Berkas Lamaran Kerja yang Umum Diminta oleh Perusahaan

Berkas lamaran kerja adalah hal penting yang harus dipersiapkan bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan. Pasalnya, berkas tersebut akan menjadi pertimbangan bagi tim rekrutmen perusahaan dalam mencari kandidat yang paling sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

Menurut buku Komunikasi Bisnis Edisi 3 (2006) oleh Djoko Purwanto, dalam syarat lamaran kerja, seseorang harus menulis surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan berkas lamaran kerja lainnya. Berkas lamaran ini pun harus berisikan poin-poin penting yang mampu membuka peluang agar pelamar diterima oleh perusahaan.

Dalam hal ini, perusahaan bisa menerapkan kebijakan yang berbeda terkait berkas lamaran kerja tersebut. Meski umumnya, terdapat tujuh berkas yang paling sering diminta dan dijadikan syarat oleh perusahaan dalam tahap melamar pekerjaan.

7 Berkas Lamaran Kerja yang Banyak Diminta

1. Surat Lamaran Kerja

Berkas lamaran kerja pertama yang perlu disiapkan ialah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan surat yang berisi ketertarikan minat dan kemampuan pelamar yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar. Dalam hal ini, surat lamaran kerja juga berfungsi untuk meyakinkan tim rekrutmen agar dipanggil ke tahap berikutnya yakni interview.

Adapun terdapat beberapa kaidah penulisan yang perlu diperhatikan dalam surat lamaran kerja, yang terkait dengan struktur penulisan dan penggunaan bahasa.

Untuk struktur penulisan sendiri, surat lamaran kerja terdiri dari alamat pengirim, tanggal surat, alamat surat, salam pembuka, isi surat, dan salam penutup. Kemudian untuk penggunaan bahasa, pastikan menggunakan bahasa yang formal dan mudah dimengerti oleh pembaca.

2. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)

Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) merupakan berkas lamaran kerja terpenting lainnya setelah surat lamaran kerja. Namun, dalam hal ini, CV bisa didesain dan dibuat semenarik mungkin untuk mencuri perhatian personalia perusahaan.

Isi dari CV merincikan identitas, informasi kontak, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, sertifikasi atau pelatihan yang pernah diikuti, hingga keahlian dan keterampilan yang dimiliki pelamar kerja.

Bagi pelamar kerja lulusan baru, mereka juga bisa mencantumkan pengalaman organisasi, magang, ataupun kerelawanan.

Baca juga: Notula Adalah Catatan Singkat Rapat, Sudah Tahu Cara Penulisannya?

3. Kumpulan Hasil Karya atau Portofolio

Umumnya, portofolio kerja diminta pada pelamar yang sudah memiliki pengalaman bekerja. Meski begitu, bagi para lulusan baru, mereka juga bisa melampirkan portofolio yang berasal dari pengalaman organisasi atau magang. Adapun bentuk dari portofolio ini dapat berupa tulisan, gambar, ataupun desain.

Berkas lamaran kerja ini sangat penting dilampirkan untuk menggambarkan kemampuan pelamar dalam suatu bidang pekerjaannya.

4. Identitas Pribadi

Identitas pribadi yang menjadi persyaratan lamaran kerja biasanya meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Dimana hanya perlu dilampirkan dalam bentuk fotokopinya. Adapun umumnya perusahaan hanya meminta masing-masing satu lembar untuk setiap dokumen tersebut.

5. Pas Foto Terbaru

Ukuran pas foto yang biasanya diminta yakni berukuran 3×4 dan 4×6. Siapkan stok foto secukupnya untuk melamar pekerjaan secara offline atau ketika datang untuk interview. Anda pun bisa menyiapkan file digitalnya dengan resolusi yang baik untuk melamar pekerjaan secara online.

Baca juga: Kerja Cerdas: Ini Pengertian dan Langkah Menerapkannya!

6. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah dan transkrip nilai menjadi bukti latar belakang pendidikan pelamar kerja yang bisa disesuaikan dengan persyaratan lamaran kerja untuk posisi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, perusahaan biasanya hanya meminta ijazah dan transkrip nilai untuk pendidikan terakhir saja. Dimana keduanya biasanya juga diminta untuk dilegalisir tergantung pada kebijakan perusahaan.

7. Sertifikat Pendukung

Berkas lamaran kerja terakhir yang tak kalah penting yaitu sertifikat pendukung. Sama halnya dengan portofolio, sertifikat bisa menjadi pendukung untuk menjelaskan kemampuan pelamar kerja dalam bidang pekerjaannya.

Sertifikat ini dapat berupa sertifikat seminar, pelatihan, lomba, hingga sertifikat kerja yang diberikan oleh perusahaan sebelumnya. Hal ini sangat membantu memperbesar peluang pelamar kerja untuk bisa diterima oleh perusahaan.

Baca juga: Data Entry: Ini Pengertian, Tanggung Jawab, dan Kualifikasinya

Penutup

Demikianlah berkas lamaran kerja yang umum diminta oleh perusahaan, yang meliputi surat lamaran, curriculum vitae, portofolio, identitas pribadi, pas foto terbaru, ijazah dan transkrip nilai, serta sertifikat pendukung.

Di tengah kemajuan teknologi digital, melamar kerja bisa dilakukan secara online dengan melampiran berkas lamaran dalam bentuk soft-file. Yang umumnya, dikirim melalui email atau melalui platfrom aplikasi lowongan kerja.

Namun, perlu diingat pula untuk tidak sembarang mengirim berkas lamaran ke perusahaan-perusahaan, terutama yang tidak memiliki keterangan jelas. Pastikan untuk selalu memberi watermark pada identitas pribadi, ijazah, dan transkrip nilai yang dikirim, sekalipun itu dalam bentuk soft-file fotokopi.

Hal ini tentu untuk mencegah agar data pribadi tidak disalahgunakan oleh oknum perusahaan bodong dengan berkedok lowongan pekerjaan.

Sama halnya dengan pengelolaan keuangan, kemajuan teknologi juga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dimana saat ini sudah tersedia software berbasis cloud yang membantu dalam mengelola dan membuat laporan keuangan. Seperti halnya yang ditawarkan oleh Accurate Online.

Accurate Online sendiri merupakan software akuntansi dan bisnis yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, seperti laporan arus kas. Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya juga telah disediakan untuk membantu pencatatan keuangan yang lebih cepat, akurat, dan otomatis.

Hingga kini, Accurate Online pun telah terbukti membantu ribuan pebisnis dalam mencapai kesuksesannya. Tunggu apa lagi?

Jika Anda ingin menikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.