Ingin Mempelajari Keterampilan Baru? Berikut 5 Langkahnya

Mempelajari keterampilan baru membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, ketika Anda berkomitmen untuk mempelajari sesuatu yang baru, Anda dapat meningkatkan peluang untuk kemajuan karier, memperluas jaringan profesional, dan meningkatkan basis pengetahuan Anda.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi pentingnya mempelajari keterampilan baru, cara mempelajari keterampilan baru, dan beberapa tips untuk membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran Anda.

Mengapa Penting Mempelajari Keterampilan Baru?

Mempelajari keterampilan baru dapat sangat bermanfaat bagi karier Anda karena dapat membantu Anda memposisikan diri untuk mengambil proyek baru dan memanfaatkan pengetahuan baru untuk maju.

Menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk mempelajari hal-hal baru juga dapat menunjukkan kepada atasan bahwa Anda menghargai komitmen Anda terhadap karier dan perusahaan mereka.

Mempelajari skill baru juga dapat membawa Anda ke bidang karier yang mungkin belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya. Misalnya, jika Anda mempelajari keterampilan layanan pelanggan baru, Anda kemudian dapat lebih cocok untuk posisi tingkat yang lebih tinggi dalam penjualan, periklanan, dan peran terkait.

Cara Mempelajari Keterampilan Baru dengan Cepat

Anda tahu Anda ingin mempelajari keterampilan baru, tetapi Anda ingin mempelajarinya dengan cepat sehingga Anda dapat mulai menuai manfaatnya. Gunakan langkah-langkah ini untuk sampai ke sana lebih cepat:

1. Tetapkan tujuan belajar Anda

Langkah pertama untuk memperoleh keterampilan baru dengan cepat adalah menetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Misalnya, jika Anda ingin mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum, tujuan pembelajaran Anda mungkin adalah menguasai keterampilan penting untuk menyampaikan pidato yang berdampak dan menarik. Setelah Anda menetapkan tujuan pembelajaran, Anda dapat membuat pendekatan untuk mempelajari keterampilan baru.

2. Petakan keahlian Anda

Selanjutnya, petakan dan sederhanakan keterampilan utama Anda menjadi sub-keterampilan terpisah yang mencakup keseluruhan keterampilan. Misalnya, jika Anda ingin mempelajari keterampilan teknologi baru, Anda dapat membuat daftar semua keterampilan yang lebih kecil dan terpisah untuk dikuasai seperti mengetik, membuat dokumen, atau mengompresi file untuk dikirim melalui email.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Untuk Pemula

3. Identifikasi hambatan potensial

Setelah menemukan metode terbaik untuk mendekati pembelajaran Anda, Anda harus mengidentifikasi hambatan atau tantangan potensial untuk mempelajari keterampilan ini.

Buat daftar hambatan ini—seperti keuangan, waktu, atau perjalanan—lalu, perkenalkan daftar motivasi untuk mempelajari keterampilan baru ini—seperti kemajuan karier, lebih banyak uang, atau kefasihan dalam bahasa kedua untuk perjalanan internasional.

Dengan melihat keduanya diuraikan bersama-sama, Anda dapat menentukan bagaimana membuat pengembangan Anda lebih mudah diakses dan realistis.

4. Terapkan aturan “80/20”

Aturan ’80/20′ mengacu pada gagasan bahwa 20% dari pendekatan pembelajaran yang Anda identifikasi dan gunakan dapat mengarah pada pencapaian 80% dari tujuan Anda.

Jadi, jika tujuan Anda adalah menguasai keterampilan komunikasi yang penting, aturan “80/20” menyiratkan bahwa Anda dapat menguasai 20% sub-keterampilan komunikasi (seperti meningkatkan nada, menggunakan kosa kata profesional dalam pesan tertulis atau belajar menafsirkan bahasa tubuh) untuk menguasai 80% dari keseluruhan keterampilan komunikasi Anda.

5. Fokus pada satu keterampilan pada satu waktu

Akhirnya, saat Anda semakin berkembang dalam mempelajari keterampilan baru, fokuslah pada satu sub-keterampilan pada satu waktu. Mengambil keahlian baru seringkali bisa sangat melelahkan, tetapi dengan memisahkannya menjadi peningkatan kecil yang dapat dicapai, Anda dapat memotong secara metodis untuk mewujudkan keseluruhannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Tantangan dalam Mempelajari Keterampilan Baru?

Saat Anda membuat komitmen untuk mempelajari skill baru, Anda mungkin menghadapi berbagai hambatan atau tantangan untuk mencapai tujuan pembelajaran Anda. Inilah cara menangani tantangan di sepanjang jalan:

Identifikasi masalah atau hambatan

Langkah pertama Anda dalam mengatasi tantangan untuk mempelajari keterampilan baru adalah mengidentifikasi hambatan atau masalah yang memengaruhi kemajuan Anda.

Misalnya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengevaluasi emosi atau motivasi Anda secara keseluruhan untuk mempelajari keterampilan baru. Motivasi Anda untuk mempelajari skill baru mungkin untuk memajukan karir Anda atau untuk mendapatkan kredensial tambahan.

Demikian pula, mungkin ada tantangan untuk melakukannya seperti keuangan, komitmen waktu atau hambatan lain yang dirasakan yang dapat Anda identifikasi sebagai langkah pertama untuk mengatasinya.

Baca juga: 12 Strategi Komunikasi yang Efektif Untuk Digunakan di Tempat Kerja

Prioritaskan pengembangan pribadi

Mengatasi tantangan untuk pembelajaran Anda juga dapat berarti memprioritaskan pengembangan pribadi Anda. Ini mungkin berarti menyisihkan waktu untuk berlatih atau mempelajari keterampilan Anda atau mencari peluang untuk memajukan kemajuan Anda.

Menjadikan pengembangan pribadi Anda sebagai prioritas utama dapat membantu Anda saat mempelajari keterampilan baru.

Tetapkan lebih banyak tujuan jangka panjang

Ketika Anda mempelajari keterampilan baru, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menetapkan lebih banyak tujuan jangka panjang daripada tujuan jangka pendek.

Sementara tujuan jangka pendek dapat membantu Anda memantau kemajuan Anda, berfokus pada hasil Anda sebagai tujuan jangka panjang dapat membantu Anda mempelajari pendekatan yang berbeda untuk mengatasi tantangan dan memotivasi Anda bahkan ketika Anda menemukan hambatan.

Temukan kesempatan untuk berlatih

Carilah lebih banyak kesempatan untuk mempraktikkan keahlian yang Anda pelajari. Misalnya, jika tujuan Anda adalah mempelajari cara baru untuk berkomunikasi atau memulai percakapan dengan orang lain, Anda mungkin berpikir untuk menjadi sukarelawan di pusat komunitas.

Atau jika Anda ingin mempelajari keterampilan pengasuhan anak yang penting, Anda dapat menjadi sukarelawan di fasilitas panti asuhan, sekolah, atautaman kanak kanak.

Semakin banyak kesempatan yang Anda miliki untuk mempraktekkan apa yang Anda pelajari, semakin banyak peluang sukses yang akan Anda miliki dalam mencapai tujuan Anda.

Cari sumber daya tambahan

Cari alat dan sumber daya tambahan untuk membantu Anda mempelajari keterampilan Anda.

Misalnya, jika Anda mempelajari keterampilan komputer baru, Anda dapat mempertimbangkan untuk membaca buku perpustakaan tentang topik tersebut untuk membantu Anda belajar, atau Anda dapat bergabung dengan kelompok komunitas untuk mempelajari keterampilan komputer dan mengetik di pusat komunitas lokal atau online.

Menemukan cara tambahan untuk membantu kemajuan Anda bisa sangat efektif untuk mengatasi hambatan belajar.

Gunakan kesalahan sebagai alat belajar

Membuat kesalahan bisa menjadi alat yang bermanfaat untuk belajar. Saat Anda melatih keterampilan Anda, Anda mungkin membuat kesalahan, tetapi mempelajari apa yang tidak boleh dilakukan di lain waktu membuat Anda semakin dekat dengan tujuan Anda.

Misalnya, mempelajari bahasa pemrograman baru sebagai pengembang perangkat lunak dapat menyebabkan kesalahan kecil di sepanjang jalan, seperti kode yang salah atau pelajaran yang terlupakan.

Menggunakan kesalahan ini sebagai alat dapat membantu Anda mencari tahu di mana kesalahan Anda, elemen apa yang harus diperbaiki, dan bahkan mungkin wawasan tentang pendekatan Anda selanjutnya.

Baca juga: Cara Membuat Rencana Karir dalam 8 Langkah

Tips untuk Mempelajari Keterampilan Baru dengan Cepat

Mempelajari keterampilan baru membutuhkan waktu dan kesabaran, serta motivasi untuk berhasil. Pertimbangkan tips-tips berikut untuk membantu memandu Anda saat mempelajari keterampilan baru.

  • Bersabarlah dengan diri sendiri: Karena perlu waktu dan konsistensi untuk mempelajari seperangkat keterampilan baru dengan baik, tetap sabar dengan kemajuan Anda dapat membantu Anda tetap termotivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran Anda, bahkan jika Anda menghadapi tantangan.
  • Catat pembelajaran Anda: Pertimbangkan untuk mendokumentasikan kemajuan Anda saat Anda mencapai tujuan pembelajaran Anda untuk mengukur dan memantau kemajuan Anda. Ini akan menunjukkan kepada Anda seberapa jauh Anda telah datang serta memungkinkan Anda untuk menguji diri sendiri tentang konsep yang sudah dikuasai.
  • Manfaatkan sumber daya: Teliti berbagai pendekatan untuk menguasai keterampilan dengan membaca panduan online, berkomunikasi dengan orang lain di forum online, atau bergabung dengan sekelompok profesional yang mempelajari keterampilan yang sama.
  • Evaluasi keterampilan baru Anda: Salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan keterampilan baru Anda adalah dengan terus-menerus berlatih dan mengevaluasi apa yang telah Anda pelajari. Misalnya, Anda dapat melatih keterampilan komunikasi Anda dengan melakukan percakapan dengan orang baru atau Anda mungkin mengambil penilaian diri mingguan untuk menguji keterampilan teknologi baru Anda.

Baca juga: Cara Hemat Kuota Internet Untuk Meeting Online Di Kala Pandemi

Kesimpulan

Memilik keterampilan yang Anda impikan adalah suatu tujuan jangka panjang, dan menguasai keterampilan tersebut memang bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran dan kemauan untuk terus belajar agar ketrampilan tersebut bisa Anda gunakan dengan optimal dan mendukung apa yang Anda mau.

JIka Anda adalah seorang pemilik bisins dan sedang mencari solusi pembukuan yang mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pembukuan yang lebih baik.

Accurate Onine adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dengan harga terjangkau dan cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, membuat laporan keuangan, mencatat penjualan di marketplace secara otomatis, pengelolaan dan pembayaran perpajakan langsung dari aplikasi, dan masih banyak lagi.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah