Cara Hemat Kuota Internet untuk Meeting Online di Kala Pandemi

Pandemi Covid-19 sudah memaksa kita untuk meminimalisir intensitas untuk bertatap muka secara langsung. Sebagai ganti untuk melakukan kegiatan tersebut, maka ada banyak sekali aktivitas yang dilakukan secara online, baik itu kegiatan belajar ataupun pekerjaan kantoran. Sehingga banyak yang mencari cara hemat kuota untuk melakukan hal tersebut.

Kenapa? karena kondisi ini mewajibkan setiap pekerja dan para pelajar untuk memiliki akses internet yang cukup agar bisa mengikuti kegiatan secara online. Salah satu hal yang sudah pasti banyak dibutuhkan adalah kuota internet. Pasalnya tingkat penggunaannya yang hampir setiap hari, maka keperluan kuota internet ini harus diperhatikan dengan baik.

Nah, agar kuota Anda bisa terus terjaga hemat, maka dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan cara hemat kuota untuk meeting online dan juga belajar di kala pandemi.

Cara Hemat Kuota Internet paling Ampuh

1. Hindari Kualitas HD

Cara hemat kuota internet pertama yang bisa Anda lakukan di kala meeting online ataupun belajar adalah dengan menonaktifkan kualitas HD . Resolusi HD memang mampu memberikan hasil tampilan yang sangat jernih, namun harus Anda ketahui bahwa kuota data yang dibutuhkan pun sangat banyak.

Cara untuk menonaktifkan kualitas HD ini juga sangat sederhana. Anda hanya perlu klik setting ataupun pengaturan pada aplikasi meeting online, klik pilihan video, lalu di bagian “my video”, silahkan hilangkan centang opsi ‘enable HD’. Cara ini khusus untuk aplikasi zoom meeting. Namun, aplikasi lainnya pun kurang lebih hampir sama.

2. Mengaktifkan Mikrofon Hanya Saat Dibutuhkan

Saat Anda tidak dibutuhkan untuk berbicara, maka matikanlah mikrofon Anda. Hal ini bisa menjadi cara hemat kuota selanjutnya. Karena, Anda bisa meminimalisir penggunaan bandwidth yang dikeluarkan dan juga bisa menekan suara bising yang kemungkinan masuk di video.

Cara untuk mematikan video pun sangat mudah, Anda hanya harus klik gambar mikrofon ataupun speaker yang ada pada tampilan layar aplikasi meeting online yang sedang Anda gunakan. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal klik gambar tersebut lagi.

Tak perlu bingung bagaimana cara menonaktifkan mikrofon. Anda hanya perlu mengklik gambar mikrofon atau speaker yang terdapat pada tampilan layar aplikasi meeting online yang digunakan. Jika ingin mengaktifkannya, maka Anda cukup dengan meng-klik-nya lagi.

3. Mematikan Kamera

Saat Anda diberikan izin untuk mematikan kamera atau tidak memperlihatkan wajah Anda, maka hal ini harus Anda syukuri. Kenapa? karena ini bisa menjadi cara hemat kuota Anda. Umumnya, kegiatan meeting hanya fokus pada suara narasumber saja. Setiap peserta di dalamnya hanya cukup mendengar dan menyimak apa yang disampaikan oleh narasumber tersebut saja.

Bila Anda ingin mematikan kamera, Anda hanya harus klik gambar kemera yang terdapat di layar monitor Anda. bila Anda ingin berbicara ataupun bertanya, Anda tinggal klik gambar kamera lagi, dan wajah Anda pun akan langsung terlihat.

4. Share Screen Saat Dibutuhkan

Fitur share screen yang terdapat di dalam aplikasi meeting online terkadang memang harus Anda aktifkan. Tapi, umumnya hal ini diperlukan saat Anda ingin melakukan presentasi ataupun menjelaskan sesuatu yang membutuhkan gambar ataupun tampilan yang mendukung saja.

Nah, Anda bisa mengaktifkan ini saat diperlukan saja sebagai cara hemat kuota Anda. Jika Anda sudah selesai melakukan presentasi, maka Anda bisa mematikan fitur ini lagi.

5. Memanfaatkan Platform Dokumen Online

Saat sedang melakukan meeting online dan harus membagikan dokumen, maka Anda bisa menggunakan platform dokumen online. Hal ini bisa Anda jadikan cara hemat kuota selanjutnya. Beberapa platform yang bisa Anda manfaatkan adalah google drive, onedrive, dan masih banyak lagi.

6. Aktifkan Reminder Pemakaian Kuota

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena saat kita sedang asyik-asyiknya mengikuti kegiatan meeting, terkadang kita tidak menyadari berapa banyak kuota yang sudah kita gunakan. Dengan adanya fitur reminder ini,  maka setiap orang bisa melakukan cara hemat kuota nya sendiri.

Cara ini sebenarnya lebih cocok digunakan di luar aktivitas meeting online saja. Jadi, Anda bisa melakukan pengaturan pada seberapa banyak kuota yang sudah Anda habiskan dalam sehari. Sehingga, penggunaan kuota pun bisa lebih terkontrol dan tidak habis dengan cepat.

7. Kurangi Penggunaan Data Lain

Cara hemat kuota yang satu ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Umumnya, kebanyakan dari kita sering melakukan meeting online sambil membuka aplikasi lain yang ada di handphone kita, mulai dari sosial media, games, atau streaming lagi. Padahal, kegiatan seperti ini bisa membuat kuota jadi lebih cepat habis.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari penggunaan data lain saat sedang melakukan meeting online agar kuota Anda tidak boros. Selain itu, hindari juga mendownload suatu file dengan ukuran yang sangat besar.

8. Nonaktifkan Virtual Background

Saat sedang melakukan meeting online, ada kalanya kita harus memanfaatkan fitur background layar yang sama dengan bentuk desain logo ataupun acara perusahaan. Kegiatan ini dilakukan agar setiap peserta terlihat lebih kompak dan juga lebih aesthetic. Padahal, penggunaan layar background ini memakan banyak kuota.

Oleh karena itu, jika memang tidak penting dan juga tidak ada himbauan yang mewajibkan Anda untuk menggunakan background layar virtual, maka ada baiknya untuk tidak mengaktifkan fitur ini.

9. Memilih Platform Video Conference yang Tepat

Meningkatkan kegiatan video conference membuat adanya pesan baru dalam hal pembuatan platform agar bisa melakukan online meeting dan webinar. Dari banyaknya platform yang ada pada saat ini, jangan sampai Anda salah memilih platform. Karena kesalahan memilih platform bisa membuat kuota Anda jadi boros.

Terdapat beberapa pilihan platform video conference yang sering sekali digunakan, seperti Zoom Meeting, Google Meet, U Meet Me, Skype, sampai Microsoft Teams. Namun, hanya sedikit aplikasi saja yang mampu menyediakan paket berlangganan yang mampu disesuaikan dengan keperluan individu.

10. Menyesuaikan Paket Berlangganan

Dari banyaknya platform yang tersedia saat ini, ada banyak platform yang mampu menghadirkan fitur tambahan berbeda daripada yang lainnya, salah satunya adalah CloudX dari Telkomsel. Anda bisa memperoleh platform ini dengan menggunakan paket kuota data untuk meeting online seharian.

11. Cek Paket Data Khusus Operator

Saat ini, beberapa operator telekomunikasi di Indonesia sudah menyediakan paket kuota internet dengan harga yang sangat terjangkau untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh. Tapi, akan lebih baik lagi bila kita mengendalikan penggunaan kuota internet di dalam perangkat smartphone kita.

12. Pakai Smartphone Dengan Fitur Hemat Kuota

Perangkat smartphone yang mampu melakukan pengendalian paket kuota internet saat ini masih sangat jarang. Namun dengan menggunakan smartphone ini, Anda bisa menghemat kuota Anda lebih efektif. Anda hanya perlu mengaturnya secara singkat dan cepat. Nantinya, Anda bisa memberikan batasan pemakaian data seluler saja.

13. Atur Limit Data (Kuota Internet) Bulanan di HP

Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa melakukan penyesuaian pada limit data bulanan dengan pengaturan “set monthly data limit” serta mengaktifkan fitur pemberitahuan “set monthly data warning” ketika data kuota internet sudah mencapai batasan yang diberikan. Sehingga, Anda bisa menghemat kuota secara lebih teratur.

14. Menghemat Kuota Internet Dengan Mode Data Saving

Cara hemat kuota terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan mode hemat daya pada data saving. Jika fitur ini Anda aktifkan, maka aplikasi yang bekerja di belakang layar tidak dapat menggunakan kuota data Anda ketika sedang melakukan meeting online.

Sementara itu, aplikasi meeting online yang sedang aktif bisa diatur untuk melakukan penghematan data secara otomatis, seperti dengan mengurang resolusi gambar.

Saat fitur ini sudah aktif, maka akan muncul ikon data saving yang berada pada status bar layar Anda. Selain itu, Anda juga tidak bisa menggunakan fungsi tethering atau berbagi koneksi internet Anda ke orang lain.

Baca juga: 12 Strategi Komunikasi yang Efektif Untuk Digunakan di Tempat Kerja

Penutup

Di era yang sudah serba digital dan mengharuskan kita membatasi kegiatan karena pandemi, kita harus lebih bijak dalam mengatur setiap pengeluaran, termasuk di dalamnya pembelian paket data.

Untuk perusahaan, pengeluaran pun harus bisa ditekan semaksimal mungkin agar bisa bertahan atau kalau bisa tumbuh berkembang walau sedang pandemi. Caranya adalah dengan menggunakan teknologi canggih yang mampu memberikan laporan keuangan secara cepat, mudah, dan akurat. Teknologi canggih tersebut adalah software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online lebih dari sekedar software akuntansi biasa. Accurate Online adalah software bisnis yang di dalamnya sudah terintegrasi dengan fungsi bisnis lainnya. Jadi, selain mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, Accurate Online juga menyediakan fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, kas dan bank, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.accurate 2 banner bawah