau 10 tips untuk meningkatkan efisiensi Anda di tempat kerja.

Mengapa penting untuk bekerja lebih cepat?

Manajemen waktu adalah keterampilan penting dalam dunia bisnis saat ini. Pengusaha menghargai kemampuan untuk bekerja lebih cepat, dan karyawan juga mendapat manfaat dari keterampilan ini.

Ketika orang berbicara tentang bekerja lebih cepat, itu tidak hanya mengacu pada kecepatan. Tujuannya bukan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan cepat dengan kualitas yang lebih rendah tetapi untuk menjadi lebih pintar ketika Anda bekerja.

Bekerja lebih cerdas adalah memperoleh hasil terbaik dalam waktu yang lebih sedikit sambil membuang lebih sedikit waktu dan energi. Strategi ini membutuhkan waktu sejenak untuk memikirkan kebiasaan kerja Anda dan merenungkan cara-cara untuk menjadi lebih efisien dalam waktu yang ditentukan.

Ketika Anda bekerja lebih cepat, Anda dapat menyelesaikan kewajiban Anda lebih awal dan memiliki lebih banyak waktu untuk kehidupan pribadi dan hobi Anda, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Ini juga berkontribusi untuk meningkatkan harga diri Anda. Ketika Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, Anda mungkin melihat rasa pencapaian yang berkembang yang bermanfaat bagi kesejahteraan Anda dan meningkatkan pandangan Anda tentang pekerjaan dan kehidupan.

Cara bekerja lebih cepat

Berikut adalah 10 tips untuk bekerja lebih cepat dan efisien:

1. Gunakan timer saat Anda bekerja

Anda dapat menggunakan timer atau stopwatch untuk melacak berapa lama Anda mengerjakan setiap tugas. Saat Anda menetapkan jumlah waktu yang telah ditentukan sebelumnya untuk melakukan setiap tugas, Anda berusaha untuk mengalahkan waktu dan bekerja lebih cepat.

Menurut konsep bisnis Hukum Parkinson, “Pekerjaan berkembang untuk mengisi waktu yang dialokasikan untuk itu.” Jika Anda tidak menetapkan waktu yang pasti untuk menyelesaikan tugas, Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Jadi, cobalah menetapkan sasaran waktu tertentu untuk setiap tugas untuk mempercepat pekerjaan Anda sepanjang hari.

Baca juga: Pomodoro: Teknik Memaksimalkan Manajemen Waktu secara Lebih Produktif

2. Buat rencana

Saat Anda merencanakan hari kerja sebelumnya, Anda dapat menghemat waktu antar tugas. Berikut adalah tiga langkah untuk membantu Anda merencanakan pekerjaan Anda:

Tuliskan semua yang perlu Anda capai sepanjang hari. Ini akan membantu Anda mengingat tugas yang harus Anda selesaikan dan menghindari pemesanan yang berlebihan. Pastikan saja rencana Anda realistis dan dapat dicapai. Anda harus dapat menyelesaikan segala sesuatu dalam rencana Anda selama waktu yang ditentukan.

Siapkan daftar tugas dengan hanya tugas-tugas besar yang membutuhkan waktu. Jika Anda juga menambahkan tugas mikro, itu akan membebani daftar tugas Anda. Coret setiap tugas saat Anda menyelesaikannya.

Rencanakan untuk jangka panjang. Pertimbangkan tenggat waktu dan hari libur di masa depan dalam rencana Anda untuk memastikan Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika Anda merencanakan ke depan, Anda dapat menikmati istirahat tanpa memikirkan pekerjaan. Letakkan pengingat di kalender Anda agar Anda terus memikirkan masa depan.

Baca juga:Bagaimana Cara Menghentikan Micromanaging dalam Manajemen Bisnis?

3. Atur ruang kerja Anda

Menciptakan ruang kerja yang menenangkan dapat membantu Anda menjadi lebih efisien. Buang sampah dan kertas yang tidak Anda butuhkan lagi, dan arsipkan semua dokumen yang tidak perlu Anda simpan.

Jaga desktop komputer Anda bebas dari kekacauan juga. Ruang kerja yang bersih membantu Anda tetap berpikiran jernih dan tetap lebih fokus.

Atur bahan belajar atau bekerja Anda di meja Anda dengan cara yang mudah diakses. Hindari tumpukan, dan atur dokumen Anda sehingga Anda tahu di mana semuanya setiap saat.

Dengan cara ini, Anda tidak akan membuang waktu untuk mencari file atau tumpukan di meja Anda, sehingga Anda tidak akan terlalu terganggu sepanjang hari.

Di penghujung hari, luangkan sedikit waktu untuk meletakkan pekerjaan Anda dan bersihkan meja Anda sehingga siap untuk hari berikutnya.

4. Minimalkan gangguan

Cobalah untuk meminimalkan gangguan saat Anda bekerja. Misalnya, Anda dapat mematikan televisi atau radio kecuali untuk musik yang membantu Anda fokus. Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk mematikan ponsel Anda atau menyalakannya dalam mode getar saat Anda bekerja.

Jika Anda bekerja dari rumah, tutup pintu Anda jika memungkinkan untuk menghindari gangguan orang lain, dan jika Anda bekerja di kantor di mana orang suka berbicara, jelaskan kepada rekan kerja Anda bahwa Anda perlu fokus, dan bersosialisasi hanya saat istirahat.

Baca juga: Mengetahui Apa itu Manajemen Proses dalam Bisnis

5. Prioritaskan tugas Anda

Saat Anda menilai beban kerja Anda dan memutuskan tugas mana yang paling penting, Anda dapat mengatur waktu Anda dengan lebih efektif. Siapkan jadwal yang menentukan apa yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu sehingga Anda tidak membuang waktu untuk bertanya-tanya tugas mana yang harus dilakukan selanjutnya. Anda harus mempertimbangkan tingkat kepentingan dan tenggat waktu tugas Anda untuk membuat jadwal ini.

Memulai dengan tugas Anda yang paling sulit atau penting terlebih dahulu dapat membantu Anda merasa lebih berhasil. Ini juga dapat meningkatkan produktivitas Anda karena Anda akan mulai mengerjakan tugas yang lebih mudah dikelola di kemudian hari.

6. Bagilah waktu Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil

Ada dua cara utama untuk membagi hidup Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk membuat segalanya lebih mudah diatur:

Bagilah pekerjaan Anda: Ketika Anda memiliki proyek besar, Anda dapat menemukan kepercayaan diri untuk menanganinya dengan membuatnya terlihat lebih kecil. Bagilah pekerjaan Anda menjadi tugas-tugas kecil yang dapat dikelola agar tidak terlalu membebani.

Bagilah hari Anda: Bagilah hari Anda menjadi penambahan waktu. Kemudian, tetapkan tugas tertentu selama setiap bagian hari Anda. Misalnya, Anda dapat menjadwalkan tugas pendek dalam peningkatan setengah jam dan tugas yang lebih lama dalam peningkatan dua jam.

Apakah Anda membagi pekerjaan atau hari Anda menjadi beberapa bagian, mungkin bermanfaat untuk mengatur beberapa alarm untuk membantu Anda melanjutkan ke tugas berikutnya tepat waktu dan tetap teratur sepanjang hari.

Baca juga: Cara Menggunakan Motivasi dalam Manajemen Untuk Membantu Tim Anda Sukses

7. Kelompokkan tugas serupa

Atur aktivitas Anda dengan mengelompokkannya ke dalam tugas serupa. Saat Anda fokus pada tugas terkait, Anda menghabiskan lebih sedikit energi mental untuk beralih di antara tugas yang berbeda.

Misalnya, Anda dapat mendedikasikan waktu yang ditentukan untuk menanggapi semua email Anda atau menjadwalkan daftar panggilan telepon secara berurutan.

Jika Anda memiliki banyak tugas, ada baiknya Anda menuliskan semuanya terlebih dahulu untuk menghindari teralihkan atau melewatkan sesuatu secara tidak sengaja. Kemudian, periksa setiap item di akhir tugas Anda untuk memastikan Anda mencapai apa yang Anda butuhkan.

8. Akhiri penundaan

Penundaan berarti menunda sesuatu, dan itu dapat memengaruhi produktivitas Anda. Menurut studi psikologi, orang yang menunggu sampai menit terakhir untuk menyelesaikan pekerjaan sering membuat lebih banyak kesalahan dan menyelesaikan lebih sedikit.

Jadi, alih-alih menunda sesuatu, gunakan penguatan dan dorongan positif untuk menyelesaikan pekerjaan Anda saat Anda membutuhkannya. Misalnya, Anda bisa memanjakan diri sendiri setelah menyelesaikan tugas tepat waktu atau lebih awal, seperti minum kopi atau camilan. Memiliki sesuatu untuk dinanti dapat memotivasi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan.

9. Luangkan waktu untuk beristirahat

Menyisihkan waktu pribadi untuk memutuskan hubungan dari pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas Anda. Jadwalkan waktu istirahat selama hari dan minggu Anda, dan fokuslah untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai selama waktu pribadi itu.

Misalnya, Anda dapat mendedikasikan jam-jam pertama hari Anda untuk sesuatu yang Anda pedulikan, seperti melakukan yoga, berjalan-jalan, atau bermain dengan anak-anak Anda. Ini akan membantu Anda menjernihkan pikiran, membuat Anda dalam suasana hati yang lebih baik dan tetap fokus selama bekerja sehingga Anda dapat bekerja lebih cepat.

Anda juga harus mencoba untuk mematikan pikiran yang berhubungan dengan pekerjaan selama akhir pekan sehingga Anda dapat kembali bekerja dengan segar dan siap setiap minggu. Mungkin membantu untuk mengatur akun email terpisah untuk kehidupan pribadi dan pekerjaan atau sekolah Anda untuk membatasi akses Anda ke pesan profesional selama akhir pekan.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan dan Meningkatkan Keterampilan Pemikiran Logis

10. Selesaikan tugas yang tidak penting dalam waktu 10 menit

Yang terbaik adalah membatasi waktu yang Anda habiskan untuk tugas-tugas yang kurang penting agar tidak mengkhawatirkannya nanti. Tugas yang tidak penting adalah tugas yang tidak membantu Anda memberikan hasil dan dapat mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan yang lebih penting—misalnya, menulis email.

Coba atur timer selama 10 menit saat Anda menangani tugas-tugas ini. Selesaikan dengan cepat, dan hemat sebagian besar waktu Anda untuk pekerjaan yang lebih kritis. Bekerja dengan cara ini dapat membuat Anda merasa berhasil dan produktif.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa bekerja lebih cepat dengan manajemen waktu yang baik. Ketika Anda merasa bahwa apa yang Anda kerjakan begitu berat, maka saat itu juga Anda akan kesulitan mengatur waktu buat bekerja. Untuk itu, hindarilah stres dan jangan lupa buat melakukan relaksasi dengan mengerjakan apa yang Anda suka.

Terlebih dengan urusan pada pembukuan bisnis Anda. Jika Anda merasa kesulitan dan stres dengan proses pembukuan manual yang memakan waktu, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang akan mengoptimalkan proses pembukuan secara keseluruhan

Pilihah software akuntansi yang sudah digunakan oleh berbagai jenis bisnis dan memiliki fitur yang bisa diandalkan seperti Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntanis berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dan sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan bawah ini: