Pengertian Strategi Desain dan Tips Membuatnya

Perencanaan strategis memainkan peran kunci dalam bagaimana bisnis mencapai tujuannya. Strategi desain, lebih khusus, menerapkan prinsip-prinsip pemikiran desain ke struktur strategi bisnis, untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan cara yang pada akhirnya menumbuhkan bisnis.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu strategi desain, akarnya dalam pemikiran strategis berorientasi bisnis dan bagaimana menghasilkan strategi desain dalam lima langkah.

 

Apa itu strategi desain?

Strategi desain menerapkan pemikiran taktis dari strategi bisnis dengan kebutuhan pengguna untuk menciptakan produk yang paling efektif. Persimpangan antara strategi perusahaan dan pemikiran desain ini mencapai tujuan jangka panjang melalui aplikasi kreatif yang ditargetkan pada pengguna akhir.

Tidak seperti perencanaan strategis, yang mengumpulkan data untuk membuat keputusan tentang bagaimana mendekati tujuan, pemikiran strategis melibatkan seluruh kelompok yang memberikan kontribusi yang berarti di semua tingkatan dalam bisnis.

Pemikiran strategis dalam bisnis dan pemasaran

Strategi memainkan peran besar dalam memecahkan masalah baik di dalam maupun di luar dunia profesional. Ini adalah bagaimana mengatasi rintangan, bagaimana bergerak maju dengan menerapkan metode dengan sengaja dan, yang paling penting, seringkali seberapa penting hal itu dilakukan.

Pemikiran strategis di tempat kerja bergerak menuju tujuan yang berdampak positif pada audiens atau keuangan, menggunakan alat atau tantangan apa pun di sepanjang jalan untuk memenuhi tujuan tersebut dengan paling efisien.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Tenaga Penjual yang Baik? Berikut Skill, Tips, dan Caranya

Manfaat dari strategi desain

Menerapkan strategi desain yang kuat tidak hanya melibatkan pengguna secara persuasif. Ini menciptakan proses kerja yang efisien yang berorientasi pada tujuan dan hemat biaya. Menerapkan strategi desain adalah dengan mempertimbangkan titik awal dan tujuan akhir Anda dan kemudian merencanakan dengan tepat bagaimana menuju ke sana.

Faktor strategi desain untuk bisnis untuk dipertimbangkan:

Pada tahap ini, pemikiran desain bergerak ke depan untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan klien. Strategi desain mengharuskan bisnis untuk mempertimbangkan faktor-faktor berikut untuk menciptakan pengalaman pengguna yang berkinerja tinggi:

  • Masalah dan tantangan yang ada
  • Keberhasilan dan manfaat saat ini yang dapat mereka manfaatkan
  • Kebutuhan klien atau pengguna yang tidak terpenuhi
  • Mengubah perilaku dan sikap pasar/pelanggan
  • Ide dan tren yang muncul
  • Peluang untuk membedakan dari pesaing

Strategi yang efektif sederhana dan dapat dimengerti. Ketika strategi desain mudah dikomunikasikan ke seluruh tim atau organisasi, setiap karyawan dapat menggunakannya sebagai titik referensi.

Baca juga:20 Cara Untuk Mengurangi Turnover Karyawan

5 langkah membuat strategi desain yang efektif

Jika tim Anda bersiap untuk mengadopsi pemikiran desain strategis ke dalam alur kerja, mulailah dengan mempertimbangkan bagaimana hal itu dilakukan. Langkah-langkah berikut menguraikan proses pembuatan dan pelaksanaan strategi desain dari awal hingga akhir:

1. Lihat gambaran besarnya

Lihatlah keseluruhan proyek dan identifikasi tujuan yang terukur. Menganalisis tantangan dan peluang melalui perspektif bisnis dan pengguna.

2. Temukan keunggulan kompetitif Anda

Tentukan di mana tujuan Anda harus menempatkan Anda di pasar yang kompetitif. Ini dapat mencakup tren pasar, tujuan bisnis, dan faktor kunci lainnya yang mungkin telah Anda kumpulkan saat menilai tujuan bisnis Anda.

3. Tetapkan tujuan yang dapat diukur

Ini adalah saat Anda akan mulai membentuk strategi untuk menentukan bagaimana desain proyek akan bekerja untuk memenuhi tantangan dan peluang yang teridentifikasi. Di sini Anda dapat menetapkan indikator yang biasa digunakan dalam perencanaan strategis, seperti key performance indicator (KPI) dan tujuan dan Objectives and Key Results (OKR).

4. Melaksanakan dan mengevaluasi

Saat rencana Anda menjadi lebih jelas, Anda dan tim Anda akan mendelegasikan tanggung jawab dan menetapkan praktik terbaik untuk memastikan hasil yang sukses. Anda akan terus menilai kembali kebutuhan dan tujuan Anda saat Anda bekerja untuk mencapainya. Strategi desain berkembang pesat ketika karyawan dapat fleksibel dengan ide-ide mereka.

5. Sesuaikan dari waktu ke waktu

Saat produk Anda terus berkembang, periksa apakah produk tersebut masih memenuhi kebutuhan lingkungannya dan melayani pengguna secara optimal.

Baca juga: Human Capital Adalah Modal Sumber Daya Manusia, Ini Berbagai Contohnya!

Contoh pemikiran desain

Pada akhirnya, pemikiran desain menggabungkan kecerdasan dan metodis tentang bisnis Anda dengan inovasi kreatif yang diperlukan untuk menghasilkan pengalaman pertumbuhan bisnis, semuanya atas nama pencapaian tujuan. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana perusahaan dapat menggunakan strategi desain:

Contoh 1

Layanan taksi menggunakan sistem pengiriman telepon untuk mengirim pengemudi dengan mobil milik perusahaan kepada pelanggan yang membutuhkan transportasi.

Tetapi pelanggan sering mengeluh tentang layanan yang terbatas. Pengembang web internal berkomentar bahwa tidak ada yang menggunakan telepon lagi; mungkin mereka harus membuat aplikasi untuk merampingkan proses dengan cara yang dipahami pelanggan.

Setelah pertemuan dengan pemasaran, keuangan dan desainer, perusahaan datang dengan rencana untuk membuat aplikasi untuk merampingkan proses mendapatkan tumpangan.

Mereka juga menyadari bahwa jika mereka merancang sarana untuk menyewa kontraktor independen di mobil mereka sendiri yang juga bekerja melalui aplikasi, mereka dapat terus mengembangkan armada pengemudi mereka yang pada gilirannya akan mengembangkan bisnis mereka tanpa biaya yang diperlukan untuk menyewa taksi. armada atau membeli dan memodifikasi mobil baru yang menjunjung tinggi merek taksi.

Contoh 2

Seorang klien mengeluh bahwa situs web mereka terlihat kuno dan mereka menginginkan tampilan baru. Daripada hanya mengirim tugas baru ke tim desain dan memulai proses coba-coba estetika sampai klien puas, pemikiran desain dapat diterapkan untuk mencari tahu apa yang benar-benar hilang dari klien dan bagaimana hal itu dapat diberikan melalui perbaikan sittus web klien yang memiliki hasil nyata untuk bisnis mereka, bukan hanya membuat penyesuaian estetika untuk memenuhi tren.

Baca juga: 5 Tahapan Siklus Hidup Manajemen Proyek

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai strategi desain, tips menerapkannya dan contohnya dalam bisnis. untuk proses strategi desain yang baik, Anda harus melihat gambaran besar masalahnya, menemukan keunggulan kompetitif pada bisnis, hingga menyesuaikan proses dari waktu ke waktu.  Tidak ada jalan pintas dalam proses ini, Anda harus terus memahami dan mengimprovisasi setiap proses agar menjadi lebih baik.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang memerlukan solusi kemudahan pembukuan pada bisnis, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan