Fungsi Berorganisasi dan Tujuannya Penting di Dalamnya

Indonesia adalah salah satu negara dengan identitas masyarakatnya yang sering berkumpul antara yang satu dengan yang lainnya. Kegiatan berorganisasi pun menjadi salah satu diantaranya. Bahkan fungsi berorganisasi pun sangat banyak.

Lantas, apa saja fungsi berorganisasi? Apa tujuan dilakukannya berorganisasi? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang fungsi berorganisasi di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Organisasi

Terdapat banyak sekali pengertian organisasi yang dijelaskan oleh para ahli filosofi. Tapi, seluruh pengertian yang dikemukakan oleh para ahli sebenarnya mempunyai satu tujuan penjelasan.

Stephen P. Robbins menjelaskan bahwa organisasi adalah satu kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan adanya suatu batasan yang relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja dengan dasar yang relatif dan kontinyu agar bisa mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Baca juga: Kepangkatan PNS dan Syaratnya yang Harus Anda Ketahui

Tujuan dan Fungsi Organisasi

Tujuan dari berorganisasi secara umum adalah sebagai wadah agar bisa mencapai tujuan atau keuntungan bersama, tempat melatih dan menambah ilmu pengetahuan, pergaulan, kemampuan, kemandirian dan juga sumber daya yang dimiliki.

Sedangkan fungsi berorganisasi adalah sebagai berikut:

1. Menjalin kebersamaan

Fungsi berorganisasi yang pertama adalah agar bisa menjalin kebersamaan. Tentunya di dalam berorganisasi Anda akan diminta untuk lebih mementingkan kebersamaan. Karena di dalamnya akan selalu berkaitan dengan orang banyak. Untuk itu, Anda harus bisa bekerjasama dengan anggota lain dan tidak membebankannya hanya pada satu orang saja.

Sehingga, nantinya setiap anggota akan lebih termotivasi agar bisa saling bekerja sama dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

2. Lebih Mudah Dalam Menyelesaikan Masalah

Masalah merupakan hal yang tidak akan pernah bisa dihindari dan harus diatasi. Dalam suatu organisasi, masalah adalah hal yang biasa untuk didiskusikan. Karena, setiap anggota memiliki pendapat dan karakternya masing-masing.

Namun, hal ini menjadi peran yang sangat penting, di mana masalah yang terjadi tidak dibebankan ataupun diputuskan oleh salah satu orang saja, tapi semua anggota harus turut serta dalam memecahkan masalah tersebut.

3. Mengajarkan atau Membudayakan Jiwa Kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan sebenarnya sudah dianugerahkan oleh Tuhan sejak lahir pada manusia, tapi tidak semua manusia bisa menjadi seorang pemimpin, itu dikarenakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap manusia berbeda-beda.

Tapi di dalam berorganisasi, Anda bisa melatih jiwa kepemimpinan Anda, karena disini Anda akan diberikan kesempatan untuk bisa belajar dan berkembang dalam membuat inovasi dan kreativitas serta selalu berpikiran secara positif, dilatih untuk menjadi lebih berani dalam mengambil keputusan seksama serta tidak egois.

Selain itu, di dalam organisasi juga Anda akan dilatih tentang bagaimana cara dalam mengatur manajemen yang baik dan menerapkan fungsi manajemen.

4. Meningkatkan Sikap Disiplin Dan Etos Kerja

Fungsi berorganisasi yang selanjutnya adalah agar bisa meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja. Hal ini sangat penting untuk para pekerja. Karena, dengan disiplin, para pekerja bisa lebih terorganisir dan mampu memberikan dampak yang baik. Sehingga, akan mampu menghemat mereka dalam menjalani karir.

Berorganisasi pun mampu meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja yang lebih baik dari dalam diri karena nantinya akan terlatih untuk bisa menepati janji, lebih berkomitmen, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat penting untuk menjadi seorang karyawan yang disiplin dan mempunyai etos kerja. Di dalam suatu organisasi pun diperlukan dan dibutuhkan standar operasional prosedur yang bisa dijadikan sebagai indikator untuk menilai performa anggota yang terdapat di dalam organisasi tersebut.

5. Dapat Membina Emotional Intelligence

Fungsi berorganisasi yang kelima adalah mampu membina ataupun membentuk kecerdasan emosional, sehingga nantinya Anda bisa lebih percaya diri dalam bersosialisasi.

6. Menambah Pengetahuan dan Wawasan Seseorang

Pengetahuan dan wawasan yang luas menjadi hal yang sangat penting bagi manusia sebagai makhluk sosial, baik itu untuk memperkuat argumen dalam berpendapat ataupun untuk menjalin komunikasi.

Tapi, terkadang ada orang yang belum memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Nah, dengan berorganisasi, maka Anda akan bisa selalu menjalin komunikasi antar sesama anggota atau bahkan para pengurus di dalam organisasi tersebut, yang akan menyebabkan bertambahnya ilmu pengetahuan dan wawasan Anda.

Baca juga: Pangkat PNS: Ini Jenis dan Berbagai Golongannya

Penutup

Demikianlah fungsi berorganisasi, pengertian dan tujuannya, Anda bisa menjadikan organisasi sebagai tempat untuk bersosialisasi atau menjalin silaturahmi. Tapi, harus Anda ketahui bahwa organisasi pun bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk belajar terkait mengelola keuangan yang efektif.

Di dalam berorganisasi pun Anda akan memerlukan kondisi finansial dan catatan keuangan yang transparan serta rapi agar bisa diketahui oleh semua anggota organisasi.

Tapi agar bisa merealisasikan hal tersebut, diperlukan adanya sistem yang bisa membantu pembukuan keuangan. Terlebih lagi bila sistem tersebut bisa diakses secara mudah, memiliki tampilan yang sederhana dan harga yang terjangkau, karena setiap kondisi keuangan organisasi berbeda dengan kondisi keuangan korporasi ataupun perusahaan.

Nah, seluruh hal diatas bisa Anda dapatkan di dalam aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Aplikasi yang dikembangkan lewat teknologi cloud ini akan membantu Anda dalam mengelola keuangan lewat penyajian lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akurat.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah tersedia berbagai fitur yang sangat luar biasa, seperti fitur perpajakan, pembukuan, kas dan bank, multi mata uang, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.