Instagram Bisnis: Cara Membuat Dan Cara Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Kehadiran Instagram bisnis mampu mempermudah kegiatan promosi bisnis Online. Kenapa? karena ada banyak sekali fitur Instagram bisnis yang tidak bisa ditemukan dalam akun personal.

Anda hanya perlu mengetahui cara membuat Instagram bisnis agar bisa menikmati seluruh manfaat yang ada di dalamnya. Mulai dari kegiatan branding sampai dengan menjangkau audiens secara lebih luas.

Bila Anda memiliki website  sekalipun, Instagram bisnis bisa Anda gunakan sebagai platform pendukung agar traffic dan leads Anda bisa meningkat.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang cara membuat akun Instagram bisnis, manfaat, dan juga tips ampuh dalam memaksimalkan fitur Instagram bisnis agar tingkat penjualan produk Anda bisa meningkat.

Cara Mudah Membuat Akun Instagram Bisnis

Sebenarnya, cara membuat akun Instagram bisnis ini sangat mirip seperti membuat akun pribadi. Perbedaannya ada pada perubahan status akun bisnis di bagian pengaturan atau setting dengan cara berikut ini:

  • Login ke dalam akun Instagram yang sudah Anda daftarkan
  • Buka pengaturan atau setting
  • Tentukan kategori bisnis atau industri bisnis Anda
  • Isi seluruh data kontak dan juga lokasi bisnis Anda
  • Koneksikan ke facebook page Anda
  • Lalu lengkapi data profil Anda.

Berikut ini adalah penjelasan dari setiap tahapan tersebut:

1. Login ke Dalam Akun Instagram yang Sudah Anda Daftarkan

Tahap pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat akun Instagram bisnis adalah dengan login ke aplikasi Instagram Anda.

2. Buka Pengaturan atau Setting

Selanjutnya, silahkan pilih ikon 3 baris yang terletak di bagian pojok kanan atas profil Anda, lalu pilih pengaturan atau setting. Setelahnya, klik bagian Switch to Professional Account.

Baca juga: Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

3. Tentukan Kategori Bisnis atau Industri Bisnis Anda

Selanjutnya, Anda nantinya akan diminta untuk menentukan jenis profil yang ingin Anda gunakan. Karena Anda ingin menggunakan Instagram bisnis, maka pilihannya adalah dengan memilih profil bisnis atau business. Sedangkan bila Anda adalah seorang influencer ataupun content creator, maka Anda bisa menggunakan profil creator.

Jika sudah, maka tentukanlah kategori atau industri bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa langsung mengetik keyword kategori bisnis Anda di dalam kolom search. Lalu, klik selanjutnya atau next. Tenang saja, apapun jenis atau bidang industri Anda, Anda bisa menemukannya di sana.

4. Isi Seluruh Data Kontak dan juga Lokasi Bisnis Anda

Lalu, nantinya Anda akan diperlihatkan halaman review kontak. Di dalamnya, Anda harus mengisi beberapa data yang belum Anda lengkapi, seperti lokasi bisnis dan juga nomor telepon bisnis Anda. Bila sudah selesai, pilih selanjutnya atau next.

5. Koneksikan ke Facebook Page Anda

Di langkah selanjutnya, Anda bisa mengkoneksikan akun Instagram Anda ke akun Facebook Page Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengotomatisasikan postingan di dalam halaman facebook setiap kali Anda melakukan update konten di Instagram bisnis Anda.

Tapi jika Anda tidak atau belum memiliki facebook page, Anda bisa melewati langkah ini dengan pilih don’t connect to facebook now atau jangan hubungkan dengan facebook sekarang.

6. Lengkapi Data Profil Anda

Tahap terakhir dari cara membuat Instagram bisnis adalah dengan mengisi data profil bisnis Anda. Jadi, Anda harus mengisi nama, username, bio, alamat website (opsional) dan mengisi foto profil Anda. Bila sudah selesai, klik selesai atau done yang terletak di bagian kanan atas.

Apa Manfaat Instagram Bisnis?

Dilansir dari blog Instagram, sebanyak 69% audiens sering menemukan produk baru di media sosial Instagram. Artinya, media sosial ini memang sangat tepat untuk dijadikan platform yang baik dalam mempromosikan bisnis secara online.

Selain memang gratis, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan Instagram bisnis, apa saja? Ini manfaatnya:

1. Instagram Insights

Manfaat pertama yang akan Anda rasakan saat memiliki akun Instagram bisnis adalah adanya fitur insight. Fitur ini adalah suatu tools yang menampilkan data setiap kegiatan yang terjadi di halaman akun Instagram bisnis Anda.

Di sana, Anda akan melihat kinerja Instagram bisnis Anda secara eksplisit. Mulai dari jumlah followers, impresi bahkan data demografi dan jam favorit pengunjung pun nantinya bisa Anda ketahui dengan jelas. Kelebihan ataupun fitur menarik ini tidak akan Anda temukan bila Anda menggunakan akun pribadi.

2. Instagram Ads

Instagram Ads adalah manfaat lain yang akan Anda rasakan dari Instagram bisnis. Dengan adanya bantuan ads, maka Anda mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Disana, Anda bisa menargetkan audiens secara lebih spesifik berdasarkan interest, demografi, usia, dll.

Lalu, iklan Anda pun akan tampil secara otomatis di saat audiens melakukan scrolling down timeline Instagramnya. Anda juga mampu menampilkan iklan di sela-sela stories yang sedang mereka lihat.

3. Tombol Kontak dan Email

Dengan memiliki Instagram bisnis, maka profil Anda memiliki tambahan fitur berupa email dan call. Inilah bedanya akun profil bisnis dengan akun pribadi. Setiap pengunjung yang datang ke profil Anda bisa lebih mudah dalam menghubungi Anda dengan kehadiran tombol tersebut.

Tombol tersebut memang sekilas sangat sederhana. Namun, tombol ini akan memudahkan audiens yang ingin membutuhkan bantuan Anda. Bahkan Anda bisa menjangkau mereka lebih cepat bila ada yang ingin melakukan kerjasama atau kolaborasi.

4. Info Kategori Bisnis

Manfaat lain yang bisa Anda rasakan saat memiliki akun Instagram bisnis adalah adanya tampilan informasi kategori bisnis Anda. informasi tersebut akan muncul secara otomatis di atas bio profil Anda. Sehingga, para pengunjung mampu mengenal bidan bisnis apa yang sedang Anda tawarkan.

Terdapat banyak sekali kategori bisnis yang bisa Anda pilih, contohnya seperti agency, design, retail business, fashion, music, beauty, tour and travel, finance, dll. Pemilihan kategori bisnis ini bisa Anda sesuaikan saat Anda melakukan sign up atau pendaftaran akun Instagram bisnis.

Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis

1. Tentukan Target Audiens

Hal yang penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menentukan siapa target audiens Anda sebelum mengupload konten. Beberapa dari Anda mungkin sangat ahli dalam membuat konten yang menarik, tapi bila Anda tidak mengetahui target audiens Anda, maka tidak akan ada artinya.

Untuk itu, luangkanlah waktu Anda untuk melakukan riset audiens. Umumnya, tahapan ini dilakukan dengan cara menyesuaikan bidang bisnis ataupun produk yang Anda tawarkan.

2. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Perlu Anda ketahui bahwa Instagram bio hanya bisa diisi dengan batas maksimal 150 karakter saja. Artinya, Anda harus mampu memanfaatkan ruang yang disediakan oleh Instagram untuk memperkenalkan bisnis Anda ke setiap  audiens.

Untuk itu, usahakanlah sebisa mungkin untuk memberikan kesan yang mendalam agar audiens Anda penasaran dan ingin mencari tahu lebih dalam tentang brand Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menulis deskripsi tentang produk, nilai bisnis, keunggulan, ataupun mengutip promo yang sedang Anda jalankan saat ini.

3. Membuat Jadwal Posting

Berdasarkan sebuat riset yang dilakukan later, waktu yang ideal dalam memposting konten di Instagram adalah di antara jam 9 hingga jam 11 pagi. Namun, apakah benar hasil riset tersebut akurat? Belum tentu.

Kenapa? karena tidak semua jenis konten mempunyai target audiens dengan treatment yang sama. Untuk itu, agar Anda bisa mengetahui waktu yang ideal untuk mengupload konten adalah dengan cara melakukan berbagai percobaan berkali-kali. Lalu, menganalisis hasilnya berdasarkan fitur insight dari Instagram.

Dari sini, nantinya Anda akan mengetahui kapan audiens sedang online, ramai engagement, atau sebaliknya. Saat Anda sudah mengetahui waktu yang pas, maka Anda bisa membuat jadwal yang ideal untuk upload konten.

Silahkan gunakan tools yang mampu mempermudah Anda dalam mengatur jadwal, dan biarkan tools tersebut yang melakukan publikasi konten Anda. Beberapa tools terkenal yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan adalah Hootsuite, Later, Schedugram, dll.

4. Buatlah Konten yang Menarik

Instagram adalah media sosial yang berorientasi pada visual. Untuk itu, Anda harus menyiapkan berbagai konten yang menarik agar bisa memikat audiens Anda. ciptakanlah kesan yang mampu merepresentasikan persona bisnis Anda sendiri.

Baca juga: 10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang Instagram bisnis. Jadi, Instagram bisnis mampu mempermudah setiap kegiatan promosi bisnis Online karena terdapat banyak sekali fitur Instagram bisnis yang tidak bisa ditemukan dalam akun personal.

Bila Anda mampu memaksimalkan Instagram bisnis dengan baik, maka omset Anda pun akan meningkat. Cara memaksimalkannya sudah kami jelaskan secara lengkap di atas.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat omset tersebut di dalam laporan keuangan agar Anda bisa mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini dan sebagai referensi dalam menentukan keputusan bisnis di masa depan.

Untuk membantu Anda dalam mencatat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Software ini mampu menyajikan 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat dan bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Accurate Online juga lebih dari sekedar software akuntansi biasa, karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Silahkan coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari cukup dengan klik tautan gambar di bawah ini.