6 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Untuk Pemula

Apakah Anda tahu kenapa saat ini banyak orang yang menggemari TikTok? Selain bisa digunakan sebagai ajang seru-seruan, ada juga cara mendapatkan uang dari TikTok. Sudah banyak orang yang familiar dengan adanya TikTok, mulai dari anak-anak hingga orang tua, dan hal ini terjadi di seluruh negara.

Hal ini dikarenakan para pengguna TikTok bisa menggunakan platform media sosial ini untuk memperoleh keuntungan. Tercatat ada enam cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda manfaatkan.

Tertarik? Ayo baca artikel tentang TikTok ini hingga selesai.

Apa Itu TikTok?

Pada dasarnya, TikTok adalah suatu platform media sosial yang mana para penggunanya bisa merekam video singkat dengan diiringi musik di dalamnya.

Pada awalnya, aplikasi TikTok memiliki nama Douyin, yang diterbitkan oleh perusahaan asal China bernama ByteDance di tahun 2016 lalu. Lalu, dalam kurun waktu satu tahun, Douyin mempunyai kurang lebih 100 juta pengguna di negeri asalnya.

Dengan keberhasilannya tersebut, maka Douyin melakukan rebranding dan mengganti nama aplikasinya menjadi TikTok. Tujuan utamanya adalah agar bisa lebih diterima oleh para pengguna di seluruh negara. Upaya ini pun berhasil. Dilansir dari laman wallaroomedia, saat ini TikTok sudah memiliki kurang lebih satu miliar pengguna aktif di seluruh negara.

Untuk di Indonesia sendiri, mulanya TikTok dianggap remeh, bahkan banyak yang menyebutnya sebagai aplikasi alay, dan di tahun 2018 lalu bahkan sempat di blokir oleh pihak Kominfo.

Tapi, saat ini TikTok pun mampu bersinar kembali sejak awal mula pandemi. Bersumber dari laman businessofapps, pengguna aplikasi TikTok di Indonesia mencapai 22,2 juta. Inilah salah satu faktor penyebab kenapa aplikasi TikTok semakin favorit, peluang untuk menghasilkan uang di TikTok pun sangat besar.

Baca juga: Cara Hemat Kuota Internet Untuk Meeting Online Di Kala Pandemi

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Berbeda dengan aplikasi video YouTube yang mampu memberikan penghasilan dengan AdSense nya, aplikasi TikTok tidak memberikan bayaran pada pengguna karena ads yang dipasang pada akunnya. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok?

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok. Untuk Anda yang memiliki akun perusahaan, akun personal, ataupun akun pemula, beberapa cara yang bisa Anda lakukan secara efektif adalah dengan sponsored content pos, donasi atau payout coin, memasang jasa TikTok manager, jual beli akun TikTok, TikTok marketing, dan influencer marketing.

1. Sponsored Content Post

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama adalah Anda bertindak sebagai influencer TikTok yang bertugas dalam mempromosikan suatu brand tertentu.

Umumnya, pihak agensi ataupun brand perusahaan akan memantau jumlah followers, like, dan tayangan video agar bisa mengukur tingkat engagement kreator konten di aplikasi TikTok.

Dari hal ini, mereka akan melihat apakah followers Anda sesuai dengan target market brand tersebut. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang memang sudah mempunyai followers ribuan ataupun jutaan. Untuk itu, sebelum menerima tawaran sponsored content pos, terlebih dahulu Anda harus meningkatkan jumlah followers Anda.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menemukan niche konten, mengunggah video menarik, konsisten, optimasi profile, mengikuti challenge yang sedang viral, kolaborasi dengan pengguna lain, unggah konten di media sosial lain, dan unggah di waktu-waktu tertentu atau prime time.

2. Donasi atau Payout Coins

Terdapat banyak sekali cara mendapatkan uang dari TikTok ketika Anda sudah memiliki banyak followers. Salah satunya adalah dengan donasi yang diberikan oleh para followers ketika ANda melakukan live streaming di TikTok.

Konsep yang dihadirkan sebenarnya hampir sama dengan Likee atau Twicht, ketika melakukan live streaming, TikTok memungkinkan setiap penonton Anda untuk memberikan suatu hadiah berupa stiker gift yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.

Umumnya, stiker ini hanya akan dikirim oleh mereka untuk menghargai usaha Anda dalam memberikan konten TikTok yang menarik. Untuk itu, berusahalah untuk membuat konten yang berguna dan unik.

Lantas, kenapa stiker tersebut bisa ditukar dengan uang? Karena setiap followers juga harus membeli stiker tersebut.

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara mendapatkan uang dari tiktok yang ketiga adalah dengan menjadi seorang TikTok Manager. Caranya, Anda harus mengelola akun TikTok miliki seseorang atau perusahaan agar bisa berkembang dengan pesar.

Umumnya, tugas jasa pengelolaan akun ini mencakup meningkatkan jumlah interaksi,  jumlah tayangan video dan engagement. Selain itu, tugas lainnya adalah mengatur strategi konten marketing dengan baik, mengembangkan ide kreatif, dan mengelola adanya tawaran kerjasama.

Cara yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sebelumnya memang sudah paham tentang seluk beluk dunia pemasaran. Di dalam aplikasi ini, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan viral dalam kurun waktu satu malam saja.

4. Jual Beli Akun TikTok

Bila Anda memang sudah mahir dalam menciptakan engagement dengan para followers, maka cara mendapatkan uang dari TikTok secara ampuh adalah dengan jual beli akun TikTok.

Konsepnya sangat sederhana, Anda hanya perlu membuat akun dengan minat topik khusus, tingkatkan follower, like, jumlah tayang dan engagement. Selanjutnya, ciptakan komunitas dengan peminat yang serupa, bila akun Anda sudah besar maka Anda bisa menjualnya ke perusahaan yang bergerak pada bidang yang sama.

Cara ini bisa menghasilkan keuntungan besar karena target promosi yang didapatkan oleh brand atau perusahaan adalah mereka yang memang mempunyai minat yang sama dengan bidang bisnis mereka.

Sementara itu, Anda sudah berhasil membuat akun yang sudah dilengkapi dengan followers kebutuhan perusahaan. Jadi, Anda seperti sudah membantu brand dengan target market mereka untuk saling bertemu.

cara yang satu ini sudah banyak dilakukan, karena masih belum banyak brand yang mampu mengelola akun dari nol. Terlebih lagi, Anda bisa membuat akun sebanyak apapun yang Anda inginkan.

Anda juga bisa melakukan eksperimen dengan cara membangun community marketing dan juga mengelola akun tersebut dengan topik-topik khusus ataupun minat. Sehingga, nantinya akan semakin banyak akun yang bisa Anda juga.

5. TikTok Marketing

TikTok marketing sangat cocok untuk para pebisnis yang ingin menarik dan menjangkau konsumen dari aplikasi TikTok. Caranya adalah dengan melakukan TikTok Ads.

Hampir sama dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok ads juga mempunyai algoritma tertentu yang mampu membantu ikan Anda dilihat oleh sasaran yang memang Anda inginkan.

Contohnya, Anda bergerak pada bisnis fashion, maka iklan Anda akan muncul pada pengguna yang memiliki minat terhadap fashion. Hal ini terjadi karena TikTok mampu merekam seluruh riwayat tontonan video pengguna dan memberikan iklan secara lebih personal.

Selain akan menargetkan ke pengguna yang tepat, secara rutin algoritma TikTok Ads juga akan melakukan remarketing. Sehingga, iklan Anda juga nantinya akan dimunculkan lagi pada mereka yang sudah melakukan interaksi dengan iklan sebelumnya.

Cara ini akan membuat audiens lebih akrab dengan brand Anda membuat mereka lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

6. Agensi Influencer

Agensi influencer adalah suatu cara yang mampu menghubungkan brand yang ingin melakukan iklan dengan pihak influencer TikTok. Umumnya, agensi ini bertindak sebagai koordinator, perantara, sampai manajemen perjanjian iklan. Contohnya adalah seperti mencari influencer yang sesuai, mengatur konsep iklan TikTok yang efektif, hingga mengelola bentuk kerja sama.

TikTok sendiri sebenarnya sudah mempunyai tempat khusus yang disebut dengan creator marketplace. Di tempat ini, terdapat fitur detail yang memungkinkan brand bisa bekerjasama dengan influencer pilihannya.

Tapi, biaya yang harus dikeluarkan sangat banyak, karena didalamnya harus dibagi dengan pihak influencer, produksi konten, hingga komisi untuk TikTok.

Nah, dalam hal ini Anda bisa mencuri kesempatan dengan memberikan bandrol harga yang lebih terjangkau daripada yang ditawarkan oleh TikTok. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang sudah mengantongi skill content marketing dan juga video marketing.

Lebih menariknya lagi, agensi influencer di Indonesia masih sangat jarang. Nah, dengan banyaknya pengguna TikTok saat ini, maka peluang untuk membuka agensi influencer pun terbuka luas.

Baca juga: Tiktok Ads: Jenis, Pengertian dan Tips Efektif Memaksimalkannya

Penutup

Sebenarnya, setiap platform media sosial bisa Anda maksimalkan untuk memperoleh keuntungan, pun sama halnya dengan TikTok.

Keenam cara mendapatkan uang dari TikTok di atas bisa Anda gunakan. Untuk bisa memonetisasi akun TikTok Anda, tentukanlah niche akun yang tepat, atur target follower, optimasi konten, dan mulailah meningkatkan follower. Selanjutnya, Anda bisa tentukan sendiri mau seberapa besar keuntungan yang bisa Anda raih dari TikTok.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat keuntungan tersebut di laporan laba rugi. Kenapa? karena laporan ini akan sangat menentukan tingkat pendapatan bisnis yang Anda lakukan. Selain itu, salah satu jenis laporan keuangan ini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi.

Bila Anda kesulitan untuk membuat laporan laba rugi atau tidak memiliki waktu yang tepat untuk membuatnya, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, kegiatan akuntansi bukan lagi hal yang mengerikan. Kenapa? karena Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan tepat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mendapatkan uang dari tiktok.

Penasaran? Silahkan coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tombol tautan di bawah ini.