Apa itu Press Release? Kenapa Menjadi Strategi Pemasaran yang Terpercaya?

Pada hakikatnya, PR atau press release adalah sarana untuk menyampaikan informasi terkait perusahaan. Contoh sederhana dari PR ini bisa Anda lihat pada informasi yang dirilis oleh perusahaan.

Biasanya, press release  pada sebuah perusahaan, seringkali menggunakan iklan koran untuk memberikan kabar terkait apa yang saat itu sedang terjadi di perusahaan tersebut. Tapi, kondisi saat ini tentunya sudah lebih maju daripada dahulu.

Setiap perusahaan saat ini bisa mengatur informasi apa yang ingin mereka berikan kepada masyarakat. Nah, press release adalah salah satu strategi yang dapat ditempuh untuk mencapai hal tersebut.

Dengan menggunakan PR, maka perusahaan bisa menyampaikan pesan apa dan promo apa yang saat itu akan diberikan oleh perusahaan. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tentang press release secara lengkap pada Anda.

Apa itu Press Release?

Dilansir dari laman Forbes, press release adalah suatu alat yang digunakan untuk melakukan publikasi. Lebih lengkap lagi, press release adalah alat yang bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Umumnya, PR akan diselenggarakan oleh perusahaan saat ada acara tertentu yang berkaitan dengan perusahaan itu sendiri. Dari hal tersebut, maka setiap orang akan mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi dan yang sedang dilakukan oleh perusahaan.

Disisi lain, HubSpot menjelaskan bahwa press release adalah suatu pemberitahuan yang dilakukan secara resmi oleh perusahaan atau organisasi.

Pemberitahuan tersebut umumnya diberikan pada media, koran, atau televisi, untuk selanjutnya disebarkan ke masyarakat. PR sendiri biasanya tidak panjang dan hanya satu hingga dua halaman saja.

Konten yang terkandung di dalamnya harus bersifat komprehensif, sehingga akan membuat media yang akan menyeberluaskan mampu membuat informasi dengan baik.

Selain itu, press release adalah informasi yang memiliki gaya bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Hal tersebut bertujuan agar pesan yang terdapat pada PR bisa diterima dengan baik tanpa adanya salah pemahaman untuk para pembacanya.

Jika hal tersebut sudah dipenuhi, maka PR bisa disebarluaskan dengan baik dan juga akurat tanpa adanya kesalahan informasi. Sehingga, pesan yang ingin disebarkan oleh perusahaan bisa diterima dengan baik.

Baca juga: 7 Strategi Terbaik dalam Melakukan Customer Acquisition

Manfaat Press Release

Terdapat banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan saat menerapkan PR dalam strategi pemasaran, mulai dari membantu mengembangkan bisnis agar berhasil meningkatkan brand perusahaan, sampai meningkatkan ROI bisnis Anda.

Selain itu, beberapa manfaat lainnya dari menerapkan press release adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan Produk

Saat baru merintis bisnis, pasti ada banyak orang yang belum mengetahui produk ataupun jasa Anda. Nah, PR mampu membantu Anda mengenalkan produk ataupun jasa Anda, termasuk dalam promosi online.

Penyebaran informasi pada PR yang menggunakan jaringan internet akan memungkinkan produk ataupun layanan Anda bisa lebih mudah terakses oleh masyarakat. Sehingga, bisnis Anda akan terkenal dan perlahan-lahan akan banyak audiens yang menjadi pelanggan Anda.

2. Strategi Pemasaran Lebih Efektif

Menerapkan PR akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat konten promosi yang berkualitas. Selain itu, dengan bergabungnya banyak orang berpengalaman dalam tim digital marketing, sudah pasti akan membuat strategi pemasaran Anda lebih mudah dilakukan dan bisa sesuai dengan target bisnis Anda.

Jadi, dalam melakukan promosi produk, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui ke arah mana target pemasaran Anda. Bila produk atau layanan Anda adalah untuk kalangan remaja, maka konten dari PR tersebut bisa disesuaikan.

Sebaliknya, bila target marketing Anda adalah orang tua, maka konten press release-nya pun akan disesuaikan kembali.

3. Menyesuaikan Selera Pasar

Kepercayaan dan juga kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Jika konsumen sudah merasa sesuai dan percaya pada bisnis Anda, maka mereka nantinya tidak akan ragu lagi untuk melakukan pembelian ulang pada produk yang Anda tawarkan.

Tapi, Anda tidak boleh langsung puas karena hal tersebut, karena ada sebagian masyarakat yang sudah paham dengan teknologi, mereka akan mudah sekali merasa bosan dengan produk atau layanan lama yang tak melakukan inovasi.

Untuk itu, dengan menerapkan strategi PR, maka akan mempermudah Anda untuk mengetahui selera konsumen. Dari hasil penyebaran PR, nantinya Anda bisa memperoleh feedback dari pelanggan yang sudah mencoba produk Anda.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan inovasi secara berkala berdasarkan feedback dari pelanggan Anda..

4. Harga Relatif Terjangkau

Sebagai pebisnis, tentu Anda ingin melakukan promosi produk dengan biaya yang minim. Nah, hal ini bisa diatasi dengan menerapkan strategi PR. Karena di dalamnya Anda bisa memanfaatkan internet, dan dari sana informasi yang ingin Anda sebarkan bisa terakses oleh target market secara cepat dan dengan biaya yang minim.

Hal ini tentunya berbeda jika Anda menggunakan strategi pemasaran offline, akan ada banyak sekali waktu dan dana yang terbuang. Selain itu, jangkauan pelanggannya pun relatif lebih terbatas.

Jenis Press Release

Terdapat banyak sekali jenis PR yang bisa digunakan oleh perusahaan dalam menyampaikan informasi. Dilansir dari laman Forbes, terdapat enam jenis PR yang bisa Anda gunakan. Keenam jenis PR tersebut adalah sebagai berikut:

1. General News

General News adalah jenis yang paling umum dari PR. Umumnya, jenis PR ini memiliki isi berita terkait suatu peristiwa.

Namun, sering kali perusahaan melakukan modifikasi pada press release-nya. Biasanya, PR ini banyak digunakan oleh beberapa pihak untuk menyampaikan berita. Jenis PR ini juga menjadi dasar untuk jenis PR lainnya, karena pada intinya press release adalah menyampaikan informasi untuk masyarakat.

Umumnya, saat sebuah perusahaan memperoleh penghargaan tertentu, mereka akan membuat PR terkait dengan penghargaannya tersebut. Hal ini memang tidak salah, karena memiliki nilai berita tersendiri untuk perusahaan.

2. Launch Release

Jenis PR ini umumnya berisi tentang perilisan perusahaan, produk, situs, ataupun hal lainnya yang bersifat pertama kali. Formatnya hampir sama dengan jenis general news, namun lebih ditekankan pada hal apa yang nantinya akan terjadi.

Jenis PR ini pun lebih bersifat kausal. Karena di dalamnya bisa dijadikan sebagai alat untuk menjelaskan suatu ide atau hal lain yang akan datang. Untuk itu, PR ini lebih ditekankan pada sesuatu yang baru.

Setelah PR ini dilakukan, umumnya akan ada PR lanjutan yang akan disampaikan. Nah, PR yang akan datang nanti berisi lanjutan dari apa yang sebelumnya sudah diluncurkan.

3. Event Press Release

Jenis PR ini sangat berkaitan dengan event atau acara yang sedang diselenggarakan. Jadi, di dalamnya akan menjelaskan berbagai informasi detail terkait acara yang sedang dilakukan pada sebuah tempat.

Press release ini akan menjadi informasi tersendiri untuk masyarakat yang ingin menghadiri acara tersebut. Format dari PR ini pun tidak harus memenuhi aturan 5W 1H. kenapa? Karena di dalamnya bisa berisi list, outline ataupun berbagai poin terkait acara tersebut. Namun, PR-nya harus tetap dibuat menarik.

4. Product Press Release

Jenis PR ini hampir sama dengan launch press release. Perbedaannya, product press release akan disertai dengan spesifikasi produk yang akan diumumkan. Hal tersebut akan membuat jenis PR ini lebih lengkap.

Dengan adanya PR ini, maka publik juga bisa melihat kelebihan produk tersebut. Selain itu, PR ini juga bisa menilai terkait bagus atau tidaknya produk yang ditawarkan.

5. Executive, Staff, dan Employee Press Release

Untuk beberapa perusahaan, biasanya mereka akan menggunakan PR untuk mengumumkan perekrutan karyawan baru, terlebih lagi jika karyawan tersebut menduduki posisi yang sangat penting.

Umumnya, jenis press release ini berkaitan dengan penunjukan komisaris ataupun CEO baru. Konten dari PR ini umumnya berkaitan dengan informasi biografi dari karyawan baru tersebut. Selain itu, foto dari karyawan baru tersebut pun sering diperlihatkan agar publik mengenal siapa orang baru tersebut.

6. Expert Position Press Release

Jenis PR ini umumnya digunakan untuk menjelaskan tentang individu tertentu. Bedanya dengan biografi adalah PR ini akan menjelaskan skill atau kemampuan individu tersebut pada bidang khusus.

Press release ini juga akan sangat membutuhkan dukungan dari pihak ketiga. Nantinya, jenis PR ini akan dijadikan rujukan perusahaan bila memang memerlukan jasa dari orang tersebut.

Baca juga: Unique Selling Proposition, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Nilai Produk

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang press release. Jadi, press release adalah suatu alat yang digunakan untuk melakukan publikasi. Lebih lengkap lagi, PR adalah alat yang bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Bila Anda tertarik untuk menerapkan PR sebagai strategi pemasaran Anda, maka Anda harus menyiapkan anggaran pemasaran yang cukup, karena Anda tetap harus memilih media yang tepat untuk menyebarkan informasi tersebut dan media tersebut tentunya tidak ingin menyebarkan informasi komersial secara cuma-cuma.

Bila Anda kesulitan untuk menyiapkan anggaran dan melakukan berbagai kegiatan akuntansi lainnya. Maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Kenapa? Karena Accurate Online akan membantu Anda dalam mencatat seluruh laporan keuangan secara otomatis dan Anda akan lebih mudah dalam membuat anggaran bisnis.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.