Bagaimana Cara Memimpin Tim Melalui Perubahan?

Perubahan adalah bagian penting dari bisnis apa pun. Terkadang itu direncanakan, dan di lain waktu perubahan dipaksakan pada Anda. Untuk itu, dibutuhkan cara memimpin tim yang baik.

Namun, saat Anda tiba pada periode transisi di perusahaan Anda, mengelola transformasi dengan baik dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuannya dan bergerak maju.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa memimpin melalui perubahan itu penting dan menjelaskan cara memimpin tim Anda melalui periode perubahan.

Mengapa memimpin melalui perubahan penting?

Memimpin orang melalui perubahan penting untuk membantu meredakan kekhawatiran, mendorong komunikasi, dan mengatasi ketidakpastian. Periode perubahan dapat membuat stres bagi sebuah organisasi, tetapi kepemimpinan yang kuat dan berempati dapat membantu bisnis melewati transisi ini dengan sukses.

Para pemimpin memiliki pilihan untuk menyebarkan hal positif atau negatif selama waktu yang menantang, memimpin karyawan untuk menampilkan pandangan harapan perubahan atau pandangan cemas.

Pemimpin penting untuk membantu tim mereka tetap fokus meskipun ada gangguan yang datang dengan perubahan di tempat kerja. Kepemimpinan yang kuat dapat mempengaruhi apakah karyawan mempertahankan tingkat produktivitas dan bagaimana perubahan mempengaruhi moral.

Baca juga:8 Tips Mentoring Karyawan untuk Mengembangkan Tim Anda

Bagaimana cara memimpin tim Anda melalui perubahan?

Berikut adalah beberapa cara untuk memimpin melalui perubahan:

1. Kumpulkan tim dengan kepemimpinan yang kuat sebelumnya

Sebelum Anda melakukan perubahan pada perusahaan, pastikan untuk mengevaluasi tim kepemimpinan Anda dan membuat perubahan yang diperlukan.

Pertimbangkan untuk membentuk tim manajemen perubahan yang terdiri dari orang-orang yang Anda percayai dan yang terbiasa beradaptasi dengan perubahan dalam karier mereka. Pemimpin yang baik terbuka untuk kemajuan dan ide-ide baru.

2. Bawa bantuan dari luar

Untuk perubahan besar di seluruh perusahaan, seperti merger, akuisisi, atau perubahan kepemimpinan, pertimbangkan untuk mendatangkan konsultan yang berspesialisasi dalam manajemen transisi untuk membantu membuat proses lebih lancar dan efisien.

Seorang konsultan dapat mengidentifikasi tantangan potensial dan membantu Anda mengatasinya dengan strategi yang telah terbukti.

3. Rekrut dari dalam

Identifikasi kemungkinan peluang baru dan upayakan untuk mengisi posisi tersebut dari dalam perusahaan. Promosi internal menunjukkan kepercayaan pada tim Anda dan menyoroti peluang pertumbuhan bagi karyawan lain.

Ini dapat membantu memulihkan kepercayaan ketika karyawan merasa kurang aman dalam pekerjaan mereka.

Baca juga: 30 Ide Insentif Penjualan Untuk Memotivasi Tim Anda

4. Buat rencana

Bekerja dengan tim kepemimpinan Anda untuk mengembangkan rencana strategis yang menyeluruh. Pertimbangkan untuk memasukkan elemen-elemen berikut:

  • Tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang didefinisikan dengan jelas
  • Struktur organisasi
  • Timeline atau tanggal yang diharapkan dari perubahan besar
  • Langkah nyata dan strategis yang diambil perusahaan

Pastikan semua pemimpin merasa nyaman dengan rencana yang strategis dan bertemu dengan tim manajemen perubahan secara teratur, mungkin sebulan sekali, untuk meninjau kembali rencana dan membuat penyesuaian atau pembaruan yang diperlukan.

5. Tunjuk orang yang tepat

Menunjuk orang yang tepat untuk perubahan besar dapat membantu karyawan merasa didengarkan.

Orang yang ditunjuk ini harus menghadiri pertemuan pembaruan status dan tetap memiliki pengetahuan tentang semua komponen perubahan perusahaan.

Mereka berfungsi sebagai kontak utama untuk semua pertanyaan tentang perubahan, kebijakan, dan prosedur.

6. Mengadakan pertemuan

Untuk perubahan besar, terutama yang mempengaruhi seluruh perusahaan, pertimbangkan untuk mengadakan pertemuan di seluruh perusahaan untuk memperkenalkan perubahan tersebut.

Ini akan memungkinkan semua orang menerima berita yang sama pada saat yang sama, membantu mencegah penyebaran informasi yang tidak akurat. Pertemuan tersebut dapat mencakup:

  • Area atau kebijakan tertentu yang berubah dan apa yang tetap sama
  • Keputusan yang telah dibuat, keputusan yang belum dibuat, dan bagian apa pun yang mungkin terus berubah
  • Bagaimana perubahan akan mempengaruhi setiap karyawan

7. Mendidik dan menjelaskan

Karyawan dapat memproses perubahan dengan lebih baik ketika mereka memahami mengapa itu terjadi. Jelaskan alasan perubahan yang terjadi dan diskusikan peran karyawan dalam transisi.

Bantu karyawan memahami proses berpikir dan tujuan akhir Anda. Hadirkan transisi sebagai peluang yang disambut baik untuk pertumbuhan daripada kebutuhan yang menyakitkan.

8. Buat tim transisi karyawan

Pertimbangkan untuk membuat tim transisi karyawan untuk memantau reaksi, perasaan, dan kekhawatiran karyawan tentang perubahan yang terjadi.

Tim ini dapat bertemu secara teratur dan melapor kepada tim manajemen perubahan, bertindak sebagai perwakilan dari semua karyawan dan memungkinkan staf untuk merasa bahwa masukan mereka penting.

9. Prioritaskan dan fokus

Putuskan apa yang paling penting bagi karyawan untuk menjadi fokus, memahami beberapa pengurangan produktivitas mungkin terjadi. Misalnya, Anda mungkin perlu mendorong karyawan untuk memprioritaskan rekening giro daripada bisnis baru yang potensial.

Fokus adalah hal penting dalam membangun tim yang hebat. Dengan fokus yang sama, tim Anda akan mengetahui apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan cara optimal dan tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Motivasi dalam Manajemen Untuk Membantu Tim Anda Sukses

10. Menyediakan sumber daya

Tawarkan sumber daya untuk membantu karyawan mengelola emosi dan kecemasan mereka. Sumber daya ini dapat mencakup rujukan untuk konselor, waktu istirahat tambahan, atau kegiatan membangun moral.

Ingatlah, karyawan dan tim organisasi Anda bukan robot. Mereka memerlukan hal yang mampu membantu mereka dalam mencapai tujuan yang telah dibuat dalam sebuah tim. Pastikan semua kebutuhan mereka tercukupi untuk mencapai kemajuan dengan baik.

Ini bisa menjadi pembeda antara tim yang baik dan tim yang berantakan. Saat kebutuhan mereka terpenuhi, moralitas mereka akan naik dan ini akan meningkatkan produktivitas.

11. Pertahankan operasi

Dengan operasi bisnis yang bergerak maju selama perubahan, karyawan akan merasa seperti mereka masih berkontribusi, dan itu akan membantu menumbuhkan rasa saling melengkapi.

Sesekali Anda juga harus melakukan pemeriksaan tim, mendengarkan masukan setiap anggota untuk membangun perubahan yang Anda inginkan.

Tips untuk memimpin orang melalui perubahan

Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan ketika memimpin tim Anda melalui perubahan:

1. Jujur

Perubahan besar dapat menyebabkan ketidakpastian. Namun, selalu yang terbaik adalah jujur ​​tentang hal-hal yang Anda ketahui dan hal-hal yang mungkin tidak Anda ketahui. Jika Anda menerima pertanyaan dan tidak tahu jawabannya, bersikaplah transparan.

Satu cara memimpin tim yang wajib Anda lakukan adalah untuk terus bertindak jujur pada diri Anda dan juga anggota tim Anda.

2. Luangkan waktu untuk belajar

Setiap orang belajar secara berbeda dan dengan kecepatan yang berbeda. Berikan banyak waktu bagi karyawan untuk menguasai kebijakan baru, keterampilan baru, atau peralatan baru.

3. Buat diri Anda selalu tersedia

Mendorong komunikasi terbuka dan menyediakan cara bagi karyawan untuk menyuarakan pendapat, saran, dan kekhawatiran mereka. Karyawan ingin merasa bahwa umpan balik mereka berharga.

Baca juga: Cara Menghitung Customer Lifetime Value dan Pentingnya Bagi Bisnis

4. Berikan contoh

Tetap positif di sekitar orang lain. Mendekati perubahan dengan pandangan optimis dapat membantu meringankan kekhawatiran karyawan. Jadikan diri Anda sebagai contoh yang bisa diikuti oleh karyawan atau bawahan Anda.

5. Berempati

Ketahuilah bahwa perubahan besar dapat mengejutkan dan mengkhawatirkan karyawan. Perluas kebaikan, kesabaran, dan empati kepada tim Anda selama masa transisi.

Apa yang harus dihindari ketika memimpin orang melalui perubahan?

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari ketika memimpin orang melalui perubahan:

1. Menerapkan harapan yang tidak masuk akal

Perubahan seringkali bisa menjadi proses yang lambat, terutama bila melibatkan banyak komponen yang terpisah, seperti departemen, manajer, atau fasilitas.

Dekati periode transisi Anda dengan harapan yang wajar untuk menerapkan kebijakan atau prosedur baru, penerimaan anggota staf baru, atau memperkenalkan produk atau layanan baru.

2. Mencoba untuk menyelesaikan semua pekerjaan sendiri

Pastikan untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada tim Anda daripada mencoba mengelola semuanya sendiri. Percayalah bahwa tim Anda mampu dan memenuhi syarat untuk mengelola tugas mereka dan menghindari pengelolaan mikro.

Anda harus membangun hubungan saling percaya agar kerjasama dan rasa kepercayaan semakin terbangun sehingga Anda bisa menciptakan sebuah tim yang hebat dan membawa perubahan bagi bisnis Anda.

3. Mengambil keputusan secara sepihak

Keragaman pendapat menambah kedalaman pengambilan keputusan dan membantu menciptakan lingkungan yang inklusif. Ingatlah, Anda adalah pemimpin dan menjadi bagian dari tim, jadi pastikan setiap keputusan yang Anda buat mendapat persetujuan atau setidaknya semua tim mengetahui apa keputusan yang dibuat.

4. Terlalu memaksa karyawan untuk bekerja lebih

Kelola jumlah jam yang mungkin digunakan karyawan untuk menyesuaikan diri dengan proses baru. Pastikan tim Anda mengambil istirahat dan waktu istirahat secara teratur bila diperlukan.

Sebelum Anda membuat sebuah perintah, pastikan Anda mengetahui apa yang karyawan Anda rasakan dan tempatkan diri Anda menjadi karyawan Anda. Jika itu baik untuk Anda, terkadang bukan pilihan terbaik untuk setiap anggota Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Delegasi dan Manajemen Tim agar Berhasil?

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap cara memimpin tim dan membawa perubahan pada bisnis Anda.

Tidak ada yang mengatakan memimpin tim itu mudah, namun jika Anda sudah menemukan cara memimpin tim yang baik, ini akan membawa kemajuan pada bisnis Anda dan Anda akan mendapatkan anggota terbaik lebih dari yang Anda bayangkan.

Tim yang baik akan mengasilkan output terbaik. Maka mulai sekarang, jika Anda adalah pemilik binis, Anda harus mengetahui apa yang tim Anda butuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pada pekerjaan mereka. Salah satunya adalah dalam proses pembukuan dan pengelolaan keuangan bisnis.

Untuk proses akuntansi dan pembukuan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti pencatatan pembukuan, manajemen aset dan stok, otomatisasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, pembuatan faktur, proses rekonsiliasi otomatis, smartlink ecommerce, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan