15 Kata-kata Terbaik Untuk Melakukan Penjualan yang Berhasil

Tenaga pemasaran dan penjualan tahu bagaimana menggunakan bahasa dan emosi untuk menarik calon pelanggan agar dapat mencapai kesepakatan. Dengan mengidentifikasi pemicu emosional seseorang dan menarik kebutuhan atau keinginan pribadi, seorang tenaga penjualan dapat membuat produk atau layanan tampak seperti kebutuhan mutlak. Dalam artikel ini, kami menyajikan 15 kata umum yang memiliki kekuatan dan dapat Anda gunakan untuk melakukan penjualan berikutnya.

Mengapa Kata-kata yang Kuat untuk Proses Penjualan itu Penting?

Tenaga penjualan menggunakan kata-kata yang kuat untuk membangkitkan emosi tertentu untuk menutup transaksi. Karena kata-kata pemicu yang berbeda mempengaruhi orang yang berbeda, seorang tenaga penjualan harus mendengarkan kebutuhan pelanggan dan memilih kata-kata mereka dengan hati-hati.

Kata-kata kekuatan melayani beberapa tujuan dalam penjualan, termasuk:

Daya tarik emosi

Tenaga penjual dapat menggunakan kata-kata yang kuat untuk menarik berbagai emosi, dari kegembiraan hingga nostalgia. Menemukan kata-kata yang tepat harus memicu emosi yang Anda butuhkan untuk menjual.

Misalnya, taktik penjualan yang umum adalah “fear of missing out”, atau FOMO. Menggunakan kata-kata seperti “terbatas” atau “tenggat waktu” dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian sehingga mereka tidak kehilangan penawaran atau produk eksklusif.

Pain points

Pain points adalah masalah yang dihadapi pelanggan, dan tugas tenaga penjual adalah menggunakannya untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk atau layanan yang mereka jual dapat memecahkan masalah tersebut.

Mereka memastikan untuk menggunakan kata-kata tertentu dalam percakapan yang menyoroti urgensi poin rasa sakit pelanggan. Bahasa ini secara halus dapat menunjukkan bahwa penjual sama seperti pelanggan, artinya mereka dapat mempercayai mereka.

Tunjukkan eksklusivitas

Banyak orang berusaha menjadi bagian dari kelompok eksklusif, dan tenaga penjualan harus dapat memenuhi kebutuhan ini. Bahkan jika konsumen bisa mendapatkan produk yang sama dengan harga lebih murah di tempat lain, profesional penjualan dan pemasaran tahu bahwa mereka dapat menjual ide eksklusivitas dengan membuat pelanggan merasa menjadi bagian dari segelintir orang yang eksklusif.

Mereka mungkin menggunakan kata-kata seperti “orang dalam” atau “anggota” untuk membuat pelanggan merasa istimewa, meningkatkan kemungkinan mereka melakukan pembelian.

Membangun kepercayaan

Bagian penting dari proses penjualan adalah membangun kepercayaan sehingga pelanggan merasa nyaman melakukan pembelian. Menggunakan kata-kata yang tepat dapat menciptakan hubungan positif dengan pelanggan, yang mengarah pada peningkatan penjualan.

Mereka yang mempercayai merek Anda juga cenderung merekomendasikan produk Anda kepada orang lain, sehingga meningkatkan basis penjualan Anda.

Baca juga: Instagram Bisnis: Cara Membuat dan Cara Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Kata-kata yang Memiliki Kekuatan untuk Proses Penjualan yang Lebih Baik

Berikut adalah beberapa kata-kata kekuatan yang paling umum digunakan dalam penjualan:

1. Karena

Kata ini membawa sejumlah persuasi yang kuat di hampir semua percakapan karena sifatnya yang menjelaskan. Jika Anda mencoba membujuk seseorang untuk melakukan atau membeli sesuatu, kemungkinan besar mereka akan setuju jika Anda menarik minat mereka untuk mengetahui mengapa mereka harus membelinya.

2. Mudah

Kata tersebut menginspirasi pelanggan untuk berpikir tentang betapa mudahnya hidup mereka jika mereka membeli produk atau layanan Anda, terutama jika mudah bagi mereka untuk mengambil langkah berikutnya untuk membelinya. “Nyaman” adalah kata dengan efek serupa, yang menunjukkan bahwa kehidupan pelanggan bisa lebih mudah dengan produk Anda.

3. Gratis

Kata “gratis” merupakan pemicu emosional dan cenderung menggairahkan orang. Kata yang kuat ini menarik minat calon pelanggan yang mungkin awalnya ragu-ragu untuk membeli suatu produk.

Menambahkan uji coba atau sampel gratis dapat membuat mereka lebih cenderung mencoba layanan Anda, yang mengarah ke pembelian. Demikian pula, “gratis” memberi kesan manfaat tambahan tanpa biaya.

Baca juga: 8 Tips Memaksimalkan Strategi Penjualan pada Bisnis Anda

4. Bayangkan

Empati memberi manusia kemampuan untuk mengalami perasaan orang lain tanpa mengalaminya secara langsung. Menggunakan kata “bayangkan” dalam promosi penjualan memungkinkan pelanggan memvisualisasikan masalah yang dipecahkan menggunakan produk.

5. Segera

Sifat umum manusia lainnya adalah keinginan untuk kepuasan instan, yang dikenal sebagai “prinsip kesenangan”. Tenaga penjual yang terampil tahu bagaimana dan kapan harus menggunakan kata “langsung” untuk memberi tahu calon pelanggan bahwa produk mereka dapat memecahkan masalah mereka dengan segera.

6. Baru

Gunakan “baru” untuk menarik trendsetter yang menginginkan produk dan layanan terbaru. “Terobosan” juga menunjukkan kebaruan yang mengilhami urgensi kompetitif untuk membeli.

7. Sekarang

“Sekarang” atau “bertindak sekarang” menciptakan urgensi dengan menyiratkan bahwa kesepakatan itu terbatas, eksklusif, atau penting untuk bertindak cepat. Hal ini dapat menarik ketakutan calon pelanggan akan kehilangan.

8. Anda

Mengatasi pelanggan secara langsung membantu mereka membayangkan diri mereka sudah memiliki apa yang Anda jual dan menjadikan mereka titik fokus tunggal percakapan. Menggunakan “Anda” membuat mereka berpikir bahwa mereka sudah memiliki produk dan siap untuk melakukan pembelian.

9. Kita

Saat Anda menggunakan “kita”, Anda berhubungan dengan pelanggan secara langsung. Itu membuat mereka berpikir Anda pernah mengalami tantangan yang sama seperti mereka, membuat mereka lebih mungkin untuk mempercayai Anda. Menggunakan kata-kata seperti “bersama” dan “kami” juga dapat membuat hubungan yang sama.

Baca juga: Apa itu Siklus Penjualan? Berikut Pengertian dan Cara Mengelola Siklus Penjualan

10. Temukan

Sama seperti “baru”, kata “temukan” menyiratkan kepada pelanggan bahwa mereka dapat menjadi salah satu yang pertama mendapatkan item baru dengan fitur inovatif. “Memperkenalkan” memiliki efek yang sama.

11. Termasuk

“Termasuk” menunjukkan bahwa produk atau layanan adalah semua yang perlu dibeli pelanggan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan. “Nilai” dan “BOGO” (buy one, get one) serupa karena menunjukkan peluang untuk menghemat uang dengan suatu produk.

12. Scarcity

Kelangkaan menunjukkan kekurangan sesuatu untuk menciptakan permintaan yang lebih besar untuk produk. Menggunakan kata “scare” atau “deadline” dapat membuat pelanggan berpikir bahwa mereka perlu melakukan pembelian untuk menghindari FOMO. Kata-kata ini berguna untuk memindahkan pelanggan melalui saluran penjualan dengan cepat.

13. Eksklusif

Untuk pemasar dan sales membuat pelanggan merasa seolah-olah mereka adalah anggota kelompok khusus adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan penjualan.

Dengan menggunakan bahasa tertentu dalam promosi penjualan, mereka membangun kegembiraan seputar produk mereka untuk meningkatkan konversi, mendorong penjualan, dan menambah nilai yang dirasakan pada produk yang dijual.

14. Unik

Pelanggan yang ingin menonjol dari orang lain biasanya merespons dengan baik kata-kata seperti “unik” atau “tidak biasa”. Dengan membuat pelanggan merasa bahwa mereka adalah satu-satunya yang memiliki produk unik, Anda dapat meningkatkan minat mereka untuk melakukan pembelian.

15. Luar biasa

“Luar biasa”, “amazing” dan “menyenangkan” adalah kata-kata yang sangat ampuh untuk digunakan di hampir semua produk atau layanan. Menggunakan kata-kata ini membangkitkan minat mengapa suatu produk luar biasa atau luar biasa, mendorong calon pelanggan untuk mendengarkan nada penuh Anda.

Baca juga: Apa itu Search Engine Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Strateginya

Kesimpulan

Itulah beberapa kata terbaik yang bisa Anda gunakan dalam proses pemasaran dan penjualan dalam bisnis Anda. Dengan menggunakan kata kata diatas dalam proses penawaran produk atau layanan bisnis, peluang Anda untuk melakukan penjualan akan lebih besar, dan secara bersamaan akan meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh transaksi penjualan pada proses pembukuan yang baik dan sesuai standar agar Anda bisa dengan memantau dan menghitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan beralihlah menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis dan berpangalaman lebih dari 20 tahun.

Jadikan proses pembukuan, manajemen stok, pengelolaan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan pada bisnis Anda mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu