Pomodoro: Teknik Memaksimalkan Manajemen Waktu secara Lebih Produktif

Salah satu hal yang seringkali sulit untuk dilakukan oleh sebagian besar orang di dunia adalah melakukan manajemen waktu. Apapun pekerjaan dan profesi Anda, mengelola waktu yang baik adalah hal yang wajib dan harus dilakukan agar waktu Anda menjadi lebih produktif. Salah satu cara mengelola waktu yang saat ini sangat terkenal adalah teknik pomodoro.

Lantas, apa itu teknik pomodoro? Apa saja manfaatnya bagi perusahaan atau individu yang menerapkan teknik pomodoro ini? Nah, pada artikel ini mari kita bahas secara lengkap tentang salah satu teknik manajemen waktu ini.

Untuk Anda para blogger ataupun pebisnis online yang sangat sering berada di depan layar komputer, laptop atau gadget lain, konsentrasi Anda mungkin sering sekali pecah oleh hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Nah, untuk bisa mengatasi hal tersebut agar Anda bisa menggunakan waktu sebaik mungkin, maka Anda bisa menggunakan teknik pomodoro ini. Karena teknik ini bisa membantu membuat seseorang menjadi lebih efektif. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya tentang pomodoro.

Apa itu Teknik Pomodoro?

Jadi, teknik pomodoro adalah salah satu cara mengelola waktu yang mana didalamnya Anda harus mengerjakan tugas dan menyelesaikannya dengan membagi setiap tugas tersebut kedalam berbagai blok waktu setiap 25 menit sekali. Diantara blok tersebut akan disediakan jeda waktu istirahat selama lima menit, dan setiap kali Anda berhasil melewati 4 blok waktu, maka Anda bisa beristirahat lebih lama.

Pada mulanya, teknik manajemen waktu ini pertama kali diperkenalkan tahun 1992 oleh Francesco Cirillo. Dia adalah seorang pengembang, pengusaha, dan juga seorang penulis.

Pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti tomat. Francesco Cirillo menggunakan kata pomodoro ini pada metodenya karena waktu yang digunakan olehnya untuk membagi waktu ternyata memiliki bentuk seperti buah tomat. Waktu tersebut seringkali ia gunakan ketika masih sedang kuliah.

Baca juga: 20 Tips Work Life Balance untuk Menjadikan Hidup Anda Lebih Berkualitas

Jadi, Anda Hanya Membutuhkan Waktu atau Timer

Dewasa ini, setiap gadget yang kita miliki pasti sudah dibekali dengan timer sebagai salah satu fiturnya. Bahkan, telepon jadul seperti Nokia pun pasti memiliki fitur timer yang bisa digunakan dengan mudah.

Jadi, ada dasarnya alat yang digunakan untuk menerapkan teknik manajemen waktu ini sangat mudah didapatkan, karena hanya sebuah aplikasi atau fitur timer saja.

Bahkan, dewasa ini sudah banyak aplikasi yang dirancang untuk menerapkan teknik pomodoro ini. Sehingga, Anda tidak perlu mencari perangkat atau alat lain yang sulit didapatkan.

Lantas, apa saja keunggulan dari salah satu manajemen waktu ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Keunggulan Teknik Pomodoro

1. Bekerja Sesuai Waktu

Sebagian besar dari kita mungkin masih banyak yang menganggap waktu sebagai suatu musuh. Jadi, pekerjaan yang dikerjakan seolah-olah berlomba dengan waktu yang sempit.

Nah, teknik pomodoro ini akan mengajarkan siapa saja untuk bisa bekerja sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, jadi bukan bekerja dengan melawan waktu. Sederhananya, teknik pomodoro ini adalah suatu konsep manajemen waktu yang revolusioner karena lebih mudah diterapkan untuk meningkatkan produktivitas setiap pekerja atau karyawan.

2. Tidak Panik Saat Bekerja

Sebagian besar dari kita juga mungkin masih banyak yang sering panik karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan batasan waktu yang sudah ditetapkan. Nah, dengan menggunakan teknik pomodoro ini, maka Anda tidak perlu panik lagi dengan adanya masalah tenggat waktu yang sudah diberikan.

Kita tentu paham bahwa menyelesaikan suatu pekerjaan secara tepat waktu adalah hal yang sangat penting. Sehingga, bisa bekerja secara lebih terarah dan menjadi tidak mudah panik, lalu bisa beristirahat jika waktunya telah tiba.

Selain itu, teknik pomodoro ini akan mengajarkan siapa saja untuk mampu menyelesaikan setiap pekerjaannya secara tepat waktu, beristirahat secara teratur, sehingga tidak sampai sakit ataupun stress karena terlalu lama bekerja.

3. Bisa Mengelola Gangguan

Setiap pengusaha atau pekerja kantoran pasti akan sering berhadapan dengan laptop dan gadgetnya. Nah, gangguan ini bisa datang dari gadget tersebut, seperti misalnya ada panggilan telepon, pemberitahuan email, pemberitahuan media sosial, dll.

Ditambah lagi jika ada gangguan yang sangat tidak terduga, seperti suara tangis anak, atau secara mengejutkan ingat bahwa Anda harus memasak, dll. Nah, dengan menggunakan teknik pomodoro ini, maka Anda bisa mengelola setiap gangguan sesuai dengan adanya tingkat prioritas yang ada di dalamnya.

4. Pekerjaan dan Kehidupan yang Lebih Seimbang

Saat ini, banyak orang yang sering menunda pekerjaannya dan lebih memilih untuk rebahan atau bersantai dengan teman atau keluarganya. Pada akhirnya, orang tersebut tidak mampu menikmati waktu mereka bersama keluarga karena pada waktu tersebut mereka tetap memikirkan pekerjaannya.

Nah, dengan menerapkan teknik pomodoro, maka Anda bisa membuat suatu jadwal yang lebih efektif lagi, sehingga Anda bisa membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan lain di luar dari pekerjaan Anda.

Selain itu, salah satu teknik manajemen waktu ini juga mampu melatih otak agar terus fokus selama bekerja, sehingga setiap pekerjaan akan bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Lantas, Apa Manfaat Teknik Pomodoro?

Apapun pekerjaan dan profesi yang Anda jalankan saat ini, menerapkan metode manajemen waktu pomodoro ini memiliki banyak sekali manfaat, karena metode ini mampu membantu pekerjaan Anda menjadi lebih produktif.

Manfaat metode ini antara lain adalah lebih fokus pada pekerjaan dengan hasil kerja yang lebih baik,  menghilangkan kebiasaan multitasking, menyelesaikan lebih banyak tugas, menghilangkan kebiasaan perfeksionis,  meningkatkan konsentrasi dan semangat kerja, serta mengurangi stress karena deadline.

Tujuan Teknik Pomodoro

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, teknik ini mampu membantu siapa saja dalam meningkatkan produktivitasnya dengan cara menjauhkan dari distraksi, meningkatkan kesadaran saat mengambil keputusan, meningkatkan motivasi, membantu menentukan tujuan untuk mencapai target, mengubah proses kerja, memperkuat tujuan anda dalam situasi yang kompleks, dan menghindari multitasking.

Cara Melakukan Teknik Pomodoro

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu cara manajemen waktu ini diterapkan dengan beberapa sesi, yang mana setiap sesinya memiliki waktu 4×35 menit. Disetiap 25 menitnya, Anda memiliki waktu istirahat selama 5 menit. Jika Anda sudah menyelesaikan satu sesi, maka Anda bisa beristirahat selama 20 menit. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Persiapkan lah suatu alat timer. Alat ini bisa berupa stopwatch ataupun aplikasi timer yang ada pada fitur smartphone Anda.
  • Buatlah berbagai daftar tugas yang ingin Anda kerjakan di secarik kertas dan tentukan skala prioritas. Daftar tugas tersebut bisa Anda buat pada hari-hari sebelum Anda mengerjakan tugas agar bisa disusun secara lebih rinci dan juga tepat.
  • Aturlah timer Anda selama 25 menit dan kerjakan tugas berdasarkan skala prioritas yang ada pada kerta. Dalam hal ini Anda harus mengerjakan tugas secara fokus selama 25 menit, dan jangan melakukan hal lain. Bila Anda menyadari ada  hal baru lain yang harus dikerjakan, maka tulislah di daftar tugas.
  • Saat timer Anda berbunyi, berhentilah mengerjakan tugas dan cobalah untuk beristirahat sejenak selama 5 menit. Selama waktu tersebut, Anda bisa melakukan hal lain seperti memeriksa gadget, melakukan peregangan, jalan kaki sebentar, minum, ke toilet, dll. Namun, Anda harus melakukannya selama 5 menit saja, tidak boleh lebih.
  • Setelah selesai selama 5 menit, kerjakan kembali tugas pertama Anda yang belum selesai, atau jika sudah selesai Anda bisa mengerjakan tugas lain. Lalu, tandai tugas apa saja yang sudah Anda kerjakan.

Bagaimana Ketika Saya Tetap Terdistraksi oleh Lingkungan?

Bila Anda tetap terdistraksi dari hal luar atau lingkungan Anda, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Beri tahu mereka yang menginterupsi Anda bahwa Anda tidak bisa melakukan berbagai hal lain selama beberapa menit kedepan.
  • Buatlah negosiasi ataupun kesepakatan dengan pihak lain terkait waktu yang tepat untuk bisa menginterupsi Anda.
  • Buatlah suatu jadwal terkait kapan Anda bisa merespon balik mereka.
  • Anda bisa merespon mereka dengan cara menghubungi kembali ketika tuga yang sedang Anda kerjakan dengan teknik pomodoro selesai dilakukan.

Baca juga: Six Sigma Adalah Metodologi yang Penting dalam Manajemen Kualitas

Penutup

Setelah Anda mengetahui secara baik tentang teknik pomodoro, manfaat dan cara menerapkannya, Anda bisa langsung menerapkan teknik ini. Dengan Anda melakukan satu atau dua sesi teknik ini, maka Anda akan melihat peningkatan produktivitas Anda semakin lebih baik lagi.

Teknik ini bisa dikerjakan oleh siapa saja dan profesi apa saja, termasuk para akuntan sekalipun. Namun, agar para akuntan bisa lebih terbantu lagi dalam melakukan teknik pomodoro, maka bisa dibantu dengan menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan secara lebih mudah dan praktis. Dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1