Sedang Mencari Situs Freelance? Ini 10 rekomendasinya!

Semakin majunya perkembangan teknologi pada saat ini, makin banyak juga pekerjaan baru yang muncul. Menjadi seorang freelance di Indonesia, itu artinya Anda tidak perlu mengabdi pada suatu institusi dengan bekerja selama tujuh hingga delapan tahun. Untuk itu, ada banyak situs freelance yang mampu membantu Anda dalam memperoleh berbagai jenis pekerjaan yang sesuai untuk Anda.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi situs freelance untuk Anda. penasaran apa saja? Untuk itu, baca terus daftar situs freelance nya di bawah ini.

Daftar 10 Rekomendasi Situs Freelance

Jika Anda sudah mengetahui jenis pekerjaan dan cara bekerja menjadi seorang freelancer, maka ini saatnya Anda mengetahui beberapa situs freelance untuk melamar pekerjaan. Beberapa situs freelance tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Fastwork

Fastwork situs mencari freelance yang berasal dari berbagai industri kreatif. Dalam situs freelance ini, Anda bisa membuat akun dan juga mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Semua pemberi dan pencari kerja di aplikasi ini tidak akan dikenakan biaya tambahan dalam menikmati seluruh fitur.  Walaupun demikian, para pekerja freelancer tetap akan mendapatkan bayaran setelah dikurangi sebesar 17% sebagai biaya layanan.

Bila fee yang diperoleh dikenakan pajak oleh si pemberi pekerjaan, maka jasa layanan nantinya akan dihitung dari 97% yang diterima oleh pihak freelancer.

Saat ini, Fastwork sudah berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan UMKM dan perusahaan startup yang menjadi calon pelanggan Anda.

Baca juga: Tantangan Kerja Remote dan Cara Mengatasinya

2. Linkedin Jobs

Sebagian besar dari Anda pasti sudah sangat akrab dengan LinkedIn. Salah satu media sosial ini dibuat untuk para pengguna yang sudah profesional agar bisa memperkenalkan dirinya ke calon mitra, perusahaan, atau sebaliknya.

Dalam situs ini, Anda tidak hanya bisa menampilkan profil diri Anda secara profesional, namun juga bisa mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan skill Anda.

LinkedIn juga memiliki fitur LinkedIn Jobs yang mampu menawarkan lebih dari 460 ribu lowongan pekerjaan freelance yang bisa Anda coba. Bila Anda memang sudah memiliki akun Linkedin, maka Anda bisa secara langsung menggunakan akun Anda atau melamar melalui situs resmi perusahaan yang Anda inginkan.

3. Freelancer

Situs freelance ini mampu memberikan fasilitas pada para pemilik bisnis yang memerlukan pekerja untuk membantu menyelesaikan proyek yang dimilikinya. Sebagai seorang freelance, Anda bisa mengambil beberapa penawaran secara bersamaan.

Pemilik proyek atau pebisnis nantinya bisa menelusuri profil para pekerja yang mendaftar dan mereka akan memilih pekerja freelance yang sesuai dengan kriteria bisnisnya. Situs freelancer mampu menyediakan berbagai informasi pekerjaan yang bisa dikerjakan secara daring atau online.

Jadi, walaupun Anda sedang berada di rumah, Anda bisa memperoleh pendapatan yang terbilang cukup. Bila Anda ingin mencari pekerjaan di situs ini, maka Anda harus melengkapi halaman profil dengan tepat dan memasang portofolio yang menarik.

Tingkat validasi data dari diri pelamar ataupun instansi yang membuka lowongan kerja akan sangat penting bagi keamanan seluruh pihak. Untuk itu, situs ini menjadi informasi lowongan pekerjaan dengan sistem freelance yang juga menggaris bawahi hal itu sendiri.

Setiap anggota yang mendaftar di akun sebagai pemilik instansi atau calon pelamar harus bisa memenuhi data secara lengkap dan valid sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Selain itu, situs ini juga mempunyai halaman pameran yang dibuat khusus untuk Anda yang ingin memamerkan karya Anda sebagai daya tarik bagi si pemberi kerja.

4. Sribulancer

Sribulancer hampir sama dengan situs Freelancer, yang mampu mempertemukan klien atau pebisnis dengan para freelancer.

Situs freelance ini dirilis pertama kali pada bulan September 2014 dan langsung menjadi salah satu situs job marketplace bagi para freelancer Indonesia. Di dalamnya, situs ini mampu menawarkan berbagai jenis lowongan pekerjaan, mulai dari desain grafis, desain web, penulis artikel, pemrograman, penerjemahan, dll.

Di dalam situsnya tersebut, Sribulancer mengatakan sudah mempunyai lebih dari 188000 freelancer yang sudah terdaftar dan 770 proyek yang dipasang oleh beragam jenis perusahaan maupun individu.

Sribulancer mengaplikasikan pembayaran via transfer bank, yang mana setiap klien harus melakukan pembayaran ke dalam rekening sribulancer yang berperan sebagai akun rekber atau rekening bersama.  Tentunya hal ini sesuai dengan pasar Indonesia yang mana sebagian besar penduduknya banyak yang belum mempunyai kartu kredit.

Terdapat setidaknya delapan jenis kategori pekerjaan yang bisa Anda pilih dalam situs freelance ini, yaitu website dan pengembangan, pengembangan aplikasi mobile, penulisan, desain dan multimedia, bisnis dan pemasaran online, entry data, penerjemah, serta konsultasi hukum.

Bila Anda memerlukan penawaran pekerjaan dan sudah berhasil menyelesaikannya, maka Anda bisa bayaran Anda dengan menggunakan sistem EveryDay Payout yang bisa Anda ajukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan tanggal cut off yang sebelumnya sudah ditentukan

Pembayaran ini nantinya akan dikirim melalui rekening aktif yang sebelumnya sudah Anda daftarkan. Situs freelance ini akan mengenakan biaya komisi sebesar 10% dari seluruh penawaran yang diterima oleh pihak freelancer.

5. Ruangguru

Bila Anda adalah seorang tenaga pengajar dan ingin memperoleh dana tambahan, maka aplikasi Ruangguru adalah tempat yang tepat. Aplikasi ini sudah bekerjasama dengan lebih dari 80% pemerintahan provinsi di Indonesia untuk bisa agar mampu memberikan pendidikan yang lebih berkualitas dengan cara Sistem Manajemen Belajar (LMS)

Sebagai seorang guru Freelance, nantinya Anda akan bisa mengelola kelas secara digital dan juga memberikan tugas serta pengarahan secara online. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan materi pembelajaran yang sudah disiapkan oleh Ruangguru ataupun oleh tenaga pengajar lainnya.

6. iWriter

Bila Anda ingin menulis artikel dan dibayar menggunakan mata uang Dollar, silahkan kunjungi iWriter. Situs freelancer ini mampu mempertemukan para penulis dengan mereka yang memerlukan konten artikel.

iWriter adalah situs freelance online yang dibuat khusus untuk para freelance writer. Nantinya juga mereka akan mendapatkan bayaran dalam kurs Dollar Amerika yang besarnya akan sama sesuai dengan kuantitas dan kualitasnya.

Bedanya, dalam situs freelance ini Anda diharuskan memperoleh persetujuan terlebih dahulu oleh pihak pemberi kerja sebelum mulai mengerjakan proyek.

Selain itu, situs freelance ini juga mengharuskan Anda untuk diterima terlebih dahulu oleh pihak pemberi kerja. Kelebihan yang dimiliki oleh situs ini adalah mampu menyediakan platform yang bisa dengan mudah digunakan oleh freelancer dalam mempromosikan kemampuan menulisnya sesuai dengan kriteria yang dimiliki perusahaan.

7. GetCraft

Situs freelance selanjutnya adalah GetCraft. Situs ini sebenarnya tidak mengklaim bahwa dirinya adalah situs yang fokus dalam memfasilitasi para freelance, karena di dalamnya banyak pekerjaan yang memerlukan kerja sama atau kolaborasi secara langsung.

Tapi tetap saja, di dalamnya banyak juga pekerjaan yang sifatnya freelancer. Beberapa pekerjaan ataupun jasa yang ditawarkan dalam situs ini adalah researcher, marketing, fotografer, tech specialist, penulis, editor, desainer, video editor, dan kerja sama dengan para media tv, radio, atau media cetak.

8. Projects.co.id

Situs freelance ini termasuk situs yang sangat terkenal di Indonesia. Di dalamnya, Anda bisa menemukan banyak sekali jenis pekerjaan freelance dari berbagai jenis bidang pekerjaan, seperti media sosial, desain, programming, sampai penulisan artikel.

Di dalamnya juga Anda bisa melakukan transaksi jual-beli produk. Umumnya, produk yang dijual berbentuk buku elektronik, template website, atau berbagai produk lainnya.

Situs freelance ini juga memiliki program affiliate referral yang mampu memberikan komisi pada Anda bila ada orang yang melakukan pendaftaran atau melakukan transaksi melalui link yang sudah Anda berikan.

Sebagai salah satu situs freelance terkenal di Indonesia, peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda bisa ditemukan dengan mudah di sini.

9. Sribu

Pada dasarnya Sribu adalah situs freelance yang masih daru manajemen dengan situs Sribulancer. Bedanya, Sribu hanya fokus dalam menawarkan jasa freelance desain grafis saja.

Sehingga, situs freelance ini sangat cocok untuk para desainer pemula atau yang sudah ahli dalam membuat karya desain. Pekerjaan desain yang bisa Anda temukan di dalamnya sangat banyak, mulai dari desain logo, hingga desain interior.

Didalamnya juga terdapat sistem kontes untuk menampilkan hasil karya ke pemilik proyek. Dari kontes ini, Anda bisa menambahkan portofolio Anda. Bila si klien tertarik, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dan hadiah yang menggiurkan.

10. Fiverr

Fiverr adalah salah satu situs freelance internasional dan mempunyai sistem kerja yang menarik dari situs freelance pada umumnya. Pada situs ini, setiap freelancer akan mengumumkan atau mencari klien. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan promosi dan mendaftar. Anda hanya harus membuat pengumuman di Fiverr dan klien pun akan menghubungi Anda.

Tingkat keamanannya pun sangat terjaga, karena Fiverr adalah salah satu situs yang mampu menghargai privasi para penggunanya. Bila ada kebocoran data, maka fitur keamanan canggih yang ada pada situs ini akan berjalan. Sehingga, pertukaran data akan terjamin aman.

Baca juga: Ingin Mempelajari Keterampilan Baru? Berikut 5 Langkahnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang rekomendasi situs Freelance. Ke sepuluh situs freelance di atas adalah situs freelance yang banyak digunakan oleh para freelancer dan terbukti mampu memberikan penghasilan yang lumayan. Bila Anda menemukan situs freelance lainnya, Anda bisa menggunakan dan membagikannya juga pada mereka yang sedang mencari rekomendasi situs freelance.

Namun, hal penting yang harus Anda perhatikan saat menjadi seorang freelancer adalah mengelola keuangan dengan baik. Untuk itu, catatlah setiap pemasukan yang Anda dapatkan dan kelola keuangan Anda dengan benar, bila perlu gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Software akuntansi ini sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena mampu menyediakan laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat dan mudah di akses di mana saja.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai fitur yang mampu membantu para pebisnis dalam mengelola usahanya, seperti fitur penjualan, pembelian, perpajakkan, persediaan, dll. Accurate Online sangat cocok digunakan oleh pebisnis kecil seperti UMKM hingga pebisnis berskala besar.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1