Apa itu Brand Advocacy? Ini Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Sebagian dari Anda pasti masih ada yang ingat tentang upaya marketing dari mulut ke mulut. Ternyata, hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan brand advocacy. Anda bisa membuat suatu strategi yang mana bisnis Anda dipromosikan oleh orang lain secara organik, atau memperoleh rekomendasi dari orang lain, baik itu secara langsung ataupun melalui media sosial.

Lantas, apa itu brand advocacy? Apa manfaatnya untuk bisnis? Temukan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Brand Advocacy?

Brand advocacy adalah kata yang digunakan untuk merepresentasikan tindakan yang ditempuh oleh audiens yang sudah mencintai brand Anda dan akan terus mendukung brand Anda dengan mempromosikannya pada orang lain serta prospek baru.

Sehingga, brand Anda akan terlihat lebih besar dan bisa meningkatkan omset tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk kegiatan marketing.

Audiens melakukan hal tersebut karena mereka lebih mempercayai rekomendasi dan konten dari kerabat, teman, atau keluarga daripada konten pemasaran lainnya

Berdasarkan data yang dirilis oleh Salesforce, sebanyak 92% konsumen lebih mempercayai rekomendasi dari kerabat atau lingkungan sosial mereka.

Nah, brand advocacy bisa dijadikan sebagai salah satu cara paling ampuh dalam membangung brand awareness, mendorong prospek baru, hingga memperoleh pelanggan baru.

Baca juga: Apa itu Iklan? Ini Pengertian dan Tujuannya!

Manfaat Brand Advocacy

Salah satu alasan kenapa brand advocacy sangat penting adalah karena strategi ini jauh lebih organik dan autentik, serta lebih disukai oleh audiens dalam dunia digital seperti saat ini.

Berdasarkan data yang dikeluarkan dari situs Adweek, sebanyak 76% audiens lebih cenderung mempercayai konten yang dibagikan oleh orang normal. Nah, brand advocacy adalah mereka yang sudah percaya pada produk, brand, misi, dan layanan, serta mendukung brand tanpa dibayar untuk melakukan kegiatan tersebut.

Tapi diluar hal tersebut terdapat banyak sekali manfaat dalam membangun brand advocacy, yaitu:

  • Menciptakan Visibiltas Brand Secara Organik

Sebagian besar dari Anda pasti sepakat bahwa tidak ada yang mampu mengalahkan konten serta percakapan yang otentik dan organik saat orang mencari atau menemukan solusi untuk masalahnya.

Akan ada banyak sekali dampak positif yang akan Anda rasakan saat audiens membicarakan brand Anda secara organik.

  • Memanusiakan Brand Anda

Para pelanggan tentu akan sangat menginginkan interaksi dengan bisnis atau brand yang disukai seperti berinteraksi dengan manusia.

Meskipun saat ini telah banyak teknologi yang mampu menjembatani bisnis dengan pelanggan, namun berinteraksi dengan pelanggan secara langsung akan memberikan kesan yang lebih personal. Nantinya, akan tercipta rasa empati, kepribadian, dan kepercayaan.

  • Brand Advocates Memiliki Jangkauan Lebih Luas

Jika Anda mempunyai banyak brand advocate yang mau merekomendasikan brand Anda, maka bayangkanlah berapa banyak jangkauan bisnis yang akan Anda dapatkan. Hal tersebut sesederhana saat Anda mempunyai tim marketing dan menggunakan media sosial untuk bisnis Anda, secara spontan brand advocate akan membagikannya di media sosial mereka.

Berdasarkan laman Brandwatch, sebagian besar pengguna media sosial telah terkoneksi dengan lebih dari 400 teman dan keluarga, termasuk di dalamnya orang yang mungkin tidak menjadi target Anda. selain itu, brand advocate juga mampu memberikan Anda akses market yang baru.

  • Bisnis Anda Akan Diperhatikan Oleh Media dan Publikasi

Saat ada banyak orang yang membicarakan brand Anda secara online, maka bisnis Anda akan mulai dilirik berbagai media, bahkan portal berita. Portal media atau berita pastinya juga ingin memperoleh perhatian dengan cara membahas suatu hal yang sedang ramai dibicarakan di dunia online.

Sehingga, bisnis Anda pun akan memperoleh publikasi secara gratis dari media atau portal berita. Hal tersebut juga akan membuka peluang untuk diperhatikan lebih banyak orang. Alhasil, Anda bisa memperoleh calon pelanggan baru.

  • Lebih Sedikit Waktu dan Uang Untuk Pemasaran

Meskipun dalam melakukan kegiatan brand advocacy ini memerlukan waktu dan uang di awal. Tapi dalam kurun waktu yang lama Anda bisa menghemat lebih banyak uang dan waktu. Ini adalah proses jangka panjang yang tidak bisa diperoleh secara instan seperti Anda melakukan kegiatan periklanan di media online.

Tapi dalam kurun waktu yang panjang, Anda bisa menghemat lebih banyak biaya iklan karena brand advocates akan melakukan kegiatan promosi produk atau brand secara organik.

  • Menunjukkan Nilai Dari Produk/Jasa Anda

Sebagian besar orang akan lebih mempercayai pesan yang sudah disampaikan oleh orang lain daripada yang disampaikan oleh brand. Setiap brand advocate akan mampu memberikan kredibilitas yang lebih banyak pada USP dan nilai bisnis Anda, serta meyakinkan pelanggan lain untuk melakukan pembelian.

Pasalnya, audiens akan lebih mempercayai pesan dari orang lain daripada pesan dari perusahaan. Mereka pun lebih mempercayai pelanggan lain daripada perusahan, serta wawasan dari karyawan yang memiliki konten pendidikan, industri dan budaya kerja.

Baca juga: Apa itu Service Marketing? Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang brand advocacy dan manfaatnya untuk bisnis. Jika Anda sudah memperoleh banyak konversi dari kegiatan ini, maka Anda harus mencatatnya di dalam laporan keuangan agar Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

Nah, hal tersebut bisa Anda lakukan lebih mudah bila menggunakan Accurate Online. Karena, aplikasi bisnis ini akan mencatat dan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan untuk Anda secara otomatis, cepat dan akurat.

Di dalamnya pun sudah disiapkan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang digudang, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate Online? Daftarkan bisnis Anda dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.