Ingin Menjadi Lebih Produktif? Ikuti Beberapa Tips Ini

Orang sering mencari untuk meningkatkan produktivitas mereka baik dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka. Menciptakan dan memelihara kebiasaan menjadi lebih produktif dapat berkontribusi pada peningkatan efisiensi di semua aspek kehidupan. Sementara produktivitas datang secara alami untuk beberapa orang lebih dari yang lain, ini adalah keterampilan yang setiap orang dapat mengembangkan dengan latihan.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu produktivitas, menjelaskan mengapa itu penting, dan memberikan langkah-langkah untuk meningkatkan produktivitas agar menjadi lebih produktif.

Apa itu Produktivitas?

Produktivitas adalah tingkat output dalam pengaturan pribadi atau profesional. Anda dapat mengukur produktivitas melalui kinerja, pembuatan produk, atau penyelesaian tugas.

Produktivitas sangat berharga baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi seseorang. Produktivitas profesional yang sangat baik dapat mengarah pada peningkatan tanggung jawab atau bahkan promosi. Produktivitas pribadi yang tinggi dapat menghasilkan lebih banyak waktu luang, menguasai keterampilan baru, atau menyelesaikan proyek jangka panjang.

Mengapa Produktivitas itu Penting?

Produktivitas adalah alat penilaian yang berharga. Mengukur produktivitas dapat membantu Anda menetapkan tingkat efisiensi secara keseluruhan dan menentukan praktik terbaik untuk meningkatkan tingkat produktivitas pribadi Anda.

Produktivitas yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan semangat kerja dan keuntungan yang lebih besar karena output produksi yang tinggi dan kepuasan pencapaian tujuan. Bagi sebagian orang, produktivitas datang secara alami, sementara bagi sebagian lainnya, ini adalah kesempatan untuk berkembang.

Baca juga: Ingin Menjadi Seorang Profesional? Pahami 15 Karakteristiknya

Bagaimana Cara Menjadi Lebih Produktif

Apakah Anda produktif secara alami atau tidak, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dengan beberapa alat, sumber daya, dan tip. Untuk meningkatkan produktivitas Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat daftar tugas

Mulailah dengan membuat daftar tugas dari tugas prioritas utama Anda. Pertimbangkan jumlah waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan sesuatu. Anda harus membuat daftar Anda dapat dikelola berdasarkan kerangka waktu Anda.

Daftar tugas mingguan dapat membantu Anda memprioritaskan tugas-tugas penting untuk setiap hari dalam seminggu dan membuat daftar Anda dapat dicapai setiap hari.

2. Buat tujuan kecil

Jika beberapa item dalam daftar tugas Anda adalah proyek besar seperti “membersihkan kantor” atau “menyelesaikan semua perbaikan”, bagi tugas tersebut menjadi langkah-langkah yang lebih kecil, yang lebih mudah dikelola. Daripada “membersihkan kantor”, tambahkan “laci meja kosong” ke daftar tugas hari Senin, “buka rak buku” untuk hari Selasa dan seterusnya selama seminggu.

3. Fokus pada satu tugas

Tetapkan batas waktu untuk setiap tugas di daftar tugas Anda. Fokus pada tugas itu secara eksklusif selama waktu yang ditentukan. Produktivitas jauh lebih tinggi ketika Anda mengerjakan satu proyek pada satu waktu.

Menetapkan batas waktu untuk setiap tugas dapat membantu Anda tetap produktif selama waktu kerja dan mengurangi keinginan untuk memulai tugas yang tidak terkait.

Baca juga: Sedang Mencari Situs Freelance? Ini 10 rekomendasinya!

4. Mengidentifikasi pola

Lacak pola Anda selama seminggu untuk melihat kapan Anda paling produktif di tugas mana. Kemudian ambil informasi itu untuk membantu menyusun waktu Anda secara efisien.

Misalnya, jika Anda menemukan menjawab email sebagai hal pertama di pagi hari memulai hari Anda dengan produktif, biasakan itu. Jika Anda paling fokus pada pekerjaan halaman setelah makan siang, sertakan itu dalam daftar tugas harian Anda pada saat yang bersamaan.

5. Delegasikan jika memungkinkan

Terkadang, lebih produktif untuk menyelesaikan tugas dengan tim. Jika Anda bisa, delegasikan tugas atau bagian dari proyek yang lebih besar kepada pemangku kepentingan lainnya.

Di tempat kerja, itu mungkin berarti meminta rekan kerja untuk mengelola pencatatan selama rapat. Di rumah, itu mungkin berarti memberi setiap anggota keluarga tugas-tugas khusus untuk diselesaikan.

6. Gunakan pengelola tugas

Pengelola tugas membantu Anda melacak daftar tugas Anda. Beberapa orang lebih suka membangun sendiri, menggunakan pengolah kata atau perangkat lunak spreadsheet. Yang lain lebih suka menggunakan aplikasi atau situs web yang didedikasikan untuk manajemen tugas. Apa pun preferensi Anda, pengelola tugas menghemat waktu dengan melacak item yang harus dilakukan untuk Anda dan membantu Anda tetap fokus saat bekerja.

7. Tentukan produktivitas tertinggi Anda

Biasanya, orang cenderung paling produktif dalam jangka waktu pendek setiap hari. Cari tahu apa jam produktivitas puncak Anda dan tetapkan tugas prioritas tertinggi Anda ke kerangka waktu itu setiap hari. Misalnya, Anda mungkin lebih produktif dan fokus setelah menghabiskan kopi pagi Anda. Dedikasikan waktu larut malam untuk tugas-tugas terpenting Anda.

Baca juga: Multitasking Adalah: Pengertian, Tips dan Peran Pentingnya Di Dunia Bisnis

8. Tetap fokus

Siapkan diri Anda untuk sukses dengan menciptakan ruang kerja yang ideal untuk item yang harus dilakukan. Bagi sebagian orang, itu mungkin berarti menghapus ponsel, TV, buku, atau gangguan lain dari area tersebut. Persiapkan ruang kerja Anda terlebih dahulu untuk menggunakan waktu Anda secara efektif.

9. Bersihkan ruang Anda

Area kerja yang rapi dan rapi memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas Anda saat ini dan daftar tugas secara keseluruhan. Jaga agar area kerja Anda tetap bersih dan kondusif untuk pekerjaan Anda.

10. Istirahat olahraga

Orang sering merasa lebih produktif dan menunjukkan fokus yang lebih baik setelah berolahraga. Pada titik-titik strategis di siang hari Anda, istirahat sejenak untuk berjalan-jalan, melakukan beberapa push-up atau bermain dengan anjing Anda. Setelah mengistirahatkan otak, Anda mungkin menemukan produktivitas dan fokus Anda telah meningkat.

11. Kelompokkan tugas Anda

Pertimbangkan urutan di mana Anda menyelesaikan tugas. Selesaikan tugas serupa satu demi satu untuk menjaga otak Anda tetap fokus. Misalnya, daripada menjawab email saat mereka masuk, berikan kerangka waktu yang ditetapkan untuk menjawab semua email. Periksa email Anda selama waktu email khusus hanya untuk memaksimalkan produktivitas Anda.

12. Temukan teman yang bertanggung jawab

Atur hubungan akuntabilitas dengan teman, anggota keluarga, atau kolega agar Anda tetap pada tugas. Periksa satu sama lain pada waktu yang ditentukan untuk pembaruan penyelesaian tugas, dorongan, dan saran untuk memfokuskan kembali jika diperlukan.

13. Buat sistem

Buat sistem yang meningkatkan efisiensi Anda. Misalnya, jika Anda mendapati diri Anda mengatur surat Anda di meja ruang makan dan membiarkannya menumpuk seiring waktu, letakkan baki surat di dinding di dekat pintu Anda dengan area yang berbeda untuk sampah, barang-barang pribadi, dan yang memerlukan tanggapan. Ini akan meningkatkan efisiensi dan mendeklarasikan rumah Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Pendengar yang Baik? Berikut 8 Tipsnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang cara menjadi lebih produktif dalam keseharian Anda. Pastikan juga Anda menggunakan sistem yang mendukung setiap produktivitas Anda menjadi lebih baik.

Jika Anda pemilik bisnis, daripada melakukan pembukuan manual yang memakan waktu dan mengurangi tingkat produktivitas, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pencatatan pembukuan yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan. Buat diri Anda lebih produktif dengan proses pembukuan yang lebih mudah dan praktis menggunakan Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan