10 Bisnis Waralaba Modal Kecil Dengan Untung Yang Besar

Di sekitar kita tentu banyak sekali usaha-usaha baru yang mulai dilirik orang. Tidak jarang juga usaha yang dijalankan orang ini memiliki cabang di berbagai tempat, dan bentuk bisnis tersebut merupakan bisnis waralaba. Berikut di bawah ini adalah pengertian dari waralaba serta 10 jenis bisnis modal kecil namun dengan keuntungan besar.

Baca juga : 10 Strategi Promosi Kekinian Yang Cocok Untuk Banyak Jenis Bisnis

Pengertian Waralaba

Model bisnis yang berjalan antara pemilik waralaba dengan pemodal bisa disebut dengan waralaba. Bisnis seperti ini sudah seperti cendawan di musim hujan. Jenis bisnis seperti ini memang terbilang mudah, karena pemodal tidak perlu memikirkan nama produk. Para pemodal tinggal membayar ke pemilik waralaba untuk mendapatkan hak usaha.

Hak usaha yang dibayarkan pemodal ke pemilik bisnis waralaba ini bermacam-macam, termasuk biaya pengadaan bahan baku, peralatan pendukung, hingga biaya royalti. Karena sudah banyak waralaba yang ada di Indonesia, pemilik waralaba biasanya menawarkan usaha seperti ini dengan harga bermacam-macam. Dimulai dengan harga yang paling murah sampai yang bermilyar-milyaran juga ada.

Contoh Bisnis Waralaba Modal Kecil Untung Besar

Jika sudah mengerti bagaimana pengertian dari waralaba, saatnya untuk mengetahui apa saja contoh bisnis waralaba modal kecil namun menguntungkan. Bisnis seperti ini selain mudah juga dapat menjaring konsumen dengan cepat. Untuk itu berikut di bawah ini adalah 10 contoh bisnis waralaba yang bermodal kecil tetapi menguntungkan.

1. Ayam Geprek

Bisnis waralaba terutama makanan dan minuman menjadi salah satu bisnis yang tidak cepat mati, karena makanan dan minuman menjadi kebutuhan utama manusia. Salah satu contoh bisnis yang modalnya kecil namun menguntungkan adalah ayam geprek.

Dari sekian banyak waralaba ayam geprek yang ada di Indonesia, Geprek Bensu merupakan salah satu waralaba ayam geprek yang sudah ada di mana-mana. Dalam menjalankan usaha ayam geprek ini, biasanya ada dua sistem yang diterapkan yaitu kerja sama bagi hasil dan murni waralaba.

2. Minuman Bubble Tea

Bubble tea merupakan salah satu bisnis waralaba dari banyaknya minuman kekinian yang digandrungi anak muda. Bisnis yang satu ini juga menjadi incaran banyak orang karena rasanya yang nikmat serta dapat meredakan haus. Salah satu waralaba minuman bubble tea yang bisa dicoba dengan modal kecil adalah Gulu-Gulu.

Gulu-Gulu yang mana masuk dalam Sour Sally Group ini menawarkan dua jenis tipe, yaitu booth dan outlet island. Tipe booth menjadi yang paling murah jika ingin membuka bisnis minuman bubble tea. Dengan ukuran 4-6 meter serta mencakup 15 jenis minuman ini diberi harga investment sebesar Rp. 70.000.000.

Baca juga : Tertarik Pasang Iklan? Ketahui Lebih Jauh Fungsi Iklan Bagi Bisnis Anda

3. Minuman Sari Tebu

Untuk urusan minuman, sari tebu menjadi salah satu minuman tradisional yang rasanya segar. Bisnis waralaba minuman sari tebu memang tidak sebanyak kedai kopi, namun bisnis ini bisa menjadi inspirasi dan hasilnya cukup menjanjikan.

Salah satu hal yang membuat usaha ini bisa naik daun adalah pengolahan tebu yang langsung diolah di tempat kemudian digiling dengan mesin khusus. Biasanya untuk satu cup minuman sari tebu ini berada di kisaran Rp. 5.000. Harga tersebut bisa dibilang sangat murah untuk sebuah minuman.

4. Kedai Kopi

Menjadi minuman yang disukai berbagai kalangan membuat kedai kopi sendiri menjadi sebuah bisnis waralaba yang cukup menjanjikan. Bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Surabaya, dan lain-lain bisa ditemui kedai kopi susu di tiap-tiap gang.

Salah satu franchise kopi yang cukup menjanjikan adalah Torabika yang mana dikenal sangat luas sebagai produsen kopi sachetan. Torabika yang mana dikelola oleh PT Mayora Indah ini membuka usaha waralaba yang bisa dijalankan dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp. 10.000.000.

Baca juga : Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Jenis, Proses, dan Contohnya

5. Seblak

Selain minuman, bisnis waralaba makanan juga bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin membuka usaha waralaba. Makanan khas Jawa Barat yang berbahan aci ini umumnya diberi topping yang bermacam-macam dan dengan rasa pedas yang beragam pula tingkatannya.

Awalnya usaha seblak ini hanya tersedia di Jawa Barat saja, namun seblak sekarang sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha seblak ini juga terbilang kecil, yaitu mulai dari Rp. 2.000.000 sampai Rp. 4.000.000.

6. Kebab

Tidak hanya makanan khas Indonesia saja yang digemari masyarakat, kebab yang merupakan makanan khas Timur Tengah ini juga digemari masyarakat dan bisa dijadikan bisnis waralaba loh. Roti yang diberi isian daging dan sayuran ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Biasanya bisnis franchise kebab ini ditemukan di kompleks perumahan bahkan di pusat perbelanjaan. Contoh franchise kebab yang ada di Indonesia adalah kebab Baba Rafi. Mulai dari harga Rp. 3.000.000, para pebisnis bisa menjalankan usaha franchise kebab.

Baca juga : Mengenal Internet Marketing Serta Tips Efektif Mengembangkannya

7. Air Isi Ulang

Usaha air isi ulang juga menjadi salah satu franchise yang dicari banyak orang. Mengingat kebutuhan air minum yang dirasa menyehatkan bagi tubuh ini membuat orang berlomba-lomba untuk membuka bisnis waralaba air isi ulang.

8. Pertamini

Tidak hanya usaha air isi ulang saja yang digeluti banyak orang, pertamini atau yang juga bisa disebut dengan pom mini ini juga diminati. Karena jauhnya perkampungan dari pom bensin membuat usaha pertamini bisa menguntungkan.

9. Fried Chicken

Meski ayam geprek menjadi makanan yang disukai orang saat ini, namun fried chicken atau ayam goreng tetap menjadi idaman. Membuka bisnis waralaba yang satu ini sangat menguntungkan dan modalnya bisa dibilang kecil.

Baca juga : Pengertian Manajemen Persediaan, Fungsi Dan Metode Yang Digunakan

10. Es Krim

Hampir semua kalangan di Indonesia menyukai santapan yang satu ini. Sama dengan usaha kedai kopi, usaha es krim ini cukup menguntungkan karena minat masyarakat yang tinggi terhadap es krim. Es krim bisa meredakan rasa haus saat cuaca panas.

Bisnis waralaba adalah salah satu usaha yang digeluti banyak orang karena mudah untuk dijalankan. Para pebisnis tinggal membayar sejumlah uang ke pengelola waralaba kemudian langsung bisa menjalankan usahanya. Beberapa contoh bisnis di atas bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin berbisnis terutama bisnis franchise.

Demikian Penjelasan tentang 10 contoh bisnis waralaba yang harus Anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Anda bisa memulai bisnis dengan 10 tips bisnis waralaba tersebut.

Mungkin tidak semudah yang dibayangkan, namun lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali. Karena bisnis waralaba tersebut sangat menguntungkan jika Anda rajin promosi dan tidak mudah menyerah.

Untuk membantu bisnis Anda agar tetap berjalan lancar dan sukses, Anda juga memerlukan proses pembukuan pada bisnis Anda. Jika kesulitan dengan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang bisa jadi solusi terbaik untuk pencatatan dan pemantauan keuangan bisnis Anda.

Accurate Online adalah solusi bisnis  terbaik Anda untuk menghitung dan membuat laporan keuangan seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, neraca,dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, Accurate online juga sudah berbasis cloud dan dapat memantau bisnis Anda dimana saja dan kapan saja.

Jika Anda penasaran, bisa langsung mencoba trial secara gratis hanya tinggal klik gambar di bawah ini :

accurate fokus pengembangan