10 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dua puluh empat jam dalam sehari rasanya begitu kurang? Hati-hati, bisa saja Anda melakukan kesalahan dalam manajemen waktu.

Pengaturan waktu yang baik penting supaya semua kewajiban dan target dapat selesai sesuai tenggat yang ditentukan. Namun, beberapa orang tak terlalu paham dalam mengatur waktu, dan berakibat pada pekerjaan yang tak rampung, atau badan yang terlalu lelah.

Manajemen waktu itu mudah jika Anda tahu rahasianya. Mari kita simak beberapa tips terbaik manajemen waktu untuk bisnis yang lebih maju.

Baca juga : Biaya Peluang : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya dalam Sebuah Bisnis

Hentikan Kebiasaan Menunda

Secara psikologis, manusia memang hobi menunda. Mereka lebih merasa bersemangat saat mengerjakan pekerjaan mendekati tenggat, ketimbang mengerjakannya jauh-jauh hari. Kendati manusiawi, ini kebiasaan yang merusak tubuh dan membuat banyak rencana tak rampung. Hentikan kebiasaan menunda dan sistem kebut semalam mulai dari sekarang demi manajemen waktu yang lebih baik.

Buat Jadwal

Anda juga bisa membuat jadwal, baik di ponsel maupun di jurnal, untuk mengingat pekerjaan apa yang harus diselesaikan. Terlalu banyak pekerjaan sering kali membuat Anda mudah jadi pelupa. Maka, bantu diri Anda untuk mengingat dengan pencatatan jadwal yang baik.

Buat Prioritas

Terlalu banyak pekerjaan juga bisa membuat rencana Anda berantakan. Untuk itu, selain hentikan kebiasaan buruk menunda, Anda juga harus memprioritaskan pekerjaan dalam empat bagian : penting dan menghasilkan, penting tetapi tidak menghasilkan, tidak penting tetapi menghasilkan, dan tidak penting serta tidak menghasilkan. Kerjakan pekerjaan dalam golongan pertama, disusul dengan pekerjaan dalam golongan lain.

Baca juga : Apa itu Manajemen Pemasaran? Mari Ketahui Lebih Jauh dan Lengkap

Fokus

Mudahnya akses Internet memang membantu pekerjaan, terapi tak jarang juga membuat banyak orang jadi mudah teralihkan fokusnya. Jadi, saat mengerjakan sebuah hal penting, jangan tergoda buat main media sosial, belanja daring, atau stalking di Internet. Ini tidak produktif dan merusak manajemen waktu Anda.

Jangan Kebanyakan Berpikir

Bisnis yang maju memang butuh rencana, tetapi jika Anda hanya berkutat pada rencana, lantas kapan eksekusi pekerjaan akan dimulai? Mereka yang sukses tidak hanya punya rencana realistis saja, tetapi juga berani buat memulai.

Buat Tujuan yang Jelas

Apa tujuan Anda dari pekerjaan ini? Jika Anda sudah paham kerangka tujuan dari pekerjaan, pekerjaan akan lebih mudah buat diselesaikan. Karena, Anda tidak perlu bingung mengenai apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ini adalah kunci manajemen waktu.

Beri Jeda Buat Istirahat

Menunda memang bukan hal yang baik. Namun, terus menerus bekerja tanpa jeda akan menjadi sebuah hal yang merusak tubuh dan menurunkan konsentrasi. Berilah jeda lima belas sampai dengan tiga puluh menit untuk sekadar tiduran atau melakukan hobi.

Tidur yang Cukup

Begadang akan membuat Anda menjadi mudah lelah dan juga sulit untuk fokus. Tidurlah yang cukup setiap malam, jangan paksa diri untuk lembur hingga tidak tidur. Manajemen waktu adalah hal penting karena kesehatan merupakan aset paling berharga.

Jangan Takut Salah

Ketakutan untuk salah adalah sebuah hal yang bisa menghambat Anda meraih kesuksesan. Untuk itu, jangan sampai Anda takut untuk salah. Kesalahan adalah ladang buat belajar.

Baca juga : Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Ciri Dan Fungsinya pada Bisnis

Hindari Stres

Ketika Anda merasa bahwa apa yang Anda kerjakan begitu berat, maka saat itu juga Anda akan kesulitan mengatur waktu buat bekerja. Untuk itu, hindarilah stres dan jangan lupa buat melakukan relaksasi dengan mengerjakan apa yang Anda suka.

Terlebih dengan urusan pada pembukuan bisnis Anda. Jika Anda merasa kesulitan dan stres dengan proses pembukuan manual yang memakan waktu, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang akan mengoptimalkan proses pembukuan secara keseluruhan

Pilihah software akuntansi yang sudah digunakan oleh berbagai jenis bisnis dan memiliki fitur yang bisa diandalkan seperti Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntanis berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dan sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Kesimpulan

Manajemen waktu akan lebih mudah dilakukan jika Anda menerapkan tips di atas. Ingatlah, bahwa waktu tak akan dapat diulang sehingga Anda harus memanfaatkan waktu yang Anda miliki sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan dengan jelas sehingga Anda tahu untuk apa waktu Anda digunakan.

Baca juga : Pengertian Harga Pokok Produksi, Unsur, Dan Cara Perhitungannya