Komponen Rencana Penjualan Beserta Template dan Contohnya

Memiliki rencana penjualan yang efektif membantu perusahaan mengidentifikasi target utama, meningkatkan penjualan, dan melacak kemajuan mereka untuk tujuan tertentu. Beberapa elemen masuk ke dalam rencana penjualan yang sukses, termasuk pernyataan misi, pasar sasaran, dan rencana tindakan.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu rencana penjualan dan membagikan 11 komponen rencana penjualan yang efektif. Kami juga menawarkan template dan contoh rencana penjualan untuk membantu Anda membuat sendiri.

Apa itu rencana penjualan?

Rencana penjualan adalah strategi bisnis yang mengidentifikasi tujuan penjualan dan taktik yang efektif bagi bisnis untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana penjualan digunakan untuk menjelaskan dengan jelas bagaimana perusahaan akan mencapai tujuan tertentu, mengukur kemajuan, dan menggunakan taktik tingkat tinggi untuk menjangkau audiens target.

Rencana penjualan juga mengidentifikasi hambatan potensial yang dapat mengganggu pencapaian tujuan penjualan tersebut. Hal ini dapat dibandingkan dengan rencana bisnis; namun, rencana penjualan berfokus terutama pada strategi penjualan perusahaan daripada misi umumnya.

Rencana penjualan dapat digunakan oleh seluruh perusahaan atau dibuat untuk departemen, tim, atau individu tertentu dalam organisasi. Ini sering digunakan sebagai panduan untuk tim penjualan dengan tugas yang ditentukan dan tujuan keseluruhan yang dibagikan oleh setiap anggota tim.

Dengan rencana penjualan yang efektif, perusahaan lebih mungkin untuk mencapai tujuan mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Memantau dan Melacak Persediaan yang Efektif?

11 komponen dari rencana penjualan yang sukses

Berikut ini adalah elemen terpenting yang harus disertakan dalam rencana penjualan yang efektif:

1. Misi

Hal pertama yang Anda perlukan saat membuat rencana penjualan adalah misi organisasi Anda. Misi adalah pernyataan formal yang menguraikan apa yang diperjuangkan perusahaan Anda dan apa yang ingin dicapai.

Ini mungkin sudah ada sebagai bagian dari rencana bisnis formal perusahaan Anda. Misi akan membantu memandu Anda saat membuat rencana penjualan dan bertindak sebagai kerangka kerja untuk penjualan Anda secara keseluruhan dan tujuan bisnis lainnya.

2. Departemen atau tim

Setelah Anda menentukan misi Anda, Anda harus menetapkan siapa yang akan memenuhi rencana penjualan. Jika Anda membuat rencana penjualan untuk sebuah departemen, identifikasi setiap anggota tim dan apa peran mereka nantinya. Hal yang sama berlaku jika Anda membuat rencana untuk tim yang lebih kecil. Dalam rencana penjualan Anda, sertakan berapa banyak karyawan yang akan mengerjakan rencana tersebut, nama dan jabatan mereka, dan apa peran mereka terkait rencana tersebut.

3. Target demografis

Memahami target pasar Anda adalah kunci saat membuat rencana penjualan. Target pasar Anda mengacu pada pelanggan ideal yang ingin Anda jangkau dengan produk atau layanan Anda dan upaya penjualan dan pemasaran. Konsumen yang termasuk dalam target pasar Anda memiliki sifat dan karakteristik yang serupa seperti tingkat pendapatan, usia, minat, daya beli, dan geografi.

Tergantung pada tujuan Anda, Anda mungkin memiliki target pasar yang berbeda untuk produk yang berbeda. Penting untuk mengidentifikasi setiap audiens untuk setiap produk dan memasukkannya ke dalam rencana penjualan Anda. Semakin spesifik Anda dalam hal profil pembeli Anda, semakin sukses upaya penjualan dan pemasaran Anda.

Baca juga: Ingin Membangun Merek? Perhatikan 4 Langkah ini

4. Sumber daya dan perangkat lunak

Selanjutnya, Anda harus membuat ringkasan alat penjualan yang Anda miliki. Ada beberapa alat dan perangkat lunak yang dapat membantu tim penjualan Anda menerapkan strategi yang tercantum dalam rencana Anda.

Mereka membuatnya lebih mudah untuk melacak kemajuan Anda, mengukur aktivitas penjualan, mengakses informasi yang relevan terkait dengan tujuan Anda dan mengukur kinerja.

Manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management(CRM) adalah perangkat lunak yang paling umum digunakan dalam rencana penjualan. Ada beberapa jenis perangkat lunak CRM, antara lain:

  • CRM Manajemen proyek
  • CRM Operasional
  • CRM Analitis
  •  CRM Pemasaran
  • CRM manajemen penjualan

Alat-alat ini dapat digunakan oleh tim penjualan Anda untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas.

5. Perbandingan pesaing

Penting untuk mengidentifikasi pesaing Anda dan bagaimana produk serta harga mereka dibandingkan dengan produk Anda. Anda juga harus menganalisis tren pasar dan bagaimana tren tersebut dapat memengaruhi tujuan organisasi dan rencana penjualan Anda.

Memahami pesaing Anda dan apa yang berhasil bagi mereka dalam hal penjualan akan membantu Anda mengidentifikasi strategi penjualan yang efektif untuk dimasukkan ke dalam rencana Anda dengan lebih baik.

6. Strategi pemasaran

Komponen rencana penjualan Anda ini dengan jelas menguraikan strategi jangka pendek dan jangka panjang yang akan Anda gunakan untuk mencapai sasaran penjualan Anda. Jelaskan harga dan promosi produk Anda atau taktik lain yang akan digunakan perusahaan Anda untuk meningkatkan kesadaran merek dan prospek. Strategi Anda harus SMART—spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berorientasi pada waktu.

Pertimbangkan untuk membagi strategi pemasaran Anda menjadi beberapa bagian yang berbeda berdasarkan tujuan masing-masing strategi. Misalnya, sertakan bagian seperti peningkatan kesadaran merek dan akuisisi pelanggan baru.

7. Metode prospek

Anda memerlukan bagian tentang bagaimana tim penjualan Anda akan menilai prospek yang dihasilkan yang dibawa oleh strategi pemasaran Anda. Mengetahui bagaimana tim Anda akan memenuhi syarat prospek akan memudahkan untuk melacak kemajuan dan menerapkan perubahan atau penyesuaian bila diperlukan. Misalnya, akankah prospek dianggap memenuhi syarat jika mereka memberikan alamat email mereka atau hanya jika mereka membeli produk?

Juga, Anda harus menyertakan strategi penjualan apa pun yang akan digunakan untuk memenuhi tujuan penjualan Anda. Strategi penjualan yang umum termasuk pitching, panggilan dingin dan demonstrasi atau presentasi penjualan.

8. Metrik

Metrik adalah bagian lain untuk disertakan dalam rencana penjualan Anda dan mengacu pada bagaimana Anda akan mengukur kinerja penjualan Anda. Metrik umum mencakup pendapatan tahun-ke-tahun, pendapatan bisnis baru, akuisisi pelanggan baru, kinerja tenaga penjualan, dan pergantian pelanggan.

9. Action plan

Bagian ini akan mencakup bagaimana departemen atau tim penjualan Anda akan mencapai tujuan yang digariskan dalam rencana penjualan Anda. Anda harus menyertakan ringkasan metode yang akan Anda gunakan untuk mencapai sasaran penjualan Anda. Uraikan setiap tujuan dan identifikasi langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapainya.

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebesar 30% selama enam bulan ke depan, Anda mungkin ingin menjalankan program rujukan dan menawarkan promosi seperti penawaran beli satu dapat satu untuk meningkatkan kemungkinan penjualan berulang dari pelanggan.

10. Tujuan keseluruhan

Setelah Anda menetapkan misi, sasaran, sumber daya, dan rencana tindakan dengan jelas, Anda harus menetapkan sasaran penjualan tingkat tinggi yang akan dicapai oleh rencana penjualan Anda. Sebagian besar sasaran terkait dengan pendapatan atau volume.

Misalnya, sasaran penjualan tingkat tinggi Anda adalah untuk memperoleh pendapatan berulang tahunan sebesar $1 juta. Pastikan setiap tujuan memiliki garis waktu yang jelas dan anggota tim tahu bagaimana mereka berperan dalam mencapai tujuan.

11. Anggaran penjualan

Bagian terakhir dari rencana penjualan Anda adalah anggaran penjualan Anda. Ini akan mencakup semua biaya yang terkait dengan pencapaian tujuan penjualan Anda. Sebagian besar anggaran penjualan meliputi:

  • Biaya perjalanan
  • Gaji karyawan
  • Komisi penjualan
  • Sumber daya dan alat penjualan
  • Pelatihan
  • Biaya membeli daftar prospek
  • Membangun tim atau hadiah yang terkait dengan taktik penjualan

Pisahkan pengeluaran berdasarkan pembayaran berulang atau satu kali. Misalnya, gaji karyawan berulang, sedangkan mengirim karyawan ke konferensi penjualan adalah biaya satu kali.

Baca juga: Apa itu Sistem Pemasaran Vertikal? 3 Jenis dan Manfaatnya

Template rencana penjualan

Berikut ini adalah template penjualan yang dapat Anda gunakan saat memformat sendiri:

[Bagian satu: Misi]

[Pernyataan misi]

[Pernyataan visi]

[Latar belakang atau sejarah bisnis]

[Bagian dua: Tim]

[Pemimpin penjualan: Nama dan waktu]

[Struktur tim penjualan]

[Berencana untuk mempekerjakan lebih banyak anggota tim jika berlaku]

[Bagian tiga: Target demografis]

[Sertakan informasi yang terkait dengan lokasi fisik profil demografis dan pembeli target Anda. Pastikan untuk menyertakan setiap pembeli yang terkait dengan setiap produk yang Anda tawarkan.]

[Bagian empat: Sumber daya dan perangkat lunak]

[Sertakan detail yang terkait dengan perangkat lunak, sumber daya, dan alat apa pun yang akan digunakan tim penjualan Anda untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan Anda.]

[Bagian lima: Informasi pesaing]

[Sertakan detail yang terkait dengan kondisi pasar Anda saat ini, siapa pesaing Anda dan bagaimana kinerja mereka di pasar Anda, apa yang membedakan bisnis Anda dari pesaing, dan keuntungan atau kerugian kompetitif lainnya yang terkait langsung dengan sasaran penjualan Anda.]

[Bagian enam: Strategi pemasaran]

[Sertakan ikhtisar strategi pemasaran yang akan digunakan tim Anda untuk mencapai sasaran penjualan perusahaan Anda. Ini harus mencakup informasi apa pun yang perlu diketahui tim penjualan Anda terkait dengan perolehan prospek dan kesadaran merek. Strategi pemasaran umum termasuk pemasaran email, pemasaran konten, pemasaran blog, pemasaran acara, pemasaran media sosial, dan pemasaran pelanggan.]

[Bagian tujuh: Strategi prospek]

[Gunakan bagian ini untuk mengidentifikasi bagaimana tim penjualan Anda akan memenuhi syarat prospek dan menjangkau calon pelanggan. Informasi untuk dimasukkan ke dalam bagian ini mencakup strategi pencarian calon pelanggan masuk, strategi pencarian calon pembeli keluar, dan kriteria penjangkauan.]

[Bagian delapan: Action plan]

[Gunakan bagian ini untuk menguraikan dengan jelas langkah-langkah yang akan diambil tim Anda untuk mencapai tujuan penjualan organisasi Anda.]

[Bagian sembilan: Tujuan keseluruhan]

[Di bagian ini, sertakan informasi yang terkait dengan sasaran penjualan organisasi Anda secara keseluruhan. Sasaran umum untuk dimasukkan ke dalam bagian ini mencakup target transaksi, target pendapatan, target penjualan unit, dan metrik penjualan utama lainnya.]

[Bagian  sepuluh: Anggaran penjualan]

[Bagian ini akan menguraikan anggaran organisasi Anda dalam hal sasaran penjualan Anda.]

Baca juga:18 Tips Efektif yang Bisa Anda Gunakan dalam Penjualan Door To Door

Contoh rencana penjualan

Berikut ini adalah contoh rencana penjualan dasar:

Firma Pemasaran AXY

Misi: Untuk meningkatkan upaya pemasaran individu dan bisnis dengan menceritakan kisah-kisah unik yang menarik konsumen.

Tim

  • Pemimpin penjualan: Tom Smith, Manajer Penjualan
  • Struktur tim penjualan: Beth Myers dan Clarissa Reece bekerja langsung di bawah Tom sebagai perwakilan penjualan.

Sasaran pasar

Profil pembeli untuk produk pemasaran A adalah wanita berusia 24 hingga 35 tahun yang tinggal di daerah pinggiran kota, memiliki daya beli yang cukup, tertarik untuk meningkatkan kesadaran merek individu atau bisnis dan menghasilkan setidaknya $50.000 per tahun.

Sumber daya

Tim penjualan akan menggunakan perangkat lunak CRM untuk melacak penjualan, anggaran, dan total prospek. Mereka juga akan menggunakan perangkat lunak penjadwalan untuk mengatur janji temu dengan prospek baru.

Posisi pesaing

  • Pesaing utama: Brothers United Marketing dan Adams Marketing Firm.
  • Kekuatan pesaing: Kedua perusahaan telah berkecimpung dalam bisnis selama lebih dari 15 tahun dan telah memantapkan diri sebagai pemimpin di bidangnya.
  • Kelemahan pesaing: Kedua organisasi mengandalkan metode pemasaran lama dan tidak menggunakan taktik pemasaran terkini.

Tren pemasaran: Pemasaran media sosial

Strategi pemasaran

  • Promosi gratis beli satu dapat satu di bulan Juli untuk pelanggan saat ini
  • Kenaikan harga paket pemasaran sebesar $100 mulai 1 Februari
  • Add-on pemasaran gratis dengan rujukan pelanggan

Strategi prospek

Kriteria untuk lead yang berkualitas meliputi:

  • Pelanggan menjelajahi halaman arahan CTA
  • Pelanggan memasukkan email mereka ke CTA
  • Pelanggan menerima satu email perkenalan

Action plan

Tujuan: Meningkatkan penjualan sebesar $10.000 pada 1 Mei

  • Pada 1 Februari, minta semua tim penjualan dilatih
  • Pada 1 Maret, mintalah dua anggota tim penjualan menghadiri seminar pelatihan penjualan lanjutan
  • Pada 1 April, tingkatkan paket pemasaran masing-masing sebesar $100

Sasaran

  • Meningkatkan pendapatan sebesar $50.000 selama tahun fiskal berikutnya.
  • Jual 800 paket pemasaran hingga 31 Desember.

Anggaran

  • Gaji dan komisi: $75.000 per bulan
  • Sumber daya dan alat: $5.000 per bulan
  • Biaya perjalanan: $3,000 per bulan
  • Biaya pelatihan: $3,000 per bulan

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Proposal Pemasaran yang Baik?

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai rencana penjualan, komponen di dalamnya, beserta template dan juga contohnya. Keuntungan yang besar hadir dari penjualan yang direncanakan dengan baik. Oleh sebab itu, penting bagi Anda melakukan perencanaan penjualan dengan baik dan benar.

Disisi lain, pastikan Anda juga melakukan pencatatan dari setiap penjualan yang terjadi dalam bisnis Anda pada proses pembukuan yang praktis dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud, yang sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu