Apa itu Sales Mix dan Bagaimana Cara Menghitungnya

Ketika Anda bekerja dalam bisnis, penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan. Perusahaan di banyak industri melacak sales mix untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka jual dan bagaimana pengaruhnya terhadap aliran pendapatan mereka.

Menghitung sales mix perusahaan Anda juga dapat membantu Anda mengidentifikasi tren dan membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami membahas sales mix, memberikan rumus standar, dan membagikan beberapa contoh untuk diilustrasikan.

Apa itu sales mix ?

Sales mix mengacu pada rasio berbagai produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan Anda. Ini mencerminkan setiap item yang dijual dan margin keuntungan yang dihasilkannya.

Lagi pula, setiap produk atau layanan yang disediakan bisnis Anda kemungkinan memiliki titik harga yang berbeda dan margin keuntungan yang unik. Mengubah sales mix dalam perusahaan Anda dapat sepenuhnya mengubah laba bersih yang Anda kumpulkan, bahkan ketika angka penjualan tetap stabil.

Dengan melakukan analisis sales mix, Anda dapat mengidentifikasi item yang menghasilkan keuntungan terbesar bagi perusahaan Anda. Kemudian Anda dapat menentukan produk atau layanan mana yang layak mendapatkan fokus tim Anda.

Jika satu layanan menghasilkan lebih banyak keuntungan secara signifikan daripada yang lain, Anda mungkin memutuskan untuk mencurahkan lebih banyak sumber daya penelitian dan pengembangan (R&D), merancang kampanye pemasaran berdampak tinggi untuk mempromosikannya, atau menugaskan tim layanan pelanggan yang lebih besar untuk mendukungnya. Setelah menyempurnakan fokus Anda dan mengubah bauran penjualan Anda, laba bersih organisasi Anda dapat meningkat.

Sebaliknya, analisis sales mix Anda juga dapat menyoroti barang-barang dengan keuntungan rendah yang menuntut persentase yang lebih kecil dari sumber daya pemasaran dan penjualan Anda.

Alih-alih mempromosikan barang dengan laba rendah, Anda dapat mengalihkan anggaran pemasaran atau R&D Anda ke penawaran dengan laba tinggi. Akibatnya, keuntungan Anda bisa meningkat sementara biaya Anda tetap sama.

Baca juga: Pengertian Strategi Desain dan Tips Membuatnya

Bagaimana cara menghitung sales mix?

Gunakan rumus sales mix:

Varians sales mix = (Penjualan Unit Aktual x (Persentase Bauran Penjualan Aktual – Persentase Sales mix yang Direncanakan) x Margin Kontribusi yang Direncanakan Per Unit

Untuk menentukan pendekatan optimal Anda, Anda harus melakukan beberapa akuntansi bauran penjualan dasar:

  • Laba = Harga Jual – Biaya Bahan
  • Margin Laba = Laba / Harga Jual

Misalnya, lini pakaian Anda mungkin menjual T-shirt seharga 10.000 dan sweater seharga 20.000. Biaya bahan mungkin 2.000 dan 10.000, masing-masing. Kalkulator sales mix Anda akan terlihat seperti ini:

  • T-shirt memiliki margin keuntungan 80%.
  • Sweater memiliki margin keuntungan 50%.

Meskipun T-shirt memiliki harga jual yang lebih rendah, namun margin keuntungan mereka jauh lebih tinggi. Itu berarti jika T-shirt menjadi faktor yang lebih besar dalam sales mix Anda, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada jika Anda menjual lebih banyak sweater.

Baca juga: Pengertian Strategi Desain dan Tips Membuatnya

Rumus varians sales mix

Untuk menggunakan konsep ini secara efektif, penting untuk mengetahui perbedaan antara metode perhitungan sales mix yang direncanakan dan yang sebenarnya:

  • Sales mix yang direncanakan: Perhitungan ini mencerminkan rasio produk atau layanan yang ingin dijual oleh perusahaan Anda selama periode waktu tertentu, seperti kuartal atau tahun.
    Organisasi menghitung angka ini sebelumnya dan menggunakannya untuk tujuan perencanaan. Mengetahui bauran penjualan yang Anda rencanakan sangat penting untuk memperkirakan keuntungan, menentukan biaya operasi, dan melakukan pembelian modal.
  • Bauran penjualan aktual: Perhitungan bauran ini menunjukkan rasio produk atau layanan yang dijual bisnis Anda selama jangka waktu tertentu. Perusahaan menentukan nomor ini setelah periode waktu berakhir dan menggunakannya untuk tujuan pelaporan. Menghitung bauran penjualan Anda yang sebenarnya adalah kunci untuk memahami keuntungan perusahaan Anda dan mengasah strategi bisnis Anda.

Varians sales mix mencerminkan perbedaan antara jumlah yang direncanakan dan yang sebenarnya. Untuk menghitung varians bauran penjualan, gunakan rumus ini:

Varians sales mix = (Penjualan Unit Aktual x (Persentase Sales Mix Aktual – Persentase Sales Mix yang Direncanakan) x Margin Kontribusi yang Direncanakan Per Unit

Misalnya, restoran pop-up Anda mungkin berencana untuk menjual 500 sandwich dan 500 burger, untuk campuran penjualan 50-50. Namun, jika Anda benar-benar menjual 1.200 sandwich dan 800 burger, bauran penjualan Anda adalah 60-40. Untuk menghitung varians bauran penjualan Anda untuk setiap item menu, Anda perlu mengetahui margin kontribusi per unit, atau harga penjualan dikurangi biaya terkait. Varians bauran penjualan mungkin terlihat sebagai berikut:

Sandwich: (1.200 x (60% – 50%) x 5.000) = 600.00 varian positif atau menguntungkan
Burger: (800 x (40% – 50%) x 6.000) = 480.000 varian negatif atau tidak menguntungkan

Baca juga: Apa itu Brand Positioning? Berikut Pengertian Lengkap dan Strateginya

Contoh sales mix

Memahami persentase sales mix Anda lebih mudah bila Anda memiliki contoh untuk menggambarkan prosesnya. Gunakan contoh skenario di bawah ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bauran penjualan dan varians bauran penjualan.

Jika Anda memiliki label rekaman startup kecil, Anda mungkin berencana untuk meluncurkan dengan tiga album: extended play (EP) dengan laba rendah, album full-length dengan laba sedang, dan kompilasi hits terbesar dengan laba tinggi.

Margin kontribusi yang direncanakan per unit mungkin $2 untuk EP, $5 untuk album full-length dan $8 untuk kompilasi. Anda mungkin berniat untuk menjual total 100.000 album sepanjang tahun, termasuk 30.000 EP, 50.000 album full-length, dan 20.000 kompilasi. Bauran penjualan yang Anda rencanakan adalah 30-50-20.

Jika label Anda menjual lebih sedikit album dengan campuran berbeda, angka penjualan aktual dan keuntungan total akan terlihat berbeda dari yang direncanakan. Misalnya, jika Anda menjual 90.000 album dengan campuran penjualan aktual 20-30-50, label Anda dapat memperoleh keuntungan yang wajar meskipun Anda menjual lebih sedikit album dari yang direncanakan. Varians bauran penjualan akan menjadi:

  • EP: (18.000 x (.20 – .30) x $2) = $3.600 varians yang tidak menguntungkan
  • Album: (45.000 x (.50 – .50) x $5) = varian $0
  • Kompilasi: (27.000 x (.30 – .20) x $8) = $21.600 varians yang menguntungkan

Secara keseluruhan, label rekaman Anda akan memiliki selisih yang menguntungkan sebesar $18.000. Karena menjual persentase yang lebih tinggi dari kompilasi hits terbesar berkontribusi pada peningkatan laba meskipun angka penjualan lebih rendah, Anda mungkin memutuskan untuk mempromosikan barang dengan harga lebih tinggi lebih banyak di masa mendatang.

Baca juga: Komponen Rencana Penjualan Beserta Template dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan sales mix dan cara penghitngannya dalam bisnis Anda. Proses penghitungan ini sangat berguna untuk mengetahui persentase keuntungan dalam bisnis secara keseluruhan.

Jika Anda kesulitan dalam membuat laporan keuangan dan mengetahui kesehatan keuangan dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun,

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan