Ingin Menjadi Seorang Profesional? Pahami 15 Karakteristiknya

Ditengah persaingan yang semaikin ketat, menjadi profesional itu sangat penting. Jika Anda memposisikan diri untuk promosi di tempat kerja, tingkat profesionalisme Anda merupakan pertimbangan penting. Profesionalisme di tempat kerja dapat memberi Anda keunggulan kompetitif dibandingkan kandidat lain dan membantu Anda membangun reputasi yang kuat di perusahaan Anda.

Memahami karakteristik profesional yang berbeda dapat membantu Anda menyadari perilaku Anda di tempat kerja. Pada artikel ini, kita membahas apa itu profesionalisme dan mengeksplorasi 15 karakteristik agar Anda bisa menjadi seorang yang profesional.

Apa itu Karakterisitik Profesional?

Karakteristik profesional mengacu pada kualitas yang dicontohkan seseorang dalam lingkungan bisnis. Profesionalisme mencakup standar perilaku dan kemampuan karyawan untuk mewujudkan nilai-nilai perusahaan dan melakukan apa yang diharapkan majikan dari mereka.

Profesionalisme diperlukan untuk kesuksesan jangka panjang dari bisnis apa pun, besar atau kecil. Ini memastikan bahwa hubungan pelanggan dipertahankan, interaksi karyawan positif dan bahwa perusahaan memenuhi tujuan dan sasarannya.

15 Karakteristik Profesional untuk Tempat Kerja

Berikut adalah 15 karakteristik profesional yang dapat membantu Anda mendapatkan rasa hormat dari orang lain dan memposisikan Anda untuk promosi:

1. Penampilan profesional

Profesional harus selalu berusaha untuk penampilan profesional, termasuk pakaian yang sesuai dan kebersihan dan dandanan yang tepat. Pakaian harus selalu bersih dan disetrika dengan benar. Celana, gaun, rok formal, kemeja putih bersih, dan sepatu kulit semuanya cocok untuk lemari pakaian profesional.

2. Terpercaya

Profesional dapat diandalkan dan menjaga komitmen mereka. Mereka melakukan apa yang mereka katakan akan mereka lakukan dan tidak terlalu menjanjikan. Profesional menanggapi kolega dan pelanggan dengan segera dan menindaklanjuti komitmen mereka secara tepat waktu.

Ketepatan waktu adalah aspek kunci dari karakteristik profesional ini. Selalu penting untuk mengklarifikasi area ketidakpastian apa pun saat berurusan dengan pelanggan atau anggota tim Anda untuk memastikan tidak ada asumsi atau kejutan yang salah.

Baca juga: Sedang Mencari Situs Freelance? Ini 10 rekomendasinya!

3. Perilaku etis

Mewujudkan profesionalisme juga berarti berkomitmen untuk melakukan hal yang benar. Kejujuran, keterbukaan, dan ketulusan adalah semua karakteristik perilaku etis.

Banyak organisasi memasukkan komitmen terhadap perilaku etis dalam kode etik mereka. Profesional dapat mengadopsi kode etik pribadi dan membuat komitmen yang sama secara individu.

4. Terorganisir

Seorang profesional menjaga ruang kerja mereka tetap rapi dan teratur sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan barang-barang saat mereka membutuhkannya.

Semua file dan dokumen harus ada di tempatnya dan, jika harus menyampaikan presentasi, semua materi harus disiapkan jauh-jauh hari sehingga tidak ada penundaan yang tidak diharapkan.

5. Akuntabel

Sama seperti seorang profesional menerima pujian karena telah menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan, mereka juga bertanggung jawab atas tindakan mereka ketika mereka gagal. Mereka bertanggung jawab atas kesalahan apa pun yang mereka buat dan mengambil langkah apa pun yang diperlukan untuk menyelesaikan konsekuensi apa pun dari kesalahan. Mereka bertanggung jawab dan mengharapkan akuntabilitas dari orang lain.

6. Bahasa profesional

Orang-orang yang berperilaku profesional memantau setiap area perilaku mereka, termasuk cara mereka berbicara. Mereka meminimalkan penggunaan bahasa gaul dan menghindari penggunaan bahasa yang tidak pantas di tempat kerja. Mereka bahkan berhati-hati dengan bahasa yang mereka gunakan dalam suasana informal.

7. Memisahkan pribadi dan profesinya

Profesional memahami pentingnya memisahkan kehidupan pribadi mereka dari kehidupan profesional mereka. Sementara para profesional mungkin mengalami tantangan yang sama dalam kehidupan pribadi mereka seperti orang lain, mereka mempertahankan pemisahan yang jelas antara kehidupan profesional dan sikap di tempat kerja.

8. Sikap positif

Bagian dari menjadi seorang profesional berarti mempertahankan sikap positif dan bisa melakukan saat bekerja. Sikap positif akan meningkatkan kinerja profesional secara keseluruhan dan meningkatkan kemungkinan hasil yang positif. Ini juga akan berdampak pada perilaku dan kinerja orang lain, meningkatkan semangat kerja karyawan di kantor.

Baca juga: Multitasking Adalah: Pengertian, Tips dan Peran Pentingnya Di Dunia Bisnis

9. Kontrol emosi

Kontrol emosional adalah karakteristik kunci lain dari profesionalisme. Para profesional memahami pentingnya menjaga ketenangan mereka dan tetap tenang dalam segala situasi. Dengan tetap tenang, bahkan selama saat-saat yang menantang, orang lain dapat mengandalkan mereka untuk bersikap rasional dan memiliki penilaian yang baik.

10. Manajemen waktu yang efektif

Seorang karyawan yang tahu bagaimana mengatur waktu mereka dengan baik dipandang oleh rekan-rekan mereka sebagai seorang profesional. Beberapa karakteristik kemampuan manajemen waktu termasuk datang ke kantor tepat waktu di pagi hari, tepat waktu untuk rapat, dan memberi tahu seseorang di kantor jika mereka menduga mereka akan terlambat.

11. Fokus

Seorang profesional jelas tentang tujuan mereka dan memahami apa yang harus mereka capai untuk mencapainya. Mereka tahu bagaimana tetap fokus pada pekerjaan mereka untuk mempertahankan produktivitas mereka. Profesional menyadari pentingnya mempertahankan fokus untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka dan menjadi seefisien mungkin.

12. Siap

Profesional harus menunjukkan ketenangan, keadaan yang tenang dan percaya diri. Bersikap tenang berarti menjaga postur tubuh yang lurus, melakukan kontak mata saat berkomunikasi dan membantu membangun kehadiran yang ramah dan profesional. Menjadi siap berarti juga tetap tenang selama masa tekanan tinggi.

Baca juga: Work Life Balance: Pengertian dan 5 Tips Untuk Mewujudkannya

13. Menghargai orang lain

Profesional selalu memperlakukan orang lain dengan hormat. Mereka memahami bahwa meskipun humor pantas di tempat kerja, mereka harus selalu menggunakannya untuk menghormati orang lain. Satu-satunya saat profesional terlibat dalam percakapan tentang orang lain adalah jika mereka mengevaluasi kinerja mereka dan mencari cara konstruktif untuk meningkatkan kinerja mereka di tempat kerja.

14. Komunikator yang kuat

Seorang profesional harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Ini berarti bahwa mereka tidak hanya dapat secara efektif dan efisien menyampaikan pesan kepada orang lain tetapi juga bahwa mereka dapat secara aktif mendengarkan dan memahami apa yang orang lain katakan kepada mereka.

Dengan terlibat dalam komunikasi yang terbuka dan konstruktif dengan orang lain, para profesional dapat berkolaborasi secara lebih efektif dan mencapai banyak hal.

15. Memiliki soft skill

Soft skill adalah atribut pribadi yang memungkinkan seseorang berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Keterampilan lunak mencakup hal-hal seperti kepemimpinan, pemikiran kritis, kerja tim, dan keterampilan orang.

Soft skill membantu para profesional untuk berperilaku sopan saat menyapa rekan kerja dan manajer, menggunakan bahasa yang tepat saat berkomunikasi dan menghargai pendapat orang lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa karakteristik yang bisa Anda bangun jika Anda ingin menjadi seorang yang profesional. Pengembangan hard skill dan soft skill sangat penting bagi Anda untuk meambangun tingkat profesionalitas Anda.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, pastikan juga untuk menjaga profesionalitas Anda dalam melakukan pencatatan keuangan dan data finansial usaha Anda. Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan beralihlah menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan berpengalaman lebih dari 20 tahun,

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.